Menilik Keindahan Pantai Ngudel

pantai ngudel

serlievidia | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
27 May 2018


Menilik Keindahan Pantai Ngudel
Kota Malang tak perlu diragukan lagi untuk dijadikan destinasi menghabiskan waktu liburan bersama orang terkasih. Salah satu wisata alam yang paling dibidik untuk dikunjungi adalah kawasan pantai selatan, yang termasuk wilayah Kabupaten Malang. Pantai Ngu

How to Get There

Dari Kota Malang berjarak sekitar 60 km. Melewati Bululawang, Turen, Sumbermanjing Wetan, Sitiarjo, Sendangbiru. melewati Jalan Jalur Lintas Selatan, dengan hanya melewati saja Pantai Sendang Biru, Pantai Goa China, Pantai Watu Leter, Jembatan Bajulmati, Pantai Ungapan, Pantai Bajulmati, Pantai Jolangkung, Pantai Parang Dowo / Paranglot, Pantai Batu Bengkung dan masuk ke Pantai Ngudel.

What to Do

Sesampainya disana, dari area parkir menuju bibir pantai, kami melewati pepohonan yang berjajar rapi. Area ini sangat bagus dijadikan spot foto. Saya dan teman-teman pun tidak menyia-nyiakannya dengan langsung berfoto di sana. Di antara pepohonan ada beberapa gazebo untuk sekadar duduk-duduk. Salah satu keunggulan di Pantai Ngudel ini adalah selain kita dimanjakan oleh pemandangan pantai dan laut yang cantik, kita juga dapat menikmati suasana seperti di dalam hutan. 

Kami berfoto di spot pepohonan :)

Setibanya di bibir pantai, kami disambut pasir putih yang sangat bersih, juga laut yang sangat biru. Kami langsung mendirikan tenda. Kami sengaja mendirikan tenda di dekat pohon agar bisa dipasang hammock. Selain itu kami juga membawa tikar yang digunakan sebagai alas. Setelah tenda berdiri, kami mulai mengeluarkan amunisi perut. Beberapa dari kami mengeksplor pantai dan main air di pinggiran. Oh iya, kalian harus waspada karena ombak di pantai selatan sangatlah ganas sehingga tidak diperkenankan berenang. Salah satu ritual yang wajib dilakukan di pantai adalah main pasir. Kami bermain pasir dengan membenamkan tubuh salah satu kawan kami di dalam pasir.

Suasana di pantai Ngudel

Kami mendirikan tenda di tepi pantai

 

Salah satu teman saya sedang menikmati laut sambil goleran

Pemandangan dari dalam tenda

Kami berfoto sambil bermain air

Selebihnya yang kami lakukan adalah berfoto secara bergantian, membuat video boomerang, sambil berbincang. Aktivitas kami terhenti karena suara peluit dari penjaga pantai yang menginstruksikan kami untuk menjauh dari pantai karena suasana mendadak mendung dan angin kencang. Tak berapa lama kemudian, hujan turun dan para pengunjung mulai berhamburan mencari tempat berteduh. Para penjaga warung yang ramah mempersilakan kami untuk mampir sampai menunggu hujan reda. Beberapa teman kami memilih berteduh di dalam mobil. Hujan hari itu cukup lama, kami bersyukur karena kami berangkat pagi sehingga sudah cukup puas bermain dan berfoto di pantai.  Selepas sholat dhuhur, hujan mulai reda. Kami berkumpul di suatu gazebo untuk memasak mie instan. Dengan menggunakan peralatan memasak di gunung, kami pun memasak mie bersama. Dengan suasana gerimis, makan mie bersama-sama membuat badan hangat.

Tips and Trick

Saya akan memberikan sedikit tips dan trik berwisata ke Pantai Ngudel berdasarkan pengalaman.

1. Jika rumah kalian jauh, sebaiknya berangkat seawal mungkin sehingga kalian bisa di sana pagi. Selain agar terhindar dari kemacetan Kota Malang, di pantai pun masih sepi sehingga lebih leluasa.

2. Jika kalian mau, dengan membawa tikar, hammock. tenda, peralatan memasak dapat memupuk kebersamaan dengan kawan rombongan. Kalian bisa bersantai di dalam tenda saat matahari mulai terik, goleran di atas tikar, sebagian dapat membuat makanan. Makanan yang dimasak tentunya yang mudah dibuat dengan peralatan seadanya, misalnya mie. Membawa makanan pun juga sangat disarankan ketika kalian lelah bermain air, mengeksplor pantai, kalian perlu makanan atau kue untuk mengganjal. Tapi ingat, bungkus makanannya harus dikumpulkan dan dibuang ke tempat sampah. Jangan sampai mencemari lingkungan di sekitar pantai.

3. Karena pantai ini bersebelahan dengan Pantai Ngantep, kalian juga dapat mengunjunginya sekalian. Sayangnya, saya dan teman-teman belum bisa mengunjungi karena faktor cuaca yang tidak memungkinkan.

4. Sebisa mungkin kalian memperhatikan cuaca sebelum datang ke sini, karena jika musim hujan, selain rawan hujan angin yang sangat deras, aktivitas liburan di pantai kalian juga akan terganggu. 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY