13 Wisata Muara Enim dengan Pemandangan Indah dan Mempesona


Fida  November 3, 2022  0 Comment

Muara Enim merupakan sebutan bagi salah satu daerah yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Daerah yang satu ini tidak hanya dikenal kaya akan budaya, tetapi juga memiliki banyak pilihan destinasi wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika Muara Enim banyak dikunjungi wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. 

Terdapat banyak pilihan tempat wisata di Muara Enim yang bisa kamu kunjungi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 13 rekomendasi wisata di Muara Enim yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Danau Deduhuk

danau deduhuk
palembang.tribunnews.com

Danau Deduhuk menjadi salah satu rekomendasi wisata di Muara Enim yang menarik untuk kamu kunjungi. Bagaimana tidak, destinasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam luar biasa. Pengunjung akan dimanjakan dengan danau yang luas dan dilengkapi dengan bukit dan gunung indah di sekelilingnya. 

Perairan Danau Deduhuk diperkirakan mencapai 12 hektar dan dikenal sangat jernih. Danau ini dapat kamu kunjungi di kawasan Segamit, Kecamatan Semendo Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim. Untuk datang dan menyusuri danau ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. 

Jalan menuju ke lokasi danau yang terbilang cukup sulit dilalui tentu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan berlibur ke Danau Deduhuk. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi danau. Pengunjung tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandangan indah, tetapi juga udara yang segar dan suasana asri. Danau Deduhuk sangat cocok untuk kamu kunjungi sebagai lokasi untuk melepas penat. 

Selain bersantai di sekitar danau, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang ditawarkan seperti memancing hingga mengelilingi danau menggunakan rakit. Seru sekali bukan? Danau Deduhuk menjadi tujuan yang tepat untuk kamu datangi bersama teman maupun keluarga. 

Gotravelly

Backpacker di palembang

Air terjun unik di Lahat

2. Danau Cinta

danau cinta
seringjalan.com

Tidak hanya Danau Deduhuk, kamu juga dapat mengunjungi Danau Cinta sebagai salah satu destinasi wisata di Muara Enim. Danau yang satu ini dikenal indah dengan hamparan perairan yang luas dan jernih. 

Sebutan Danau Cinta yang unik ternyata memiliki makna tersendiri. Jika dilihat dari atas, danau ini memiliki bentuk yang menyerupai simbol love. Oleh karena itu, masyarakat sekitar memberi sebutan wisata ini sebagai Danau Cinta.

Siapa sangka jika Danau Cinta dulunya terbentuk dari bekas galian tambang. Karena keindahannya, kini Danau Cinta dijadikan objek pariwisata dan ramai didatangi wisatawan dari berbagai daerah. 

Terdapat banyak pilihan spot menarik dan instagramable yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto. Lokasi dari Danau Cinta berada di kawasan Tanjung Enim Selatan, Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim. Mengunjungi danau ini bersama teman maupun keluarga tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

3. Arung Jeram Sungai Enim

arung jeram sungai enim
wisatazainal.wordpress.com

Ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mencoba permainan menantang? Arung Jeram Sungai Enim dapat menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Sungai Enim dikenal dengan aliran airnya yang deras dan pemandangannya yang indah sehingga tidak heran jika dipilih sebagai tempat wisata. 

Kawasan Sungai Enim juga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi kamu pecinta olahraga air arung jeram. Terdapat banyak rintangan arung jeram di sungai ini. Hal itu tentu menjadi keseruan tersendiri yang bisa kamu coba. Adanya jajaran Bukit Barisan juga menjadi hal indah yang dapat kamu nikmati selama arung jeram. 

Jika ingin mencoba sensasi arung jeram di kawasan Sungai Enim, kamu dapat langsung menuju ke Bedegung, Kecamatan Tanjung Anom, Kabupaten Muara Enim. Tidak hanya cocok untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga, mencoba sensasi arung jeram ramai ramai bersama rombongan dan komunitas juga menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

4. Air Terjun Napal Carik

air terjun napal carik
infopublik.id

Air Terjun Napal Carik dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Muara Enim yang menarik untuk didatangi. Air terjun yang satu ini dikenal unik dan cukup berbeda dengan air terjun lainnya karena memiliki ketinggian hanya 5 meter saja. Meskipun terbilang rendah jika dibandingkan air terjun lainnya, Air Terjun Napal Carik tetap menawarkan pesona alam yang luar biasa. 

Pengunjung tidak hanya dapat melihat aliran yang deras dan jernih, tetapi juga dapat menikmati indahnya tebing dan pepohonan rindang di Air Terjun Napal Carik. Suasana yang masih sangat alami menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur di Air Terjun Napal Carik.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Jika ingin mengunjungi indahnya Air Terjun Napal Carik, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Muara Emil, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. 

Pengunjung yang datang tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandangan indah, tetapi juga dapat mencoba berbagai aktivitas seru seperti bermain air hingga berenang. Kamu juga dapat mencoba sensasi berfoto dengan latar pemandangan air terjun yang mempesona. Indahnya Air Terjun Napal Carik tentu sangat cocok dipilih sebagai destinasi berlibur bersama teman maupun keluarga.                                                                                     

5. Air Terjun Napal Lintang

air terjun napal lintang
muaraenimkab.go.id

Selain Air Terjun Napal Carik, kamu juga dapat megunjungi wisata di Muara Enim berupa air terjun lainnya yakni Air Terjun Napal Lintang. Air terjun yang satu ini memiliki tebing dan aliran yang lebih tinggi jika dibandingkan Air Terjun Napal Carik. Suasananya yang masih sangat alami juga menjadikan air terjun ini banyak dikunjungi wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. 

Terdapat beberapa tingkatan tebing yang disuguhkan di Air Terjun Napal Lintang. Hal itu tentu menjadikan pemandangan air terjun tampak semakin menakjubkan. Bagi pecinta foto, wisata ini juga sangat cocok untuk kamu datangi karena menawarkan banyak spot menarik dan instagramable. 

Air Terjun Napal Lintang berlokasi di kawasan Lubuk Nipis, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Meskipun masih termasuk tempat wisata baru, tetapi minat pengunjung untuk datang ke wisata ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika ingin merasakan suasana yang tenang saat berlibur, kamu bisa datang ke Air Terjun Napal Lintang saat weekday. 

Destinasi wisata alam yang satu ini tidak memiliki biaya tiket masuk alias gratis. Pengunjung yang datang tentu akan dibuat betah dengan keindahan serta keasrian yang ditawarkan. Saat berkesempatan datang ke kawasan Muara Enim, tidak ada salahnya jika kamu memurtuskan untuk singgah dan berlibur di Air Terjun Napal Lintang. 

6. Air Terjun Selingsing

air terjun selingsing
muaraenimkab.go.id

Rekomendasi wisata di Muara Enim berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Selingsing. Air terjun yang satu ini memiliki julukan khas yakni niagara kecil. Meskipun hanya memiliki ketinggian 10 meter saja, tetapi pemandangan indah yang ditawarkan berhasil membuat pengunjung betah. 

Saat datang ke Air Terjun Selingsing, kamu akan dimanjakan dengan adanya sungai yang lebar. Air terjun yang satu ini juga menawarkan aliran air yang jernih dan segar sehingga pengunjung dapat bebas bermain air. Pengunjung juga dapat mencoba berenang di bawah aliran air terjun. Seru sekali bukan? 

Jika penasaran dan ingin mengunjungi indahnya Air Terjun Selingsing, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Talang Abik, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Lokasinya yang mudah dilalui jugda menjadikan wisata ini sayang untuk tidak kamu datangi. 

7. Air Terjun Lemutu

air terjun lemutu
muaraenimkab.go.id

Ada cukup banyak pilihan wisata di Muara Enim berupa air terjun yang dapat kamu kunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Lemutu. Air terjun yang satu ini dikenal dengan ciri khasnya yakni memiliki 3 tingkatan. Pemandangan sekeliling air terjun yang masih sangat asri dan alami juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Air Terjun Lemutu berlokasi di kawasan Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Untuk menuju lokasi, pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan roda 2 karena akses jalan masih cukup sempit dan menantang. Meskipun begitu, Air Terjun Lemutu tetap berhasil menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. 

Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau untuk menyusuri kawasan air terjun ini. Dengan membayar Rp 3.000,-, pengunjung dapat bebas bersantai dan melakukan aktivitas di kawasan air terjun. Pemandangannya yang indah dan memanjakan mata air terjun ini sayang untuk kamu lewatkan. Bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenagkan diri, Air Terjun Lemutu menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. 

8. Air Terjun Jernihan

air terjun jernihan
bukitasamfm.wordpress.com

Air Terjun Jernihan menjadi tujuan berikutnya bagi kamu yang ingin datang ke salah satu tempat wisata di Muara Enim. Bagi kamu yang hobi berpetualang, maka wisata yang satu ini menjadi rekomendasi yang tepat untuk kamu datangi. 

Air Terjun Jernihan menawarkan jalanan yang cukup menantang. Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus melalui jalan setapak, menyusuri hutan, hingga sungai. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang untuk berwisata di Air Terjun Jernihan. 

