Mengenal Aurora dan 8 Tempat Terbaik Melihatnya!


Jehan  January 1, 2023  0 Comment

Mengenal Aurora

Aurora merupakan cahaya alami yang berkilau dengan super cantik di langit yang luas. Cahaya Aurora adalah pemandangan spektakuler yang luar biasa untuk dinantikan oleh siapapun. Tempat terbaik melihat Aurora hanya ada di belahan bumi utara dan selatan dan dapat dinikmati pada waktu tertentu saja.

Semburat cantik yang sangat lembut dari warna-warni biru, merah, kuning, hijau hingga oranye seakan bergerak seperti sebuah tirai yang tertiup angin dengan sangat lembut. Dilansir dari National Geographic, cahaya indah ini tercipta karena aktivitas matahari yang alirannya memiliki ion-ion dan disebut sebagai angin matahari.

Dari proses angin matahari yang menghasilkan ion tersebut bergerak melewati beberapa fase alam. Di saat ion angin matahari bertabrakan dengan atom oksigen dan nitrogen yang ada di atmosfer bumi melepaskan sebuah energi yang menyebabkan munculnya lingkaran cahaya warna-warni di sekitar kutub.

Hal tersebutlah yang kemudian dikenal dan disebut sebagai Aurora. Aurora akan lebih aktif jika angin matahari kuat. Warna-warni Aurora sangat banyak dan bervariasi, hal tersebut bergantung pada jenis atom dan ketinggian yang bertaut. Semakin merah warna Aurora, maka mengindikasikan ion yang bertaut dengan atom oksigen di atmosfer cukup tinggi.

Apabila warna Aurora yang terlihat memiliki warna hijau atau cenderung kuning maka ion yang bertaut dengan oksigen di ketinggian yang relatif rendah. Saat diperhatikan, kamu akan melihat sebuah cahaya  kemerahan dan kebiruan di sisi bawah Aurora, warna-warna tersebut di hasilkan oleh ion yang bertabrakan dengan atom nitrogen. Jika kamu melihat Aurora di sisi Utara disebut Aurora Borealis atau cahaya utara. Sedangkan cahaya Aurora di selatan di sebut Australis.

Tempat Terbaik Melihat Aurora

1. Tromso, Norway

aurora tromso norway
nerdnomads.com

Tromso berada di pusat zona Aurora utara menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati cahaya Aurora. Kamu bisa mengakses dengan mudah lokasi untuk melihat cahaya utara ini dari Inggris. Hanya dengan mengakses penerbangan dari London kamu akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam.

Tromso menjadi lokasi popular dikalangan wisatawan mancanegara yang ingin melihat cahaya indah dari Aurora. Waktu yang bisa dituju untuk mendapatkan siluet Aurora biasanya dimulai pada bulan September hingga April. Jika kamu berkunjung ke Tromso, kamu tidak hanya bisa menikmati waktu untuk menantikan Aurora saja, melainkan kamu menghabiskan waktu untuk berkunjung ke pub dan bar yang cukup banyak di sana.

Baca juga :  Permata Benua Amerika, Berikut 10 Tempat Wisata di Galapagos

Ada banyak tur yang menawarkan jasa untuk menuntunmu mencapai pemandangan fenomenal yang luar biasa ini. Kamu dapat mengikuti tur kapal, dimana kamu bisa menikmati pemandangan indah Aurora dari atas feri.

Selain itu tur menarik lainnya dapat kamu dapatkan apabila kamu mengikuti sebuah tur dengan kereta luncur. Ya, pilihan untuk bertemu dengan rusa yang ramah untuk diajak berinteraksi bukanlah sebuah mimpi. Kamu bisa mewujudkannya saat berkunjung ke Tromso untuk menikmati cahaya utara. Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menghabiskan waktu spektakuler di Tromso dengan balutan cahaya utara yang mempesona.

2. Lapland, Finland

aurora lapland finland
pandotrip.com

Lapland terletak di sisi paling utara lingkaran Arktik Finlandia. Tempat terbaik melihat Aurora ini dapat kamu kunjungi pada akhir bulan Agustus dan April. Cahaya Aurora seringkali muncul, bisa mencapai 200 kali dalam satu tahun. Sehingga akan banyak kesempatan yang bisa kamu dapat untuk menangkap cahaya Aurora.

Selain lokasi untuk melihat cahaya Aurora, Lapland juga dikenal sebagai rumah para Sinterklas. Pemandangan menarik dapat kamu nikmati saat berada di Lapland. Kamu dapat menghabiskan waktu berhargamu dengan malam di bawah langit yang bertabur bintang. Kamu bisa memilih kereta seluncur untuk menambah keseruan liburanmu bersama cahaya Aurora. Jika kamu menginginkan hal tersebut, kamu bisa ikut sebuah tur yang ada di Lapland. Mereka akan memberimu berbagai macam informasi terbaik yang akan sangat membantumu untuk menikmati waktu liburanmu menangkap cahaya Aurora.

3. Orkney, Scotland

aurora orkney scotland
orkney.com

Pulau menawan ini menjadi tempat terbaik untuk melihat Aurora yang menawan. Lokasinya berada sekitar 10 mil dari pesisir utara Skotlandia. Orkney adalah tempat yang cukup terpencil, sehingga akan sangat cocok menjadi destinasi untuk menikmati Aurora.

Orkney yang menjadi tempat terbaik ini dapat kamu kunjungi di saat musim dingin atau musim gugur datang. Sepanjang tahu Orkney akan memberi malam dengan udara dingin dan panorama langit yang cerah. Bayangkan, kamu menikmati waktumu untuk menangkap siluet Aurora dari salah satu lokasi terbaik!

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Kolkata India Paling Menarik Untuk Dikunjungi

Saat kamu berkunjung ke Orkney, jangan sekadar datang untuk berjumpa dengan gurat cahaya indah di atas langit saja. Kamu bisa mampir untuk berkunjung ke Heart of Neolitik yang menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Buat liburanmu penuh dengan kejutan dengan detail rencana liburan yang matang!

4. Yellowknife, Canada

aurora yellowknife canada
yellowknifevacations.com

Yellowknife seringkali dijuluki sebagai ibu kota Aurora Amerika Utara. Yellowknife menjadi salah satu lokasi yang seringkali dituju para wisatawan. Posisi kota Yellowknife akan memberikan pemandangan yang berbeda untuk menikmati fenomena Aurora.

Kamu dapat menikmati pemandangan cahaya Aurora dimulai dari pertengahan November hingga awal April. Lokasi kota ini cukup dikenal sebagai lokasi yang akan memberi pengalaman menakjubkan untukmu.

Waktu lain yang dapat dinikmati untuk melihat fenomena indah ini adalah saat akhir musim panas hingga awal musim gugur. Cahaya Aurora akan dapat dinikmati hingga 240 hari dalam setahun. Selain lokasi untuk menikmati Aurora, di sana juga menjadi destinasi wisata yang menawarkan berbagai kegiatan.

Saat berkunjung ke sisi utara pantai Great Slave Lake ini kamu bisa menikmati kegiatan seperti memancing atau ski. Selain itu, apabila kamu berkunjung di bulan Maret datanglah ke Festival Snowkings, kamu dapat menikmati berbagai hiburan berkaitan dengan festival musim dingin.

5. Mackinaw City, Michigan

aurora mackinaw michigan
mackinawcity.com

Kota ini menjadi rekomendasi paling atas yang banyak disarankan jika kamu ingin melihat Aurora di langit Amerika Serikat. Waktu terbaik untuk melihat Aurora ini biasanya jatuh pada musim semi dan musim gugur.

Kamu bisa mencari cahaya Aurora dengan mengarahkan pandangan ke sisi utara saat tengah malam telah tiba. Lokasi Mackinaw ini juga biasa digunakan sebagai tempat untuk melihat bima sakti. Terlebih saat musim panas tiba, pengunjung biasanya akan melihat hujan meteor yang indah.

Peluang liburan akan banyak sekali kamu dapatkan jika datang ke Mackinaw City. Apabila kamu datang pada akhir bulan April dan akhir Oktober, tawaran berbelanja di kota tersebut akan membawa keberuntungan untukmu ke penginapan di resor di pulau Mackinanc.

6. Saadjärv, Estonia

aurora saadjarv estonia
flickr.com

Saadjärv menawarkan lokasi dengan penampakan cahaya Aurora yang konsisten. Kota yang berada di 15 mil dari sisi utara Tartu, Estonia Tengah ini menjadi tempat terbaik melihat Aurora.

Tepatnya berlokasi di Kawasan hutan danau Saadjärv, danau tersebut menjadi salah satu danau terdalam dan terbesar yang ada di Estonia. Tidak hanya lokasi terbaik, Saadjärv juga akan memberikanmu berbagai macam destinasi wisata lainnya yang siap menyambutmu.

Baca juga :  Indahnya Air Terjun Coban Sewu Lumajang, Surga Tersembunyi

Baca Juga :

10 Rekomendasi Liburan di Greenland untukmu!

Kamu bisa menghabiskan waktu di tempat wisata seperti pantai, taman satwa, atau berkunjung ke kastil Alatskivi. Banyak hal yang bisa kamu pilih dan lakukan selama berada di Saadjärv. Lokasi yang indah akan membuatmu merasa nyaman untuk menikmati waktu terbaikmu bersama cahaya Aurora.10 Rekomendasi Liburan di Greenland untukmu!

7. Kangerlussuaq, Greenland

aurora kangerlussuaq greenland
earth.com

Lokasi yang satu ini bukan sebuah tempat yang mudah untuk diakses. Namun, jika kamu suka petualangan, tempat ini akan menjadi lokasi sempurna terbaik untuk menikmati cahaya Aurora.

Greendland adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk menikmati cahaya indah. Jika kamu menginginkannya, datanglah pada bulan Oktober hingga April. Jika kamu memiliki fisik dan mental yang kuat serta jiwa petualang yang besar, cobalah untuk menjelajahi puncak Greenland Ice Cap. Di sana kamu akan mendapat pemandangan paling indah yang belum pernah dapatkan sebelumnya!

Baca Juga :

10 Tempat ini Sajikan Cahaya Aurora Borealis Paling Epic Di Dunia

Pemandangan cantik yang menakjubkan dari gletser akan membuatmu terperangah dan berdecak kagum. Kamu bisa mengakses perjalanan ke sana melalui kota bernama Kangerlussuaq.

Kota kecil tersebut berada di fyord di sepanjang lingkar Arktik, orang biasa menyebutnya sebagai pintu gerbang Greenland. Dulunya Kangerlussuaq merupakan sebuah pangkalan angkatan udara Amerika Serikat dan saat ini menjadi rumah bagi bandara terbesar di Greenland.

8. Nellim, Finland

aurora nellim finland
finland-holiday.com

Tempat terbaik melihat Aurora selanjutnya adalah Nellim, Finland. Lokasinya berada kurang dari 10 mil dari perbatasan Rusia, Lapland di Finlandia. Nellim akan menjadi lokasi terbaik karena sedikitnya polusi cahaya yang dapat mengurangi kecantikan Aurora.

Baca Juga :

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

Jika kamu ingin mendapatkan cahaya Aurora datanglah di antara bulan Desember dan Maret. Saat berkunjung ke Nellim, banyak hal yang dapat kamu lakukan dan jelajahi untuk mengisi waktu berliburmu. Buatlah jadwal dengan jarak waktu yang memperhitungkan kegiatan lebih selama di Nellim.

 Salah satu hal yang bisa kamu coba adalah bermalam di sebuah kabin gelembung. Kabin tersebut biasa menjadi pilihan para turis selama berada di Nellim untuk menantikan pemandangan indah dari Aurora. Selain itu, isi waktumu dengan menaiki mobil salju, memancing di es atau melihat rusa yang menjadi satwa lokal di sana.



Leave a Reply