12 Museum di Jepang Terbaik yang Layak Dikunjungi


Jehan  August 15, 2023  0 Comment

Museum di Jepang – Sobat GoTravelly, tentu saja ada banyak hal menarik yang banyak memikat perhatian kita pada negeri matahari terbit ini. Entah dari segi budaya lama yang kental, budaya kontemporer penuh dengan keunikan, kehidupan sehari-hari yang lekat dengan kemajuan teknologi yang luar biasa, atau kuliner lezat yang telah mendunia.

daftar museum di jepang
unsplash.com

Di samping alasan tersebut, tentu saja Jepang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dipilih oleh turis mancanegara. Ada banyak hal menarik yang tak akan pernah selesai untuk dinikmati dengan beragam cara selama di sana. Salah satunya adalah menikmati sisi keunikan Jepang dengan cara mengenalnya lebih jauh sembari berkunjung ke museum yang ada di sana.

Museum atau dalam bahasa Jepang dikenal dengan istilah Hakubutsukan ini dapat menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi selagi berlibur. Selain mengelilinginya sebagai tujuan destinasi berlibur, kamu akan mendapat pengetahuan yang lebih luas, bukan?

Kali ini GoTravelly akan membagikan rangkuman mengenai museum yang ada di negeri Sakura. Ada berbagai pilihan museum dengan koleksi prasasti, naskah sejarah, hingga benda peninggalan bernilai lainnya.Yuk, cari tahu di mana saja tempat seru untuk mengenal lebih jauh lagi tentang Jepang di bawah ini!

Daftar Destinasi Museum di Jepang

1. Museum Nasional Tokyo

museum nasional tokyo jepang
instagram.com

Rekomendasi pertama untuk museum di Jepang yang bisa kamu kenali adalah Museum Nasional Tokyo. Dalam bahasa Jepang museum ini dikenal dengan istilah Tōkyō Kokuritsu Hakubutsukan.

Museum ini menjadi salah satu tempat yang menyimpan berbagai macam nilai luhur yang ada di Jepang. Sebagai museum tertua, tentu saja akan ada banyak pengetahuan menarik yang bisa kamu simak dari isi museum tersebut.

Di Museum Nasional Tokyo kamu akan menemukan berbagai bidang bersejarah, seperti lukisan, kaligrafi, patung, benda arkeologi, hingga senin dekoratif dari Jepang. Dengan koleksinya tersebut, museum ini menjadi salah satu tempat penyimpanan terbaik dan terbesar di Jepang.

Lokasi Museum Nasional Tokyo

13 – 9 Ueno Park, Taito – ku, Tokyo, 110 – 8712, Jepang.

Baca juga :  10 Tempat Menikmati Sunset Terbaik di Nusa Tenggara Barat

Tarif Museum Nasional Tokyo Jepang

Harga tiket masuk ke Museum Nasional Tokyo 1,000 yen. Tarif yang dikenakan akan berbeda-beda dengan ketentuan usia pengunjung yang berlaku. Jika kamu tertarik berkunjung ke Museum Nasional Tokyo, informasi lebih lanjut cek di sini.

2. Museum Kyoto Jepang

kyoto museum jepang
kyoto-museums.jp

Apabila kamu datang ke Jepang dan berkunjung ke kota yang terkenal dengan ratusan kuilnya ini, sempatkanlah untuk menengok Museum Kyoto yang ada di sana. Museum ini akan membawamu ke dimensi waktu lama dari Jepang.

Kamu bisa menikmati berbagai macam peninggalan bersejarah yang ada di Jepang. Museum tersebut menjadi rumah tersimpannya arkeologi dari periode Tumulus. Tidak hanya itu saja, ada koleksi tekstil, kostum, patung, keramik, kaligrafi, lukisan, baju besi, hingga pedang.

Apabila kamu berkunjung ke museum Kyoto, tidak perlu heran jika melihat area pameran yang memperlihatkan berbagai patung Buddha dari berbagai periode karena kota Kyoto adalah kota dengan ribuan kuil.

