5 Taman Nasional di Norwegia, Pesonanya Bak di Surga


Altesa  December 6, 2021  0 Comment

Norwegia adalah salah satu negara yang terkenal maju, makmur, dan memiliki penduduk yang disiplin. Negara ini bahkan memiliki tingkat kriminalitas yang rendah. Tak ayal membuat banyak turis yang merasa aman saat berkunjung kesini.Tak hanya itu yang menjadi daya pikat negara dengan ibu kota Oslo ini, terdapat beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah taman nasional yang sudah pasti terjaga kelestariannya karena negara sangat peduli untuk menjaganya. Selain itu, turis juga disuguhkan berbagai keindahan alam yang memukau yang pastinya susah bikin move on.Berikut lima taman nasional di Norwegia yang siap membiusmu dengan keindahannya.

Rondane National Park

dreamstime.com

Taman nasional di Norwegia yang pertama adalah Rondane National Park yang merupakan taman nasional tertua di Norwegia, didirikan tanggal 21 Desember 1962. Taman ini memiliki sepuluh puncak di atas 2000 meter di atas permukaan laut, dan yang tertinggi adalah Rondeslottet dengan ketinggian 2178 meter. Taman ini adalah habitat penting dari kumpulan rusa kutub liar. Taman ini diperluas pada tahun 2003, kini meliputi 963 kilometer persegi di negeri Oppland dan Hedmark. Rondane ada di daerah timur Gudbrandsdal dan ada dua daerah pegunungan lain, Dovre dan Jotunheimen di sekitarnya. Kesepuluh puncak tertinggi Rondane adalah Rondeslottet (2,178 m), Storronden (2,138 m), Høgronden (2.114 m), Midtronden di barat (2.060 m), Vinjeronden (2.044 m), Midtronden di timur (2.042 m), Trolltinden (2.018 m), Storsmeden (2,016 m), Digerronden (2.015 m), dan Veslesmeden (2,015 m).

Pengunjung Rondane bebas mendaki dan berkemah di semua area taman, kecuali di sekitar kabin. Selain ditutup untuk lalu lintas motor, tidak banyak peraturan khusus yang berlaku. Memancing dan berburu tersedia bagi pemegang lisensi.

The Norwegian Mountain Touring Association (DNT) adalah sebuah asosiasi yang memiliki dan mengelola jaringan kabin gunung dalam pelayanan pejalan kaki. Di Rondane, ada kabin tengah di ujung selatan danau Rondvatnet, Rondvassbu. Ada juga Dørålseter dan Bjørnhollia di tepi utara dan timur taman. Ketiga kabin berawak, dan menyediakan makanan dan akomodasi terbatas (mungkin untuk memesan terlebih dahulu). DNT juga menandai jalan setapak di Taman, dengan T merah yang mudah dikenali. T-trails memimpin jalan kabin-ke-kabin, serta menandai jalan ke beberapa puncak yang dekat dengan Rondvatnet. Baru-baru ini, beberapa jalur telah bergerak sedikit untuk menghindari area inti rusa liar.

Kabin layanan juga buka selama musim dingin, meskipun terkadang hanya layanan mandiri di luar musim. Jalur ski ditandai dan terkadang disiapkan, baik oleh DNT atau beberapa hotel dan resor ski yang dekat dengan taman.

Gotravelly

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

Menikmati Ketenangan Dan Keindahan Di Air Terjun Kedung Klewer, Selopanggung, Kediri

Hallingskarvet National Park

heulys.com

Taman nasional di Norwegia yang kedua adalah Hallingskarvet National Park yang didirikan oleh pemerintah pada 22 Desember 2006. Taman ini terletak di kota Hol ( kabupaten Viken ), Ulvik dan Aurland (keduanya di wilayah Vestland ) . Lebih tepatnya, taman ini terdiri dari dataran tinggi Hallingskarv dan daerah pegunungan tinggi di sebelah baratnya. Ini termasuk gletser Vargebreen serta lembah Såtedalen, Lengjedalen, Ynglesdalen, dan sebagian Raggsteindalen. Taman nasional mencakup 450 kilometer persegi (170 sq mi) dari pegunungan Hallingskarvet dan menampung banyak rusa liar , faktor penting dalam pendirian taman. Titik tertinggi di taman nasional ini adalah Folarskardnuten yang mencapai ketinggian 1.933 meter (6.342 kaki) di atas permukaan laut.

Lanskap Hallingskarvet dibentuk oleh beberapa zaman es . Taman menunjukkan sejarah geologi dan hubungan antara sejarah ini dan variasi spesies yang hidup di sana. Ini mencakup area bernilai khusus dan yang merupakan rumah bagi spesies yang terancam atau rentan seperti Draba cacuminum (rumput whitlow) dan Botrychium lanceolatum (tanaman anggur berdaun tombak). Garis Bergen membentang di sepanjang batas selatan taman. Tidak ada akses jalan ke sisi selatan taman, jadi Stasiun Finse , perhentian di jalur kereta api, adalah salah satu dari sedikit cara orang dapat mengakses bagian taman ini. The Norwegia County Road 50 berjalan di dekat batas utara taman.

