Jelajahi 20 Wisata Terkenal di Honduras Bikin Liburamu Tak Terlupakan!


prita  November 25, 2021  0 Comment

Wisata terkenal di Honduras memang cukup banyak dan menarik wisatawan dari berbagai negara. Honduras adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang dianugerahi dengan pemandangan alam yang menawan. Tak hanya menawarkan wisata alam, negara bekas jajahan Spanyol ini pun memiliki deretan bangunan bersejarah yang artistik dan menarik untuk dikunjungi. Nah, jika Honduras menjadi salah satu destinasi wisata impian kamu, berikut ini adalah daftar tempat wisata keren di Honduras yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Utila

Utila
toptravelsights.com

Wisata terkenal di Honduras yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Utila. Utila adalah destinasi wisata pantai bagi kamu yang suka berjemur, berenang maupun sekedar bersantai menikmati pemandangan.

Pulau yang berada di Kawasan Bay Islands ini memang tidak terlalu luas, namun kamu bisa melakukan banyak sekali kegiatan menyenangkan disini. Kamu bisa pergi ke Utila Town, yaitu pemukiman utama penduduk yang juga terdapat toko-toko. Kamu juga bisa berjemur di tepi pantai, snorkelling atau bersantai di atas yacht di lepas pantai barat daya pulau sambil menyelam.

Gotravelly

Nongkrong Sore Dengan Suguhan Pemandangan Sawah Di Konoa Koffee (@Konoa.Co)

Mengenal Suku Karen Di Desa Wisata Baan Tong Luang Chiang Mai

2. Little French Key

Little French Key
littlefrenchkey.com

Masih di Kawasan Bay Islands, kamu akan menemukan salah satu wisata terkenal di Honduras yang terkenal tak kalah indah dari Ulita, yaitu Little French Key. Little French Key ini disebut sebagai surga tropis yang ramah lingkungan di lepas pantai.

Pulau ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan berlibur ke suatu tempat yang tenang dan masih asri. Perairan di pulau ini sangat bersih dan jernih sehingga kamu bisa merasakan pengalaman snorkeling serta bersantai di pantai berpasir putih. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa berkunjung ke suaka margasatwa untuk melihat ragam satwa khas dalam jarak dekat, seperti rusa, toucans dan rusa.

3. Roatan

Roatan
thepilotwhoexplores.com

Wisata terkenal di Honduras yang satu ini juga masih berada di Kawasan Bay Islands dan memiliki pemandangan yang tak kalah cantik, yaitu Roatan. Roatan ini merupakan pulau terbesar dan paling berkembang di Bay Island karena sering dikunjungi oleh wisatawan.

Roatan juga menjadi persinggahan favorit bagi kapal pesiar, terutama bagi pengunjung yang suka menyelam atau snorkeling. Menariknya, meskipun sering dilalui oleh kapal pesiar, perairan di pulau ini sangat bersih dan jernih. Tak hanya menawarkan berbagai destinasi wisata alam, disini kamu juga bisa berkunjung ke sejumlah wisata terkenal seperti Museum Roatan dan Taman Carambola.

4. Dolphin Encounter

Dolphin Encounter
id.pinterest.com

Dolphin Encounter ini merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Honduras yang berada di pantai barat laut Roatan, tepatnya di Anthony’s Key Resort. Tempat ini merupakan sebuah institur Ilmu Kelautan Roatan yang bisa menjadi sarana edukasi kepada pengunjung seputar ekologi laut dan kamu juga bisa bertemu dengan lumba-lumba disini.

Disini kamu tak hanya bisa melihat lumba-lumba, tapi kamu juga bisa berenang, snorkeling hingga bermain games Bersama mereka. Kamu pun juga bisa merasakan pengalaman seru menyelam Bersama lumba-lumba hingga belajar untuk menjadi pelatih mereka.

5. Cayos Cochinos

Cayos Cochinos
theadventuresatlas.com

Destinasi wisata terkenal di Honduras yang tak boleh untuk kamu lewatkan berikutnya adalah Cayos Cochinos. Cayos Cochinos ini juga dikenal dengan Kepulauan Hog dan merupakan sebuah surga tropis yang masih alami dan jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Pulau-pulau disini memiliki keindahan dan dikelilingi dengan perairan yang jernih serta terumbu karang yang ada di dalamnya. Menariknya lagi, terumbu karang disini masih sangat asri dan alami karena memang akses untuk menuju ke pulau ini cukup sulit. Cayos Cochinos ini seolah menawarkan pengalaman berlibur di alam bebas. Tak hanya itu, disini kamu bebas untuk menyelam, snorkelling, hiking hingga mengamati ragam satwa liar.

6. Lago de Yojoa

Lago de Yojoa
lonelyplanet.com

Lago de Yojoa atau yang sering disebut sebagai Lake Yojoa ini merupakan salah satu danau terindah di Honduras yang juga menjadi salah satu wisata populer di Honduras. Danau ini merupakan danau alami yang terbesar di Honduras serta menjadi surga bagi para pecinta burung.

Danau ini tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah dengan air danau yang tenang serta jernih, di Kawasan danau ini kamu juga akan menemukan lebih dari 480 spesies burung. Disini kamu bisa menjelajahi danau dari pantai dengan menggunakan sampan. Kamu nantinya akan melintasi du ataman nasional pegunungan yang membatasi danau ini, yaitu Taman Nasional Santa Barbara di pantai utara dan Taman Nasional Cerro Azul Meambar di pantai selatan. Tak hanya bisa menjelajahi danau dengan sampan, disini kamu juga bisa menikmati air terjun, menjelajahi gua bawah tanah dan hiking di perkebunan kopi.

7. Situs Arkeologi Reruntuhan Copan

Situs Arkeologi Reruntuhan Copan
alittleadrift.com

Jika kamu suka berwisata sejarah, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Situs Arkeologi Reruntuhan Copan ini. Situs ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Honduras karena tempat ini merupakan kota Maya yang telah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Disini kamu akan menemukan banyak sekali hal bersejarah, seperti altar dan stelae yang tersebat di sekitar plaza yang konon telah didirikan sejak tahun 711 dan 736. Hal menarik lainnya yang bisa kamu lihat adalah ball court atau tangga Hieroglyphic, kuil yang menyimpan teks Maya terpanjang hingga Acropolis yang menampilkan relief ukiran luar biasa dari 16 Raja Copan terdahulu.

8. Taman Nasional La Tigra

Taman Nasional La Triga
honduranbirds.com

Taman Nasional La Tigra merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Honduras yang sayang sekali untuk dilewatkan. Taman nasional yang berada 20 kilometer dari Tegucigalpa ini merupakan sebuah taman alami yang berada di ketinggian 2.270 meter di atas permukaan laut.

Taman nasional ini dipenuhi dengan hutan yang subur dan menjadi berbagai satwa liar, seperti monyet, puma dan ocelot. Tak hanya itu, taman nasional ini juga menjadi rumah bagi 200 spesies burung, seperti trogon, toucans dan quetzak. Taman Nasional La Tigra ini juga menjadi tempat sempurna untuk hiking karena memiliki jalur yang cukup baik dengan hutan lebat yang indah karen ditumbuhi dengan bromeliad serta anggrek.

9. Taman Nasional Jeanette Kawas

Taman Nasional Jeanette Kawas
en.wikipedia.org

Wisata terkenal di Honduras yang wajib untuk dikunjungi selanjutnya adalah Taman Nasional Jeanette Kawas. Taman nasional ini dulunya dikenal dengan nama Taman Nasional Punta Sal, kemudian Namanya berubah menjadi Jeanette Kawas karena diambil dari nama seorang aktivis yang berjuang sepenuh hati sepanjang hidupnya untuk melestarikan ekosistem taman nasional ini.

Taman Nasional Jeanette Kawas ini membentang di sepanjang semenanjung ujung barat Teluk Tela dan menjadi habitat berbagai satwa. Taman nasional ini juga terdiri dari hutan tropis, hutan bakau dan lahan basah hingga menuju pantai yang kaya akan terumbu karang.

10. Taman Nasional Cusuco

Taman Nasional Cusuco
atletahibrido.com

Satu lagi taman nasional yang juga menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Honduras, yaitu Taman Nasional Cusuco. Taman nasional ini berada di sebelah barat San Pedro Sula di Pegunungan Merendon dan terkenal denga quetzal yang misterius, yaitu salah satu burung tropis terindah yang sayangnya habitatnya mulai hilang dan mulai banyak diburu.

Selain burung, taman nasional ini juga menjadi salah satu habitat spesies katak dan samalancer, tapir baird dan sekitar 260 spesies burung. Tak hanya bisa bertemu dengan aneka satwa, disini kamu juga bisa mendaki dan menikmati beberapa jalur pendakian yang cukup menantang hingga ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut.

11. Taman Nasional Pico Bonito

Taman Nasional Pico Bonito
peakvisor.com

Wisata terkenal di Honduras yang berupa taman nasional selanjutnya adalah Taman Nasional Pico Bonito. Taman Nasional Pico Bonito ini berada di luar La Ceiba yang berada di pegunungan Nobre de Dios.

Taman nasional ini dikelilingi oleh perkebunan nanas Dole, peternakan sapi dan Sungai Rio Santiago. Disini kamu juga akan menemukan gunung ikonik Bernama Cangrejal yang ketinggiannya mencapai 2.435 meter di atas permukaan laut. Kamu bisa mengikuti tur untuk menikmati indahnya hutan yang subur dengan satwa liar yang beragam. Taman nasional ini pun cocok bagi kamu yang suka hiking karena pemandangan yang ditawarkan sangat indah.

12. Rio Platano Biosphere Reserve

Rio Platano Biosphere Reserve
commons.wikimedia.org

Rio Platano Biosphere Reserve merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Honduras yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Di tahun 2011, UNESCO menempatkan hutan besar ini sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

Kawasan ini merupakan salah satu dari sedikit hutan hujan tropis yang tersisa di Kawasan Amerika Tengah. Disini kamu akan menemukan hutan hujan tropis, laguna pantai, hutan bakau hingga padang rumput. Tak hanya itu, Kawasan ini juga menjadi salah habitat ragam satwa liar khas Amerika Tengah, seperti Macaw merah, penyu belimbing raksasa, toucan, monyet howler hingga tapir.

13. Lancetilla Botanical Garden

Lancetilla Botanical Garden
visitatlantida.com

Destinasi wisata hterkenal di Honduras yang tak boleh untuk kamu lewatkan berikutnya adalah Lancetilla Botanical Garden. Sesuai dengan Namanya, wisata ini merupakan taman botani tropis yang dikenal sebagai yang terbesar kedua di dunia.

Taman botani yang berlokasi di kota Tela ini didirikan oleh United Fruit Company di tahun 1926. Saat itu mereka membuat kebun-kebun untuk tempat percobaan menguji kelayakan ekonomi berbagai jenis buah dan kayu. Sekarang, kebun-kebun tersebut menjadi habitat berbagai satwa liar yang dilindungi. Disini kamu akan menemukan berbagai jenis buah-buahan dan juga 200 spesies burung tropis yang hidup bebas disini.

14. Macaw Mountain Bird Park

Macaw Mountain Bird Park
ourescapeclause.com

Jika kamu ingin melihat burung nasional Honduras yang terancam punah, kamu wajib berkunjung ke Macaw Mountain Bird Park. Taman burung ini juga menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Honduras yang cukup menarik untuk dikunjungi karena kamu akan dibawa untuk melihat langsung keindahan burung Macaw ini.

Pemilik taman burung ini membuat taman ini bertahun-tahun lalu dan mendedikasikan hidupnya untuk Burung Scarlet Macaw. Taman ini dibuat sebagai pusat rehabilitasi dan pemulihan serta untuk menyelamatkan burung-burung cantik tersebut dari kepunahan. Ratusan burung dari seluruh negeri ini dibawa masuk untuk kemudian dilepaskan Kembali kea lam liar.

15. Santa Rosa de Copan

Santa Rosa de Copan
elnuevodiario.com.n

Wisata terkenal di Honduras yang cukup populer selanjutnya adalah Santa Rosa de Copan. Santa Rosa de Copan ini terlihat bagaikan kota colonial Spanyol kuno, padahal kota ini baru berusia lebih dari 100 tahun. Kota ini terkenal dengan perkembangan indutri tembakaunya, untuk itu kamu wajib berkunjung ke Flor de Copan Cigar Factory adalah kewajiban.

