10 Oleh Oleh khas Banjarnegara Bikin Semua Bahagia


Fida  June 6, 2022  0 Comment

Tidak hanya dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata, Banjarnegara juga memiliki berbagai kuliner lezat serta oleh-oleh khas yang sayang untuk kamu lewatkan. Oleh-oleh yang ditawarkan sangatlah beragam mulai dari makanan hingga batik khas Banjarnegara. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, inilah daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Banjarnegara yang menarik untuk kamu bawa pulang.

1. Carica

carica
bangka.tribunnews.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan carica? Carica merupakan salah satu oleh-oleh khas Banjarnegara yang populer dan menarik untuk kamu coba. Carica sendiri merupakan jenis buah pepaya yang hanya dapat dijumpai di kawasan dataran tinggi. Jika dilihat dari ukurannya, carica memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan buah pepaya pada umumnya.

Buah yang satu ini juga bisa dikonsumsi langsung, atau dibeli dalam bentuk olahan seperti sirup, keripik, hingga manisan yang segar. Berbagai olahan carica dapat dibeli di pasar tradisional, supermarket, hingga toko oleh-oleh di Banjarnegara. Oleh-oleh yang satu ini biasanya dikemas dengan kemasan yang praktis dan menarik sehingga sayang untuk dilewatkan. Tertarik untuk mencoba carica atau salah satu produk olahannya?

Gotravelly

Menikmati Indahnya Karya Seni Di Vin Autism Gallery

Golden Sunrise Gunung Prau

2. Jenang Salak

jenang salak
tentangbanjarnegara.com

Selain carica, jenang salak juga menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Banjarnegara yang sayang untuk tidak kamu coba. Sesuai dengan namanya, olahan jenang yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama buah salak asli Banjarnegara.

Jenang salak biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan unik sehingga menarik wisatawan untuk membelinya. Jenang yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Banjarnegara. Selain dikenal memiliki rasa yang lezat dan khas, jenang yang satu ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Saat berkunjung ke Banjarnegara, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba lezatnya jenang salak.

3. Kopi Biji Salak

kopi biji salak
jatengtravelguide.com

Selain jenang salak, kopi biji salak juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Banjarnegara yang banyak diburu oleh wisatawan. Sesuai dengan namanya, kopi khas Banjarnegara yang satu ini dibuat menggunakan biji salak. Biji salak yang diolah menjadi bubuk kopi dikenal memiliki cita rasa yang unik dan khas.

Saat dicoba, kopi biji salak menawarkan rasa yang berbeda dengan kopi pada umumnya. Meskipun dikenal sangat unik, tetapi kopi biji salak khas Banjarnegara dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Kemasan yang praktis dan menarik juga menjadikan kopi biji salak cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat di rumah.

4. Keripik Salak

keripik salak
budparbanjarnegara.com

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Banjarnegara dikenal sebagai salah satu daerah penghasil salak. Salak khas Banjarnegara dikenal memiliki daging buah dengan rasa gurih dan manis. Salah satu olahan buah salak yang cocok dipilih sebagai oleh-oleh khas Banjarnegara untuk dibawa pulang adalah keripik salak.

Keripik salak dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Banjarnegara. Selain kemasan yang praktis dan menarik, keripik salak yang ditawarkan juga menawarkan perpaduan rasa manis dan gurih serta memiliki tekstur yang renyah. Keripik salak sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dinikmati semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

5. Sirup Salak

sirup salak
itrip.id

Selain dapat diolah menjadi berbagai pilihan makanan, salak juga dapat diolah menjadi minuman yakni sirup salak. Salah satu oleh-oleh khas Banjarnegara yang satu ini banyak diburu oleh wisatawan karena dikenal unik. Sirup salak dikenal mampu bertahan cukup lama hingga beberapa bulan sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Sirup salak biasa dijual dengan kemasan botol dan sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Kamu juga dapat mengkreasikan sirup salak untuk dinikmati bersama dengan minuman lainnya seperti es campur atau es cendol. Menarik sekali bukan?

6. Combro Kalipalet

combro kalipalet
ksmtour.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Banjarnegara berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah combro kalipalet. Merupakan makanan tradisional yang dibuat dari singkong atau ketela. Singkong atau ketela yang telah dihaluskan kemudian diolah menggunakan bahan tambahan yakni bumbu rempah-rempah. Hal itu bertujuan agar adonan yang dibuat memiliki cita rasa lezat.

Jika adonan telah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah dengan cara membentuk adonan bulat-bulat kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan. Combro juga biasa diisi dengan beberapa isian seperti cabai rawit, campuran oncom, bawang merah, dan juga daun bawang. Saat mencoba hidangan yang satu ini, kamu tentu akan dibuat ketagihan akan kelezatannya.

7. Batik Tulis Gumelem

batik tulis gumelem
budparbanjarnegara.com

Tidak hanya dapat membeli oleh-oleh khas Banjarnegara berupa makanan, kamu juga dapat membeli batik tulis gumelem sebagai rekomendasi oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang. Batik yang satu ini merupakan batik khas yang dibuat oleh masyarakat Gumelem, Kecamatan Susukan, Banjarnegara.

Batik tulis gumelem dibuat dengan motif yang unik dan khas. Motif yang dibuat juga mengandung makna atau cerita yang berbeda-beda. Selain dapat membelinya langsung, wisatawan juga dapat mencoba membuat batik sendiri di sanggar yang telah disediakan. Harga batik yang dijual juga sangat beragam tergantung dengan tingkat kerumitan pembuatan batik serta kualitas bahan yang digunakan.

8. Purwaceng

purwaceng
travel.detik.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan purwaceng? Purwaceng merupakan salah satu minuman herbal yang banyak tumbuh di dataran tinggi salah satunya adalah kawasan Banjarnegara. Oleh karena itu, maka tidak heran jika purwaceng banyak diburu wisatawan sebagai oleh-oleh khas Banjarnegara untuk dibawa pulang.

Tidak hanya dikenal memiliki rasa yang unik, purwaceng juga dipercaya memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Purwaceng banyak dijual dan dikemas bersama kopi serta susu. Kamu dapat dengan mudah menjumpai minuman yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Banjarnegara.

9. Keripik Kentang

keripik kentang
budparbanjarnegara.com

Keripik kentang juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi oleh-oleh yang sayang untuk kamu lewatkan. Sesuai dengan namanya tentang merupakan olahan keripik yang dibuat menggunakan bahan utama kentang. Keripik kentang biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh.

Kamu dapat membeli keripik kentang khas Banjarnegara di berbagai toko oleh-oleh yang ada. Kamu juga tidak perlu khawatir karena keripik kentang dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Teksturnya yang renyah serta rasanya yang gurih menjadikan siapapun ketagihan setelah mencoba lezatnya keripik kentang.

10. Buah Salak

salak
banyumas.tribunnews.com

Sudah tidak perlu dilakukan lagi bahwa Banjarnegara dikenal sebagai salah satu daerah penghasil salak. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Banjarnegara dan memilih buah salak sebagai oleh-oleh khas Banjarnegara untuk dibawa pulang. Kamu tidak perlu khawatir karena salak khas Banjarnegara dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Rasa yang ditawarkan tentu akan membuat kamu ketagihan setelah mencobanya.



Leave a Reply