18 Pantai di Bangka Paling Bersih dan Indah


Rio Handika  October 24, 2023  0 Comment

Keindahan pantai di Bangka tidak kalah dengan pantai Bali meski tidak seramai Bali. Tiap pantai yang ada di Bangka punya pesonanya tersendiri serta dijamin bersih. Agar bisa mengenal berbagai macam pantai di daerah Bangka, silahkan baca keterangannya di sini:

18 Pantai di Bangka Paling Bersih dan Indah :

1. Pantai Pasir Padi – Pantai di Bangka

pantai pasir padi
bangka.tribunnews.com

Pertama ada Pasir Padi yang masuk kategori pantai paling indah dengan pasir yang unik. Apabila kebanyakan pantai memiliki pasir halus abu-abu atau putih, di pantai ini pasirnya berbentuk padi. Wajar jika nama pantainya dinamakan Pasir Padi.

Warga sekitar sering menghabiskan sore hari di Pantai Pasir Padi untuk melihat balap motor. Ombak pantainya yang tenang sangat aman jika anak kecil ingin bermain air luat.

Alamat Pantai Pasir Padi di Kota Jl.Pasir Padi, Kota Pangkal Pinang, Prov.Bangka Belitung

2. Pantai Tongaci – Pantai di Bangka

pantai tongaci
regional.kompas.com

Pantai di Bangka kedua adalah Tongaci yang dimanfaatkan sebagai penangkaran Penyu. Pengunjung bisa melihat langsung beragam jenis penyu sampai memahami bagaimana penangkarannya. Tentu saja mendatangi Pantai Tongaci akan menyenangkan bersama rombongan.

Pesona alam Pantai Tongaci tetap menarik meski sudah menjadi area penangkaran Penyu. Bukan hanya pesona pantai tapi pengunjung bisa melihat Museum Garuda dan lainnya.

Alamat Pantai Tongaci di Jl.Laut, Sinar Baru, Sungailiat, Bangka

3. Pantai Tanjung Pesona

pantai tanjung pesona
bangka.tribunnews.com

Lokasi Pantai Tanjung Pesona terletak diantara dua pantai lainnya yakni Teluk Uber dan Tikus. Keindahan Tanjung Pesona tidak perlu ditanyakan lagi. Pada area bibir pantainya terdapat susunan batu granit berukuran jumbo yang menyatu dengan air laut.

Untuk kamu yang tidak puas jika hanya menghabiskan satu hari di Tanjung Pesona bisa menginap di pantainya. Air lautnya yang jernih serta pasir putih bersih menjadi pemandangan eksotis. Baik penginapan atau resort tersedia di sekitar Tanjung Pesona.

Alamat Pantai Tanjung Pesona ada di Desa Rambak, Kec.Sungailiat, Kab.Bangka

4. Pantai Batu Kodok

pantai batu kodok
m.tribunnews.com

Berikutnya ada Pantai Batu Kodok yang menyuguhkan bebatuan mirip kodok. Pantai yang satu ini masih belum banyak dijamah pengunjung. Mayoritas masyarakat yang datang adalah warga lokalnya saja.

Baca juga :  8 Danau Terdalam di Dunia Ini Memiliki Pesona Yang Bikin Penasaran

Dijamin siapa saja yang datang ke Batu Kodok tidak akan menyesal. Pemandangannya yang indah serta masih asri membuat pengunjung betah. Menikmati sunrise atau sunset di Batu Kodok juga sangat seru loh.

Alamat Pantai Batu Kodok ada di Keciput, Kec.Sijuk, Kab.Belitung, Kep.Bangka Belitung

5. Pantai Tanjung Tinggi – Pantai di Bangka

pantai tanjung bangka
regional.kompas.com

Keindahan Pantai Tanjung Tinggi sudah didengar oleh masyarakat secara luas. Pantai Tanjung Tinggi terkenal karena pernah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi yang terkenal. Pemandangan memukau dengan perpaduan pasir putih dan batu granit sukses memanjakan mata.

Bagi pengunjung bisa menikmati aktivitas seru yang membuat hari libur terasa lebih berkesan. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti renang, berjemur sampai dengan main jetski. Menyusuri keindahan bawah laut dengan snorkeling di Tanjung Tinggi juga bisa dilakukan.

Alamat Pantai Tanjung Tinggi ada di Desa Ciput, Kec.Sijuk, Kab.Belitung, Bangka Belitung

6. Pantai Tanjung Kelayang

pantai tanjung kelayang
travel.kompas.com

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Bangka tanpa ke Pantai Tanjung Kelayang. Pengunjung bukan hanya menyaksikan panorama laut dan pantai namun juga melihat batu granit asli. Pada beberapa titik pantai batu granit Tanjung Kelayang akan berkilau.

Alamat Pantai Tanjung Kelayang di Jl.Tanjung Pandang-Kelayang, Sijuk, Kab.Belitung

7. Pantai Parai Tenggiri

pantai parai tenggiri
travel.kompas.com

Ada lagi pantai yang tak kalah menarik dan memanjakan mata yakni Parai Tenggiri. Apabila hari libur tiba wisatawan banyak yang memilih untuk mendatangi Pantai Parai Tenggiri. Lokasi pantainya dekat dengan Pangkalpinang sebagai ibukota Provinsi Bangka Belitung.

Masyarakat banyak datang ke Pantai Parai Tenggiri karena lokasinya strategis. Parai Tenggiri layak masuk dalam daftar kunjungan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Hadirnya granit dengan berbagai ukuran menjadi keunggulan dari Pantai Parai Tenggiri.

Alamat Pantai Parai Tenggiri Jl.Matras Desa Sinar Baru, Kec.Sungailiat, Kab.Bangka Belitung

8. Pantai Penganak

pantai penganak
tribunnewswiki.com

Selanjutnya ada Pantai Penganak yang menyajikan pemandangan alam indah dan hamparan laut bersih. Ombak Pantai Penganak cenderung tenang membuat nuansa di sekitar pantai lebih terasa tenang. Pengunjung diizinkan untuk renang begitu juga anak kecil yang ingin bermain air.

Ketika sore atau mendung pemandangan Pantai Penganak sangat indah dipandang. Langit yang terhampar luas menyatu dengan birunya laut. Apabila ombak mulai terasa menghantam kuat segera menepi ke pantai.

Alamat Pantai Penganak di Jl.Penganak, Air Gantang, Kec.Parittiga, Kab.Bangka Barat, Kep.Bangka Belitung

9. Pantai Rebo

pantai rebo
triptrus.com

Masuk sebagai salah satu pantai di Bangka yang cantik dan eksotis, Pantai Rebo menjadi pilihan terbaik pengunjung. Hadirnya pasir putih dengan garis pantai memanjang cocok dijadikan tempat santai. Apabila kamu berjalan-jalan di sekitar pantai maka kamu akan menemukan terumbu karang.

Baca juga :  10 Danau di Bogor dengan Pesona Menakjubkan

Airnya yang jernih semakin indah jika kamu abadikan di kamera. Cari lokasi yang tidak terlalu ramai agar kamu bisa melihat keindahan Pantai Rebo secara menyeluruh.

Alamat Pantai Rebo di Jl.Patimura Kp. Sungailiat, Bangka

10. Pantai Matras

pantai matras
exotic.bangka.go.id

Pilihan pantai berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Matras. Hampir sama dengan kebanyakan pantai lainnya, pengunjung akan menikmati keindahan pantai itu sendiri. Lautan lepas dengan suara deburan ombak jadi ciri khas dari Pantai Matras.

Pemandangan yang disajikan oleh Pantai Matras hampir serupa dangan pantai pada umumnya. Yang membuat pantai ini lebih istimewa adalah batuan granitnya yang menghiasi lautan dan pasir. Memang keunggulan pantai di kawasan ini mayoritas pada bebatuan granit yang mahal.

Alamat Pantai Matras di Jl.Pantai Matras, Sinar Baru, Kec.Sungai Liat, Kab.Bangka Belitung

11. Pantai Penyusuk

pantai penyusuk
exotic.bangka.go.id

Terletak di kawasan Bangka Utara, kamu bisa mendatangi Pantai Penyusuk. Pengunjung akan melihat keindahan karena hamparan pasir putihnya lengkap dengan bebatuan granit. Bentuk ukuran batu granitnya sendiri variatif dan pasti mencuri perhatian pengunjung.

Jenis batunya yang besar-besar di sekitar pantai menjadi keunggulan tersendiri. Kamu bisa berfoto ria di sekitar bebatuan dan airnya yang jernih. Hamparan awan putih juga semakin menarik perhatian apalagi pada siang hari.

Alamat Pantai Penyusuk di Belinyu, Bukit Ketok, Kab.Bangka, Kep.Bangka Belitung

12. Pantai Romodong

pantai romodong
tripadvisor.co.id

Pantai yang cantik selanjutnya adalah Pantai Romodong. Ketika masuk ke area pantai pengunjung bisa langsung melihat dua batu granit jumbo yang dan berkilau. Pengunjung juga bisa menikmati hamparan laut lepas bersama dengan pasir putihnya yang lembut.

Birunya air laut yang menyatu dengan hijaunya pepohononan membuat mata kamu akan selalu dimanjakan. Berenang di sekitar bibir pantai menjadi aktivitas yang direkomendasikan untuk kamu. 

Alamat Pantai Romodong ada di Bukit Ketok, Belinyu, Kep Bangka Belitung

13. Pantai Batu Bedaun

pantai batu bedaun
koran-jakarta.com

Ketika kamu masuk ke area Pantai Batu Bedaun maka dijamin kamu tidak akan berhenti takjub. Keindahan Pantai Batu Bedaun begitu alami dan tidak dimiliki oleh pantai lainnya. Ketika mulai memasuki kawasan kamu tidak akan bosan memandang seluruh pemandangan alamnya.

Kejernihan airnya bercampur dengan hijaunya pepohonan di sekitar. Warna hijau toska menjadi warna yang tersaji di area pantai dan bisa kamu nikmati dengan tenang. Siapkan kamera untuk mengabadikan momen karena pantainya sangat indah.

Alamat Pantai Bedaun di Sungai Liat, Kab Bangka, Kep Bangka Belitung

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Pontianak Paling Terkenal Karena Keindahannya

14. Pantai Lengkuas

pantai lengkuas
belitung.tribunnews.com

Berikutnya adalah Pantai dengan sajian bebatuan granitnya. Pemandangan yang ada di Pantai Lengkuas terasa sangat alami seperti belum pernah tersentuk ole tangan-tangan manusia. Jelajahi setiap suduh pantainya, kamu akan menemukan bangunan mercusuar tinggi.

Bangunan mercusuar tersebut biasanya didatangi pengunjung yang ingin melihat keindahan pantai dari atas. Mayoritas pengunjung membawa kameranya untuk mengabadikan momen di Pantai Lengkuas.

Alamat Pulau Lengkuas di Tanjung Binga, Kec.Sijuk, Kab.Belitung

15. Pantai Tikus Emas

pantai tikus emas
indonesiana.id

Pantai Tikus Emas adalah pantai selanjutnya yang selalu mengundang rasa penasaran. Pesona alam yang menakjubkan dengan batu granit tersebar di segala arah menjadi keunggulannya. Kamu bisa mendapati jembatang tinggi yang biasanya sering disusuri oleh wisatawan.

Pemandangan indah di atas ketinggian bisa kamu dapatkan di Tikus Emas. Simbol Ikonik Tikus Emas terletak pada kura-kuranya yang ada di depan pantai. Anak kecil sangat suka berfoto bersama kura-kura tersebut untuk ia pamerkan kepada temannya.

Alamat Pantai Tikus Emas ada di Parit Padang, Sungai Liat, Kab.Bangka, Kep.Bangka Belitung

16. Pantai Bukit Berahu – Pantai di Bangka

pantai bukit berahu
tripadvisor.co.id

Berikutnya adalah pantai yang memiliki keunikan karena punya 60 sampai 70 anak tangga. Sebelum kamu tiba di kawasan Pantai tersebut kamu harus melewati anak tangga yang cukup banyak. Bagi anak kecil atau orang tua, menaiki tangga tentu punya risiko tinggi.

Terdapat pesona memikat yang ditawarkan oleh Pantai Bukit Berahu sehingga meski kamu menaiki anak tangga tidak akan rugi. Di ujung pantai kamu bisa melihat jajaran batu granit yang sangat khas dengan Pulau Bangka Belitung. Istirahat di bebatuan menjadi aktivitas terbaik selama di pantai.

Alamat Pantai Bukit Berahu ada di Jl.Kamp, Jl.Bugis, Tj.Binga, Sijuk, Kab. Belitung

17. Pantai Penyabong

pantai penyabong
tribunnewswiki.com

Kamu yang selama ini bingung dengan pilihan pantai di Bangka bisa memilih untuk datang ke Pantai Penyabong. Pesona alam Pantai Penyabong dijamin tidak akan membuat kamu meyesal datang ke sini. Pada awal kedatangan kamu bisa merasakan langsung ketenangan pantainya.

Suasana pantai yang sepi cocok bagi kamu yang suka atau mencari ketenangan. Pepohonan rindang di sekitar pantai membuat suasana pantai makin tenang. Bebatuan granit yang menghiasi pantai membuat kamu bisa melihat keindahan duniawi. Aroma laut yang khas juga bisa kamu hirup setelah sesak dengan polusi.

Alamat Pantai Penyabong di Padang Kandis, Membalong, Kab.Belitung, Kep.Bangka Belitung

18. Pantai Jimbaran Belitung – Pantai di Bangka

pantai jimbaran
idntimes.com

Hampir sama dengan pantai Bali tapi kali ini bukan pantai Bali melainkan Bangka. Pantai Jimbaran Belitung memiliki garis tepi yang kedua sisinya memiliki bentang alam berbeda. Butiran pasir menggoda bisa membuat setiap pengunjung yang datang terpesona. 

Pantai Jimbaran Belitung pernah dijadikan syuting film. Wajar jika banyak orang tahu dengan pantai ini. Belum lagi dengan suasana pilihan kulinernya yang beragam.

Alamat Jimbaran Belitung di Jalan Raya  Sijuk, Desa Sijuk, Pantai Tanjng Tinggi, Kab.Belitung

source : https://www.youtube.com/@ArsalBahtiar

Itulah pantai di Bangka yang menyajikan panorama indah serta daya tarik tinggi. Bagi kamu yang bosan ke Bali atau tinggal di Sumatera bisa datang ke pantai di atas. Dijamin suasana pantainya tidak kalah dengan Bali yang selalu padat pendatang.



Leave a Reply