Oleh Oleh Khas Batang Yang Terkenal Dan Murah


Fida  August 24, 2023  0 Comment

Batang merupakan sebutan bagi salah satu kawasan yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Dengan menyuguhkan banyaknya pilihan wisata indah, tidak heran jika Batang kerap dipilih wisatawan sebagai tujuan berlibur. Sembari berlibur, kamu juga dapat menyempatkan untuk berburu oleh-oleh sebelum pulang. Berikut daftar rekomendasi oleh oleh khas Batang yang populer dan menarik untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

Oleh Oleh Khas Batang :

1. Surabi KaliBeluk

surabi kalibeluk
jateng.tribunnews.com

Jika sedang berburu oleh-oleh khas Batang, tidak ada salahnya jika kamu mencoba uniknya Surabi KaliBeluk. Sesuai dengan sebutannya, makanan yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai di Desa Kalibeluk. Hal yang membedakan surabi ini dengan surabi lain salah satunya adalah ukurannya yang lebih besar. Surabi KaliBeluk dibuat menggunakan beberapa bahan seperti tepung dasar campuran santan dan gula merah.

Karena masih dimasak dengan proses tradisional yakni menggunakan tungku arang, maka tidak heran jika makanan ini memiliki aroma sedap dan khas yang menggugah selera. Teksturnya yang lembut di mulut juga menjadikan makanan tradisional yang satu ini cocok kamu pilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

2. Corobikang

corobikang
kompas.com

Pernah mendengar sebutan makanan Corobikang? Corobikang merupakan makanan khas sekaligus oleh oleh khas batang yang populer dan banyak diburu wisatawan. Meskipun merupakan makanan tradisional, tetapi Corobikang masih banyak diburu hingga saat ini.

Jika dilihat dari teksturnya, corobikang dengan kue serabi. Hal yang membedakan adalah bagian atas kue yang mekar dan terlihat seperti bunga. Karena menggunakan adonan dengan beragam warna, tidak heran jika makanan ini tampak sangat menarik untuk dinikmati.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Sorong, Yuk Borong!

Untuk berburu kue corobikang, kamu dapat langsung menuju ke pasar tradisional maupun toko oleh-oleh di Batang. Tidak perlu khawatir, makanan yang satu ini dijual dengan harga yang terjangkau dan ramah di kantong.

3. Getuk Mawur

getuk mawur
hanatfutuh.com

Berlibur ke daerah Batang? Kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencoba makanan khas yang ditawarkan. Getuk mawur menjadi salah satu makanan khas sekaligus oleh-oleh khas Batang yang banyak diburu untuk wisatawan. Makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa ubi kayu atau singkong.

Getuk mawur disajikan dengan tampilan yang unik serta tekstur yang lembut. Cara pembuatan makanan adalah dengan cara membersihkan dan menunggu singkong. Setelah itu, singkong ditumbuk hingga berbentuk butiran halus. Sebelum disajikan, tidak lupa ditambahkan parutan kelapa serta gula pasir. Perpaduan singkong dan berbagai bahan lainnya tentu akan membuatmu ketagihan.

4. Getuk Iris

getuk iris
libur.co

Selain getuk mawur, getuk iris juga menjadi salah satu makanan yang wajib kamu coba. Makanan yang satu ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal, tapi juga banyak diminati oleh wisatawan yang datang ke Batang. Tidak sedikit dari mereka yang berburu getuk iris sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Sesuai dengan sebutannya, sajian getuk iris disajikan dengan cara diiris dan dibungkus menggunakan daun pisang. Sama halnya dengan getuk lainnya, batu iris juga disajikan bersama dengan parutan kelapa serta gula merah. Makanan yang satu ini cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

5. Keripik Buah Qrezz Qrezz

keripik buah qrez
libur.co

Keripik Buah Qrezz Qrezz menjadi salah satu primadona oleh-oleh khas Batang yang banyak diburu wisatawan. Sesuai dengan sebutannya, makanan yang satu ini merupakan keripik yang dibuat dari aneka buah seperti buah nangka, salak, strawberry, apel, dan masih banyak lagi.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Toraja Mulai Yang Unik Hingga Yang Enak

Selain dikenal dengan cita rasanya yang lezat, keripik yang satu ini juga dikemas praktis dan menarik sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain itu, Keripik Buah Qrezz Qrezz juga dikenal dengan harganya yang terjangkau dan dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko atau pusat oleh-oleh di Batang.

6. Batik Tradisional Batang

batik batang
travel.kompas.com

Selain makanan, kamu juga dapat membawa pulang oleh-oleh khas Batang berupa kain batik. Terdapat motif khas yang membedakan batik tradisional Batang dengan batik lainnya. Selain coraknya yang unik, dapat juga pesan atau makna yang terkandung di dalamnya.

Konon, batik tradisional ini merupakan akulturasi budaya dari tiga negara. Corak warna merah pada batik melambangkan etnis Tiongkok, adanya tambahan renda khas Eropa, serta corak atau motif khusus dari negara Indonesia.

Harga batik tradisional Batang terbilang cukup beragam. Kamu dapat membeli dalam bentuk lembaran kain maupun siap pakai. Hingga saat ini, terdapat sekitar 24 motif dasar batik Batang yang sudah ada dan dilestarikan. Keren sekali bukan?

7. Soto Tauco

soto tauco
kompas.com

Beberapa tadi kamu mungkin sudah tidak asing dengan sebutan kuliner soto tauco. Soto tauco merupakan makanan khas Batang yang banyak diminati oleh wisatawan. Selain mencoba langsung, beberapa wisatawan juga menjadikan makanan ini sebagai oleh oleh khas Batang untuk dibawa pulang.

Sesuai dengan sebutannya, sajian ini dikenal unik dan khas karena disajikan bersama dengan tauco. Dalam satu porsinya, hidangan ini berisi suwiran ayam, bihun, kol cincang, tauge, daun bawang, dan disiram dengan kuah soto tauco hangat.

Cita rasa soto tauco akan semakin nikmat dengan beberapa pelengkap seperti bawang goreng, sambal, kecap, serta jeruk nipis. Kamu juga dapat memilih lauk yang ditawarkan seperti ati ampela.

Baca juga :  10 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Demak

8. Oleh Oleh Khas Batang : Cumi Ireng

cumi ireng
cookpad.com

Tidak kalah menarik dengan berbagai hidangan lainnya, cumi ireng khas Batang juga populer dan wajib kamu coba. Sesuai dengan sebutannya, makanan yang satu ini merupakan olahan cumi dengan tampilan sajian dominan berwarna hitam. Hal itulah yang menjadikan hidangan ini disebut cumi ireng. Tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk berburu cumi ireng sebagai oleh-oleh khas Batang.

Kamu tidak perlu khawatir dengan warna hitam pada hidangan ini. Warna hitam tersebut merupakan warna alami dari tinta cumi sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain tampilannya yang menggugah selera, cumi ireng juga memiliki aroma yang khas. Hidangan yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati langsung maupun bersama dengan nasi hangat.

9. Oleh Oleh Khas Batang : Kain Abbel

sprei abbel
ekraf.batangkab.go.id

Satu lagi oleh oleh khas Batang yang dikenal unik dan tidak boleh kamu lewatkan yakni produk Kain Abbel. Salah satu produk yang populer di kalangan wisatawan adalah sprei.

Yang menjadi daya tarik dari produk sprei Abbel adalah motifnya yang dilukis langsung menggunakan tangan dengan sangat detail. Sprei Abbel untuk menjadi cenderamata sekaligus kenang-kenangan terbaik yang bisa kamu berikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Itulah daftar 9 rekomendasi oleh oleh khas Batang yang populer dan menarik untuk kamu coba. Jika berkesempatan datang dan berlibur ke Batang, oleh-oleh manakah yang tidak ingin kamu lewatkan?



Leave a Reply