Selain dapat bersantai, kamu juga dapat mencoba sensasi bermain air hingga berenang di sekitar air terjun. Tidak sedikit pengunjung yang sengaja menaiki bebatuan untuk menikmati pemandangan maupun untuk berfoto. Tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur di Air Terjun Jernihan saat datang ke Muara Enim? 

9. Desa Wisata Muara Tenang

desa wisata muara tenang
muaraenimterkini.com

Desa wisata menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan. Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Muara Enim, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang ke Desa Wisata Muara Tenang. Desa wisata yang satu ini dikenal memiliki banyak budaya serta etnis. Tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan ingin mengunjungi uniknya Desa Wisata Muara Tenang.

Pengunjung yang datang akan dilakukan dengan keberagaman adat dan budaya yang masih sangat kental di desa ini. Tidak hanya itu, Desa Wisata Muara Tenang juga dikenal memiliki pesona alam yang luar biasa. Suasana serta keramahan penduduk sekitar tentu akan membuat pengunjung betah untuk menghabiskan waktu berlibur di desa ini. 

Terdapat banyak rumah adat yang berdiri kokoh dan dapat dilihat langsung oleh pengunjung. Rumah adat yang telah ada sejak ratusan tahun lalu ini berhasil menarik perhatian wisatawan. 

Jika penasaran dan ingin mengunjungi indahnya Desa Wisata Muara Tenang, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Muara Tenang, Kecamatan Semendo Darat Tengah, Kabupaten Muara Enim. Pengunjung yang datang juga tidak dikenakan biaya tiket masuk yang mahal, yakni hanya berkisar Rp 5.000 per orang. 

10. Air Terjun Bedegung

air terjun bedegung
inews.id

Rekomendasi wisata di Muara Enim berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Bedegung. Air terjun dengan ketinggian mencapai 99 meter ini berhasil menarik minat wisatawan yang datang ke Muara Enim. Lokasinya yang sangat strategis dan tidak jauh dari pusat kota juga menjadikan Air Terjun Bedegung sayang untuk kamu lewatkan. 

Saat tiba di lokasi air terjun, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Bagaimana tidak, aliran air terjun yang mengalir deras diapit dengan dua tebing yang tinggi dan megah. Adanya pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami.

Meskipun dikenal memiliki pemandangan yang sangat mempesona, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni hanya berkisar Rp 5.000,- per orang. Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Bedegung di kawasan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim.

11. Air Panas Gemuhak

air panas gemuhak
ksmtour.com

Tidak hanya wisata air terjun, kamu juga dapat mengunjungi wisata di Muara Enim berupa sumber mata air panas. Air Panas Gemuhak menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur.

Destinasi wisata yang satu ini dikenal sangat unik karena menawarkan air panas yang memiliki suhu mencapai 100 derajat celcius. Lokasi dari Air Panas Gemuhak berada di kawasan Penindaian, Kecamatan Semendo Darat Laut, Kabupaten Muara Enim. Meskipun harus melalui jalanan yang cukup menantang, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan berlibur di air panas yang satu ini. Pengunjung yang datang hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- untuk menikmati uniknya wisata ini. 

12. Bukit Kendi

bukit kendi
pikniktoday.com

Saat berencana mengunjungi salah satu tempat wisata di Muara Enim, Bukit Kendi menjadi tujuan tempat yang bisa kamu datangi dari bukit yang satu ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan muaraenim dari ketinggian. Dari bukit ini juga, pengunjung dapat melihat Danau Cinta yang berbentuk love.

Bagi pecinta foto, tentu sangat disarankan bagi kamu untuk mendaki hingga ke puncak bukit karena spot foto terbaik berada di Puncak Bukit Kendi. Bukit yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Tanjung Enim Selatan, Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim. Untuk mendaki bukit ini, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Menarik sekali bukan? Saat hari libur tiba, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk mengunjungi bukit ini bersama teman maupun keluarga.

13. Lubuk Putih

lubuk putih
sumsel.tribunnews.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Muara Enim yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Lubuk Putih. Destinasi wisata yang satu ini dikenal dengan ciri khasnya yakni memiliki sungai dengan tebing tinggi di bagian kanan dan kirinya. Pengunjung tidak hanya akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan tenang, tetapi juga dapat berfoto dengan banyaknya spot yang ditawarkan. 

Tidak sedikit wisatawan yang rela datang dari berbagai daerah untuk menikmati indahnya tempat wisata yang satu ini. Kamu dapat datang dan menghabiskan waktu di Lubuk Putih dengan mengunjungi kawasan Seleman, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. 

Nah, itulah daftar 13 rekomendasi wisata di Muara Enim yang menarik untuk kamu kunjungi. Dari pilihan rekomendasi di atas, kira-kira wisata manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply