10 Kuliner Khas Boyolali Rasanya Nempel Di Hati


Fida  December 22, 2021  0 Comment

Mencoba berbagai kuliner khas saat berkunjung ke suatu daerah tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Boyolali dikenal sebagai salah satu daerah yang tidak hanya menawarkan banyaknya tempat wisata tetapi juga kuliner lezat. Ada banyak sekali pilihan kuliner khas Boyolali mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Berikut daftar 10 rekomendasi kuliner khas Boyolali yang menarik untuk kamu coba.

1. Nasi Tumpang

nasi tumpang
inibaru.id

Salah satu rekomendasi kuliner khas Boyolali yang populer adalah nasi tumpang. Meskipun sambal tumpang cukup populer di daerah Kediri, nasi tumpang juga banyak diburu wisatawan yang datang ke Boyolali. Sambal tumpang khas Boyolali tinggal memiliki keunikan tersendiri rasanya berbeda dengan sambal tumpang di daerah lainnya. Bahan utama pembuatan kuliner ini adalah dengan menggunakan tempe semangit atau tempe yang hampir busuk. Aroma khas dari tempe ini dikenal sangat menggugah selera.

Kuliner nasi tumpang disajikan dengan berbagai tambahan yang lainnya seperti urap sayur dan juga lauk. Makanan yang satu ini sangat cocok dicoba khususnya bagi kamu para pecinta kuliner pedas.

Gotravelly

Sarapan Di Depot Jawa Timur: Nasi Langgi-Nya Juara!

Serabi Solo Rahayu Di Gresik, Sajikan Serabi Dengan Rasa Otentik

2. Soto Mbok Giyem

soto mbok giyem
tripadvisor.co.id

Rekomendasi kuliner khas Boyolali berikutnya adalah Soto Mbok Giyem. Masyarakat lokal atau wisatawan yang sering datang ke Boyolali tentu sudah tidak asing dengan kuliner yang satu ini. Soto Mbok Giyem dikenal sangat legendaris dan menawarkan cita rasa yang khas.

Soto legendaris yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa gurih yang berasal dari banyaknya rempah-rempah yang digunakan. Kamu juga akan dimanjakan dengan kuah yang kental dan segar. Saat berkunjung ke Boyolali, tidak ada salahnya untuk mampir ke warung soto legendaris yang satu ini.

3. Sate Kere

sate kere
idntimes.com

Tidak hanya populer di kawasan Yogyakarta, tapi kiri juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi kuliner khas Boyolali yang menarik untuk dicoba. Sate yang satu ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 1.000,- per tusuk. Harganya yang murah tentu menjadi daya tarik tersendiri sehingga sate ini banyak digemari masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Boyolali.

Sate kere biasa dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti jeroan sapi atau tempe gembus. Sate yang satu ini juga memiliki bumbu yang mirip dengan sate pada umumnya yakni menggunakan bumbu kacang. Pecinta sate, jangan lewatkan untuk mencoba unik dan lezatnya sate kere saat datang ke Boyolali.

4. Abon Lele

abon lele
resep-masakan-rumahan.web.app

Saat mencari rekomendasi kuliner khas Boyolali yang menarik untuk dicoba, tidak ada salahnya untuk membeli abon lele. Tidak hanya abon sapi, Boyolali juga dikenal dengan abon lelenya yang khas. Hal itu dikarenakan Boyolali menjadi salah satu daerah pemasok lele terbesar di Indonesia.

Abon lele menawarkan cita rasa yang gurih dan juga lezat. Selain cocok untuk dinikmati langsung, abon lele juga sangat cocok dipilih sebagai lauk untuk dinikmati bersama dengan nasi. Abon lele dijual dengan kemasan yang sangat praktis dan menarik sehingga sayang untuk tidak dicoba saat datang ke Boyolali.

5. Bebek Goreng

bebek goreng
garnesia.com

Kuliner khas Boyolali yang sayang untuk dilewatkan adalah bebek goreng. Kuliner yang satu ini dikenal sangat populer dan dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke Boyolali.

