pritagizela | Traveler
Jakarta Selatan, Dki Jakarta, Indonesia | Museum
23 May 2020


Mengenal Sejarah Kepolisian di Museum Polri
Banyak sekali museum menarik yang bisa ditemukan di Jakarta dan salah satu museum yang bisa kalian kunjungi untuk menambah wawasan seputar dunia kepolisian adalah Museum Polri ini..

How to Get There

Hai guys, udah lama juga nih ngga nulis review. Maklum aja, udah 2 bulan di rumah aja dan aku sama sekali ngga jalan-jalan. Nah, karena udah lama ngga jalan-jalan akupun akhirnya mutusin buat bongkar-bongkar file lama di laptop dan ketemulah sama foto-foto perjalanan aku saat berkunjung ke Museum Polri di Jakarta.

Museum Polri ini berlokasi di Jalan Trunojoyo no 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasinya masih ada dalam satu komplek sama Mabes Polri ya guys. Kalian bisa naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi untuk menuju ke museum ini, semua transportasi bisa menjangkau tempat ini kok guys. Anyway, setelah aku cek di Google, saat ini museumnya lagi ditutup sementara karena dampak Covid-19 ini. So, kalo kalian mau berkunjung, aku saranin setelah pandemic ini berlalu aja ya. Tapi sebelum kesana, kira-kira museum ini ada apa aja ya isinya?

Museum Polri

What to Do

Museum Polri ini memiliki desain ruangan bergaya modern klasik dimana bangunan museum ini sendiri telah berdiri sejak tahun 70an. Museum ini dilengkapi dengan interior jendela-jendela modern yang konsepnya seperti sebuah galeri. Jadi, saat kalian kesini kalian akan merasa dibawa kembali ke masa lalu dimana akan banyak pengetahuan yang bisa kalian dapatkan disini.

Museum ini menyimpan koleksi peralatan yang sering digunakan oleh kepolisian saat mereka bertugas. Beberapa diantaranya memperlihatkan bagaimana senjata yang digunakan dari masa ke masa. Ngga Cuma itu guys, di museum ini juga ada ruang sejarah dimana kalian bisa melihat perjalanan polisi dari zaman dulu hingga sekarang. Disinilah kalian bisa tahu bagaimana perkembangan kepolisian yang semakin maju seiring berjalannya waktu, mulai dari seragam yang digunakan hingga senjata.

Museum kepolisian Polri

Museum di jakarta

Museum Polri

Di sudut lain Museum Polri ini kalian juga bisa melihat deretan foto mantan kepala kepolisian. Foto-foto ini akan menunjukkan Kepala Kepolisian yang sudah mengabdikan hidupnya untuk negara sehingga mereka diapresiasi dengan cara memajang fotonya di museum ini.

wisata Museum Polri

Pada bagian lain, kalian akan menemukan kids corner yaitu sebuah area berwarna-warni yang sangat menarik untuk anak-anak. Di area ini, anak-anak bisa melakukan berbagai aktivitas seperti membaca buku cerita, bermain mobil-mobilan, hingga mencoba kostum polisi kecil yang telah disediakan.

Gimana guys? cukup menarik kan isi dari Museum Polri ini? Nah, buat kalian yang ingin berwisata sekaligus menambah pengetahuan, ngga ada salahnya untuk berkunjung ke museum ini. Tapi, tunggu sampai pandemi ini hilang dari muka bumi ya.

Tips and Trick

 

  • Masuk museum ini tidak dikenakan biaya.
  • Jangan lupa bawa kamera buat foto-foto.
  • Jangan datang sendirian, ajak keluarga atau kerabat kalian.
  • Jaga kebersihan tempat ini.

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY