Nostalgia Kuliner Tradisional Jawa yang Lezat di Sar Londho, Milenial Wajib Coba!

Sar Londho magetan

aldilasalma | Traveler
Magetan, Jawa Timur, Indonesia | halal
06 May 2019


Nostalgia Kuliner Tradisional Jawa yang Lezat di Sar Londho, Milenial Wajib Coba!
Nostalgia kuliner tradisional jawa lagi!!!

Selama menjalankan puasa guyss! Haha karena udah puasa aku mau up sisa-sisa review kulineran aku kemarin saat pulang kerumah. Kuliner yang satu ini sedikit unik jadi semacam foodcourt dengan konsep tradisional jawa dan makanan yang dijual juga makanan tradisional dong pastinya. Nama dari tempat ini adalah Sar Londho. Aku sendiri juga nggak tau kenapa diberi nama begitu jadi yaudah lah ya yang penting makanannya enak haha.

Sar Londho magetan
Sar Londho magetan
Jadi waktu aku tanya penjualnya dulu tempat ini merupakan pasar tapi udah jarang beroprasi dan oleh pak lurah Candirejo, kawasan ini di sulap menjadi tempat makan dengan konsep tradisional jawa ini. Yang berjualan pun juga ibu-ibu PKK Desa Candirejo ini. Sar Londho ini dibuat tentu saja untuk melestarikan makanan tradisional jawa yang udah mulai punah. Apalagi anak jaman sekarang udah jarang banget kan yang tau makanan tradisional begini. Salut sih aku dengan inisiatifnya!

Sar Londho magetan
Untuk lokasi persisnya Sar Londho ini berada di lapangan Desa Candirejo. Jadi kalau mau pakai maps keywordnya adalah “Lapangan Candirejo” dan kalian akan sampai disana. Tapi tapiii harus ada yang digaris bawahi kalau kalian mau makan disini. Sar Londho ini hanya buka hari Sabtu dan Minggu saja mulai dari jam 06:00 sampai jam 10:00 an itu pun kalau makanannya masih ya. Jadi aku saranin kalau kalian mau makan disini harus bangun pagi jangan males-malesan!

Sar Londho magetan
Begitu masuk kalian akan melihat orang-orang yang mengantri. Tapi tenang aja nggak lama-lama banget kok. Sar Londho ini tempatnya di desain mirip saung gitu tapi gede ya. Jadi pilarnya dari bambu dengan atap jerami. Dan lokasinya berada di tengah sawah. Penjualnya pun juga totalitas, mereka menggunakan pakaian adat jawa, kadang pakai kebaya kadang pakai surjan. Nah waktu kemarin aku kesana mereka menggunakan surjan. Jawa banget!

Sar Londho magetan
Selain itu guys disini semua penyajiannya sebisa mungkin tidak menggunakan plastik, jadi untuk piringnya ada yang di pincuk, ada yang diatas piring tanah liat, dan ada yang bikin gemes yaitu pakai batok kelapa. Seruuu!

Sar Londho magetan

Sar Londho magetan

Nasi Bakar Rp. 5.000,00


Oke langsung kemakanannya ya. Disini tentu saja ada banyak banget makanan jawa yang pastinya bikin kalian bingung. Pertama untuk makanan beratnya ada soto ayam, sop manten, nasi menok, nasi bancakan, nasi pecel, nasi bakar, nasi gobyos, tepo pecel, dan masih ada lagi. Untuk jajanannya ada serabi, lupis, cenil, jenang (ada jenang ketan hitam, sumsum, grendul, mutiara), kolak, es dawet, dan masih ada lagi aku nggak hafal hehehe. Ada yang unik juga nih namanya kopi cokot, jadi kopi hitam yang disajikan dengan tebu yang diiris. Aku nggak nyoba sih tapi kayaknya enak hahaha.

Sar Londho magetan
Sate tahu Rp. 5.000,00

Sar Londho magetan

Sar Londho magetan

Nasi bancakan dan es dawet

Dari sekian banyak makanan itu aku pilih nasi bakar dengan harga 5.000 yang isinya ada daun singkong, jamur, dan ayam suwir yang dibumbu merah dan dibakar. Selain itu aku juga pesen sate tahu 5.000 udah dapet 10 tusuk. Kalau mama aku pesen yang nasi menok. Nah nasi menok ini nasi yang dimasak dengan santan dan selanjutnya dikukus lagi menggunakan bungkusan daun pisang. Disajikannya denga urap-urapan dan lentho (singkong parut yang digoreng, enak banget). Kalau papaku dia pesen nasi bancakan. Nasi bancakan ini gemes banget karena dibentuk tumpeng mini dengan lauknya ditata melingkar disekelilingnya. Lauknya ada tahu bumbu kuning, urap, kedelai, dan telur.

Sar Londho magetan
Nasi menok Rp. 5.000,00

Nah kalau minumnya aku pesen es beras kencur untuk bareng-bareng, pesen es dawet, dan terkahir *bukan minum sih* aku pesen bubur sumsum dengan gula jawa yang harganya semangkuk 4.000.

Pertama aku mau review sate tahunya dulu. Satenya ukurannya cukup gede dan bumbu kacangnya juga enak karena kental dan juga diberi irisan bawang merah bikin makin seger. Nah untuk nasi bakarnya juga nggak kalah enak, bumbunya nggak begitu pedes. Aku tambah dengan ati ampela biar makin mantaab hehe. Aku juga cobain nasi menoknya, rasanya gurih dan enak banget karena masih hangat jadi enak banget dimakan sama urap-urapnya! Nasi bancaakknya juga nggak kalah enak, bumbunya pas dan nasinya juga masih panas, sedeppp!

Sar Londho magetan
Bubur sumsum Rp. 4.000,00

Yang terakhir bubur sumsum, karena udah lama banget pengen makan ini dan ternyata beneran nggak mengecewakan. Buburnya lembut apalagi pas kena langit-langitnya, enak banget! Gulanya juga nggak terlalu manis jadi pas ngak bikin eneg. Es beras kencur juga nggak kalah enak nih, seger banget apalagi habis makanan yang gurih begini.

Oke overall aku suka banget makanan disini karena semua enak dan cukup mengobati rasa rindu aku dengn makanan jadul tapi enaak. Jadi buat kalian yang kangen makanan tradisional jawa aku saranin datang Sar Londho karena dijamin enak dan murah!

 

 

Opening Hours
Sabtu dan Minggu pukul 06:00 - 10:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY