Football Lovers, Kunjungi 10 Museum Sepak Bola di Dunia


prita  July 24, 2022  0 Comment

Museum merupakan salah satu destinasi wisata paling favorit, terutama untuk edukasi karena kaya akan nilai sejarah. Salah satu museum yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah museum sepak bola. Ternyata, ada banyak sekali museum sepak bola di dunia yang bisa kamu kunjungi, khususnya bagi kamu pecinta sepak bola. Dengan berkunjung ke museum ini, kamu akan mendapatkan informasi tentang sepak bola atau klub bola dunia. Dimana sajakah? Berikut adalah daftarnya.

1. FIFA World Football Museum

FIFA World Football Museum
timout.com

Museum sepak bola di dunia yang pertama adalah FIFA World Football Museum. Sebagai organisasi yang menaungi sepak bola di seluruh dunia, FIFA juga memiliki museum yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Berada di Kota Zurich, Swiss, Museum FIFA ini menawarkan tentang sejarah akan berdirinya organisasi tersebut serta deretan trofi Piala Dunia yang dipajang di etalase. Museum ini memiliki tiga lantai dimana lantai pertama dinamakan Planet Football yang berisikan tentang bagaimana seluruh anggota FIFA bersatu, serta jersey dari setiap negara. Di lantai dua diberi nama The Foundations, lantai ini berisikan tentang sejarah FIFA serta Piala Dunia dan di lantai ketiga merupakan Field of Play yang berisikan pengaruh sepak bola terhadap kehidupan manusia di dunia.

Gotravelly

Menikmati Indahnya Karya Seni Di Vin Autism Gallery

Serunya Berwisata Edukasi Di Museum Gunung Merapi, Informatif Banget!

2. National Football Museum

National Football Museum
whatsoninmanchester.com

Sebagai negara yang terkenal dengan klub sepak bola, Inggris tentu memiliki museum sepak bola di dunia yang cukup menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah National Football Museum.

Berlokasi di kota Manchester, National Football Museum ini menjadi museum sepak bola terbesar di Inggris. Disini kamu bisa melihat lebih dari 140.000 koleksi yang dipajang. Mulai dari replika trofi Jules Rimet, dua bola yang digunakan di final Piala Dunia 1930 hingga jersey Diego Maradona yang dikenakan saat ia mencetak gol “Tangan Tuhan” yang sangat bersejarah tersebut.

3. Arsenal Football Club Museum

Arsenal Football Club Museum
en.wikipedia.org

Museum sepak bola di dunia berikutnya juga masih berada di Inggris, yaitu Arsenal Football Club Museum. Museum yang berlokasi di kota London ini memang menjadi salah satu destinasi wisata impian para penggemar klub Sepak Bola Arsenal.

Museum ini menyimpan banyak koleksi yang disumbangkan dengan baik oleh mantan pemain yang memegang tempat khusus dalam sejarah Arsenal. Museum Arsenal ini juga membuka tur yang didampingi oleh pemandu sehingga kamu bisa menjelajahi Stasion Emirates, rumah dari klub sepak bola Arsenal.

4. Chelsea FC Museum and Stadium Tours

Chelsea FC Museum and Staium Tours
visitlondon.com

Masih di Kota London, kamu akan menemukan salah satu museum sepak bola di dunia yang dimiliki oleh salah satu klub sepak bola terbesar di Inggris, yaitu Chelsea. Jika kamu adalah penggemar dari klub sepak bola Chelsea, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Chelsea FC Museum and Stadium Tours.

Disini kamu bisa melihat barang-barang koleksi Chelsea, seperti jersey, bola, sepatu dan piala treble. Menariknya, disini kamu akan ditawari untuk tour mengunjungi ruangan-ruangan yang biasanya disediakan untuk para pemain di hari pertandingan, termasuk ruang ganti dan ruang pers.

