10 Pantai di Madura yang Indah dan Sayang Dilewatkan


Rio Handika  July 19, 2023  0 Comment

Berwisata di Madura menjadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin mengisi waktu libur. Salah satunya adalah mengunjungi Pantai di Madura dengan pesona alamnya yang menakjubkan. Seperti yang diketahui, Madura merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah timur provinsi Jawa Timur.
Pulau Madura memiliki berbagai pantai indah yang recommended untuk dikunjungi. Pulau yang kerap disebut pulau garam ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Tentu keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Nah, penasaran apa saja pantai di Madura dan seberapa cantiknya? Yuk simak ulasan berikut ini.

10 Pantai di Madura :

1. Pantai Sembilan Gili Genting

pantai sembilan
travel.kompas.com

Pantai pertama yang recommended untuk dikunjungi kala di Madura ialah pantai sembilan gili genting. Salah satu pantai yang cukup terkenal ini dulunya memiliki nama Mareddnan atau dalam bahasa Madura berarti Kuburan. Memiliki keunikan tersendiri seperti pantai yang berbentuk 9, sehingga banyak yang menyebutnya pantai sembilan hingga saat ini.
Ada banyak keindahan alam yang disuguhkan oleh pantai sembilan. Selain itu, ada juga yang menarik perhatian yakni adanya mercusuar sembilan dengan tinggi 78 meter dan terdiri dari 17 lantai. Tentunya hal tersebut membuatnya cukup ikonik. Pantai sembilan terletak di Gili genting dengan harga tiket Rp. 5000,00.

2. Pantai Biru Camplong – Pantai di Madura

pantai biru camplong
radarmadura.jawapos.com

Berikutnya, Pantai di Madura yang juga cukup famous dikalangan para pecinta pantai adalah Pantai Biru Camplong. Pantai ini memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri yang cukup menarik dan cocok untuk liburan bersama keluarga. Pasalnya, wisata pantai camplong cukup bersih, aman, serta cocok untuk melakukan berbagai aktivitas yang menarik.

Baca juga :  9 Tempat Wisata Pantai di Jogja yang Indah Tapi Jarang Diketahui

Di Pantai Biru Camplong, kamu juga bisa melihat pesona dermaga kapal minyak. Untuk bisa berkeliling menikmati keindahan di Pantai camplong, kamu perlu waktu sekitar 20 menit. Pantai yang terletak di Sampang Regency ini juga memiliki fasilitas yang memadai dan lengkap. Harga masuknya pun cukup terjangkau yakni 10 ribu sampai 15 ribu per orang.

3. Pantai Nepa

pantai nepa
matob.web.id

Di daerah Madura memang memiliki sejuta pantai mempesona yang kerap menarik perhatian wisatawan. Salah satu pantai di Madura yang banyak diminati dengan keindahannya yakni Pantai Nepa. Pantai ini berada di pesisir utara Madura sehingga berdekatan dengan laut Jawa.
Memiliki keindahan yang menakjubkan dengan garis pantai yang melengkung dan ditumbuhi berbagai pohon, tentunya menambah kesan alami. Selain itu, ombaknya yang keras dan pasir putih menambah kesan menawan nan indah. Wisata Pantai Nepa ini terletak di daerah Sampang, Madura yang terbuka 24 jam untuk pengunjung.

4. Pantai Lombang – Pantai di Madura

pantai lombang
ihategreenjello.com

Wisata Pantai di Madura selanjutnya yang sayang dilewatkan yakni ada Pantai Lombang. Wisata pantai ini menjadi salah satu pantai yang bersih dan mempunyai pemandangan indah. Tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu pantai unggulan yang letaknya di kecamatan Batang-batang, Madura.
Pantai Lombang juga selalu diminati dan dipadati para wisatawan baik lokal serta asing. Bagi yang ingin berlibur dengan keluarga, pantai Lombang ini sangat cocok. Pasalnya, Pantai Lombang memiliki air laut yang lumayan tenang serta jernih, sehingga lebih aman. Untuk bisa menikmati pemandangan alam pantai Lombang yang menakjubkan, kamu bisa membayar 5 ribu rupiah.

5. Pantai Siring Kemuning

pantai siring kemuning
tempatwisata.pro

Pernah berkunjung ke daerah Bangkalan? Bagi yang sudah, tentu tidak asing dengan pantai utara Bangkalan. Pantai Siring Kemuning merupakan pantai di Madura yang letaknya di desa Mecajah, Tanjung Bumi. Jika ditempuh dari pusat kota Bangkalan, maka jaraknya kurang lebih 41 KM.
Wisata pantai Siring kemuning ini menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, segar dan alami. Tak ayal jika banyak orang yang mengunjungi dan terbuka full 24 jam. Hampir di sepanjang pantai, wisatawan bisa menemukan pepohonan hijau. Sayangnya, Pantai Siring Kemuning kurang mendapat perhatian dari pemerintah, sehingga sedikit sekali fasilitas yang ada.

