10 Gerbang Ikonik di Dunia Yang Selalu Ramai Dikunjung wisatawan


prita  March 6, 2021  0 Comment

Di beberapa Negara, Gerbang Ikonik di Dunia tidak hanya berfungsi sebagai jalan masuk namun juga menjadi monument peringatan berbagai peristiwa penting, terutama peristiwa yang berhubungan dengan kemerdekaan. Gerbang-gerbang tersebut biasanya mewakili semangat untuk memasuki era baru sehingga dibangun sangat megah. Sekarang, gerbang-gerbang tersebut menjadi landmark terkenal di Negara tersebut, biasanya wisatawan kerap mengunjunginya dan berfoto di depannya sebagai penanda jika mereka pernah bepergian kesana. Dimana sajakah gerbang ikonik di dunia (gates dan arches) yang populer tersebut? Berikut adalah daftarnya.

1. Arc de Triomphe, Perancis

Arc de Triomphe
britannica.com

Gerbang ikonik di dunia (gates dan arches) yang pertama wajib kalian kunjungi adalah Arc de Triomphe. Gerbang ini menjadi salah satu landmark kota Paris sejak lama dan sangat terkenal di kalangan wisatawan.

Arc de Triomphe dibangun oleh Napoleon Bonaparte pada tahun 1805 untuk memperingati para pahlawan Negara yang berjuang selama Revolusi Perancis dan Perang Napoleon. Saat para tentara berhasil menang di tahun 1805, mereka dihargai dengan berjalan dibawah gerbang ini saat pulang.

Selain bangunan gerbangnya yang megah, dibawah gerbang ini terdapat ruang bawah tanah yang menjadi makam bagi pahlawan perang. Gerbang setinggi 50 meter ini juga menjadi gerbang kemenangan terbesar kedua setelah gerbang yang ada di Pyongyang, Korea Utara.

review Wisata

Yang Kalian Belum Tau Dari Prambanan

Pesona Pulau Pandang Batubara Sumatera Utara

2. Brandenburg Gate, Jerman

 Brandenburg Gate
booking.com

Brandenburg Gate yang berada di kota Berlin, Jerman ini juga menjadi salah satu gerbang ikonik di dunia (gates dan arches) yang cukup terkenal. Gerbang kemenangan ini dibangun oleh Raja Frederick William II saat Jerman masih bersama Prussia di tahun 1788-1791.

Baca juga :  Hotel Dekat Jam Gadang Bukittinggi, Pilihan Terbaik!

Gerbang ikonik ini pernah menjadi bagian dari Tembok Berlin yang kemudian dihancurkan di tahun 1989 setelah Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu. Sekarang, Brandenburg Gate tak hanya sebagai simbol penting bagi Jerman saja, namun juga simbol bagi persatuan dan kedamaian Eropa.

3. Cinquantenaire, Belgia

Cinquantenaire
amazingbelgium.be

Beligia juga memiliki sebuah gerbang ikonik di dunia (gates dan arches) yang cukup terkenal dan menjadi landmark penting di Negara tersebut. Gerbang ini dikenal dengan nama Cinquantenaire dan berdiri di kota Brussels.

Gerbang ini terdiri dari tiga lengkungan yang menjadi bagian dari Juberpark dan sering digunakan sebagai lokasi perayaan dan acara sepanjang tahun. Cinquantenaire ini dibangun ditahun 1880 untuk menandai ulang tahun kemerdekaan Belgia yang ke-50. Tak hanya sebagai ikon, gerbang ini juga memiliki tiga museum di dalamnya yang cukup menarik untuk dikunjungi.

4. Gateway of India, India

Gateway of India
theculturetrip.com

Gerbang ikonik di dunia (gates dan arches) yang wajib kamu singgahi selanjutnya adalah Gateway of India. Gerbang ini menjadi salah satu landmark kota Mumbai yang cukup terkenal dan kerap menjadi tujuan wisata.

Gateway of India ini dibangun sekitar abad ke-20 yang bertujuan untuk menyambut kunjungan Raja George V dan Ratu Mary dari Inggris di tahun 1911. Struktur gerbang ini menghadap ke Laut Arab dan berada di tepi laut di Apollo Bunder. Desain bangunannya pun menggabungkan desain Eropa, Hindu dan Muslim. Gerbang ini juga memiliki peran penting dalam kemerdekaan India, karena pasukan Inggris terakhir meninggalkan India melalui gerbang ini di tahun 1948 dan secara simbolik mengakhiri penderitaan India dari penjajah.

5. Meridian Gate, Tiongkok

Meridian Gate
mywowo.net

Gerbang ikonik di dunia (gates dan arches) yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Meridien Gate yang berada di kota Beijing. Meridian Gate ini dalam Bahasa Mandarinnya disebut dengan Wumen dan merupakan salah satu dari empat pintu menuju Forbidden City.

