10 Rekomendasi Tempat Wisata di Busan Pasti Nggak Bikin Bosan


Reni  November 1, 2019  0 Comment


Jika berkunjung ke Korea Selatan, rasa-rasanya ibukota Seoul adalah destinasi wajib. Namun tahukah Anda, Busan juga memiliki berbagai keindahan wisata yang tidak kalah memukau. Bahkan saat ini, begitu banyak turis yang mencari informasi akan tempat wisata di Busan, sebagai pelengkap travelling mereka di negeri asal musik K-Pop tersebut.


Memang dibandingkan dengan Seoul, Busan masih kalah populer. Tetapi kota yang ada di wilayah tenggara Korsel ini adalah kota terbesar kedua sehingga resmi dijuluki sebagai kota metropolitan Busan. Dengan populasi menembus 3,5 juta jiwa, Busan kini terbagi menjadi 16 distrik yang semakin membuatnya kokoh sebagai salah satu pusat ekonomi, budaya dan kebudayaan Korsel.


Suksesnya gelombang musik K-Pop dan drama Korea yang dicintai masyarakat global rupanya turut membuat nama Busan Populer. Untuk itulah jika Anda sudah memiliki rencana ke Korsel, ada baiknya tahu daftar rekomendasi tempat wisata di Busan berikut ini. Supaya Anda tahu bahwa keindahan wisata Korea Selatan tidak hanya bisa ditemukan di Seoul dan pulau Jeju saja.Yuk! simak daftar rekomendasi tempat wisata di Busan berikut ini


1. Oryukdo Skywalk

Oryukdo Skywalk
instagram/visitbusan


Jika Anda penggemar film HAEUNDAE, tak asing dengan Oryukdo Skywalk yang dipakai untuk syuting. Berada di distrik Nam, Anda akan diajak menguji keberanian dengan berjalan di atas skywalk transparan yang di bawahnya adalah lautan lepas setinggi 35 meter. Tak perlu membayar jika ingin masuk ke Oryukdo Skywalk, hanya saja setiap hari pengunjung dibatasi 120 orang.

Gotravelly

Keindahan Di Balik Legenda Air Terjun Kedung Manten Blitar

Mitos Di Balik Pesona Air Terjun Sendang Gile Dan Tiu Kelep Lombok


2. Pasar Jagalchi

 Pasar Jagalchi
Instagram/thelandsberg


Sebagai kota tepi pantai, seafood tentu jadi kuliner unggulan Busan. Tak cuma menyantapnya saja, Anda bahkan bisa berbelanja ikan-ikan segar berkualitas terbaik di pasar Jagalchi. Sebagai tempat pelelangan ikan, tentu aneka jenis ikan bisa ditemukan di Jagalchi. Merasa lapar usai berbelanja? Tenang saja. Ada banyak sekali kedai seafood yang bisa dipilih di area pasar Jagalchi.
Tak perlu khawatir jika berkunjung ke Busan di akhir pekan dan hendak mencari ikan-ikan segar, karena pasar Jagalchi buka setiap hari selama seminggu mulai pukul 08.00-20.00 waktu setempat. Lantaran berupa pasar tradisional, Anda pun tak perlu repot membayar tarif masuk ke pasar Jagalchi. Ada banyak wisatawan asing yang datang ke tempat ini demi memperoleh sensasi belanja tradisional.


3. Hwangnyeongsan Azalea Festival

Hwangnyeongsan Azalea Festival
visitkorea.or.id


Gunung lain yang juga menjadi destinasi wisata di Busan yang sangat sayang diltinggalkan adalah adalah Hwangnyeon dengan festival adat tahunan yang memukau, Hwangnyeonsan Azalea Festival. Seperti namanya, dalam festival yang digelar pada bulan April itu Anda akan bisa melihat langsung kecantikan bunga Azalea yang memiliki kelopak cantik warna pink tersebut.


4. Yongdusan Park – Busan Tower

Yongdusan Park
Instagram/trazy_korea


Tak hanya pemandangan laut saja, salah satu lokasi wajib kunjung dalam wisata di Busan adalah gunung Yongdungsan. Sekadar informasi, Yongdungsan adalah satu dari tiga gunung paling populer di Korsel. Tak perlu repot kelelahan untuk mendaki gunung Yongdungsan, pemerintah Busan bahkan menyediakan eskalator demi mempermudah wisatawan.
Ketika Anda sampai di Yongdungsan Park, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Busan Tower. Yap, jika Seoul boleh sangat berbangga dengan Namsan Tower, maka Busan memiliki Busan Tower. Berada di puncak landmark kota Busan ini akan membuat Anda terpukau, dengan keindahan taman seluas 69.000 meter persegi dan lebih dari 70 jenis pohon itu.


5. Haedong Yonggungsa

 Haedong Yonggungsa
Instagram/Kumokhin


Meskipun dalam sensus penduduk tahun 2005 terungkap bahwa 43% penduduk Busan tak beragama, Anda masih bisa menemukan kuil-kuil agama Budha seperti Haedong Yonggungsa. Berada di distrik Gijang, kuil ini begitu cantik apalagi terletak di pinggir pantai dengan pemandangan laut yang sangat spektakuler.
Satu hal yang sangat unik soal Haedong Yonggungsa sehingga membuatnya masuk dalam daftar tempat wisata di Busan ialah dibangun oleh Naong pada masa Dinasti Goryeo, sejak tahun 1376. Hal ini membuat kuil ini sudah berusia 643 tahun. Waktu paling tepat mengunjungi kuil ini adalah saat musim semi karena bisa melihat bunga sakura bermekaran.


6. Kuil Beomeosa

 Kuil Beomeosa
Instagram/mishka_travels


Budha adalah agama dengan jumlah penganut terbesar di Busan. Salah satu simbol supremasi Buddha bisa dilihat lewat kuil Beomeosa. Sebagai situs candi terbesar di Busan, kuil ini konon sudah berusia lebih dari 1.300 tahun. Bukan hanya bangunannya yang indah, pemandangan Beomeosa juga sangat mempesona karena berada di tepi gunung Geumjeongsan.
Konon kuil yang masuk menjadi lokasi wisata di Busan unggulan ini dibangun oleh biksu Ui Sang pada tahun ke-18, di masa pemerintahan Raja Munmu dari Kerajaan Silla. Di sepanjang tangga menuju Beomeosa, Anda akan disambut oleh ribuan lentera aneka warna. Tak perlu biaya masuk alias gratis, kuil Beomeosa buka sejak pukul 08.30-17.30 waktu setempat.


7. Pantai Haeundae

Pantai Haeundae
Instagram/checkinbusan


Sebagai kota yang berada di dekat lautan, tentu lokasi-lokasi wisata di Busan tak bisa terlepas dari pantai. Salah satu pantai yang wajib Anda datangi saat ke Busan adalah pantai Haeundae yang begitu populer dan ramai dikunjungi saat musim panas datang. Dengan hamparan pasir putih bersih nan halus, keindahan pantai Haeundae bahkan sudah diakui hingga tingkat global.
Untuk datang ke Pantai Haeundae, Anda hanya perlu perjalanan darat sekitar satu jam dari Bandara Gimhae. Ada banyak watersport yang bisa dilakukan di pantai Haeundae seperti naik kano, main jetski hingga berjemur. Sebagai pantai terbesar di Korsel, hamparan pasir putih di Haeundae membentang sampai 1,5 km dan lebar area pantai sekitar 30-50 meter.


8. Taejongdae Park

Taejongdae Park
Instagram/visitbusan


Suka menikmati cantiknya pemandangan laut? Maka Taejongdae di ujung paling selatan Pulau Yeongdo-gu ini sangatlah cocok. Langsung menghadap ke samudera, di Taejongdae Park terdapat bangunan mercusuar yang eksotis di tepi pantai berbatuan. Tak hanya hamparan laut, Taejongdae juga memiliki hutan pinus asri yang sangat sempurna dipandang ketika musim semi dan gugur.


9. Dadaepo Sunset Fountain of Dream

Dadaepo Sunset Fountain of Dream
Instagram/ crownprincetaze


Masih dalam daftar wisata di Busan selanjutnya, ada Dadaepo Sunset Fountain of Dream di pantai Dadaepo. Dianggap sebagai air mancur terbesar di dunia, semburan airnya mencapai setinggi 55 meter dari tanah. Selama bulan Maret-November, akan ada lima kali pertunjukan air mancur dalam sehari yang diiringi musik dengan air yang meliuk-liuk bak menari.


10. Jembatan Gwangan

Jembatan Gwangan
Instagram/Koreanadventures


Membentang sepanjang 7,42 km yang menghubungkan Haeundae dan Suyeong, jembatan Gwangan adalah kebanggaan Busan. Waktu paling tepat berkunjung di salah satu tujuan wisata di Busan ini adalah saat cuaca cerah. Namun saat malam hari, Jembatan Gwangan bakal dipenuhi kelap-kelip lampu super cantik yang memang sengaja dipasang oleh pemerintah Busan.
Melihat ulasan daftar tujuan wisata di Busan, terungkap bahwa kota kelahiran aktor tampan Gong Yoo ini memang begitu memukau. Untuk itulah jika Anda berkesempatan datan ke Busan, jangan lupa untuk mendatangi salah satu destinasi wisata tersebut. Karena memang pada dasarnya, keindahan Korea Selatan juga diperlihatkan secara jelas oleh Busan.



Leave a Reply