Folgefonna National Park

Folgefonna National Park
en.tripadvisor.com.hk

Taman nasional di Norwegia yang ketiga adalah Folgefonna National Park. Folgefonna National Park adalah taman nasional seluas 545,2 kilometer persegi (210,5 sq mi) di wilayah Vestland , Norwegia . Taman ini terletak di semenanjung Folgefonna dan mencakup kotamadya Kvinnherad , Etne , dan Ullensvang . Taman nasional dibuka oleh Ratu Sonja pada 14 Mei 2005.

Folgefonna adalah istilah kolektif untuk tiga gletser di taman ( Nordre Folgefonna , Midtre Folgefonna , dan Søndre Folgefonna ). Dengan luas 168 kilometer persegi (65 sq mi), Folgefonna adalah lapisan es terbesar ketiga di Norwegia. Mungkin mencapai ketebalan maksimum 300 hingga 400 meter (980 hingga 1.310 kaki). Titik tertingginya adalah 1.662 meter (5.453 kaki) di atas permukaan laut, dan ini diyakini sebagai salah satu tempat terbasah di Norwegia, menerima perkiraan curah hujan tahunan sekitar 5.500 milimeter (220 inch).

Jostedalbreen National Park

Jostedalbreen National Park
fjordnortway.com

Taman nasional di Norwegia yang keempat adalah Jostedalbreen National Park. Jostedalsbreen National Park terletak di Sogn og Fjordane, sebuah negara bagian di Norwegia. Jostedalsbreen ini merupakan taman nasional di mana kita dapat menemui glasier terbesar di Eropa. Diresmikan oleh Kerajaan Norwegia pada tahun 1991 dan diperluas hingga bagian barat laut pada tahun 1998. Luas taman nasional saat ini 1310 km3 dan luas glasiernya menutupi 800 km3 dari luas tersebut. Taman nasional ini juga dikelilingi gunung-gunung, dengan puncak tertinggi yaitu Lodalskåpa (2083 m). Selain taman nasional, ada museum yang menjadi penarik perhatian juga, yaitu Breheimsenteret dan Norsk bremuseum. Glasier dan gunung di taman nasional ini bisa didaki juga, lho.

Dengan atraksi sedemikian rupa, Jostedalsbreen National Park dikunjungi lebih dari 300 ribu pengunjung setiap tahunnya. Tebal glasier dan es yang menutupi beberapa area di taman nasional ini bisa mencapai 500 meter. Menurut penelitian, dengan es yang begitu luas menutupi taman nasional ini, jika es tersebut mencair akan dapat memenuhi kebutuhan air di Norwegia selama 100 tahun! Atraksi di taman nasional ini banyak, termasuk museum dan alam glasier, serta letaknya berdekatan sehingga memudahkan pengunjung untuk mencoba pengalaman di taman nasional ini. Tidak hanya glasier Jostedal, namun ada pula glasier lain di sekitar tempat ini, termasuk glasier Bergset dan Nigards. Bagi yang menyukai tantangan, mendaki gunung es dan glasier di tempat ini pasti menjadi hal yang menyenangkan. Tentu harus memiliki fisik yang kuat ya, karena pasti sangat dingin!

Jotunheimen National Park

Taman Nasional di Norwegia
visitnorway.com

Taman nasional di Norwegia yang kelima adalah Jotunheimen National Park Terletak di timur Norwegia, Jotunheimen tergolong daerah pegunungan yang sepi dengan luas mencapai 3.500 kilometer persegi. Deretan gunung ini merupakan taman nasional paling populer milik Norwegia. (Dua gunung tertinggi Norwegia, Glittertind dan Galdhøpiggen, bisa ditemui di kompleks taman nasional.) Bukan hanya gunung yang membentang, namun juga beragam keindahan dari air terjun hingga glasier. Ketika kemari, jangan lupa menyusuri jalur sempit di sepanjang bukit punggung (ridge) yang dikenal luas dengan nama Besseggen. Mulailah dari Memurubu dan akhiri di Gjendesheim. Tidak senang mendaki gunung? Tak masalah! Jotunheimen juga cocok bagi Anda yang lebih gemar meluncur di lintasan ski, bersepeda, serta caving atau menyusuri gua.

Jotunheimen National Park terdiri lebih dari 250 gunung dengan tinggi sekitar 2000 meter. Tempat ini menyediakan alam di puncaknya. Terdapat berbagai aktifitas yang dapat dilakukan, seperti bersepeda, mendaki, dan bermain ski. Terdapat juga sungai dan air terjun yang menyejukkan. Disini ada beberapa tempat dengan spot yang indah, seperti Valdres tradisional, lereng hijau Gudbrandsdalen, Lom yang menawan, perairan yang menenangkan Sognefjord, dan es abadi Jostedalsbreen gletser. Siap-siap dimanjakan dengan alam nih!

 Tempat menawan ini direkomendasikan untuk mendaki pada saat musim panas karena saat itu jalanan tidak becek dan licin sehingga mudah untuk diterjang. Sedangkan untuk musim dingin, tempat ini juga cocok untuk bermain ski karena salju yang tebal sehingga memungkinkan turis dengan nyaman saat bermain. Selama musim semi turis juga bisa melihat hamparan bunga warna-warni yang menghiasi area taman. Ketika lapar, turis tak perlu khawatir karena mereka dapat menyantap makanan lokal yang rasanya autentik.



Leave a Reply