Wisata

10 Obyek Wisata Banjarnegara ini Curi Perhatian Wisatawan

Obyek wisata Banjarnegara

Hobby travelling adalah hobby yang menyenangkan. Bagaimana tidak? Travelling memberikan kesempatan pada kita untuk bersua dengan orang baru, memperbanyak teman, mengetahui budaya dan tradisi daerah tertentu, dan pastinya menyaksikan indahnya destinasi wisata di daerah yang kita tuju. Banjarnegara adalh salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan beribu tempat wisata menarik. Daerah ini didominasi oleh dataran tingginya dengan iklim yang sejuk segar. Salah satu dataran tinggi yang populer dan menjadi destinasi mayoritas wisatawan adalah dataran tinggi Dieng. Secara wilayah administratif, dataran tinggi dieng bagian barat masuk dalam kawasan Banjarnegara, sedangkan untuk bagian timurnya masuk dalam kawasan Wonosobo. Tentunya, tidak hanya destinasi wisata tersebut saja yang bisa Anda nikmati disini, namun masih banyak lagi obyek wisata Banjarnegara yang menarik untuk Anda kunjungi. Mana sajakah itu?

1. Curug Pitu

tempat wisata banjarnegara

KSMTour.com


Berlokasi di Desa Sigaluh, kec. Sigaluh Banjarnegara, Curug Pitu adalah destinasi wisata dataran tinggi yang wajib Anda kunjungi. Tidak lengkap rasanya jika Anda bertandang ke daerah ini namun tidak mengunjungi Curug Pitu. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, curug pitu diartikan dengan air terjun tujuh karena bertingkat tujuh. Indah pastinya!. Adapun tingkatan demi tingkatan pada Curug Pitu bisa Anda tapaki dengan tangga yang tersedia di lokasi wisata.

2. Curug Mrawu

tempat wisata di banjarnegara

KSMTour.com


Lain halnya dengan Curug Pitu yang terkenal dengan pesonanya yang berupa tujuh buah tingkatan yang bisa ditapaki dengan tangga. Curug Mrawu cocok sekali bagi Anda para pecinta tracking. Kenapa demikian? sebab untuk sampai pada Curug Mrawu ini, Anda diharuskan untuk menapaki jalan setapak yang panjang. Jalanan tersebut cukup panjang dan menantang. Namun, sembari berjalan kaki menuju ke Curug Mrawu, rasa lelah tidak akan terasa mengingat di kanan kiri jalan setapak Anda bisa menyaksikan indahnya pesona alam Curug Mrawu yang tiada duanya. Lelah sepanjang perjalanan, akan terobati sesampainya Anda di lokasi wisata. Tidak hanya Curug Mrawu, adapula Curug Genting dan mata air Giritirta yang bisa Anda kunjungi sekaligus. Tentunya masih banyak lagi curug yang bisa Anda saksikan di Banjarnegara, diantaranya adalah Curug Pundung Sewu, dan Curug Sikopel Banjarnegara yang konon, siapa saja yang mandi air curug tersebut, akan awet muda.

3. Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas

tempat wisata di banjarnegara

TripTrus.com


Obyek wisata Banjarnegara yang cocok Anda nikmati bersama anak-anak adalah Taman Rekreasi Marga Satwa Seruling Mas. Ya, ini adalah wisata edukasi yang di dalamnya terdapat beragam satwa yang akan menambah wawasan si kecil sejak dini. Disini, satwa yang bisa dijumpai tergolong lengkap dan kaya akan pemandangan wisatanya khususnya untuk si kecil. Tidak hanya itu, terdapat beberapa fasilitas pendukung yang membuat momen liburan Anda semakin menyenangkan, diantaranya adalah panggung terbuka, kolam renang, dan lokasi ziarah Ki Ageng Selomanik yang terkenal dengan kesaktiannya. Anda bisa mengakses lokasinya di Kecamatan Bawang, Banjarnegara.

4. Waduk Mrica Banjarnegara

tempat wisata banjarnegara
ihategreenjello.com


Selanjutnya, di Karangjambe, Wanadadi, Banjarnegara, terdapat waduk Mrica Banjarnegara yang cocok sekali bagi Anda yang menyukai wahana air. Ya, waduk ini memiliki bentangan air yang cukup luas dan merupakan waduk dengan ukuran terluas di Asia Tenggara. Ya, luasnya tidak hanya sekaliber Jawa Tengah, atau Indonesia saja, namun sampai ke Asia Tenggara. Ini adalah waduk pembendung Sungai Serayu. Untuk menyempurnakan momen liburan Anda bersama keluarga, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas pendukung yang tidak kalah menarik, antara lain peralatan pancing, main golf, dan naik perahu. Rupanya, waduk ini adalah sumber pembangkit listrik khusus area Jawa dan Bali, lho! Jadi, selain menikmati serunya berwisata di Waduk Mrica, kita disarankan untuk menjaga Waduk Mrica Banjarnegara agar tetap dalam kondisi yang terawat karena waduk ini adalah icon dan sekaligus aset negara.

