10 Danau Diatas Gunung Terindah di Dunia


Altesa  August 3, 2022  0 Comment

Danau adalah salah satu tujuan wisata alam yang ramai akan penikmat. Selain pemandangan indah yang dimiliki oleh wisata alam danau nuansa yang ditawarkan di area sekitaran danau biasanya cenderung sejuk bahkan dingin. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan wisatawan. Tanpa ada embel-embel apapun danau dikenal sudah memiliki pesona nan cantik yang memikat hati, namun bagimana jika danau yang cantik ini dipertemukan dengan kemegahan gunung yang juga memiliki daya tarik yang menawan? Pernahkah kamu membayangkan betapa eloknya jika dua ciptaan Tuhan ini dipertemukan?  Nah, untuk mendukung daya imajinasi kamu akan seperti apa rupanya jika danau berada di atas gunung, maka kali ini Gotravelly mengajak kamu untuk mengenali 10 danau diatas gunung terindah di dunia.

1. Danau Jiaming, Taiwan

Danau Jiaming, Taiwan
beritasatu.com

Taiwan merupakan salah satu negara dengan pegunungan terbanyak di dunia. Gunung-gunung di Taiwan juga terkenal akan keindahannya yang menakjubkan. Namun ada salah satu gunung yang perlu kamu tahu memiliki keindahan yang akan membuat mata setiap orang yang melihatnya serasa tidak ingin berkedip. Bagaimana tidak, di gunung tersebut terdapat sebuah danau yang berwarna biru dengan bentuk yang sangat cantik. Danau tersebut bernama danau Jiaming. Arti kata Jiaming sendiri ialah air mata malaikat. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi danau ini harus sedikit mengeluarkan tenaga ekstra,. Hal ini karena, lokasi danau yang berada diatas gunung mengharuskan pengunjung untuk mendaki setidaknya sejauh 26 kilo meter jarak pulang pergi. Selain itu, kamu juga akan dibuat berdebar dengan jalur pendakian yang di iringi tebing curam dibawahnya. Namun dengan ekstrim nya perjalanan yang harus di tempuh ini, menjadikan pengalaman mengunjungi danau Jiaming sebagai momen yang sangat berharga.

Gotravelly

Seven Summit Pegunungan Nongkojajar Pasuruan

Jalur Putus Asa Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing

2. Danau Kelimutu  / Danau Tiga Warna, Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu  / Danau Tiga Warna, Nusa Tenggara Timur
regional.kompas.com

Danau Kelimutu merupakan danau diatas gunung terindah di dunia selanjutnya. Uniknya danau Kelimutu memiliki tiga buah cekungan danau dengan masing-masing danau memiliki warna yang berbeda-beda yakni warna merah, warna biru, dan satu lagi berwarna putih. Bukan hanya warnanya yang berbeda, namun warna danau tersebut juga dapat berubah-ubah.  

Danau Kelimutu ini sudah tidak asing detelinga kalangan pecinta alam terutama gunung. Berada di ketinggian 1631 Mdpl, danau ini berlokasi di pulau Flores Nusa Tenggara Timur.

3. Danau Ranu Kumbolo, Lumajang

 Danau Ranu Kumbolo, Lumajang
gojatim.com

Danau indah diatas gunung yang satu ini tentu sudah di kenal oleh banyak orang. Bernama Ranu Kumbolo, danau ini berada diatas gunung Semeru yang ada di Kota Lumajang Jawa Timur. Danau air tawar ini beradal dari kawah gunung Jambangan, yakni gunung yang ada di rute pendakian gunung Semeru. Bagi para pendaki di gunung semeru, Ranu Kumbolo menjadi pusat transit atau istirahat. Dimana, para pendaki biasanya mendirikan camp disini. Tentu orang-orang yang bertujuan mendaki ke puncak gunung semeru akan merasa sangat sayang jika melewatkan keindahan Ranu Kumbolo ini. Selain itu, Ranu Kumbolo juga menjadi pusat air bersih bagi mereka.

Ketenaran Ranu Kumbolo dan gunung Semeru ini semakin terangkat pada tahun 2015 ketika salah satu film populer Indonesia yang berjudul  5 Cm mengambil latar tempat di Ranu Kumbolo sendiri.

4. Danau Segara Anak,  Lombok

Danau Segara Anak,  Lombok
travel.tribunnews.com

Siapa yang tidak kenal dengan gunung Rinjani. Gunung yang berada di pulau Lombok ini dikenal dengan ketinggian nya yang membuat gunung tersebut menyandang gelar sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Namun tahukah kamu jika Rinjani juga menyimpan keindahan yang mungkin sebagian orang tidak ketahui. Di gunung ini terdapat sebuah danau yang sangat cantik. Diberi nama danau Segara anak, danau ini dikelilingi oleh beberapa kolam air panas alami yang mampu membuat siapa saja tidak ingin beranjak. Pantas jika kita masukkan danau ini kedalam jajaran danau indah diatas gunung.

5. Danau Habema, Papua

Danau Diatas Gunung
celebes.co

Pegunungan Trikora yang berada di Papua menjadi salah satu tujuan pendakian bagi para pecinta alam. Namun selain terkenal akan puncaknya, gunung ini juga dikenal dengan indahnya danau yang ada di sana. Namanya danau Habema, sebelumnya nama danau tersebut ialah Yuginopa, namun diubah menjadi sesuai dengan nama Letnan yang mengawal ekspedisi yang dilakukan diatas gunung Trikora. Danau ini dikenal sebagai danau keramat oleh suku Dani. Berada di ketinggian 3.225 Mdpl, danau indah diatas gunung ini menjadi danau pegunungan tertinggi di Indonesia.

6. Danau Gunung Tujuh, Kerinci

Danau Gunung Tujuh, Kerinci
ketahui.com

Danau indah diatas gunung yang berikutnya ialah danau Gunung Tujuh. Nama tersebut diambil dari kondisi dimana danau dikelilingi oleh tujuh gunung diantaranya yaitu gunung Hulu Tebo, Hulu Sangir, Jar Panjang, Lumut, Madura Besi, Selasih dan yang terakhir ialah gunung Tujuh. Lokasinya sendiri ada diatas Gunung Kerinci. Danau ini juga memiliki julukan sebagai danau Para Dewa. Hal ini disebabkan oleh kepercayaaan masyarakat sekitar yang meyakini bahwa didalam danau tersebut bersemayam makhluk halus berbentuk naga dan harimau. Danau ini begitu elok karena airnya yang senantiasa bersih dan jernih.

7. Danau Telaga Dewi, Sumatra Barat

Danau Telaga Dewi, Sumatra Barat
buliran.com

Danau indah diatas gunung yang ke-7 ada di Sumatra Barat. Berlokasi atas gunung Singgalang di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, gunung ini mungkin belum banyak dikenal. Di gunung ini menyimpan satu pesona yang harus kamu ketahui yakni terdapat sebuah danau yang diberi nama danau Telaga Dewi.  Danau kini berada tepat sebelum puncak gunung Singgalang, yakni hanya berjarak 112 meter. Area didanau ini juga menjadi tempat favorit mendirikan camp bagi para pendaki. Pemandangan yang indah dan nuansa yang tenang dari danau Telaga Dewi membuat pendaki betah berlama-lama disini.

8. Danau Taman Hidup, Probolinggo

Danau Taman Hidup, Probolinggo
ihategreenjello.com

Di gunung Argopuro, terdapat sebuah danau diatas gunung terindah yang diberi nama danau Taman Hidup. Danau ini semakin cantik karena dikelilingi oleh ilalang-ilalang. Danau ini juga dipercaya memiliki kisah mistis dimana masyarakat meyakini bahwa dahulu danau ini merupakan tempat mandi bagi dewi Rengganis dengan para dayangnya. Untuk kamu yang tinggal di Probolinggo sepertinya wajib ya coba menyambangi danau yang satu ini.

9. Danau Tanralili, Gowa

Danau Tanralili, Gowa
celebes.co

Satu lagi danau diatas gunung terindah yang wajib kamu ketahui, namanya danau Tanralili. Danau ini berada di gunung Bawakaraeng. Dikenal juga sebagai Ranu Kumbolonya Kabupaten Gowa, danau ini berasal dari longsoran gunung Bawakaraeng yang kemudian membentuk sebuah cekungan yang lama kelamaan terisi oleh air. Nama Tanralili sendiri diambil dari nama salah satu kerajaan di Sulawesi Selatan. Untuk dapat menikmati pemandangan di danau ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari desa terakhir yakni Desa Lengkese.

10. Danau Larson, Papua

 Danau Larson, Papua
travel.detik.com

Siapa yang tidak pernah mendengar gunung Jaya Wijaya yang merupakan pegunungan tertinggi di Indonesia. Di gunung ini menyimpan satu danau indah diatas gunung yakni danau Larson. Danau ini semakin terlihat tidak nyata keindahannya karena seringkali ada burung belibis diatas permukaan airnya.

Itulah tadi 10 danau diatas gunung terindah di dunia yang dapat menjadi rekomendasi bagi kamu yang sedang ingin menikmati keindahan alam dengan level yang berbeda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.



Leave a Reply