10 Oleh Oleh Khas Boyolali Mulai Kripik, Petis Hingga Keju Enak


Fida  December 9, 2021  0 Comment

Boyolali dikenal sebagai salah satu daerah yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Tidak hanya dikenal menawarkan banyak tempat wisata, Boyolali juga dikenal memiliki berbagai kuliner lezat yang bisa kamu coba.Berkunjung ke Boyolali, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk membeli oleh oleh sebelum pulang. Ada banyak sekali pilihan oleh oleh khas Boyolali yang sayang untuk dilewatkan. Tidak perlu bingung, berikut 10 rekomendasi oleh oleh khas Boyolali yang menarik untuk dicoba.

1. Abon Boyolali

abon boyolali
shopee.co.id

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Boyolali yang menarik untuk kamu coba adalah abon Boyolali. Memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan akun pada umumnya, abon Boyolali dikenal sangat khas dan banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke daerah ini.

Tidak hanya menawarkan cita rasa lezat dan khas, abon Boyolali juga biasa dikemas dengan kemasan praktis dan menarik. Makanan yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di toko oleh-oleh atau pusat oleh-oleh di Boyolali. Selain cocok untuk dinikmati langsung, abon sapi khas Boyolali juga cocok dipilih sebagai lauk untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat.

Gotravelly

Kuliner Legendaris Sejak 1960 : Kethan Merdeka Jombang

Nongkrong Di Vox Populi Coffee And Eatery, Cafe Cozy Bertema Industrial

2. Keripik Lele

keripik lele
medium.com

Jika beberapa kali kamu sudah tidak asing dengan kuliner pecel lele, namun pernahkah kamu mendengar sebutkan makanan keripik lele? Keripik lele dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Boyolali yang unik dan menarik untuk dicoba. Benar saja, makanan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama daging ikan lele.

Keripik lele menawarkan tampilan yang sangat unik serta tekstur yang renyah saat dicoba. Kamu akan dimanjakan dengan citarasa gurih. Keripik unik yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh bagi keluarga maupun kerabat di rumah. Unik sekali bukan?

3. Karak Jadah

karak jadah
rumah-bumn.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Boyolali berikutnya adalah karak jadah. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan putih, santan, serta bumbu yang ditumbuk. Karak jadah memiliki pengolahan yang sangat beragam yakni dapat dibakar atau dipanggang sesuai selera.

Karak Jadah cukup mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Boyolali. Kemasannya yang praktis serta harganya yang terjangkau menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk tidak kamu coba. Karak jadah juga disukai oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

4. Dendeng Sapi

dendeng sapi
shopee.co.id

Saat mencari rekomendasi oleh-oleh khas Boyolali, kamu dapat mencoba lezatnya dendeng sapi. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama daging sapi.

Terdapat banyak sekali varian rasa yang ditawarkan pada olahan dendeng sapi. Salah satu rasa yang paling banyak diminati yakni pedas manis. Saat berencana untuk berlibur ke kawasan Boyolali, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mencoba lezatnya olahan kuliner dendeng sapi.

5. Marning

marning
today.line.me

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan marning bukan? Marning merupakan salah satu olahan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama jagung. Makanan yang satu ini dikenal memiliki tekstur yang kering dan renyah tetapi sedikit keras.

Seiring perkembangan zaman, kini marning dijual dengan berbagai varian rasa yang dapat dipilih sesuai selera. Kamu dapat mencoba lezatnya marning dengan cita rasa pedas atau manis. Makanan yang satu ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga memudahkan untuk dibawa pulang. Tidak hanya itu, marning juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Tertarik untuk mencoba lezatnya olahan jagung yang satu ini?

6. Dodol Susu khas Boyolali

dodol susu
inibaru.id

Dodol menjadi salah satu olahan jajanan tradisional yang cukup mudah dijumpai di beberapa daerah. Boyolali menjadi salah satu kawasan dimana kamu dapat menjumpai lezatnya dodol dengan cita rasa khas. Yang populer dari kawasan ini adalah dodol susu khas Boyolali.

Sesuai dengan namanya, dodol susu khas Boyolali dibuat dengan menggunakan bahan utama susu sapi. Beberapa bahan tambahan lainnya diantaranya ketan dan juga gula. Kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang kenyal serta cita rasa manis yang pas. Dodol susu khas Boyolali dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko atau pusat oleh-oleh di Boyolali. Kemasan yang praktis dan menarik juga menjadikan makanan ini sayang untuk tidak kamu coba.

7. Keju Boyolali

keju boyolali
food.detik.com

Tidak hanya dodol Boyolali, keju Boyolali juga menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Boyolali yang sayang untuk kamu lewatkan. Ada beberapa pilihan keju khas Boyolali seperti feta, mountain, dan juga mozarella.

Keju khas Boyolali dikenal menawarkan citarasa yang khas, tidak heran jika banyak wisatawan yang menyempatkan berburu keju ini saat datang ke Boyolali. Salah satu keju yang sangat direkomendasikan untuk dipilih sebagai oleh-oleh adalah Keju Indrakila. Olahan yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu coba, khususnya bagi para pecinta keju.

8. Petis Boyolali

petis boyolali
shopee.co.id

Selain kejunya yang dikenal lezat, Boyolali juga dikenal dengan petisnya yang khas. Petis sapi menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Boyolali yang sangat menarik untuk kamu coba. Olahan yang satu ini memiliki tekstur lembut dan tampilan yang mirip dengan selai. Petis yang satu ini juga dikenal tidak berbau amis.

Jika biasanya petis dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan atau udang, namun petis Boyolali dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi. Petis Boyolali juga biasa dikemas dengan kemasan praktis dan dapat dijumpai di berbagai toko oleh oleh di Boyolali.

9. Keripik Ceker

keripik ceker
idntimes.com

Salah satu rekomendasi oleh oleh khas Boyolali adalah keripik ceker. Keripik ceker biasa diolah dengan cara dipresto. Sebelum dikeringkan, ceker terlebih dahulu dibuang bagian tulangnya.

Adanya berbagai tambahan bumbu dan rempah rempah menjadikan jajajanan keripik ceker memiliki cita rasa gurih dan lezat. Keripik ceker juga biasa dijual dengan kemasan praktis serta harga yang terjangkau. Renyahnya keripik ceker tentu sayang untuk tidak kamu coba.

10. Keripik Paru

Oleh Oleh Khas Boyolali
shopee.co.id

Paru tentu menjadi makanan favorit bagi beberapa orang. Salah satu rekomendasi oleh oleh khas Boyolali yang bisa kamu coba adalah keripik paru.

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama paru. Selain cocok untuk dinikmati langsung, keripik paru juga sangat cocok dipilih sebagai lauk dan dinikmati bersama nasi hangat. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih menjadikan makanan yang satu ini sayang untuk tidak kamu coba saat berkunjung ke Boyolali.

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi oleh oleh khas Boyolali yang sayang untuk dilewatkan. Dari rekomendasi di atas, oleh oleh manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply