9 Makanan Khas Banjarnegara yang Wajib Kamu Coba


Fida  October 31, 2023  0 Comment

Menjaga selera makan dengan berbagai makanan khas Banjarnegara adalah pengalaman yang wajib kamu coba ketika berada di Kota Dawet Ayu. Kuliner khas Banjarnegara memiliki rasa yang sangat lezat dan unik yang tidak bisa kamu jumpai di tempat lain.

Saat kamu mengunjungi suatu daerah, penting rasanya untuk mencoba berbagai hidangan khasnya. Di Banjarnegara, kamu akan menemukan beragam hidangan yang mampu menggugah selera. Sebagian besar hidangan khas dari Kota Dawet ini telah menjadi terkenal di seluruh nusantara karena kelezatannya.

Kamu pasti penasaran dengan hidangan-hidangan khas Banjarnegara yang patut dicoba. Berikut adalah daftar kuliner khas Banjarnegara yang harus kamu nikmati :

9 Makanan Khas Banjarnegara :

1. Buntil Banjarnegara

buntil
banyumas.tribunnews.com

Buntil adalah hidangan khas Banjarnegara yang terbungkus dalam daun talas. Hidangan ini memiliki rasa yang lezat dan membuatmu ingin kembali mencicipinya. Buntil terbuat dari dua bahan utama, yaitu daun talas dan daun singkong. Meskipun kedua jenis daun ini digunakan, daun singkong lebih sering digunakan.

Daun-daun ini kemudian diberi parutan kelapa dan bumbu pedas yang terbuat dari santan. Saat kamu mencicipinya, kamu akan merasakan citarasa santan yang khas dan bumbu pedas yang nikmat, semuanya dicampur dengan berbagai rempah khas Banjarnegara.

2. Soto Krandegan

soto krandengan
idntimes.com

Soto Krandegan adalah hidangan yang mirip dengan soto Betawi karena kuahnya dicampur dengan santan. Namun, isian soto ini terdiri dari ketupat, tauge, kerupuk, daging ayam suwir, dan taburan bawang goreng sebagai hiasan. Soto Krandegan dihidangkan dengan kuah khas Banjarnegara yang kaya rempah.

Baca juga :  7 Tempat Sahur di Jakarta Yang Murah Dan Enak

Soto yang lezat ini sangat cocok untuk disantap sebagai sarapan di pagi hari. Kamu dapat menemukan soto krandegan di alun-alun Banjarnegara dengan mudah. Banyak penjual yang menjajakan soto krandegan di sekitar alun-alun, jadi kamu tidak perlu khawatir harus mengantri. Harganya pun terjangkau, sehingga tidak akan memberatkan kantong.

3. Bakso Ketupat

bakso ketupat
jateng.solopos.com

Bakso dikenal sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer. Hampir di setiap wilayah di Indonesia, kamu dapat menemukan bakso dengan berbagai cita rasa. Namun, bakso khas Banjarnegara memiliki keunikan tersendiri. Perbedaan mencoloknya terletak pada tampilannya. Bakso khas Banjarnegara disajikan dengan ketupat, yang memberikan sentuhan unik pada hidangan ini. Selain ketupat, bakso Banjarnegara juga disajikan dengan bihun dan sawi. Kaldu sapi yang melimpah dalam kuah bakso ini akan memanjakan selera. Makanan Khas Banjarnegara yang satu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan. .

Untuk menikmati hidangan khas ini, kamu perlu berkunjung ke Banjarnegara, khususnya ke daerah belakang Polres Banjarnegara. Warung yang menjual bakso ketupat ini selalu ramai pengunjung hampir setiap hari. Kamu dapat menikmati bakso khas Banjarnegara yang lezat ini dengan harga terjangkau, hanya Rp. 10 ribu saja, dan pasti akan membuatmu kenyang.

4. Mie Ongklok

mie ongklok
tentangbanjarnegara.com

Makanan khas Banjarnegara berikutnya yang bisa kamu coba adalah mie ongklok. Mie Ongklok adalah hidangan unik dengan nama yang khas. Hidangan ini dikenal karena proses pembuatannya yang unik, yaitu “dikocok” atau “diongklok.” Berbeda dari mie biasa, Mie Ongklok Banjarnegara menggunakan mie telur yang dicampur dengan daging sapi, irisan daun kol, sawi, dan ebi. Semua bahan ini kemudian disiram dengan kuah kental khas Banjarnegara.

Mie telur direbus hingga setengah matang, kemudian “dikocok” dengan air panas. Campuran bahan-bahan ini menciptakan cita rasa khas yang memanjakan lidah. Mie Ongklok juga dilengkapi dengan bumbu-bumbu rempah khas Banjarnegara yang membuatnya istimewa. Hidangan ini paling nikmat disantap saat malam hari, sebagai penutup hari yang melelahkan. Kamu juga bisa menikmati Mie Ongklok dengan sate ayam bumbu kacang yang sangat lezat. Jadi, saat berkunjung ke Banjarnegara, jangan lupa mencicipi Mie Ongklok sebagai hidangan utama.

Baca juga :  10 Oleh Oleh khas Banjarnegara Bikin Semua Bahagia

5. Combro Kalipalet – Makanan Khas Banjarnegara

combro kaliparet
banyumas.tribunnews.com

Masyarakat Jawa Tengah pasti sudah sangat akrab dengan makanan khas yang disebut “combro.” Combro dibuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu yang menciptakan rasa manis, pedas, dan asin. Adonan combro kemudian dibentuk menjadi bulatan pipih dan digoreng hingga berwarna keemasan.

Seperti namanya, Combro Kalipalet berasal dari wilayah Kalipalet. Biasanya, camilan ini disajikan bersama dengan soto krandegan. Seperti gorengan pada umumnya, Combro sangat lezat saat masih hangat. Yang membuatnya unik adalah ukurannya yang besar, yang pasti akan memuaskan selera.

6. Tempe Mendoan – Makanan Khas Banjarnegara

mendoan
tentangbanjarnegara.com

Tempe Mendoan, seperti di banyak daerah, dibuat dari tempe sebagai bahan utamanya. Namun, cara pembuatan Tempe Mendoan khas Banjarnegara berbeda dari daerah lain. Tempe yang telah disiapkan dipotong tipis dan dilapisi dengan tepung. Yang membuatnya istimewa adalah tepung ini dicampur dengan berbagai rempah-rempah khas Banjarnegara untuk menciptakan cita rasa yang unik.

Tempe Mendoan paling nikmat saat disantap dalam kondisi masih hangat, sambil menikmati pemandangan indah Kota Banjarnegara bersama orang-orang terkasih. Kamu akan menemukan Tempe Mendoan yang disajikan dengan tambahan cabe rawit hijau dan kecap, dan kadang-kadang ada juga sambal kecap untuk menambah cita rasanya.

7. Jenang Salak – Makanan Khas Banjarnegara

jenang salak
tentangbanjarnegara.com

Banjarnegara dikenal sebagai wilayah dengan produksi salak yang melimpah. Oleh karena itu, masyarakat setempat sering mengolah salak menjadi berbagai hidangan, salah satunya adalah Jenang Salak. Proses pembuatan Jenang Salak hampir sama dengan pembuatan jenang pada umumnya. Namun, Jenang Salak dibuat dengan menggunakan ekstrak buah salak dalam proses pengolahannya.

Penggunaan buah salak sebagai bahan utama memberikan Jenang Salak cita rasa yang manis dan tekstur yang lebih lembut dibandingkan jenang biasa. Jenang Salak khas Banjarnegara juga memiliki aroma harum yang khas. 

Baca juga :  Diyakini Bisa Cegah Corona, Berikut 10 Kuliner Indonesia Kaya Rempah

8. Es Dawet Ayu

es dawet ayu
jateng.solopos.com

Es Dawet Ayu adalah minuman ikonik dari Banjarnegara yang terkenal di seluruh nusantara. Minuman ini terbuat dari tepung beras yang memberikan tekstur yang kenyal dan berwarna hijau terang, yang berbeda dari dawet biasa. Minuman ini sangat cocok untuk menghilangkan dahaga di siang hari.

9. Sirup Salak

intipseleb.com

Selain Es Dawet Ayu, ada juga minuman khas Banjarnegara lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu Sirup Salak. Daging buah salak diolah menjadi sirup yang tahan lama dan aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet. Biasanya, sirup salak dikemas dalam botol dan bisa dijadikan oleh-oleh yang lezat.

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Menikmati berbagai hidangan khas Banjarnegara adalah pengalaman kuliner yang tak boleh kamu lewatkan. Ketika berkunjung ke Banjarnegara, pastikan kamu mencicipi beberapa hidangan khas ini dan mungkin membawa beberapa pulang untuk keluarga. Apa makanan favoritmu di antara daftar ini?



Leave a Reply