Sehatkan Harimu Dengan 10 Menu Sarapan Terlezat di Asia


prita  October 12, 2020  0 Comment

Kita semua tahu jika sarapan merupakan salah satu aktivitas penting yang harus dilakukan agar bisa lebih bersemangat menjalani hari. Sarapan mampu menambah energi kita sehingga kita tidak akan mudah lelah seharian dalam menjalani aktivitas. Nah, menu Sarapan terlezat di Asia bisa menggunakan berbagai macam sajian yang menggugah selera namun juga bergizi. Misalnya seperti di Indonesia yang mana menu sarapan biasanya selalu nasi. Namun, bagaimana dengan menu sarapan di negara-negara lainnya di Asia? Nah, berikut ini adalah Menu Sarapan Paling Lezat di Asia yang taka da salahnya kamu coba

1. Bubur Ayam, Indonesia

bubur ayam indonesia
gotravelly.com

Menu sarapan enak di Asia yang pertama tentunya berasal dari negara kita sendiri, yaitu Indonesia. Sebenarnya Indonesia memiliki beragam menu sarapan yang bisa dipilih, namun yang paling umum dan paling banyak menjadi favorit kita adalah bubur ayam.

Bubur ayam banyak dijumpai di penjaja kaki lima, restoran hingga menu sarapan di hotel berbintang. Semangkok bubur yang lembut berpadu dengan suwiran ayam, cakwe, kerupuk, bawang goreng, kedelai hingga seledri tentu menjadi pilihan yang pas untuk memulai hari. Tak hanya itu, bubur ayam juga memiliki harga yang lebih terjangkau dan bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

sarapan enak

Sarapan Di Bubur Ayam Endri: Lezatnya Bubur Berpadu Topping Melimpah

Sego Karak, Kuliner Legendaris Khas Gresik

2. Kaya Toast, Singapura

 Kaya Toast
seriouseats.com

Menu sarapan enak di Asia yang kedua berasal dari negara tetangga kita yaitu Singapura. Masyarakat Singapura sangat gemar menyantap roti panggang sebagai menu sarapan mereka dan di Singapura roti bakar yang paling populer adalah Kaya Toast.

Kaya toast ini merupakan sajian yang berasal dari masyarakat Tiongkok yang memodifikasi roti panggang ala Inggris saat mereka naik kapal pesiar Inggris. Maka tak heran jika kaya toast banyak ditemukan di kedai kopi di Singapura.

Kaya toast biasa dinikmati dengan campuran telur setengah matang dengan kuning telur yang masih lumer. Sebagai pendampingnya, mereka juga menikmati kopi hitam karena sangat lekat dengan budaya kopi tiam.

3. Bo Kho, Vietnam

 Bo Kho
pressurecookrecipes.com

Terkenal dengan pho dan Bhan Mi, ternyata Vietnam memiliki menu sarapan enak di Asia yang rasanya sangat menggugah selera, yaitu Bo Kho. Bo Kho merupakan sup daging sapi yang disantap dengan baguette. Bo Kho sering kali disebut sebagai perpaduan dari kuliner timur dan kuliner barat.

Bo Kho memiliki kuah kental yang terbuat dari daging dan tertiri dari potongan daging, wortel, sereh, cabe, lada, kayu manis, bawang putih dan rempah-rempah lainnya. Tak heran jika Bo Kho memiliki aroma wangi yang sangat menggugah selera jika dinikmati di pagi hari. Semakin mantap jika dinikmati bersama dengan roti.

4. Nasi Kandar, Malaysia

nasi kandar malaysia
penang.ws

Menu sarapan enak di Asia selanjutnya berasal dari Malaysia. Malaysia memang punya banyak sekali menu sarapan pagi yang bisa kita temui. Namun, salah satu menu sarapan yang paling banyak digemari adalah Nasi Kandar.

Nasi Kandar berasal dari wilayah Penang dan disajikan dengan berbagai lauk yang menggugah selera. Mulai dari sayuran tumis, ayam goreng, daging, seafood dan siraman kuah kari yang lezat juga gurih.

Meskipun awalnya banyak di temui di Penang, namun sekarang Nasi Kandar bisa kamu temui di seluruh kawasan Malaysia. Kamu bisa menemukan penjual nasi kandar di kaki lima yang buka sejak pagi hari sebagai menu sarapan.

5. Omurice, Jepang

 Omurice Jepang
thespruceeats.com

Menu sarapan enak di Asia selanjutnya berasal dari Jepang. Menu sarapan ala Negeri Sakura ini bukanlah sushi, melainkan Omurice atau Omuraise. Omurice merupakan gabungan kata dari telur dadar dan nasi goreng, yang mana memang menggambarkan dari bentuk sajian ini sendiri.

Omurice dibuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana. Misalnya seperti nasi putih, bawang putih cincang, saus tomat dan garam. Biasanya nasi goreng yang dioleh menjadi Omurice ini diberi daging ayam, udang, kacang polong hingga jamur.

Nasi goreng tersebut kemudian diletakkan diatas telur dadar setengah matang. Tidak hanya dibungkus, Omurice juga sering disajikan dalam bentuk yang unik juga lucu sehingga membuat siapapun gemas dan sayang ingin memakannya.

6. Khao Tom, Thailand

 Khao Tom Thailand
theroamingcook.com

Menu sarapan enak di Asia selanjutnya berasal dari Thailand. Sebenarnya masyarakat Thailand tidak memiliki menu khusus untuk sarapan, namun kebanyakan orang memilih Khao Tom sebagai menu sarapan mereka.

Khao Tom merupakan bubur khas Thailand yang dicampur dengan kuah kaldu ikan, udang, ayam dan irisan lobak. Khao Tom sebenarnya memiliki beberapa pilihan rasa, ada yang dengan campuran udang yang dikenal dengan nama Khao Tom Goong atau dengan campuran daging babi yang disebut sebagai khao tom moo.

Khao Tom dikenal memiliki rasa yang lezat dan sangat pas disajikan sebagai menu sarapan. Bahkan sajian ini juga sering diberikan kepada orang sakit karena mengandung rempah yang mempu menghangatkan tubuh.

7. Torta, Filipina

Torta Filipina
choosephilippines.com

Menu sarapan enak di Asia selanjutnya adalah Torta. Torta merupakan sajian khas Filipina yang sering dijadikan menu sarapan oleh masyarakat Filipina.

Torta adalah omelette yang terdiri dari campuran daging cincang, sayuran dan potongan kentang. Torta memiliki tekstur gurih dan empuk yang merupakan perpaduan dari telur, daging dan kentang. Tak hanya lezat, torta ini juga sangat bernutrisi dan sangat cocok untuk menu sebelum memulai hari.

8. Hainan Breakfast Noodle, Tiongkok

Hainan Breakfast Noodle Tiongkok
radiichina.com

Sesuai dengan namanya, menu sarapan terlezat di Asia ini berasal dari Hainan, Tiongkok. Hainan Breakfast Noodle ini sebenarnya tak hanya menjadi menu sarapan, namun juga makanan pokok di Hainan.

Hainan Breakfast Noodle ini merupakan mie sohun yang dimasukkan dalam sup yang mendidih dan diberi tambahan topping seperti, sayuran acar, kacang panggang, irisan bamboo, ketumbar, wijen panggang, taoge, bawang putih, daun bawang dan diberi potongan daging sapi atau daging babi.

9. Kiribath, Sri Lanka

 Kiribath Sri Lanka
wikiwand.com

Sri Lanka juga memiliki salah satu menu sarapan terlezat di Asia yang tak boleh kamu lewatkan. Sajian ini bernama Kiribath atau yang berarti nasi susu.

Seusia dengan namanya, Kiribath dibuat dengan menggunakan beras yang dimasak menggunakan santan hingga butiran berasnya berubah menjadi sangat lembut seperti bubur. Sajian ini biasa disajikan bersama dengan taburan gula atau kari. Kiribath tak hanya populer sebagai menu sarapan, namun sajian ini juga biasa disuguhkan pada saat acara ulang tahun, tahun baru atau acara keagamaan.

10. Halwa Poori, Pakistan

halwa poori
youtube.com

Menu sarapan terlezat di Asia yang terakhir adalah Halwa Poori. Sajian ini merupakan menu sarapan tradisional msyarakat Pakistan dan India.

Halwa Poori merupakan semolina pudding atau halwa dan adonan goreng yang lembut atau poori. Halwa ini biasanya dibuat dari campuran semolina goreng dan sirup gula yang dipadukan dengan kacang-kacangan seperti pistachio dan almond. Sajian ini juga diberi bumbu Aromatika seperti kapulaga hijau, cengkeh dan pewarna makanan agar lebih warna warni. Halwa Poori biasa disajikan bersama Aaloo Ki Bhaji yang merupakan sajian kentang penuh rasa.



Leave a Reply