Jangan Pulang Sebelum Cobain 10 Minuman Hits di Jepang


Reni  November 1, 2019  0 Comment


Berbicara mengenai kuliner Jepang, ada banyak olahan khas Jepang yang sudah mendunia dan akrab dengan lidah orang Indonesia. Beberapa di antaranya, seperti sushi, mie ramen, takoyaki, dan matcha. Selain matcha, Jepang juga memiliki jenis minuman lain yang sudah sangat terkenal, salah satunya sake. Lalu minuman apa lagi yang populer di negeri Sakura tersebut?

Simak ulasan mengenai minuman hits di Jepang berikut hingga selesai.



1. “Clear” Drink

“Clear” Drink
timeout.com


Sesuai dengan namanya, wujud minuman ini seperti air mineral pada umumnya. Bening dan tidak berwarna. Tapi bukan Jepang namanya jika tidak mendatangkan inovasi pada minuman tersebut.
Meski tampak bening, clear drink memiliki aneka rasa. Dipelopori oleh produsen minuman Suntory, clear drink kini menjadi tren di Jepang. Salah satu produk clear drink andalannya adalah Premium Morning Tea rasa lemon dan peach. Jika Anda ingin mencoba rasa teh yang lain, Anda bisa memilih rasa leci.
Bukan hanya teh, clear drink juga ada yang berupa teh susu, yoghurt, espresso latte, hingga beer dengan kandungan 0 alkohol. Bahkan salah satu produsen minuman soda terbesar di dunia, yakni Coca Cola, turut membuat clear drink yang bersoda. Karena keunikan tersebut, clear drink sangat digemari oleh orang-orang Jepang.

minuman khas jepang

Ichi Sushi, Sajikan Masakan Jepang Halal Di Gresik

Taberu Ramen ; Makan Ramen Dan Suhi Harga Murah Di Surabaya!

Yoshinoya Osaka: Mencicipi Langsung Rice Bowl Hits Di Negara Asalnya


2. Sake

Sake
Instagram/pasificcigar


Minuman satu ini memang minuman khas Jepang yang sudah turun temurun dan tak lekang oleh waktu. Banyak yang menyebut bahwa sake merupakan minuman beralkohol khas Jepang, namun ada juga kok sake yang tidak beralkohol.
Minuman ini dihasilkan dari fermentasi dan filtrasi beras. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan beras, ragi, dan air. Bila di Indonesia, mungkin hampir serupa dengan air tape. Meski bahan dan proses pembuatannya sederhana, namun tidak semua orang dapat menghasilkan sake yang enak.


3. Ramune

Ramune
Instagram/japancandybox


Berbicara mengenai minuman berkarbonasi paling terkenal di Jepang, jawabannya adalah ramune. Bagi Anda yang sering menonton anime dan manga, mungkin sudah mengetahui bentuk botol minuman ini.
Dalam bahasa Inggris, ramune sendiri berarti lemonade. Tidak main-main, minuman ini sudah ada sejak tahun 1872. Ramune memiliki ciri khas adanya kelereng di leher botolnya. Saat bergerak, bunyinya akan terdengar nyaring. Oleh karena itu, ramune sering disebut soda kelereng. Minuman ini akan mudah ditemui ketika festival musim panas.


4. Matcha

Matcha
Instagram/matcha_drink_japan


Jepang terkenal dengan teh hijaunya, salah satu dari teh hijau tersebut adalah matcha. Matcha disajikan dengan tidak menambahkan gula di dalam gelas tehnya. Penyajian matcha ini biasanya dilakukan pada upacara-upacara tertentu di Negeri Sakura tersebut.
Karena tidak diberi tambahan gula, tentu minuman ini termasuk yang menyehatkan untuk tubuh. Bukan hanya terkenal di negara asalnya, matcha juga sudah terkenal ke negara lain, seperti Indonesia. Dengan rasanya yang khas, matcha juga sering dijadikan topping pada beberapa jenis makanan.


5. Kabucha

Kabucha
wearejapan.com


Masih dari jenis minuman teh. Jepang memiliki teh unik yang bukan berasal dari daun teh. Minuman ini dinamakan kabucha. Kabucha terbuat dari laminaria atau kelp kering yang diiris halus, kemudian dikeringkan lagi dan diseduh.
Pada umumnya teh memiliki rasa asli yang pahit, kecuali bila ditambah gula. Namun tidak demikian dengan kabucha yang rasanya sedikit asin. Agar semakin lengkap, kabucha disajikan dengan ame ataupun aprikot. Penyajian dan rasa yang unik tersebut membuat kabucha digemari oleh masyarakat Jepang.


6. Calpis

Calpis
Instagram/ akashiofficial


Minuman ini terinspirasi dari minuman airag yang merupakan minuman khas Mongolia. Airag berasal dari susu kuda yang difermentasi. Di Jepang sendiri, Calpis pertama kali dijual pada tahun 1919. Karena memiliki rasa yang unik, maka Calpis segera menjelma menjadi minuman populer di sana.
Calpis memiliki tekstur yang kental. Jadi meski Anda tidak memasukkannya ke lemari es, maka calpis tetap dalam keadaan baik. Produk Calpis yang saat ini populer adalah Calpis Water dan Calpis Soda. Selain rasa original, kini Calpis sudah tersedia dalam berbagai varian rasa.


7. Ocha

Ocha
blog.gaijinpot.com


Minuman satu ini bukan hanya populer di Jepang, melainkan sudah go international, termasuk di Indonesia. Namanya adalah Ocha.
Seperti match, ocha juga merupakan satu dari sekian banyak jenis teh hijau. Daun tehnya meruakan daun pilihan yang terbaik, tidak heran jika rasa ocha begitu nikmat. Dibandingkan dengan teh pada umumnya, rasa ocha memang memiliki ciri khas tersendiri.
Beberapa jenis teh ocha yang dikenal di Jepang, antara lain sencha, gyokuro, genmaicha, dan kukicha.


8. Kakigori

Kakigori


Satu dari 10 minuman hits di Jepang lainnya adalah kakigori. Kakigori merupakan es serut versi Jepang. Biasanya diberikan sirup atau susu kental manis di atasnya dan banyak ditemui saat musim panas. Selain kedua tambahan tersebut, dalam kakigori biasanya juga ditambah irisan buah atau matcha.
Minuman ini sudah cukup lama eksis di Jepang, yakni sejak abad ke-8, namun saat itu yang dapat menikmatinya hanya kalangan bangsawan. Di awal kemunculannya, tidak digunakan sirup atau susu sebagai pemanis, melainkan sari tanaman amazura.
Walaupun asalnya hanya dibuat pada musim panas, namun Anda tidak perlu khawatir jika ingin mencari kakigori di luar musim panas. Saat ini sudah ada beberapa toko kakigori yang menjual minuman tersebut selama setahun penuh.


9. Shochu

Shochu
ana-cooljapan.com


Seperti sake, minuman ini juga memiliki kandungan alkohol. Minuman ini dibuat dari berbagai hasil pertaniann dan umbi yang diproses dengan cara penyulingan. Kadar alkoholnya memang lebih tinggi dari sake, namun lebih rendah dibandingkan wiski.
Karena harganya lebih terjangkau dibanding sake, maka shochu terbilang lebih merakyat dan menjadi begitu populer di Jepang. Biasanya penyajian minuman ini dalam keadaan dingin. Di Indonesia sendiri, tidak banyak tempat yang menyediakan minuman satu ini, tentu karena kandungan alkohol di dalamnya.


10. Mugicha

Mugicha
yabai.com


Berbicara mengenai teh di Jepang, tentu yang terlintas dalam pikiran adalah teh hijau. Ya, teh hijau memang sudah identik dengan Jepang. Tapi tahukah Anda jika ada jenis teh lain yang cukup favorit di Jepang. Teh ini disebut sebagai mugicha, bahasa Inggrisnya adalah roasted barley tea.
Tidak jauh berbeda dengan teh lainnya, mugicha memiliki rasa yang yang sedikit pahit. Teh ini sangat cocok disajikan dalam keadaan dingin, terutama untuk mendinginkan suhu tubuh ketika musim panas.
Cukup mudah menemukan mugicha, karena versi siap minumnya banyak dijual di minimarket atau mesin penjual otomatis. Jika Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh dari Jepang, Anda dapat membeli yang sudah dalam kemasan kantung.
Selain rekomendasi 10 minuman hits di Jepang tersebut, Anda juga tidak boleh melewatkan kuliner berikut ketika berlibur ke Jepang.
Japanese Soba
Tonkatsu
Yakitori
Rabotayaki
Ringo Ame
Gyudon
Sashimi
Onigiri
Okonomiyaki
Shabushabu
Dorayaki
Dan tentunya, sushi. Meski sushi cukup mudah ditemui di Indonesia, terutama di restoran Jepang, namun tidak ada salahnya mencoba sushi di negara asalnya.



Leave a Reply