5. Surya Yudha Park

tempat wisata di banjarnegara
merahputih.com


Yang menarik dari lokasi wisata yang satu ini adalah hadirnya icon Singapura dan Amerika pada lokasi yang sama. Ya, patung merlion yang merupakan icon negara Singapura berdiri bersebelahan dengan patung liberty yang .merupakan identitas negara Amerika. Tentunya, ini akan menjadi lokasi swafoto terbaik dengan kesan sedang berkeliling dunia. Surya Yudha Park merupakan tempat rekreasi yang direkomendasikan bagi Anda yang merupakan wisata air yang lengkap dan disempurnakan dengan fasilitas pendukung yang memadai, seperti rafting, lokasi outbound, lokasi olahraga, hingga hotel berbintang. Berlokasi di Jalan Raya Karang Kobar Kilometer 1, Rejasa, Madukara, Banjarnegara, Surya Yudha Park tidak pernah sepi pengunjung.

6. Arum Jeram Sungai Serayu

tempat wisata banjarnegara
republika.co.id


Arum jeram sungai Serayu berlokasi di Singamerta, Sigaluh, Banjarnegara. Sungai Serayu merupakan sungai yang populer sebagai tempat rafting yang menegangkan. Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang menjadikannya sebagai destinasi rafting yang paling cocok. Bagi Anda para pecinta rafting dan ingin memicu adrenalin, bisa nih mengagendakan diri dan teman-teman untuk uji adrenalin di kawasan wisata yang satu ini.

7. Komplek Percandian Arjuna

tempat wisata di banjarnegara

Pegipegi


Obyek wisata Banjarnegara yang satu ini berlokasi tepat di dataran tinggi Dieng yang popularitasnya sudah tidak diragukan lagi. Jika Anda bertandang ke dataran tinggi Dieng, tidak lengkap rasanya tanpa ber swafoto di kawasan candi, mulai dari Candi Arjuna, Candi Sembadra, Candi Srikandi, dan masih banyak lagi. Di komplek yang terletak di dataran tinggi Dieng ini, Anda akan menyaksikan Dieng Culture Festival yang semaraknya luar biasa.

8. Telaga Merdada

obyek wisata di banjarnegara

instagram.com/instadiengplateau


Berlokasi di Karang Tengah, Batur, Banjarnegara, telaga ini bentuknya layaknya kaldera karena memang merupakan sisa letusan gunung berapi yang lantas tergenang air. Adapun yang menjadikannya spesial adalah panoramanya yang luar biasa indah.

9. Kawah Sikidang Dieng

obyek wisata di banjarnegara
manusialembah.com


Obyek wisata Banjarnegara yang tidak kalah menariknya adalah kawah Sikidang Dieng. Akses untuk mencapai lokasi wisata ini cukup mudah. Di lokasi wisata Kawah Sikidang Dieng, Anda akan dimanjakan dengan tampilannya yang indah, sejuk, hijau dan segar. Berlokasi di Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, aktivitas kawah yang menggeliat indah akan sangat disayangkan jika Anda lewatkan.

10. Kawah Candradimuka Dieng

tempat wisata banjarnegara

KSMTour.com


Pesona indah kawah memang selalu menarik untuk disaksikan. Salah satu kawah yang populer di Banjarnegara adalah Kawah Candradimuka Dieng yang erat dengan cerita rakyat setempat. Konon, kawah ini berhubungan erat dengan cerita Gatutkaca yang merupakan yang gagah berani. Demikian halnya tampilan fisik kawah Candradimuka yang terkenal dengan masculinitasnya. Kawah ini sangat aktif sebagaimana banyak kawah yang ada di dataran tinggi Dieng. Anda bisa mengaksesnya di Pekasiran, Batur, Banjarnegara.

Obyek wisata Banjarnegara terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Tidak hanya berhenti disitu, obyek wisata Banjarnegara sangat kaya termasuk adanya tempat wisata buatan yang peranannya sangat penting untuk penerangan, seperti Waduk Mrica Banjarnegara. Penasaran? yuk, agendakan waktu liburan Anda ke Banjarnegara yang kaya akan destinasi wisata menarik.

Join The Discussion