+10 Makanan Terenak di Dunia, Yuk Intip!


Jehan  October 25, 2023  0 Comment

Makanan Terenak di Dunia – Pecinta kuliner, kamu pernah tidak memiliki sebuah pengalaman di saat sedang menikmati makanan yang enak, lalu tiba-tiba saja terpikirkan untuk memberi tahu ke pada banyak orang bahwa ini adalah makanan enak!

makanan terenak di dunia
unsplash.com

Kamu tidak perlu bingung lagi, karena GoTravelly bisa menjadi medium berbagi untuk perjalanan kulineran hingga liburanmu di mana saja dan kapan saja. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi menarik yang akan memperluas pengetahanmu juga loh.

Kali ini, GoTravelly telah merangkumkan untukmu melalui sebuah data yang dirilis oleh halaman Taste Atlas mengenai makanan terenak yang ada di dunia ini. Beberapa waktu yang lalu, rawon sempat menjadi varian sup terenak di dunia versi Taste Atlas. Nah, kali ini kulineran terenak di dunia dari Indonesia ada yang lain juga loh! yuk, cek apa saja makanan yang enak bersama GoTravelly, mungkin saja ada menu yang bisa kamu coba dan menjadi referensi untuk kamu nikmati.

Makanan Terenak di Dunia

1. Cokelat Belgia

cokelat belgia makanan terenak di dunia
unsplash.com

Kalau kamu penasaran dengan coklat yang menjadi makanan terenak di dunia, cobalah untuk membeli dan menikmati Cokelat Belgia. Makanan yang satu ini banyak dibilang sebagai salah satu varian cokelat terenak yang ada di bumi ini.

Saat mencari tahu tentang cokelat Belgia, tentu saja kamu tidak hanya menemukan satu jenis saja, melainkan kamu akan disuguhkan dengan beragam jenis cokelat. Kamu bisa menikmati truffle, praline, hingga coklat dengan berbagai macam bentuk produksi yang memiliki edisi perayaan masing-masing.

Belgia dikenal dengan industri coklatnya yang seringkali memadukan beragam komposisi lainnya ke dalam cokelat yang mereka miliki. Untuk rasanya, kamu bisa menemukan perpaduan cokelat dengan kacang-kacangan, buah-buahan, hingga minuman keras.

2. Roti Canai

roti canai maryam
istockphoto.com

Sebuah roti berbentuk lingkaran yang pipih berikut ini tentu menjadi salah satu jenis roti yang tidak asing dan dapat dengan mudah ditemukan di negara kita. Meski begitu, Roti Canai merupakan salah satu makanan yang berasal dari India. Namun, sudah menjadi salah satu varian makanan terenak di dunia yang dapat dengan mudah kamu temukan di Malaysia, Brunei atau Thailang.

Jika di Indonesia sendiri, roti dengan tekstur berserat tanpa isian apapun tersebut seringkali dinikmati dengan berbagai macam topping, seperti coklat, keju, atau selai dengan rasa manis atau gurih lainnya. Di beberapa daerah lain, seperti Malaysia Roti Canai juga biasa dinikmati dengan kuah kari, atau gulai yang akan membuatnya semakin lezat dan nagih untuk dinikmati.

Baca juga :  10 Wisata Pantai di Lamongan Bersih Dan Tenang

3. Pastel de Belém

pastel de belem
unsplash.com

Berikutnya adalah sebuah kue kustar berasal dari Portugis yang dikenal sebagai salah satu varian makanan terenak di dunia. Pastel de Belem merupakan tart puding telor tradisional yang memiliki rasa manis dan sangat cocok menjadi hidangan penutup.

Bagian luar kue tersebut menggunakan kulit pastru yang diisi dengan adonan dari campuran susu, telor, susu, gula, kayu manis, dan air lemon. Teksturnya yang garing di luar namun tetap lembut pada bagian dalamnya serta rasa lembut dari adonan bahannya yang legit menjadikan kue tradisional satu ini disukai oleh banyak orang di dunia.

4. Phanaeng Curry

flickr.com

Adakah yang suka makanan dengan rasa sekaligus aroma berempah dari sebuah sajian? Berikut ini merupakan sebuah kuliner kari khas dari Thailand yang menjadi salah satu varian makanan terenak di dunia dan layak untuk kamu coba!

Phanaeng Curry terbuat dari rebusan santan yang dicampur dengan beragam bahan masakan khas Thailand. Makanan ini akan memberi sensasi kari dengan tekstur yang kental dengan rasa yang lezat.

Kari Thailand tidak menggunakan bahan sayur untuk pelengkapnya. Isian di dalamnya biasanya menggunakan irisan daging sapi, bebek, ayam, atau babi. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba kari dari mereka yang resepnya telah ada sejak tahun 1890 tersebut?

5. Pecel

pecel makanan terenak di dunia
flickr.com

Makanan Terenak yang ada di dunia ini berasal dari Indonesia. Pecel dikenal sebagai salah satu kuliner Nusantara yang sederhana namun sangat lezat. Makanan dengan berbagai macam ini terdiri dari berbagai jenis sayuran yang dikukus atau rebus dan dihidangkan dengan saus kacang.

Pecel memiliki gaya makanan yang mirip dengan salad. Ada banyak tempat makan kulineran pecel yang dapat kamu temukan di setiap daerah. Namun, apabila kamu ingin tahu cita rasa yang khas, maka cobalah untuk mampir ke Madiun lalu mencicipi kuliner pecel yang mereka miliki.

Madiun menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan kulineran pecelnya. Selain itu, masih ada banyak lagi makanan yang bisa menjadi wisata kulineranmu lainnya saat datang ke kota tersebut.

6. Shashilk

shashlik
pexels.com

Barbekyuan ala Asia Tengah dan Barat dengan irisan daging yang dipanggang dan diasinkan terlebih dahulu, yuk! Shashlik merupakan sebuah nama makanan sate panggan yang sering ditemukan di Rusia.

Makanan tradisional berikut ini biasanya menggunakan bahan daging domba, babi, atau sapi. Daging tersebut biasanya dipadukan dengan sayuran, seperti bawang bombay, jamur, tomat, atau paprika yang telah dipotong-potong.

Baca juga :  7 Tempat Wisata Pantai di Anyer Paling Bagus Rekomended

Kuliner yang satu ini biasanya dinikmati bersama-sama atau secara komunal. Pada masyarakat Rusia, biasanya para lelaki akan bertugas untuk memanggang. Sedangkan perempuan menata meja dan mempersiapkan bahan pelengkap lainnya.

7. Asado

ashado makanan terenak di dunia
unsplash.com

Makanan terenak di dunia berikutnya ini merupakan sebuah sajian khas dari Argentina yang dikenal sebagai identitas nasional mereka. Asado tidak hanya menjadi sebuah kuliner saja, melainkan memiliki arti sebagai sebuah pertemuan yang erat pada masyarakat lokal.

Tradisi Asados memanggang atau membakar daging untuk menjadi santapan tersebut telah ada sejak lama dan masih bertahan hingga saat ini. Bagi orang Argentina, Asado merupakan suatu lambang keahlian untuk memasak daging.

Ada berbagai macam daging yang biasanya digunakan sebagai bahan memasak Asado. Bahan daging dimasak dengan panggangan khusus yang terbuat dari batu bata dan untuk apinya pun masih tradisional menggunakan kayu atau arang.

Saat memasak Asado, tingkat kematangan menjadi salah satu kunci yang harus diperhatikan agar hasilnya pas. Daging panggang tersebut biasanya dinikmati bersama salad serta saus khas Argentina, yaitu chimichurri dan salsa criolla.

8. Batagor

batagor
flickr.com

Sobat GoTravelly, apakah kamu tahu Batagor merupakan akronim dari sebuah Bakso Tahu Goreng? Salah satu makanan dari Jawa Barat ini menjadi makanan yang populer dan disukai oleh banyak orang.

Batagor terbuat dari bahan ikan tengiri yang dipadukan dengan tepung dan bumbu dapurnya lainnya dan dinikmati dengan saos kacang dan kecap. Biasanya sebagai pelengkap, batagor juga seringkali dinikmati dengan makanan bernama siomay. Apakah kamu suka batagor, sobat GoTravelly?

9. Crepes

crepes
unsplash.com

Makanan yang identik memiliki rasa manis dengan beragam topping berikut ini, dikenal sebagai makanan terenak di dunia loh! Ya, namanya Crepes. Roti tipis ini merupakan salah satu kuliner khas dari Perancis.