Baca juga :  5 Chinatown Jakarta Wajib Dikunjungi dan Paling Menarik

Gerbang ini dibangun sekitar tahun 1407 sampai 1420 dan terdiri dari suprastruktur yang terdiri dari lima lingkungan yang dikenal dengan Five Phoenix Turrets, hal tersebut karena jika dilihat bersamaan akan terlihat seperti phoenix terbang.

6. Puerta de Alcala, Spanyol

Puerta de Alcala
guias-viajar.com

Puerta de Alcala yang berada di kota Madrid, Spanyol ini merupakan salah satu gerbang ikonik di dunia (gates dan arches) yang cukup terkenal. Berada di sebalah Taman El Retiro di pusat Plaza de la Independencia, gerbang ini menjadi landmark yang cukup sering dikunjungi wisatawan.

Puerta de Alcala merupakan gerbang bergaya neo klasik yang dibangun di tahun 1778 atas perintah Raja Charles III. Gerbang ikonik ini dibangun setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi. Gerbang ini dibangun dengan struktur monumental terdiri dari lima lengkungan.

7. Washington Square Arch, Amerika Serikat

Washington Square Arch
ro.pinterest.com

Washington Square Arch ini mungkin sudah tidak asing lagi karena sering muncul dalam beberpa film terkenal Hollywood. Berada di kawasan Greenwich Village di Lower Manhattan, Washington Square Arch ini menjadi salah satu gerbang ikonik di dunia (gates dan arches).

Bangunan ini memiliki struktur marmer dan didirikan di tahun 1892 untuk menggantikan struktur sebelumnya yang terbuat dari kayu yang dibangun di tahun 1889. Gerbang ini dibangun untuk menghormati seratus tahun pelantikan George Washington sebagai presiden Negara pertama di New York.

8. Patuxai, Laos

Patuxai
asiatravelgate.com

Gerbang ikonik di dunia (gates dan arches) selanjutnya berada di Laos, tepatnya di kota Vientiane. Gerbang yang dibangun diantara tahun 1957 dan 1968 ini dikenal dengan nama Patuxai, yang diterjemahkan sebagai Gerbang Kemerdekaan.

Patuxai dibangun dengan dana yang disumbangkan oleh Amerika Serikat untuk membangun bandara. Gerbang ini didirikan untuk mengenang tentara Laos yang gugur saat Perang Dunia II perang kemerdekaan di tahun 1949. Patuxai didesain oleh arsitek bernama Tham Sayasthsena dengan gaya bangunan yang merupakan perpaduan dari gaya arsitektur Barat dan tradisional Laos. Banyak yang menyebutkan jika Patuxai ini mirip denga Arc de Triomphe yang ada di Perancis, tak heran jika gerbang ini juga dijuluki sebagau Arc de Triomphe dari Vientiane.

Baca juga :  Wow! Ternyata Ini 10 Pantai Nudis Paling Hits di Dunia

9. Rua Augusta Arch, Portugal

Rua Augusta Arch Portugal
citygomaps.blogspot.com

Portugal juga memiliki sebuah gerbang ikonik di dunia (gates dan arches) yang cukup terkenal, khususnya di kalangan wisatawan. Gerbang ini dikenal dengan nama Rua Augusta Arch yang berlokasi di kota Lisbon.

Gerbang ini dibangun sebagai penanda dari pemulihan kota Lisbon dari kehancuran yang disebabkan oleh gempa bumi dahsyat yang terjadi di tahun 1755. Pembangunan gerbang ini secara resmi selesai di tahun 1875 dimana terdapat enam kolom pada lengkungannya yang menampilkan tokoh-tokoh sejarah penting di Portugal.

10. Arc of Constantine, Italia

Arc of Constantine
britannica.com

Gerbang ikonik di dunia (gates dan arches) yang terakhir adalah Arc of Constantine yang berada di kota Roma, Italia. Gerbang yang berada diantara Colosseum dan Bukit Palatine ini dikenal sebagai salah satu gerbang kemenangan Romawi tertua yang masih berdiri.

Arc of Constantine ini dibangun pada tahun 315 untuk memperingati kemenangan Kaisar Konstantinus I melaan Kaisar Maxentius. Periwstiwa tersebut sangat penting dalam sejarah Eropa karena menjadi awal diakuinya agama Kristne dalam Kekaisaran Romawi yang kemudian menjadi agama resmi di Benua Biru tersebut. Desain dari Arc of Constantine ini kemudian menjadi inspirasi bagi gerbang-gerbang kemerdekaan lainnya.



Leave a Reply