Lokasi Museum Kyoto

527 Chayacho, Hogashiyama Ward, Kyoto, 605-0931, Jepang.

Tarif Museum Kyoto

Harga tiket masuk ke Museum Kyoto 700 yen.

3. Museum Hiroshima

hiroshima peace memorial museum jepang
hpmmuseum.jp

Salah satu museum terkenal di Jepang yang patut untuk dikunjungi adalah Hiroshima Peace Memorial Museum. Saat mendengar nama dari museum ini, apa yang sobat GoTravelly pikirkan? museum ini adalah salah satu tempat penuh memoar dari tragedi Hiroshima dan Nagaski pada tahun 1945.

Dalam museum tersebut, kamu akan disuguhkan dengan berbagai koleksi foto-foto serta bahan-bahan yang menunjukkan sisa-sisa dari kehancuran yang ada akibat bom atom. Kamu juga akan mengenal bagaimana penampakan sejarah dari Hiroshima sebelum dan sesudah terkena ledakan.

Museum ini sangat layak masuk ke dalam daftar rencana kunjunganmu ketika berencana datang ke Jepang. Benda-benda yang terpajang di museum tersebut, berupa poster, gambar, model, dan artefak.

Seluruh benda-benda yang ada di museum tersebut, akan membawamu berkelana dalam waktu lambat penuh kisah yang tersisa. Museum tersebut diberikan nama sebagai Hiroshima Peace Memorial Museum, karena ingin menyampaikan pesan perdamaian untuk dunia.

Lokasi Museum Hiroshima

1 – 2 Nakajimachō, Naka Ward, Hiroshima, 730 – 0811, Jepang.

Tarif Museum Hiroshima

Harga tiket masuk ke Hiroshima Peace Memorial Museum, 200 yen.

4. Museum Hakone Open Air

hakone open air museum
unsplash.com

Sobat GoTravelly, apabila kamu lebih tertarik dengan sebuah suguhan kontemporer cobalah untuk berkunjung ke Hakone Open Air Museum. Di sana kamu akan mendapatkan berbagai suguhan karya seni yang dirangkai dengan alam.

Sesuai dengan namanya, museum ini memiliki konsep pameran terbuka di luar ruangan. Lokasi tersebut akan memberimu pengalaman berbeda dan seru. Sebanyak 120 patung telah ditata dan tersebar di seluruh area museum.

Dari setiap karya yang ada di museum tersebut, akan memberimu berbagai macam kisah menarik dibaliknya. Apakah kamu seorang penikmat karya kontemporer, dan tertarik untuk berkunjung ke museum ini?

Lokasi Hakone Open Air Museum

1121 ninotaira, Hakone, Ashigarashimo, Kanagawa 250 – 0407, Jepang.

Tarif Hakone Open Air Museum

Harga tiket masuk ke Hakone Open Air Museum, 1,600 yen.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Kuningan Terkenal Paling Enak Rekomended

5. Museum Ghibli

museum ghibli di jepang
unsplash.com

Apakah kamu penggemar karya dari studio Ghibli? jika iya, pasti kamu telah menyimpan keinginan untuk berkunjung ke museum di Jepang yang satu ini, bukan?

Ghibli merupakan sebuah studio penghasil film animasi yang ada di Jepang. Museum ini menyuguhkanmu sebuah miniatur yang pernah kamu jumpai dari berbagai macam animasi Ghibli.

Apabila kamu penikmat karya Ghibli, tentu kunjungan ke museum ini akan sangat bernilai untukmu. Di Museum Ghibli ini kamu juga akan menikmati pameran yang menunjukkan mekanisme dari proses produksi animasi.  

Tidak sekedar museum saja yang menarik untuk dikunjungi, melainkan terdapat toko suvenir dan restoran Ghibli yang akan memberimu pengalaman berlibur terbaik di Jepang. Apakah kamu tertarik berkunjung ke sini?

Lokasi Museum Ghibli

1121 ninotaira, Hakone, Ashigarashimo, Kanagawa 250 – 0407, Jepang.

Tarif Museum Ghibli

Harga tiket masuk ke Museum Ghibli, 1,000 yen.

6. Museum Seni Mori

mori art museum
galeriemagazine.com

Museum di Jepang selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Mori Art Museum. Tempat ini akan memberimu dimensi baru untuk menikmati karya seni yang tidak akan membosankan.

Museum ini cukup popular dikalangan para turis mancanegara dan banyak yang menilai bahwa tempat ini adalah museum seni kontemporer terbaik di Tokyo. Selain sebuah karya seni, apabila berkunjung ke museum ini kamu juga akan mendapatkan sebuah pengalaman menikmati keindahan kota Tokyo dari sudut pandang berbeda.

Lokasi Mori Art Museum

Roppongi Hills Mori Tower lt. 53, 106 – 6150 Tokyo, Minato, Roppongi, Jepang.

Tarif Mori Art Museum

Harga tiket masuk ke Mori Art Museum, 1,500 yen.

7. Museum teamLab Planets Tokyo

teamlab planets tokyo
unsplash.com

Ingin sebuah pengalaman imersif penuh warna? cobalah ke teamLab Planets yang ada di Tokyo. Tempat ini akan memberimu sebuah pengalaman berkesan untuk dikenang karena setiap sudut di dalam museum akan memberi seni yang telah dikawinkan dengan teknologi.

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan sebuah pengalaman bersenang-senang yang melibatkan indra. Ada area yang akan memberimu kesempatan untuk menikmati sebuah seni tanpa alas kaki.

Masih banyak lagi pengalaman interaktif yang akan memberimu kesempatan menjadi bagian dari seni itu sendir di sana. Sebelum berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mempersiapkan kamera terbaikmu untuk mengabadikan momen terbaik di sana.

Lokasi teamLab Planets Tokyo

6 Chome 1 – 16 Toyosu, Koto, Tokyo 135 – 0061, Jepang.

Tarif teamLab Planets Tokyo

Harga tiket masuk ke teamLab Planets Tokyo, 3,800 yen.

8. Museum Seni Adachi

museum seni adachi
nippon.com

Berkunjung ke salah satu museum di Jepang ini akan membuatmu mendapatkan sebuah pengalaman menikmati seni sekaligus taman. Museum seni Adachi menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak menarik minat para turis.

Tempat dengan sentuhan seni di setiap sudutnya ini akan menjadi ruang tawar daya unik yang layak untuk dikunjungi. Saat berkunjung ke museum Adachi, kamu tidak hanya disuguhkan seni taman saja, melainkan akan bertemu juga dengan berbagai macam mahakarya lukisan, hingga karya keramik yang indah.

Baca juga :  Soto Enak dan Terkenal Di Jogja, Rasa Legendaris yang Lezat!

Lokasi Adachi Museum of Art

320 furukawacho, Yasugi, Shimane 692 – 0064 Jepang.

Tarif Adachi Museum of Art

Harga tiket masuk ke Adachi Museum of Art, 2,300 yen.

9. Museum Seni Otsuka

otsuka museum of art
klook.com

Rekomendasi selanjutnya adalah sebuah museum yang memiliki keunikan dari sebuah karya seni di Jepang. Museum ini menjadi rumah bagi koleksi permanen dari mahakarya keramik yang luar biasa indahnya.

Saat berkunjung ke museum ini kamu akan menikmati banyak mahakarya seni. Oleh karena itu, pastikan untuk memiliki waktu kunjungan yang panjang. Museum ini memiliki 5 lantai pameran karya yang setiap lantainya tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Lokasi Otsuka Museum of Art

Fukuike 65 – 1 Narutocho Tosadomariura, Naruta, Tokushima 772 – 0053, Jepang.

Tarif Otsuka Museum of Art

Harga tiket masuk ke Museum Seni Otsuka, 3,300 yen.

10. Museum Kereta Api Kyoto

kyoto railway museum
discoverkyoto.com

Apakah kamu datang ke Jepang bersama sang buah hati? berkunjung ke museum kereta api tentu akan menjadi tempat wisata yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu dengan penuh edukasi.

Melalui museum ini, kamu akan melihat bagaimana kereta menjadi moda transportasi di Jepang yang sangat dihargai oleh masyarakat di sana. Kereta Api Jepang dikenal sebagai transportasi yang sangat tepat waktu.

Di sana kamu bisa mengenal lebih jauh tentang kereta api, mulai dari sejarah, layanan, hingga konstruksi kereta dan pengoprasiannya. Museum ini dibuat sebagai ruang interaktif, ada banyak area di mana para pengunjung mendapatkan kesempatan untuk menyentuh hingga mengoperasikan pameran di sana. Tentu saja, itu akan menjadi pengalaman edukatif yang tidak membosankan, bukan?

Lokasi Kyoto Railway Museum

Kankijicho, Shimogyo Ward, Kyoto, 600-8851, Jepang.

Tarif Kyoto Railway Museum

Harga tiket masuk ke Museum Kereta Api Kyoto, 1,500 yen.

11. Museum Ramen Shinyokohama

ramen museum di jepang shinyokohama
yokohamajapan.com

Rekomendasi museum di Jepang selanjutnya ini adalah sebuah museum ramen. Berbeda dengan rekomendasi museum sebelumnya, apakah kamu sudah punya pengalaman berkunjung ke suatu museum makanan sebelumnya?

Tempat ini akan menjadi salah satu tempat wisata unik karena alih-alih melihat sebuah peninggalan dengan jejak sejarah, kamu akan dibuat lapar karena melihat banyak tampilan hidangan mie.

Di sana kamu akan bertemu dengan perjalanan mi ramen yang ada di Jepang. Ada berbagai macam mi, sup yang menjadi kuah mi, topping, hingga mangkuk yang digunakan untuk sajian ramen.

Saat berkunjung ke Museum Ramen Shinyokohama, kamu akan disuguhkan dengan replika dari kota tua Tokyo pada tahun 1950-an. Tahun itu adalah waktu dimana ramen menjadi salah satu makanan popular di Jepang.

Selain menjadi ruang pameran, kamu juga bisa menikmati ramen yang ada di sana dengan membeli tiket makan pada mesin penjual otomatis terlebih dahulu. Jadi, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke sini?

Lokasi Museum Ramen Shinyokohama

2 Chome 14 -21 Shinyokohama, Kohoku Ward, Yokohama, Kanagawa 222 – 0033, Jepang.

Tarif Museum Ramen Shinyokohama

Harga tiket masuk ke Shinyokohama Ramen Museum, 380 yen.

12. Origami Kaikan

origami kaikan
instagram.com

Tempat yang satu ini adalah ruang yang didedikasikan untuk sebuah karya tradisional dari Jepang, yakni Origami. Pada lantai dasar di Origami Kaikan, kamu akan menemukan sebuah toko yang juga menjadi ruang memajang karya.

Naik ke lantai empat, ruang di sana adalah bengkel origami. Di lantai tersebut, kamu bisa mengikuti kelas untuk belajar membuat seni kertas melipat dari Jepang. Saat berkunjung ke Origami Kaikan, kamu akan disuguhkan banyak karya yang terbuat dari kertas dengan pola rumit yang mengesankan.

Lokasi Origami Kaikan

1 Chome 7 – 14 Yushima, Bunkyo, Tokyo 113 – 0034, Jepang.

Tarif Origami Kaikan

Harga tiket masuk ke Origami Kaikan, gratis.

source: https://www.youtube.com/@GhibOjisan

Nah itulah beberapa museum di Jepang yang bisa kamu kunjungi selama menghabiskan waktu di sana. Jangan lupa apabila kamu memiliki pengalaman berwisata atau berkuliner, bagikan bersama GoTravelly dan biarkan kisahmu terbaca oleh banyak traveler lainnya di sini.



Leave a Reply