14 Curug di Tasikmalaya Sajikan Keindahan Luar Biasa


Fida  November 3, 2023  0 Comment

Tasikmalaya merupakan sebuah kawasan yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten yang satu ini menghadirkan berbagai daya tarik alam yang luar biasa. Kota ini juga berbatasan langsung dengan kabupaten lain yang terkenal dengan banyak destinasi wisata yang indah, seperti Pangandaran dan Garut. Namun, ketika menjelajahi Tasikmalaya, kamu akan menemukan keindahan alamnya yang unik dan eksotis. Salah satu yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan adalah curug. Berikut daftar rekomendasi curug di Tasikmalaya yang wajib kamu datangi.

14 Curug di Tasikmalaya Sajikan Keindahan Luar Biasa :

1. Curug Ciparay

curug ciparay
idntimes.com

Curug Ciparay, terletak di Kecamatan Cigalontang, terkenal dengan sebutan “curug kembar” karena memiliki dua air terjun yang berdekatan. Salah satu curug di Tasikmalaya ini dikenal dengan pemandangannya yang indah dan menakjubkan. Akses menuju ke tempat ini juga cukup sulit dan belum sepenuhnya dioptimalkan oleh pemerintah, meskipun potensinya sangat menarik.

2. Curug Koja

curug koja
genpi.co

Curug Koja menjadi pilihan destinasi wisata alam yang menarik dan bisa kamu kunjungi di Desa Linggajaya, Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya. Untuk mencapainya, kamu harus menyusuri sungai, melewati pematang sawah, dan melintasi lembah, menciptakan pengalaman petualangan yang tak terlupakan.

3. Curug Putih – Curug di Tasikmalaya

curug putih
larismanis.com

Pilihan curug berikutnya yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan adalah Curug Putih. Curug Putih terletak di kaki Gunung Galunggung, lebih tepatnya di Kp Cipeuteuy, Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong Tasikmalaya. Perjalanan menuju air terjun ini tidak mudah, mengharuskan kamu melewati lembah dan sungai. Namun, keindahan alam yang menunggu di ujung perjalanan sangat memuaskan.

Baca juga :  10 Pulau Paling Indah di Sulawesi Pesonanya Bikin Enggan Pergi

4. Curug Cimanintin

curug cimanintin
priangan.tribunnews.com

Curug Cimanintin adalah salah satu permata alam Tasikmalaya yang terletak di Desa Tanjungsari, Kecamatan Salopa. Untuk mencapainya, kamu akan melewati jalan berbatu dengan kendaraan bermotor, kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan yang memukau, seperti persawahan dan perbukitan yang indah. Perjalanan itu sendiri sudah menjadi pengalaman yang indah, dan ketika kamu sampai di Curug Cimanintin, kamu akan dihadiahi oleh pemandangan air terjun yang memukau dan kebersihannya yang terjaga dengan baik.

5. Curug Cihanjuang Tasikmalaya

curug cihanjuang
bandungnews.id

Curug Cihanjuang, terletak di Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong Tasikmalaya, adalah salah satu destinasi alam yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Kealamian dan kebersihan tempat ini tetap terjaga dengan baik, menjadikannya destinasi yang sangat direkomendasikan untuk mereka yang mencari pengalaman wisata alam yang tersembunyi.

6. Curug Ciwatin Tasikmalaya

curug ciwantin
gemasulawesi.com

Curug Ciwatin, yang terletak di Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya, bisa dijangkau dengan relatif mudah. Kamu dapat mencapainya dengan perjalanan sekitar 6 kilometer dari alun-alun kecamatan. Perjalanan ini akan membawa Anda melalui perjalanan yang indah, termasuk melintasi jembatan dan berjalan kaki sebentar. Curug Ciwatin juga menawarkan kesempatan untuk berenang dalam air yang tenang dan bersih.

7. Curug Dengdeng – Curug di Tasikmalaya

curug dengdeng
tasik.ayoindonesia.com

Curug Dengdeng adalah destinasi air terjun yang menarik, terletak di Desa Cikawung Gading, Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya. Keunikan Curug Dengdeng adalah adanya kolam air yang tenang, yang membuatnya ideal untuk berenang. Air terjun yang luas dan bertingkat ini juga dikelilingi oleh hutan hijau, menciptakan suasana yang nyaman bagi pengunjung. Namun, perjalanan menuju ke lokasi ini cukup sulit, melibatkan perjalanan melalui jalanan berbatu dengan kendaraan bermotor dan berjalan kaki melalui lembah.

Baca juga :  Kunjungi 10 Museum Sejarah Terbaik di Australia

8. Curug Batu Blek

curug batu blek
pandooin.com

Curug Batu Blek terletak di Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong. Seperti Curug Dengdeng, akses menuju lokasi ini tidak mudah, melibatkan perjalanan melalui jalanan berbatu yang masih berupa tanah dengan kendaraan bermotor, diikuti dengan berjalan kaki melalui lembah dan pematang sawah.

9. Curug Sawer Mandalamekar

curug sawer mandalamekar
priangan.tribunnews.com

Curug Sawer adalah air terjun yang indah yang terletak di Desa Mandalamekar. Ini adalah objek wisata alam populer di daerah tersebut, dikenal karena lingkungannya yang tenang dan airnya yang jernih. Air terjun ini terletak di tengah-tengah vegetasi hijau yang rimbun dan merupakan tempat yang bagus untuk para pecinta alam dan pencari petualangan.

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dan berenang di kolam alami yang ada di bawahnya. Kawasan sekitar Curug Sawer relatif belum berkembang, memberikan pengalaman yang lebih alami dan tenang dibandingkan dengan beberapa tujuan wisata yang lebih ramai di daerah tersebut. Untuk mengunjungi Curug Sawer di Mandalamekar, kamu dapat menanyakan petunjuk dan kondisi terkini kepada penduduk setempat, karena aksesibilitas dan fasilitas dapat bervariasi.

10. Curug Arjuna

curug arjuna
kabarpangandaran.pikiran-rakyat.com

Curug Arjuna, yang terletak di Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong. Curug yang sati ini masih termasuk dalam kategori objek wisata yang jarang dikunjungi karena akses jalan yang tidak mudah. Tetapi keindahan yang disuguhkan sangat indah dan menakjubkan.

11. Curug Cileutak

curug cileutak
bisnisbandung.com

Curug Cileutak, yang terletak di Desa Sindang Asih, Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya, dianggap sebagai destinasi yang sungguh indah dan menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini juga dapat dijadikan tempat bermain air yang menarik karena kondisi yang aman untuk berenang. Meskipun diperlukan sedikit usaha ekstra untuk mencapai curug ini, pengalaman yang ditawarkan begitu berharga.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Incheon Korea Selatan

12. Curug Gado Bangkong

curug gado bangkong
priangan.tribunnews.com

Curug Gado Bangkong, yang terletak di Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong Tasikmalaya, adalah destinasi air terjun yang tersembunyi. Untuk mencapainya, kamu hanya dapat menggunakan kendaraan roda dua dan melanjutkan dengan berjalan kaki.

13. Curug Wayang

curug wayang
pandooin.com

Curug Wayang, terletak di Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong Tasikmalaya, memukau pengunjung dengan air terjun yang jernih dan kolam yang tenang, menciptakan tempat yang sempurna untuk berenang.

14. Curug Galunggung

curug galunggung
priangan.tribunnews.com

Curug Galunggung terletak di kaki Gunung Galunggung, dan perjalanan menuju curug ini sangat sulit karena hampir tidak ada akses yang memungkinkan. Pengunjung hanya dapat menikmati keindahan curug ini dari kejauhan.

Wisata alam di Tasikmalaya adalah pengalaman yang mempesona. Apalagi jika kamu mengunjungi Desa Santana Mekar di Kecamatan Cisayong, di mana terdapat banyak air terjun yang menunggu untuk dijelajahi. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi keindahan alam Tasikmalaya yang menakjubkan ini.

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Jika bingung menentukan tujuan berlibur, Tasikmalaya menjadi kawasan yang menarik untuk kamu datangi. Indahnya berbagai curug tentu akan memanjakan mata dan membuatmu betah. Dari daftar di atas, curug manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu datangi?



Leave a Reply