10 Obyek Wisata Boyolali Pesonannya Nancap di Hati


Reni  April 10, 2019  0 Comment

byek Wisata Boyolali, Bosan dengan suasana wisata di kota Solo atau Jogja yang sudah sering dikunjungi? Anda mungkin bisa melanjutkan perjalanan menuju ke kota Boyolali. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini berada di jalur kota Solo dan Jogjakarta sehingga Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk liburan ke sini. Bentang alam yang indah akan membuat Anda terpesona dengan wisata di Boyolali. Tempat wisata mana saja yang paling rekomended?

Berikut obyek wisata Boyolali yang wajib Anda singgahi.

1. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
photo via Bangka Pos – Tribunnews.com


Bagi pecinta alam sejati, Gunung Merbabu merupakan pilihan wisata paling tepat. Anda bisa menjelajah setiap keindahan yang ditawarkan gunung di Pulau Jawa ini. Ada dua jalur pendakian menuju ke Gunung Merbabu yaitu melewati Selo, Cunthel dan Wekas. Namun, banyak pendaki merekomendasikan jalur Selo yang memiliki pemandangan alam luar biasa.
Anda bakal menikmati keindahan padang sabana yang luas dan berbunga. Sebuah pemandangan alam yang tidak boleh dilewatkan saat memilih obyek wisata Boyolali ini. Jangan lupa untuk memastikan persiapan sudah matang baik fisik, mental dan perlengkapan sebelum hiking ke Gunung Merbabu ya! Jangan lupa untuk berfoto di Watu Gajah, Selo yang fenomenal.

review tempat wisata

Pesona Pulau Pandang Batubara Sumatera Utara

Jajan Sate Di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner Yang Bikin Kangen Anak Rantau

2. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu
photo via Berkeliling.com


Obyek wisata Boyolali yang memiliki pemandangan alam terindah ada di Lembah Gunung Madu. Tak hanya bisa puas menikmati suasana alam nan sejuk dan asri, Anda juga akan mendapatkan pengalaman berharga menyusuri jejak sejarah peninggalan masa penjajahan Jepang. Ya, tempat yang beralamat di Simo-Klego ini memiliki lima goa bekas peninggalan masa penjajahan Jepang. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga berlibur ke Lembah Gunung Madu yang tidak mematok tarif masuk sepeser pun kecuali biaya parkir kendaraan.

Baca juga :  Panorama 10 Tempat Wisata Alam Di Bogor ini Bikin Adem Mata

3. Air Terjun Semuncar

 Air Terjun Semuncar
photo via Jitunews.com


Boyolali memang tidak memiliki obyek wisata alam berupa pantai yang menjadi destinasi favorit wisatawan. Tetapi, Anda bisa menikmati ganti pemandangan alam luar biasa dengan mengunjungi Air Terjun Semuncar yang berlokasi di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali. Keindahan air terjun perawan yang tersembunyi dibalik kegagahan Gunung Merbabu ini memang patut diacungi jempol.
Air Terjun Semuncar memiliki ketinggian 30 meter dengan pemandangan alam yang masih terjaga. Buat Anda yang mencari obyek wisata Boyolali alami dan bisa merelaksasi pikiran, sebaiknya mempertimbangkan air terjun satu ini. Hal yang harus persiapkan adalah fisik serta perlengkapan lengkap. Pasalnya, jalan menuju ke tempat wisata masih belum memadai, terjal dan lumayan sulit.

4. New Selo

New Selo
photo via Hipwee


Obyek wisata Boyolali yang sedang hits dikalangan traveler adalah New Selo. Para pendaki Gunung Merbabu biasa menikmati waktu santai di New Selo. Tak hanya bisa menyaksikan kegagahan sang gunung, Anda juga bisa menikmati lereng Gunung Merapi dari kejauhan. Omah bambu yang ada di New Selo akan membuat foto Anda mendapatkan pujian positif di Instagram.
Banyak warung atau tempat makan di sekitar New Selo yang memberikan pilihan harga murah meriah. Anda bisa menikmati pemandangan alam dan suasana udara sejuk sembari menikmati camilan di sekitar. Keren, bukan?

5. Ekowisata Taman Air Klatar

 Ekowisata Taman Air Klatar
photo via panduanwisata.id


Salah satu obyek wisata Boyolali yang terus ramai dikunjungi wisatawan lokal adalah Ekowisata Taman Air Klatar. Tempat liburan ini berada di Gombol, Tlatar, Kebonbimo yang memiliki nilai edukatif. Sejak dibangun pada tahun 1997, tempat wisata ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Anda bisa mengajak si kecil bermain air atau berenang di kolam renang yang ada di Ekowisata Taman Air Klatar.
Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung budidaya ikan untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Tak heran kalau tempat wisata ini selalu penuh pelajar atau rombongan sekolah saat hari libur tiba.