5. Museum of Spanish Football Team

Museum of Spanish Football Team
esmadrid.com

Museum sepak bola di dunia yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Museum of Spanish Football Team. Kemenangan Spanyol di ajang Piala Dunia tahun 2010 membuat museum ini semakin populer sebagai destinasi wisata saat berlibur di Kota Madrid. Museum ini menjadi kebanggan masyarakat Spanyol dimana kamu bisa melihat secara langsung piala treble Euro 2008, Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

6. German Football Museum

Gerban Football Museum
kalzip.com

German Football Museum atau yang juga dikenal sebagai DFB Museum ini juga layak untuk masuk dalam daftar museum sepak bola di dunia. Museum yang dibuka pada tahun 2015 ini merupakan salah satu destinasi menarik di Kota Dortmund.

Di museum ini, kamu bisa mempelajari tentang sejarah sepak bola Jerman. Kesuksesan Der Panzer di level internasional terlihat dari konten yang ada di museum ini. Menariknya, koleksi di museum ini disajikan dengan cara yang lebih modern, seperti penggunaan audiovisual serta animasi 3D. Selain galeri sejarah, museum ini juga sering dijadikan sebagai tempat diskusi bagi pecinta sepak bola lokal.

7. Scottish Football Museum

Scottish Football Museum
kalzip.com

Tak hanya Inggris yang memiliki museum sepak bola di dunia, Skotlandia pun memilikinya. Museum ini dikenal dengan nama Scottish Football Museum yang lokasinya berada di Glasglow.

Museum sepak bola Skotlandia ini rupanya menjadi museum sepak bola pertama di Eropa. Disini, kamu bisa mengunjungi Hall of Fame sepak bola Skotlandia yang menampilkan infividu-individu dengan kontribusi besar bagi sepak bola Skotlandia.

8. San Siro Museum

San Siro Museum
sworld.co.uk

Museum sepak bola di dunia selanjutnya adalah San Siro Museum. Museum yang satu ini merupakan museum sepak bola favorit bagi penggemar klub AC Milan atau Internazionale Milano.

Museum yang berada di dalam Stadion San Siro, kandang kedua klub Milan. Disini kamu bisa belajar mengenai sejarah dari kedua klub besar di Italia dengan basis massa yang juga besar di seluruh dunia. Museum San Siro ini menawarkan berbagai memorabilia, seperti jersey otentik dan lawas, trofi bersejarah hingga sepatu pemain legendaris AC Milan. Museum ini juga menjadi satu-satunya museum yang berada di dalam stadion di Italia.

9. Japan Football Museum

Japan Football Museum
stroll-tips.com

Tak hanya di Benua Eropa saja kamu akan menemukan museum sepak bola di dunia, Jepang juga memiliki salah satu museum sepak bola yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Japan Football Museum.

Berlokasi di Tokyo, museum ini menceritakan tentang sejarah sepak bola Jepang melalui koleksi-koleksi yang tidak biasa. Salah satu contoh dari koleksi yang tidak biasa ini adalah topeng yang dikenakan oleh bek The Blue Samurai saat Piala Dunia 2002, Miyamoto Tsuneyasu, jersey timnas Jepang di Olimpiade Berlin tahun 1936 hingga poster untuk pertandingan melawan Korea saat Piala Dunia tahun 1954 di Swiss. Tak hanya itu, museum ini juga memiliki satu lantai tersendiri yang didedikasikan untuk Piala Dunia 2002 yang bertempat di negara mereka.

10. Sao Paulo Football Museum

Sao Paulo Football
viator.com

Museum sepak bola di dunia yang terakhir adalah Sao Paulo Football Museum yang berada di kota Sao Paulo, Brasilia. Museum ini berlokasi di Stadion Pacaembu dan menceritakan tentang kisah sejarah sepak bola Brasilia.

Salah satu konten paling unik di museum ini adalah Sala das Copas do Mundo, yaitu sebuah ruangan multimedia yang berisikan tentang informasi dalam bentuk video dan foto tentang perjalanan Selecao dari Piala Dunia pertama hingga tahun 2014. Tak hanya itu, di museum ini juga ada area tersendiri yang khusus untuk mengenang Maracanazo, tragedi di final Piala Dunia 1950 saat Brasilia kalah dari Uruguay di Stadion Maracana.



Leave a Reply