9 Tempat Wisata di Temanggung yang Jarang Diketahui


sisil angelin  September 12, 2018  2 Comments

tempat wisata di Temanggung memang tidak banyak dikenal oleh para wisatawan. Hal ini disebabkan kepopuleran kota Temanggung yang belum bisa menyamai daerah wisata yang ada disekitarnya seperti Wonosobo dan Magelang. Namun demikian, kota ini sebenarnya menyimpan sejuta keindahan dari berbagai tempat wisatanya yang masih sangat alami dan belum banyak terjamah oleh para wisatawan.Penasaran dengan beberapa tempat wisata di Temanggung yang jarang diketahui ? mari kita ulas satu persatu-satu.

1. Umbul jumprit dan hutan pinus

Umbul jumprit dan hutan pinus

dewipesonapariwisata.blogspot.com

Seperti diketahui, Temanggung merupakan salah satu daerah penghasil tembakau terbesar di Indonesia. Hal ini tentunya diimbangi dengan berbagai jenis kekayaan alam yang dimiliki.
Tempat wisata pertama yang akan dibahas adalah umbul jumprit dan hutan pinus. Tempat ini menyajikan keindahan alam dari pohon-pohon pinus yang rindang dengan sebuah umbul yang memiliki sumber mata air alami. Lokasinya terletak di kecamatan Ngadirejo. Sumber mata air yag ada di umbul jumprit ini merupakan sumber mata air suci. Setiap tahunnya air yang berasal dari sumber mata air suci umbul jumprit digunakan untuk upacara suci waisak yang dibawa dari Candi Borobudur menuju Candi Mendhut. Suasana akan terasa semakin alami dengan beberapa kera yang berkeliaran di sekitar umbul.
Sejarah mengaitkan umbul jumprit dengan cerita jaman Kerajaan Majapahit. Konon umbul jumprit digunakan sebagai tempat untuk mengasingkan diri oleh Pangeran Singonegoro berserta para pengikutnya karena tidak mau mengikuti kempimpinan baru yang dipimpin oleh Raden Patah.

Paket wisata murah

Golden Sunrise Gunung Prau

Menikmati Keindahan Sunset Di Pantai Marina, Ancolnya Semarang?

2. Curug surodipo

Curug surodipo

masterboysmart.blogspot.com

Curug surodipo merupakan tempat wisata alam yang masih sangat terjaga keaslian dan kealamiannya. Curug surodipo juga dikenal dengan nama curug trocoh yang terletak di desa Tawangsari, Wonoboyo. Memiliki tinggi sekitar 120 meter, curug ini memiliki pemandangan sekitar yang hijau dan juga indah. Karena letaknya yang cukup berada di pedalaman, akses menuju tempat ini cukup sulit. Namun semua itu akan terbayar ketika Anda menyaksikan kealamian dan keindahan curug surodipo. Anda dapat menikmati pemandangan air terjun sembari mandi atau berendam di bawahnya.
Menurut sejarah, nama surodipo diambil dari nama salah satu pasukan dari Pangeran Diponegoro. Pada saat itu Pangeran Diponegoro bersama pasukannya sedang membangun benteng pertahanan pada saat perang jawa berlangsung.

3. Candi pringapus

Candi pringapus

bambangpriantono.WordPress.com

Kota Temanggung juga memiliki tempat wisata candi yang menarik dikunjungi. Candi pringapus terletak di Desa Pringapus Kecamatan Ngadirejo Temanggung. Para arkeolog mengatakan bahwa candi ini merupakan salah satu candi peninggalan Hindu yang dijadikan sarana pemujaan bagi Dewa Siwa. Candi Pringapus dibangun tahun 850 masehi dan direstorasi pada 1932. Saat akhir pekan maupun libur panjang, banyak wisatawan yang berkunjung ke candi pringapus. Kebanyakan dari mereka adalah wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

4. Embung tlogopucang

Embung tlogopucang

WISATAne.com

Embung tlogopucang terletak di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan, Temanggung. Terletak di kawasan perbukitan, embung ini memiliki latar belakang 3 gunung yang sangat indah yaitu Gunung sindoro, Prau dan Sumbing. Embung ini dijadikan tempat untuk menampung air yang berasal dari air hujan dan kemudian digunakan untuk mengairi tanaman kelengkeng yang ada di sekitar embung. Karena berada di perbukitan, embung ini juga dibuat untuk mencegah terjadinya erosi tanah. Anda akan menyaksikan pemandangan yang indah dengan suasana embung yang sangat sejuk.

