Mengunjungi 10 Museum di Jakarta, Sarat Ilmu dan Sejarah


prita  December 7, 2020  0 Comment

Dikenal sebagai kota terbesar di Indonesia, Jakarta memang menjadi pusat dari negara kita ini. Sebagai ibukota, Jakarta memang memiliki banyak gedung-gedung besar, seperti perkantoran, hotel hingga mall. Nah, jika kamu berada di Jakarta atau ingin berlibur ke Jakarta tapi bosan dengan mall atau café, kamu bisa berkunjung ke museum yang ada disana. Tak hanya bisa merasakan liburan yang berbeda, kamu pun bisa belajar banyak tentang sejarah dan budaya Indonesia. Nah, berikut ini adalah 10 Museum di Jakarta yang wajib untuk kamu kunjungi.

Rekomendasi Museum di Jakarta

1. Monumen Nasional

monumen nasional
ksmtour.com

Museum di Jakarta yang pertama wajib kamu kunjungi adalah museum di Monumen Nasional atau Monas. Museum ini berada di bawah Monumen Nasional yang menjadi ikon kota Jakarta ini.

Monumen in berisikan diorama perjuangan beserta sejarah Republik Indonesia. Setelah puas menjelajah museu, kamu bisa naik ke puncak Monumen Nasional untuk melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian.

Alamat: Jalan Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat

Gotravelly

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

2. Museum Fatahillah

museum fatahillah
nurshiyam.wordpress.com

Museum di Jakarta selanjutnya yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Museum Fatahillah. Museum ini memang cukup populer tak hanya di kalangan warga Jakarta, namun juga wisatawan yang datang ke Jakarta.

Museum yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta ini dulunya adalah kantor Gubernur Batavia. Disini kamu bisa melihat berbagai peninggalan kependudukan Belanda saat di Batavia dan salah satu yang menarik adalah penjara bawah tanah yang ada di bawah gedung Museum Fatahillah.

Baca juga :  Pesona 10 Keajaiban Alam di Australia Sangat Menakjubkan!

Alamat: Jalan Taman Fatahillah no 1, Tamansari, Jakarta Barat

3. Museum Nasional (Museum Gajah)

museum nasional (museum gajah)
wartawisata.id

Museum Nasional atau yang lebih dikenal dengan nama Museum Gajah merupakan salah satu Museum di Jakarta yang tak boleh dilewatkan. Museum ini dikenal sebagai museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara yang telah berdiri sejak tahun 1778.

Museum yang didirikan oleh Pemerintah Belanda ini menyimpan benda kuno yang berasal dari seluruh Indonesia, seperti prasasti, arca, kerajinan tangan hingga benda-benda bersejarah lainnya. Koleksi-koleksi tersebut diletakkan berdasarkan ketegorinya, mulai dari ketegori perunggu, etnografi, keramik, tekstul, prasejarah, relik sejarah, buku langka hingga benda berharga.

Alamat: Jalan Merdeka Barat no 12, Gambir, Jakarta Pusat

4. Museum Polri

Museum Polri
myeatandtravelstory.wordpress.com

Museum Polri juga menjadi salah satu museum di Jakarta yang wajib untuk kamu kunjungi. Museum yang berada di kawasan Mabes Polri ini juga bisa menjadi destinasi edukasi yang sangat menarik bagi semua kalangan, terutama anak-anak.

Banyak sekali koleksi menarik yang ditawarkan oleh Museum Polri ini. Mulai dari koleksi perkembangan seragam Polisi sejak dulu hingga saat ini sampai alat komunikasi para polisi zaman dulu sampai saat ini. Selain itu, kamu pun bisa melihat berbagai koleksi senjata dan kendaraan yang dulunya digunakan oleh Polisi.

Menariknya lagi, terdapat sebuah arena untuk anak-anak yang bisa digunakan untuk bermain dan mencoba kostum Polisi cilik untuk berfoto.

Alamat: Jalan Trunojoyo no 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

5. Museum Bank Indonesia

museum bank indonesia
manual.co.id

Museum yang satu ini mungkin sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan saat berkunjung ke Jakarta. Lokasinya yang berada berdekatan dengan musem lainnya di Jakarta membuat Museum Bank Indonesia ini juga menjadi destinasi wisata museum di Jakarta paling favorit.