Baca juga :  Eksotisme 14 Tempat Wisata di Spanyol Ini Bikin Takjub Mata

6. Kampoeng Air Kragilan

Kampoeng Air Kragilan
photo via KSMTour.com


Mencari destinasi wisata unik di Boyolali? Datang saja ke Kampoeng Air Kragilan yang berada di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan, Mojosongo. Tempat wisata yang memanfaatkan konsep alam ini begitu diminati banyak pengunjung. Toh, pemerintah dan warga setempat telah melengkapi fasilitas yang ada.
Obyek wisata Boyolali ini menawarkan fasilitas berupa kolam arus, resto Gazebo dan rumah batu ciamik. Tak heran kalau foto Anda berlibur di Kampoeng Air Kragilan bakal menjadi favorit di Instagram. Yuk, ajak keluarga besar bermain dan berlibur di Boyolali!

7. Tikungan Cinta

Tikungan Cinta
photo via datawisata.com


Tikungan Cinta merupakan salah satu tempat wisata yang populer dikalangan anak muda Boyolali. Bagi pecinta seni fotografi atau sekadar berswafoto saja, Anda wajib menyempatkan waktu datang ke Tikungan Cinta. Lokasi wisata ada di Cluntang, Musuk, Boyolali tanpa mematok biaya masuk alias gratis.
Gardu pandang di Tikungan Cinta menawarkan keindahan pemandangan hutan pinus dan lanskap perbukitan yang indah. Jangan lewatkan pula untuk berfoto di taman bunga Matahari di sini.

8. Umbul Tirto Mulyo

Umbul Tirto Mulyo
photo via merahputih.com


Ingin merasakan sensasi berendam cantik ala putri keraton? Ya, Anda bisa merasakan suasana khas pemandian bernuansa keraton di Umbul Tirto Mulyo. Lokasi obyek wisata Boyolali favorit para pengunjung ini ada di Gombang, Sawit, Dusun 2, Kemasan Sawit, Boyolali. Dengan membayar uang masuk 2 ribu rupiah saja, Anda bisa berenang dan berfoto dengan latar tempat yang digagas oleh Sri Susuhunan Paku Buwono X.

9. Replika Candi Borobudur

Replika Candi Borobudur
photo via merahputih.com


Siapa yang tidak tahu fenomena Candi Borobudur yang pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia? Kalau Anda tidak sempat pergi ke Magelang, jangan lewatkan mampir ke alun-alun kota Boyolali. Di sini, Anda bisa menyaksikan miniatur Candi Borobudur yang keren. Tak hanya landmark kota Magelang saja, Anda juga bisa berswafoto di depan miniatur Sphinx dan Taj Mahal lho! Siapa tahu kelak Anda bakal memiliki kesempatan liburan ke tempat aslinya.
Menikmati obyek wisata Boyolali ini paling lengkap dengan mencoba kuliner khas kaki lima di sekitar alun-alun. Dijamin kantong Anda tidak akan bolong kok apalagi tidak ada biaya masuk ke minatur sekitar kawasan Wonosari, Kemiri, Mojosongo, Boyolali.

Baca juga :  7 Lembah di Sumatera Keindahannya Tenangkan Jiwa

10. Monumen Dunia

Monumen Dunia
photo via Tribun Jateng – Tribunnews.com


Di kawasan Asrikanto, Anda juga bisa berfoto ria di depan monumen yang paling terkenal di Eropa seperti Eifel Paris dan Menara Pisa dari Italia. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa berpose di depan landmark Amerika Serikat yang paling populer yaitu Patung Liberty. Tidak ada biaya masuk ke kawasan Simpang Asrikanto yang instagenic ini. Kapan lagi bisa menikmati wisata gratis yang Instagramable di Boyolali?
Waktu paling baik menikmati obyek wisata Boyolali paling hits di sosial media ini adalah malam hari. Anda dan keluarga bisa menikmati pemandangan monumen dunia yang menawan. Lampu dan cahaya semakin membuat suasana malam Anda di kota Boyolali tidak terlupakan.
10 obyek wisata Boyolali di atas bisa menjadi bahan referensi untuk Anda yang ingin liburan nuansa lokal tanpa menguras kantong. Murah bukan berarti murahan, bukan? Yuk, menikmati suasana liburan yang asyik bersama keluarga tercinta di Boyolali!



Leave a Reply