Kue Rangin, Jajanan Legendaris Masa Kecil

kuliner di sidoarjo

Ifaafifah | Sightseeing
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia | halal
02 Aug 2018


Kue Rangin, Jajanan Legendaris Masa Kecil
Kangen jajanan masa SD?? Sama nih hehe, yuk ikutan berburu Kue Rangin di Sidoarjo.

Jalan-jalan pagi menjelang siang, pikirku enak banget nih ya sekalian cari cemilan. Kebetulan banget waktu itu melewati bapak-bapak penjual jajanan yang bernama kue rangin. Apasih kue rangin itu?? daripada penasaran, beli lah saya.

Ternyata kue rangin itu adalah nama lain dari kue serabi (kalau di malang) atau kue gandos. Kalo asli orang Surabaya atau Sidoarjo, pasti gak asing mendengan nama rangin. Kue ini udah jarang banget ditemui guys, jajanan kesukaanku waktu SD yang hampir punah nih, kalo dulu abang nya jualan nya dipanggul gitu, kalo sekarang kebanyakan pake sepeda motor.

Kue rangin ini terbuat dari kelapa diserut, tepung, garam dan air yang dicampur di wadah. Membuatnya di panggang di loyang cetakan seperti ini. Satu baris loyang dihargai Rp 2500.

Kalau sudah dituangkan semua, ditutup biar matangnya merata kayak gini, tinggal tunggu adonan setengah coklat kekuningan selama 5-7 menit.

Oiya, sebelum matang di oles-oles dengan mentega supaya adonan gak menempel dan lebih gurih. Nah kalau warnanya sudah seperti ini, baru deh diangkat ranginnya. Yummy enak banget! Setelah jadi, biasanya ditawari ditaburi gula atau tidak.

Aroma kelapa nya yang gurih semerbak banget guys, enak bgt dimakan waktu masih hangat. Rasanya yang gurih dan manis membuat semua orang ngiler, orang tua maupun anak-anak pasti sukalaughing

Hmm enak banget, pada ngiler gak nih? laughing

Sekarang banyak banget rangin yang dimodifikasi dengan topping rasa-rasa seperti susu, meses, keju, coklat, mocca dll dengan harga kisaran 10 ribu per baris loyang. Pernah coba yang diberi topping macam-macam, malah rasanya gak enak menurutku. Makanya aku  lebih suka yang original seperti ini, selain cita rasanya yang gak ilang, lebih gurih dan enak, juga lebih murah hehe.

kamu kangen jajanan legendaris satu ini? yuk langsung aja cus kesini dear.

FYI, abang ini berkeliling disekitar perumahan MCG guys, biasanya ada di pintu masuk pasar jam 8 an, atau di taman perumahan kalau udah diatas jam 10. Kalau gak ada, cari aja masuk ke sekeliling perumahan, biasanya nongkrong di warung kopi dulu laughing

Opening Hours
Pukul 08.00 - habis
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY