Ragam 9 Oleh Oleh khas Parepare yang Unik


Fida  December 26, 2022  0 Comment

Parepare merupakan sebutan bagi salah satu daerah yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Daerah yang satu ini kerap didatangi wisatawan karena menawarkan banyaknya pilihan tempat wisata serta kuliner lezat. Tidak hanya itu, kamu juga dapat membeli berbagai oleh oleh khas Parepare sebelum pulang. Inilah daftar 9 rekomendasi oleh oleh khas Parepare yang menarik untuk dibawa pulang.

Oleh Oleh khas Parepare :

1. Baje’ Canggoreng

baje canggoreng
tribunnewswiki.com

Baje’ Canggoreng dikenal sebagai salah satu makanan sekaligus oleh oleh khas Parepare yang menarik untuk kamu coba. Makanan ringan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa kacang tanah yang dicampur dengan gula merah. 

Jika dilihat sekilas, Baje’ Canggoreng memiliki bentuk dan tampilan yang mirip dengan kue gula kacang khas Jawa. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh di Parepare. Kemasannya yang praktis dan menarik menjadikan Baje’ Canggoreng sayang untuk tidak kamu coba. 

Menjelajah Sulawesi Bagian Utara, Wajib Banget Ke Danau Linow

Memang Beda! Cobain Nyicip Ayam Goreng Dari Spesialis Ayam Kampung

2. Roti Mantao

roti mantao
makassar.tribunnews.com

Oleh oleh khas Parepare selanjutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah roti mantao. Roti yang dikenal sangat khas ini dibuat menggunakan beberapa bahan diantaranya tepung terigu, gula, air, susu, dan juga ragi. Roti mantao dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh oleh di Parepare. 

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Produk Kecantikan Dari Korea Bikin Wajah Makin Glowing

Jika biasanya roti dapat dinikmati langsung, tetapi tidak dengan roti mantao. Sebelum disajikan, roti mantao harus melalui proses penggorengan. Tidak hanya disukai oleh masyarakat Parepare, roti ini juga banyak diburu oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Kamu dapat membeli roti mantao dengan kemasan praktis dan menarik. Saat berkunjung ke Parepare, tidak ada salahnya jika kamu membeli roti mantao untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. 

3. Apang Paranggi

apang paranggi
klikhijau.com

Pernah mendengar sebutan apang paranggi? Apang paranggi merupakan makanan sekaligus oleh oleh khas Parepare yang menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini merupakan jenis kue yang dibuat menggunakan bahan utama tepung terigu dan diberi tambahan gula aren. 

Apang paranggi sangat cocok untuk dinikmati saat bersantai dan disajikan bersama dengan satu cangkir teh atau kopi. Dulunya, makanan ini hanya dapat dinikmati saat acara adat berlangsung. Tetapi seiring berjalannya waktu, apang paranggi banyak dijual dan mudah dijumpai di berbagai toko roti maupun toko oleh oleh di Parepare.

4. Kacipo’

kacipo
shopee.co.id

Tidak kalah unik dengan oleh oleh khas Parepare lainnya, kacipo’ juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh. 

Jika dilihat sekilas, kacipo’ memiliki bentuk dan tampilan yang mirip dengan onde-onde. Yang membedakan adalah jalan ini memiliki ukuran yang lebih kecil serta tekstur yang renyah. Kacipo’ dibuat menggunakan beberapa bahan seperti tepung terigu, gula, dan juga wijen. Kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadikan jajanan ini sayang untuk kamu lewatkan. 

5. Roti Berre

Pernahkah kamu mendengar sebutan roti berre? Roti berre merupakan salah satu makanan khas Parepare yang wajib kamu coba. Selain cocok untuk dinikmati langsung, tidak jarang roti ini juga dipilih sebagai oleh-oleh khas Parepare untuk dibawa pulang. 

Baca juga :  10 Souvenir Khas Eropa yang Bisa Dijadikan Oleh Oleh Buat Tercinta

Roti berre dikenal memiliki cita rasa lezat dan khas. Jajanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa tepung beras serta campuran pisang. Proses pembuatan roti berre yang masih menggunakan cara tradisional juga menambah kesan unik serta aroma khas. Selain lezat, roti berre juga dikenal sebagai salah satu makanan yang menyehatkan. Roti yang satu ini juga dijual dengan harga yang terjangkau dan cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan.

6. Kain Sutera

kain sutera
libur.co

Tidak hanya makanan, kamu juga dapat membawa pulang oleh-oleh khas Parepare berupa kain sutra. Kain sutra di daerah Parepare dibuat dengan motif khas serta memiliki kualitas terbaik. Kamu dapat menjumpai kain sutra khas Parepare di berbagai toko oleh-oleh. 

Tidak perlu khawatir, kain sutra khas Parepare dijual dengan harga yang cukup beragam tergantung tipe serta ukuran kain yang dipilih. Terdapat banyak pilihan warna serta motif yang dapat dipilih sesuai selera. Kain yang termasuk kerajinan tangan ini menjadi rekomendasi tepat untuk kamu bawa pulang setelah berlibur ke Parepare. 

7. Kain dan Sarung Tenun khas Bugis

sarung tenun bugis
bukalapak.com

Selain kain sutra, kamu juga dapat membawa pulang kain tenun sebagai oleh-oleh khas Parepare. Tidak hanya dikenal dengan kain tenun yang bermotif khas, kamu juga dapat menjumpai adanya sarung tenun yang tidak kalah menarik untuk dibawa pulang. 

Motif serta teknik pembuatannya yang khas menjadikan kain serta sarung tenun khas Bugis banyak diburu oleh wisatawan. Kamu tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan terbilang cukup beragam tergantung ukuran serta tingkat kerumitan pembuatan. Kamu dapat membeli kain tenun khas Bugis mulai dari harga Rp 20.000,- untuk kualitas standar dan dapat memilih kualitas premium dengan harga mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Baca juga :  9 Oleh Oleh Khas Tomohon, Cocok Untuk Buah Tangan

8. Nassu Palekko

nasu palekko
natural-poultry.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan nasu palekko bukan? Nasu palekko merupakan salah satu makanan pedas yang dapat kamu jumpai di daerah Parepare. Tidak jarang makanan ini juga diburu wisatawan sebagai oleh-oleh khas Parepare untuk dibawa pulang. 

Nasu palekko dibuat menggunakan bahan utama daging itik atau bebek yang dicincang. Daging yang telah dicincang kemudian diolah dengan cara dilumuri perasan jeruk nipis atau cuka. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Langkah selanjutnya, daging akan diberi tambahan berbagai bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa serta aroma yang menggugah selera. 

Berapa bumbu yang dibutuhkan untuk membuat olahan nasu palekko adalah jahe, gula jawa, lengkuas, bawang merah, bawang putih, sereh, daun salam, merica, kunyit, dan masih banyak lagi. 

9. Sarraba

sarraba
kompas.com

Satu lagi rekomendasi oleh-oleh khas Parepare yang tidak boleh kamu lewatkan yakni sarraba. Sarraba merupakan minuman khas yang dipercaya dapat menghangatkan badan. Minuman yang satu ini dapat dikatakan mirip dengan wedang jahe yang disajikan di pulau Jawa. 

Sarraba sangat cocok dinikmati saat bersantai dan disajikan bersama dengan makanan pendamping seperti apang dan ubi goreng. Tidak hanya dapat mencoba sarraba di warung-warung, kamu juga dapat membeli sarraba di toko atau pusat oleh-oleh. Minuman yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 8.000,- hingga Rp 10.000,- per kemasan. 

Nah, itulah daftar 9 rekomendasi oleh oleh khas Parepare yang dikenal populer dan wajib kamu coba. Dari rekomendasi di atas, oleh oleh manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu bawa pulang setelah berlibur ke Parepare?



Leave a Reply