Baca juga :  7 Rekomendasi Tempat Makan Sop Sumsum Enak di Jakarta

Museum Bank Indonesia ini menyimpan berbagai uang pada zaman dahulu. Tak hanya itu, museum ini juga memperlihatkan bagaimana proses kerja bank jaman dahulu. Kamu pun bisa menyusuri brankas-brankas tempat penyimpanan uang jaman dahulu yang sangat khas. Museum Bank Indonesia ini memilikigaya bangunan khas Kolonial Belanda yang indah dan sangat instagramable.

Alamat: Jalan Lada 3, Taman Sari, Jakarta Barat

6. Museum di Tengah Kebun

Museum di Tengah Kebun
madewahyuni.net

Museum di Jakarta yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Museum di Tengah Kebun. Museum ini mungkin agak sedikit asing namun museum ini cukup banyak yang datang mengunjungi.

Museum ini berada cukup tersembunyi dan terasa sangat privat namun memiliki sejumlah koleksi yang sangat menarik. Museum ini memiliki koleksi patung, topeng hingga fosil pohon dan kerang yang berasal dari zaman Jurassic dan Triassic. Benda-benda tersebut dikoleksi oleh langsung oleh sang pemilik, yaitu Sjahrial Djalil setelah melakukan perjalanan keliling dunia sebanyak 26 kali. Tak heran jika setiap barang yang terdapat di museum tersebut memiliki kisahnya sendiri.

Alamat: Jalan Kemang Timur Raya no 66, Jakarta Selatan

7. Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN)

museum macan
indonesia.tripcanvas.co

Museum yang satu ini juga tak kalah populer dibandingkan museum di Jakarta lainnya. Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara ini sering dikenal sebagai Museum Macan dan sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung sejak pertama kali dibuka.

Museum ini merupakan museum pertama di Indonesia yang menampilkan karya kontemporer dan modern Indonesia juga dari berbagai negara lainnya. Sebagian dari karya-karya seni tersebut merupakan koleksi yang dikumpulkan oleh penggagas museum tersebut, yaitu Haryanto Adikoesoemo yang merupakan seorang pengusaha.

Alamat: AKR Tower Level MM, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Baca juga :  10 Masjid Bersejarah Dan Terkenal di India

8. Museum Wayang

museum wayang
indonesiakaya.com

Museum di Jakarta yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Museum Wayang. Museum ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai seni wayang atau ingin mengetahui lebih dalam soal dunia wayang.

Museum Wayang ini menempati sebuah bangunan yang dulunya merupakan Gereja Lam Belanda yang dibangun pada tahun 1640, hingga setelah tahun 1975 berubah menjadi Museum Wayang. Museum ini menyimpan berbagai koleksi wayang dari Indonesia dan juga dari beberapa negara lainnya, seperti Wayang dari India, China, Vietnam, Malaysia, Thailand hingga Perancis.

Alamat: Jalan Pintu Besar Utara no 27, Pinangsia, Jakarta Barat

9. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

museum perumusan naskah proklamasi
travelnatic.com

Museum Perumusan Naskah Proklamasi ini juga menjadi salah satu museum yang cukup menarik untuk dikunjungi. Museum ini berada di pusat kota Jakarta dan berada tak jauh dari Bundaran Hotel Indonesia, tepatnya di sebelah gedung Bappenas.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi ini banyak sekali menyimpan sejarah seputar kemerdekaan Indonesia, termasuk bagaimana teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Museum ini cukup menarik untuk dijelajahi karena selain menyimpan berbagai benda bersejarah, kamu pun bisa menemukan sebuah area yang cukup unik disini, yaitu sebuah bunker bawah tanah.

Museum ini nemepati gedung yang dulunya adalah area pemerintahan di era kolonial sehingga terdapat bunker untuk tempat persembunyian. Kamu pun bisa memasuki bunker tersebut melalui anak tangga yang telah disediakan, namun sayangnya jalan tembusan bunker tersebut sudah ditutup dan hanya menyisakan sedikit ruang.

Alamat: Jalan Imam Bonjol no 1, Menteng, Jakarta Pusat

10. Museum Serangga dan Taman Kupu

Museum Serangga dan Taman Kupu
wego.co.id

Museum di Jakarta yang terakhir adalah Museum Serangga dan Taman Kupu. Museum yang telah berdiri sejak tahun 1993 ini berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah dan menjadi salah satu museum yang cukup populer.

Museum ini cukup mengesankan karena memiliki koleksi sekitar 600 jenis serangga awetan kering yang didominasi oleh kupu-kupu, kumbang dan spesies serangga lainnya. Kamu pun bisa menemukan kumbang, jangkrik, capung, belalang hingga specimen unik lainnya disini, termasuk Kecoa Madagascar raksasa.

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur



Leave a Reply