Bukan rahasia umum lagi, jika negeri cantik yang satu ini memiliki kuliner roti yang beragam dan terkenal kelezatannya di seluruh penjuru dunia, bukan? Crepes merupakan salah satu varian roti tertipis yang dapat kamu temukan di sana sebagai salah satu makanan pokok dan hidangan nasional mereka.

Saking enaknya, hingga saat ini Crepes menjadi salah satu makanan Prancis yang telah menyebar ke seluruh penjuru kota di dunia ini. Bahan utama dari pancake tipis tersebut adalah tepung terigu. Apakah kamu pernah mencobanya?

10. Yakiniku

yakiniku kuliner jepang
freepik.com

Jika membahas mengenai kulineran enak, maka Jepang menjadi salah satu negera yang  tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Negeri sakura ini dikenal sebagai destinasi yang tidak sekadar memiliki wisatanya yang menarik saja, melainkan cita rasa dengan tradisinya yang cukup kental masih diakui oleh dunia.

Baca juga :  Para Gamer Kamu Wajib Mengunjungi 9 Tempat Main Esport di Jepang

Yakiniku merupakan penamaan untuk sebuah menu makanan yang merujuk kepada teknik memasak di atas panggangan meja. Selain itu, hidangan ini memiliki ciri khas lain, dimana bahan dagingnya memiliki irisan tipis seukuran gigitan.

Berbeda dengan kuliner Galbi atau Bulgogi dari Korea yang sebelum dipanggang dagingnya telah dibumbui terlebih dahulu, bahan yang digunakan untuk makanan satu ini tidak direndam dengan bumbu apapun sebelumnya.

Secara tradisional, daging dan sayuran mentah disajikan dalam irisan tipis ke atas meja untuk dipanggang sendiri oleh para tamu. Daging yang biasanya digunakan adalah, daging babi, ayam, sapi, hingga berbagai jenis kerang.

11. Nasi Padang

makanan nasi padang terenak di dunia
istockphoto.com

Siapa nih yang sepakat, jika Nasi Padang dinobatkan menjadi salah satu makanan terenak di dunia yang harus dicoba setidaknya sekali seumur hidup? makanan dengan cita rasa Nusantara yang sangat kental ini menjadi salah satu menu kuliner yang banyak dicintai oleh para foodies lokal hingga mancanegara.

Ciri khas yang selalu melekat dengan Nasi Padang adalah rasa bumbu rempahnya yang aromatik dengan kuah yang kental dengan berbahan dasar santan. Perpaduan cita rasa gurih, sedikit manis, dan sedikit pedas akan membuat siapa saja terpuaskan saat menikmati seporsi Nasi Padang.

12. Norwegian Salmon

norwegian salmon
unsplash.com

Salah satu makanan laut yang banyak diburu oleh pecinta kuliner di dunia ini adalah Salmon dari Norwegia. Salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki persentase tinggi untuk diekspor ke negara lain.

Di negara tersebut, Salmon telah dibudidayakan, sehingga produksinya sangat besar. Jika kamu datang ke Norwegia, cobalah untuk mampir ke salah satu restoran yang ada di sana lalu pesanlah menu salmon mereka. Ada berbagai macam menu olahan yang menggunakan bahan dasar daging Salmon yang segar dan lezat dan layak untuk dicoba.

Tapi jika kamu penasaran, saat ini Salmon telah menjadi jenis ikan yang mudah kamu temukan di beragam menu dari seluruh tempat makan yang ada di kotamu. Apakah kamu pecinta ikan yang satu ini?

13. Siomay

siomay
flickr.com

Memang ya makanan Indonesia dengan bumbu kacang tidak bisa dikalahkan oleh apapun. Siomay masuk ke dalam deretan 10 besar makanan terenak di dunia versi Taste Atlas yang telah diperbarui per tanggal 15 Oktober 2023 yang lalu.

Makanan ini menjadi salah satu hidangan kukus dengan isian ikan tengiri yang diolah dengan tepung dan bumbu lainnya. Sebagai pelengkap, Siomay seringkali dinikmati dengan beragam menu pendamping, seperti telor rebus, pare rebus, kentang rebus, atau batagor.

source: https://www.youtube.com/@NexCarlos

Sobat GoTravelly, itulah beberapa rekomendasi makanan enak yang dapat kamu temukan dari penjuru dunia ini. Di antara menu-menu makanan yang telah disebutkan tersebut, adakah makanan yang pernah kamu coba dan menjadi favoritmu?



Leave a Reply