10 Minuman Khas Perancis Populer Untuk Rayakan Tahun Baru


Fida  December 26, 2021  0 Comment

Selain menawarkan banyaknya tempat wisata, Perancis juga dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan berbagai kuliner khas. Terdapat berbagai pilihan makanan dan minuman yang dapat kamu coba dan hanya bisa dijumpai di negara yang satu ini. Berkunjung ke Perancis, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu salah satu dari banyaknya minuman khas Perancis yang menarik untuk dicoba. Tidak perlu bingung, berikut daftar 10 rekomendasi minuman khas Perancis Populer yang bisa kamu coba.

1. Grand Marnier

grand marnier
bienmanger.com

Grand Marnier dikenal sebagai salah satu minuman khas Perancis yang populer. Minuman yang satu ini adalah minuman ringan dengan rasa jeruk. Grand Marnier biasa disajikan dengan tambahan es batu maupun ditambahkan dengan cocktail. Minuman yang satu ini juga banyak dipilih sebagai minuman penutup.

Grand Marnier juga dikenal legendaris karena pertama muncul dan diproduksi tahun 1880. Minuman dengan kandungan 40% alkohol ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti jeruk, gula, dan brendi cognac. Grand Marnier juga biasa dipilih sebagai minuman pendamping saat menikmati kue natal, crepes, dan makanan khas Perancis lainnya.

Gotravelly

Weha Cafe, Tempat Nongkrong Santai Serasa Di Pinggir Pantai

Picnic Cafe, Tawarkan Sensasi Piknik Di Tengah Kota Sidoarjo

2. Absinth

absinth
luxuriousdrinks.com

Rekomendasi minuman khas Perancis yang populer yang bisa kamu coba adalah absinth. Minuman yang satu ini terlebih dahulu dibuat di Swiss sebelum populer di Perancis. Namun akhirnya pada abad ke-19, minuman yang satu ini diproduksi dengan skala besar di Prancis. Pada tahun pertama produksi, Perancis mampu membuat hingga 35 juta liter per tahun.

Pada tahun 1915, minuman yang satu ini sempat dilarang. Meskipun larangan tersebut tidak pernah dicabut, namun seiring berjalannya waktu tidak lagi ada pengawasan mengenai minuman ini. Absinth kini dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke Perancis. Absinth biasa ditemukan berjajar rapi di bar Perancis.

3. Benedictine

benedictine
blibli.com

Tidak sedikit minuman khas Perancis yang populer, salah satunya adalah benedictine. Minuman yang satu ini dikenal sebagai salah satu minuman tradisional dan terbilang unik karena merupakan minuman alkohol herbal.

Benedictine pertama kali dibuat oleh biarawan di Biara Benedictine pada abad ke-16. Namun beberapa sumber lain yang mengatakan bahwa minuman ini dibuat pada abad ke-19 oleh Alexandra Le Grand. Benedictine dibuat dengan menggunakan 27 tanaman dan rempah-rempah. Salah satu manfaat minuman ini adalah dapat membantu melancarkan pencernaan. Minuman yang satu ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang lemah hati. Saat berkunjung ke Perancis, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mencoba minuman yang satu ini.

4. Calvados

calvados
stringfixer.com

Rekomendasi minuman khas Perancis yang populer berikutnya adalah calvados. Minuman yang satu ini dikenal sangat unik salah satunya karena dapat terbakar dengan mudah. Pastikan kamu tidak menyalakan korek saat mengkonsumsi minuman ini.

Minuman yang populer di Perancis ini dibuat dari brendy apel. Brendy apel merupakan hasil penyulingan dari buah apel. Minuman yang satu ini menggunakan buah apel dengan 200 varietas yang berbeda. Calvados biasa dikonsumsi bersama dengan kopi. Minuman yang satu ini juga memiliki kadar alkohol yang standar. Tertarik untuk mencoba uniknya minuman calvados saat berkunjung ke Perancis?

5. Pastis

pastis
specsonline.com

Membahas tentang minuman khas Perancis, salah satu yang populer dan dapat dengan mudah kamu jumpai adalah minuman pastis. Hampir setiap rumah di Perancis menyimpan minuman yang satu ini. Pastis dikenal memiliki aroma adas manis dan biasa disajikan bersama dengan tambahan air atau es.

Minuman ini pertama kali dijual oleh Paul Richard tepatnya pada tahun 1932. Saat itu adalah saat dimana minuman absinth dilarang dan pastis muncul sebagai penggantinya. Oleh karena itu, tidak heran jika minuman ini langsung ramai dan memiliki banyak penggemar. Soal rasa, pastis memang tidak jauh berbeda dengan absinth. Penasaran dengan cita rasa yang ditawarkan?

6. Kir

kir
tunahouse.ru

Rekomendasi minuman khas Perancis berikutnya adalah Kir. Minuman ini dikenal sebagai minuman anggur putih yang didominasi oleh creme de cassis. Kir juga dikenal sebagai salah satu minuman tradisional yang memiliki sejarah panjang di Perancis. Banyak yang mengatakan bahwa minuman ini sudah beredar sejak tahun 1950.

Meskipun dikenal sebagai salah satu minuman tradisional, tetapi kir masih banyak diburu hingga saat ini. Saat berkunjung ke Perancis, kamu dapat dengan mudah menjumpai berbagai variasi Kir. Tampilan serta sejarahnya tentu akan membuat kamu penasaran dan ingin mencoba minuman khas yang satu ini.

7. Chartreuse

chartreuse
diffordsguide.com

Chartreuse juga dikenal sebagai salah satu minuman khas Perancis yang cukup legendaris. Minuman yang satu ini dikenal sudah ada sejak abad ke-18 dan saat itu dibuat oleh para biksu. Meskipun sudah ada sejak lama, tetapi chartreuse masih populer hingga saat ini.

Chartreuse merupakan minuman keras hijau yang dibuat dengan 130 resep ramuan serta bahan rahasia lainnya. Minuman ini juga sangat populer tidak hanya di kalangan masyarakat tetapi juga di kalangan musisi, seniman, dan juga sastrawan. Saat berkunjung ke Perancis, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu minuman yang satu ini.

8. Eaux de Vie

eaux de vie
bienmanger.com

Saat ingin mencoba salah satu minuman khas Perancis, kamu dapat memilih Eaux de Vie. Dalam bahasa Indonesia, sebutan minuman ini memiliki arti air kehidupan. Sebutan tersebut dipilih untuk minuman bening beralkohol yang biasa disajikan sebelum makan malam.

Eaux de Vie dikenal memiliki kandungan alkohol yang sangat tinggi, bahkan dapat dikatakan melebihi minuman tradisional Perancis lainnya. Setiap daerah memang dikenal menawarkan minuman yang berbeda-beda. Tertarikkah kamu untuk mencobanya saat datang ke Perancis?

9. Air Mineral

air mineral
cnbcindonesia.com

Minuman khas Perancis berikutnya yang bisa kamu coba adalah air mineral. Minuman yang satu ini mungkin sudah sangat biasa untuk didengar. Tetapi siapa sangka jika minuman ini mungkin menjadi air mineral kemasan pertama di dunia.

Adanya minuman ini bermula dari seorang dokter lokal yakni Louis Perrier yang membeli mata air di Perancis. Kejadian tersebut berlangsung pada tahun 1898. Pada saat itu juga air mineral kemasan sangat populer di masyarakat Perancis. Perancis juga dikenal sebagai salah satu negara yang berhasil memproduksi minuman dalam kemasan terbanyak pada saat itu. Menarik sekali bukan?

10. Chambord Liqueur Royale de France

chambord liqueur royale de france
myspirits.it

Minuman khas Perancis yang dikenal sangat populer salah satunya adalah Chambord Liqueur Royale de France. Minuman ini memiliki banyak keunikan salah satunya adalah botolnya yang unik dan menarik.

Chambord Liqueur Royale de France juga dikenal sebagai salah satu minuman yang sudah ada sejak lama tepatnya pada tahun 1685. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan minuman ini diantarnya blackberry, raspberry, vanila, dan juga brandy cognag. Chambord Liqueur Royale de France juga dikenal sebagai salah satu minuman buah terbaik dan sangat cocok dinikmati di pantai. Unik, ya!



Leave a Reply