Bebek Goreng Boyolali memiliki cita rasa yang gurih dan juga lezat. Daging bebek yang empuk dan tidak berbau menjadikan bebek goreng khas Boyolali sebagai favorit wisatawan maupun masyarakat lokal. Adanya tambahan sambal juga sayang untuk dilewatkan bagi kamu pecinta pedas. Kamu dapat dengan mudah menjumpai kuliner ini di sepanjang jalur utama Solo hingga Semarang.

6. Tahu Susu

tahu susu
blogkeren10menit.blogspot.com

Pernah mendengar sebutan olahan tahu susu? Tahu susu menjadi salah satu kuliner khas Boyolali yang juga mudah dijumpai di beberapa daerah lain. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini memang memiliki tampilan yang mirip dengan tahu pada umumnya.

Karena Boyolali dikenal dengan julukan kota susu dan menjadi salah satu penghasil susu sapi terbesar, tidak heran jika kamu dapat menjumpai berbagai olahan salah satunya tahu susu. Tahu susu memiliki tekstur yang lebih lembut dan creamy jika dibandingkan dengan tahu pada umumnya. Kamu akan dibacakan dengan cita rasa gurih dan lezat. Saat berkunjung ke Boyolali, tidak ada salahnya menyempatkan berburu tahu susu untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

7. Jenang Pecel

jenang pecel
putratravel.net

Pernah mendengar sebutan olahan kuliner jenang pecel? Jenang pecel merupakan salah satu kuliner khas Boyolali yang merupakan perpaduan antara dua kuliner khas Indonesia. Jenang pecel merupakan perpaduan antara bubur sumsum dengan cita rasa manis serta pecel dengan cita rasa pedas.

Jenang pecel biasa dipilih sebagai menu untuk sarapan pagi. Tidak hanya lezat, makanan yang satu ini juga dikenal cukup mengenyangkan.

8. Susu Segar

susu segar
travel.tribunnews.com

Berburu kuliner khas Boyolali, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba susu segar. Susu segar dapat dengan mudah dijumpai di kawasan Boyolali tepatnya berada di Dusun Kuncen. Dusun Kuncen yang dikenal sebagai salah satu daerah yang populer dengan peternakan sapinya.

Selain menikmati susu segar original, kamu juga dapat mencoba lezatnya berbagai rasa yang ditawarkan seperti strawberry, mocca, coklat, green tea, dan masih banyak lagi.

9. Dodol Susu

dodol susuq
lingkar-desa.com

Selain tahu susu, dodol susu juga menjadi salah satu rekomendasi kuliner khas Boyolali yang sayang untuk dilewatkan. Kuliner yang satu ini memang memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan dodol pada umumnya. Dodol susu dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti tepung ketan, gula, dan juga susu segar. Adanya tambahan susu sapi segar menjadikan tekstur dodol lebih lembut jika dibandingkan dengan dodol lainnya.

Selain digemari oleh masyarakat lokal, dodol susu juga kerap diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kuliner yang satu ini juga biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik. Tertarik untuk mencobanya?

10. Nasi Cawuk

Kuliner Khas Boyolali
suara.com

Nasi Cawuk dikenal menjadi salah satu rekomendasi kuliner khas Boyolali yang sayang untuk dilewatkan. Dalam bahasa Jawa, cowok memiliki arti makan menggunakan tangan atau tanpa sendok.

Satu porsi nasi cawuk khas boyolali terdiri dari beberapa isian seperti nasi, kuah dari parutan kelapa muda, serta jagung muda yang dibakar dengan tambahan cabai, asem, dan juga timun. Saat mencoba kuliner yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa pedas, asam, dan juga segar. Beberapa pilihan lauk yang biasa disajikan diantaranya pepes, telur ayam, dan juga ikan asin. Sesuai dengan namanya, kuliner ini memang lebih nikmat jika dimakan dengan tangan atau tanpa sendok.



Leave a Reply