Baca juga :  9 Tempat Wisata atau Atraksi Menarik di Langkawi

6. Pantai Slopeng – Pantai di Madura

pantai slopeng
hot.grid.id

Bagi masyarakat Madura, tentu tak asing dengan wisata pantai yang kerap mencuri perhatian yakni ada Slopeng Beach. Salah satu pantai yang famous dan banyak dikunjungi sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Slopeng terletak di Sumenep. Wisatawan bisa melakukan banyak hal di dalamnya.
Kondisi pasir putih serta bersih membuat banyak wisatawan betah di pantai Slopeng. Tidak hanya itu, pantai Slopeng juga lumayan tenang dengan banyak pohon seperti cemara, kelapan serta siwalan. Menariknya lagi, Pantai Slopeng memiliki fasilitas memadai seperti tempat bermain anak, toilet, tempat makan, gazebo, dan lainnya. Tiket Pantai Slopeng dipatok sekitar 5 ribu rupuah.

7. Pantai Jumiang

pantai jumiang
sikidang.com

Berikutnya, Pantai di Madura yang menyimpan sejuta keindahan dan sayang dilewatkan yakni ada Pantai Jumiang. Hamparan pasir putih dengan air laut biru membuatnya menenangkan, apalagi dengan pohon-pohon disekitarnya. Tidak hanya itu, kawasan pantai Jumiang juga memiliki tebing bisa wisatawan lihat dan panjat.

Tentunya, hal tersebut cukup menarik perhatian para wisatawan. Pantai Jumiang ini terletak di Jumiang, Tanjung dengan HTM 3 ribu rupiah. Menariknya lagi, Pantai Jumiang menyuguhkan banyak menu kuliner khas dengan cita rasa yang enak. Tentunya, banyak orang yang menyukainya dan menjadi andalan untuk liburan di pantai.

8. Pantai Gili Labak

gili labak
jatimhariini.co.id

Perpaduan pasir putih dengan air biru berwarna jernih membuat pantai Madura yang satu ini cukup famous yakni Gili Labak Beach. Bagi pecinta pantai tentu tak asing dengan pantai Gili Labak yang menyimpan banyak keindahan alam menakjubkan. Pantai Gili Labak memiliki aneka biota laut serta terumbu karang.

Meskipun letaknya paling ujung di sebelah timurd pulau madura, namun surga tersembunyi ini lumayan mirip dengan Gilimanuk. Tentunya memiliki pemandangan eksotik yang menawan. Tidak heran jika, para pengunjung akan berdecak kagum dan cocok untuk berfoto. Melihat berbagai sudut pantai ini sangatlah mengesankan. Wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti diving, snorkeling, bermain-main, dll.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Banten Paling Bagus dan Hits

9. Pantai Rongkang

pantai rongkang
sikidang.com

Objek wisata bahari yang menjadi salah satu pantai di Madura yang memiliki pemandangan alam dengan berbagai pepohonan subur. Pantai ini bernama Rongkang yang diambil dari batu-batu terkenal di semua area. Hal ini karena, Pantai Rongkang terdapat perbukitan karang dengan tinggi 20 sampai 25 meter.
Dengan begitu, ketika akan mengunjungi pantai Rongkang di himbau untuk tetap memakai alas kaki. Pasalnya, disana tidak sedikit batuan lancip yang bisa melukai. Meskipun demikian, wisatawan ke pantai Rongkang ini tidaklah menyesal karena pemandangan yang menakjubkan. Pantai Rongkang ini tepatnya di kabupaten Bangkalan dan buka selama 24 jam.

10. Pantai Ponjug

pantai ponjug
pesisir.net

Tidak ketinggalan, pantai di Madura yang kerap menjadi pilihan untuk liburan yakni ada Pantai Ponjug. Pantai ponjug ini memiliki keindahan yang menawan dan tidak kalah cantik dengan pantai lainnya. Pasirnya yang putih, air laut biru dengan ombak berdesir lembut yang menenangkan.

Dengan begitu, tidak heran jika Pantai Ponjug menjadi salah satu pantai yang banyak diminati. Di Pantai Ponjug, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan yang mengasyikan bareng teman dan keluarga. Letaknya di pulau Talango sebelah Madura dan dibuka 24 jam.

source : https://www.youtube.com/@YTpediaa

Itulah tadi beberapa pantai di Madura yang bisa menjadi pilihan kamu untuk berlibur. Berbagai wisata pantai di atas memiliki keunikan tersendiri dengan menyuguhkan keindahan alam yang tiada tara. Tentunya kamu juga bisa menikmati banyak aktivitas disana dan melihat sunrise serta sunset yang indah.



Leave a Reply