5. Curug lawe

Curug lawe

YouTube.com

Curug lawe adalah salah satu curug lainnya yang berada di Kabupaten Temanggung setelah curug surodipo. Topografi Kabupaten Temanggung yang berbukit-bukit membuatnya memiliki beberapa tempat wisata air terjun. Dinamakan curug lawe karena air terjun yang berada di curug ini terlihat seperti untaian benang putih yang indah. Kata lawe sendiri diambil dari aksara jawa yang berarti untaian benang berwarna putih. Curug lawe memiliki air yang sangat segar. Biasanya wisatawan akan sangat senang bermain-main air di lokasi curug sembari berendam atau berenang.

6. Embung kledung

Embung kledung

travelingyuk.com

Sebenarnya wisata alam embung kledung ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup dikenal di Kabupaten Temanggung. Eksotisme pemandangan danau buatan yang dimiliki embung kledung menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung ataupun wisatawan. Airnya yang jernih memantulkan pemandangan di sekitar embung yang sangat indah.
Fungsi utama dari embung kledung adalah untuk menampung air hujan dan sebagai sumber irigasi. Namun keindahan pemandangan alam yang dimiliki sangat sayang untuk dilewatkan, sehingga membuat lokasi ini menjadi salah satu objek wisata yang cukup diperhitungkan di Kabupaten Temanggung. Lokasi tepatnya berada di Desa Tlahap Kecamatan Kledung, Temanggung.

7. Posong

Posong

wisatakuy.com

Wisata alam posong merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan golden sunrise. Terletak di lereng Gunung Sindoro, wisata alam ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Wisatawan banyak berdatangan ke lokasi ini untuk menyaksikan golden sunrise pada saat matahari terbit. Banyak orang merasa memiliki perasaan berbeda saat menyaksikan matahari terbit. Hal inilah yang membuat banyak pecinta sunrise menyambangi tempat wisata ini.
Jika Anda berencana datang kesini, usahakan untuk datang 1 jam lebih awal. Hal ini dikarenakan waktu tempuh menuju wisata alam posong memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam dari gerbang masuknya. Lokasinya masih sama dengan tempat wisata alam sebelumnya yaitu berada di Desa Tlahap Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung.

8. Sewu ngadirejo

Sewu ngadirejo

WISATAne.com

Wisata alam sewu ngadirejo merupakan salah satu wisata alam tersembunyi yang memiliki keindahan panorama menjanjikan. Tepatnya berada di Desa Giripurno Kecamatan Ngadirejo Temanggung. Setiap sudut tempat wisata ini cocok dijadikan spot foto yang menarik. Keindahan yang tidak berujung, hamparan hijau luas dan pemandangan pegunungan yang ada di sekitarnya akan membuat Anda betah berlama-lama berada di tempat ini. Tempat wisata ini juga memiliki spot sunrise terbaik di atas panggung. Oleh karenanya, wisatawan juga mengunjungi tempat ini dengan tujuan untuk menyaksikan golden sunrise yang indah.

9. Hutan rasamala

Hutan rasamala

tani-temanggung.blogspot.com

Hutan rasamala adalah salah satu alternatif spot foto terbaik di Temanggung. Terletak di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, udara di daerah wisata ini sangatlah sejuk. Terdapat sebuah pohon walitus berukuran raksasa yang cukup menarik di tempat ini. sekitar 1,5 km dari pohon walitus terdapat rumpun rasamala yang konon tidak bisa terbakar. Banyak wisatawan datang ke tempat wisata ini hanya untuk menyaksikan pohon walitus raksasa yang tidak ditemukan di tempat wisata lain. Lokasi tepat hutan rasamala ini berada di Desa Jetis Kecamatan Selopampang, Temanggung Jawa Tengah.
Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Temanggung yang menarik untuk dikunjungi seperti bukit wagir bawang, tlogowungu muncar maupun curug titang. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, topografi Kabupaten Temanggung yang berada di area perbukitan membuatnya banyak memiliki tempat wisata air terjun. Ada lebih dari 5 tempat wisata air terjun yang berada di Temanggung. Jika Anda penasaran, cobalah untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Temanggung.



Leave a Reply

2 Comments
  1. jakarta gempar tukang kopi jadi cawagub says:

    ga nyangka di tempat tinggi macam temanggung ada telaga ya

  2. masjid di cihampelas ciwalk bandung says:

    pengin ke temanggung lagi,…penasaran sama tempat tempat romantis hi hi hi