Destinasi lainnya yang wajib untuk kamu kunjungi adalah perkebunan kopi yang ada di sekitarnya. Wisata ini cukup menarik untuk dikunjungi karna kamu bisa melakukan tur perkebunan kopi hingga berkunjung ke peternakan yang ada di sekitarnya.

16. Rio Cangrejal

Rio Cangrejal
rotasturisticas.com

Diantara megahnya Taman Nasional Pico Bonito, ada sebuah destinasi wisata menarik di Honduras yang wajib untuk kamu kunjungi, yaitu Rio Cangrejal. Rio Cangrejal ini merupakan tempat terbaik untuk kamu bermain kayak dan arung jeram.

Sungai ini sangat panjang dengan jeram yang cukup besar sehingga menjadi aktivitas yang memacu adrenalin yang sempurna. Berbagai paket tur bisa kamu temukan untuk membawamu mengarungi sungai-sungai disini. Kamu bisa memilih untuk mempelajari dasar-dasar kayak hingga mencoba arung jeram yang sangat menantang.

17. Comayagua

Comayagua
agoda.com

Wisata terkenal di Honduras yang satu ini juga tak kalah indah untuk dikunjungi, yaitu Comayagua. Comayagua merupakan sebuah kota yang sangat indah dan dipenuhi oleh arsitektur tua khas colonial Spanyol.

Kamu bisa berkunjung ke pusat kota dan menemukan Katedral Baroque, Universitas pertama di Amerika Tengah hingga beberapa gereja yang Sebagian besar dibangun pada abad ke-16. Katedral Comayagua ini menjadi salah satu tempat menarik karena kamu akan menemukan jam tertua di dunia. Menara jam ini dibawa ke Amerika Tengah sebagai hadiah oleh Raja Spanyol di tahun 1620. Pengunjung pun bisa menaiki Menara jam ini dan menikmati pemandangan kota dari ketinggian. Comayagua ini mamang menjadi tempat sempurna untuk menghabskan liburan Paskah Bersama keluarga.

18. Ajuterique

Ajuterique
twitter.com

Berlokasi sekitar 20 menit perjalanan dari Comayagua, kamu akan menemukan sebuah desa kecil yang sepi namun sangat cantik Bernama Ajuterique. Desa ini juga menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Honduras yang cukup menarik untuk dikunjungi karena memiliki sejumlah tempat menarik yang patut untuk dijelajahi.

Desa ini memiliki banyak mural yang indah dan tersebar di seluruh desa hingga menjadikannya sangat indah. Mural-mural disini tentu menjadi objek foto yang mengesankan dan instagramable, sehingga banyak diburu oleh wisatawan.

19. La Esperanza

La Esperanza
artelista.com

La Esperanza juga merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Honduras yang menarik untuk dikunjungi. Desa pegunungan ini memiliki iklim yang sejuk sehingga memikat banyak wisatawan untuk datang.

Tak hanya itu, banyak hal keren yang bisa dilakukan disini. Kamu bisa melihat langsung bagaimana desa budaya khas Amerika Tengah yang indah dan berwarna-warni hingga berkunjung ke katedral. Lalu, berkunjunglah ke La Gruta, sebuah kuil / gua dengan pemandangan indah yang menghadap ke desa. La Esperanza juga merupakan tempat diselenggarakannya festival El Grande de Grandes yang diselenggarakan setiap tahunnya dan wajib untuk kamu hadiri.

20. Pulhapanzak Waterfall

Wisata terkenal di Honduras
thetravelersbuddy.com

Wisata terkenal di Honduras yang terakhir adalah Pulhapanzak Waterfall. Air terjun ini dikenal sebagai air terjun terbaik di Honduras dan harus dikunjungi saat kamu berlibur disana.

Air terjun cantik ini berada dekat dengan Danau Yojoa dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan pemandangan cantik di sekelillingnya. Air terjun ini juga memiliki kolam yang tenang di bagian atasnya sehingga pengunjung bisa berenang atau sekedar bersantai di tepiannya sambil makan dan minum.



Leave a Reply