10 Jenis Roti Khas Prancis, Super Lezat!


Jehan  January 12, 2023  0 Comment

Jalan-jalan ke Prancis sepertinya akan terasa kurang jika tidak mencicipi kelezatan rotinya yang beragam. Ya, negara yang memiliki ikon ibu kota menara Eiffel tersebut sangat terkenal dengan berbagai macam jenis rotinya.

Bagi orang Prancis roti adalah makanan yang mendapatkan perhatian khusus. Mereka tak akan bisa lepas dari roti sama halnya dengan orang Indonesia atau Asia yang selalu lekat dengan nasi.

Saat kamu datang ke negara yang satu ini, perhatikanlah setiap sudut kota di sana, kamu akan dengan mudah menemukan toko-toko yang menjual roti. Dikutip dari Taste Atlas yang merilis data bahwa Prancis memiliki lebih dari 30.000 toko roti.

Bahkan untuk beberapa kota yang terpencil dan tidak ada toko roti yang dengan sengaja dibuka pun, masih disediakan mesin pembuat roti instan. Hal tersebut sangat menunjukkan bahwa Prancis sangat memperhatikan dengan serius jenis makanan yang satu ini.

Penasaran apa saja roti yang bisa dengan mudah kamu temui di setiap sudut kota di sana? Yuk, simak ulasan mengenai jenis-jenis roti Prancis bareng GoTravelly di bawah ini!

Jenis-jenis Roti Khas Prancis:

1. Roti Prancis Baguette

baguette
unsplash.com

Roti Prancis yang paling umum dikenal adalah Baguette. Roti ini memiliki bentuk panjang dengan berat yang sangat ringan. Tekstur renyah yang khas dari Baguette ini telah ada sejak abad 19.

Baca juga :  Rasakan Sensasi Letupan Rasa 7 Minuman Khas Perancis

Nama Baguette sendiri diambil dari Bahasa Latin “baculum” yang berarti tongkat. Nama tersebut sangat cocok digunakan sesuai dengan bentuk dari roti terkenal ini. Roti ini diproduksi dengan menggunakan oven uap.

Baguette memiliki ciri khas yang tampak dari tekstur roti, ada sebuah garis miring diagonal yang sengaja dibuat dengan menggunakan pisau. Garis tersebut melengkung di atas roti. Saat ini roti Baguette sangat dengan mudah ditemui di seluruh sudut Prancis.

Biasanya, orang-orang memakan roti ini secara langsung atau menjadikannya sandwich. Tidak hanya itu saja, kelezatan dari roti Baguette dapat dinikmati dengan mengolahnya sebagai garlic bread atau memakannya dengan saus  yang ditambahkan dengan sedikit minyak zaitun.

2. Roti Prancis Brioche

brioche
unsplash.com

Roti khas selanjutnya adalah roti manis bernama Brioche. Jenis yang satu ini merupakan persilangan antara kue dan roti (viennoiserie). Roti yang memiliki tekstur lembut dan bersisik ini sangat kaya dengan rasa mentega, susu, dan telor.

Biasanya Brioche di konsumsi dengan sacangkir teh. Namun tidak hanya itu saja, Brioche uga sering digunakan sebagai roti lapis yang diisi dengan makanan dengan rasa manis atau gurih.

3. Roti Prancis Pain aux noix

pain aux noix
marmiton.org

Roti Pain aux noix adalah roti ragi ala Prancis yang menggunakan bahan tepung gandum da kenari yang dicincang kasar. Namun beberapa varietas dari ini dibuat dengan mencampurkan jenis kacang yang lain seperti hazelnut.

Roti yang satu ini biasa dibuat dengan bentuk bundar dan menjadi roti polos. Jika diiris, akan terlihat potongan kacang-kacangan di dalamnya. Roti ini biasa disajikan dengan berbagai bahan lainnya, seperti mentega, keju, toping dengan rasa manis madu atau selai dengan rasa buah.

Baca juga :  Cari Sewa Mobil Banyuwangi? Ini dia 8 Rekomendasi Terbaiknya 

4. Roti Pogne

pogne
cooking-ez.com

Pogne adalah salah satu varian roti manis Prancis yang cukup popular. Roti yang satu ini terbuat dari adonan ragi brioche yang kaya dengan air bunga jeruk. Biasanya roti Pogne memiliki bentuk bundar dan besar.

Bagian atas dari roti ini biasanya dihiasi dengan taburan gula Mutiara. Biasanya roti khas prancis ini dibuat khusus untuk Paskah. Roti ini menjadi salah satu jenis roti yang istimewa di Prancis.

5. Roti Faluche

faluche
lespapillesdekaren.com

Faluche adalah salah satu roti tradisional Prancis yang memiliki warna pucat. Roti ini terbuat dari tepung terigu, garam, ragi, dan minyak. Roti Faluche adalah salah satu jenis roti yang harus dicoba saat ke Prancis.

Biasanya Faluche akan dihidangkan saat sarapan disajikan. Biasanya dimakan bersama mentega atau selesai. Roti ini akan menjadi camilan dengan rasa gurih yang sangat lezat jika disandingkan dengan sepotong daging salmon atau krim keju.

6. Roti Ficelle

ficelle
unsplash.com

Roti Prancis selanjutnya adalah Ficelle, bentuknya yang memanjang dan tipis tersebut menjadi salah satu karakter khas yang dimiliki oleh Ficelle. Roti ini memiliki perpaduan tekstur renyah di bagian luar, kenyal dan empuk di bagian dalamnya.

Jika kamu perhatikan, roti Prancis ini memiliki bentuk yang mirip dengan Baguette hanya saja Ficelle memiliki lapisan yang lebih tipis. Roti ini mungkin bisa menjadi rekomendasi pilihan jika dirasa ukuran roti Baguette terlalu besar untukmu. Biasanya Ficelle dihidangkan dengan isian sayur dan saus atau dengan tambahan keju.

7. Roti Khas Prancis Fougasse

fougasse
flickr.com

Fougasse adalah roti yang memiliki bentuk pipih dan biasanya memiliki rasa manis dari gula dari jus jeruk. Roti ini akan menjadi salah satu varian roti yang mudah ditemui di Prancis Selatan.

Baca juga :  Selain Kurma, Berikut 10 Oleh Oleh Khas Arab Terkenal

Bentuknya yang pipih menjadi salah satu ciri khas dari Fougasse. Biasanya roti yang satu ini telah dicampur dengan buah zaitun, keju atau buah ara yang dicampur di dalam adonannya. Tidak hanya itu saja, Fougasse juga sangat cocok divariasikan ke dalam berbagai jenis sandwich yang super lezat.

8. Roti Khas Prancis Pain de mie

pain de mie
unsplash.com

Pian de mie adalah salah satu jenis roti yang tidak memiliki kerak. Roti ini memiliki tampilan seperti roti tawar pada umumnya. Biasanya Pain de mie dijual dalam bentuk irisan yang dikemas.

Namun tak jarang orang Prancis seringkali membuat roti yang satu ini secara mandiri di rumah. Biasanya roti Pain de mie disajikan sebagai roti pelapis sandwich atau dipanggang. Roti ini menjadi salah satu varian yang sangat mudah diolah ke dalam berbagai sajian hidangan.

9. Roti Khas Prancis Pain d’pices

pain d'pices
unsplash.com

Pain d’pices adalah salah satu roti khas Prancis yang sangat lezat. Roti ini memiliki rasa bumbu khas di setiap gigitannya. Berbagai macam rempah menjadi bahan dari adonan roit Pain d’pices, seperti kapulaga, cengkeh, pala, jahe, adas manis atau kayu manis.

Beberapa daerah di Prancis juga memiliki resep yang berbeda-beda dalam membuat Pain d’pices, ada yang menambahkan kulit jeruk dan lemon. Bahan terpenting dari roti ini adalah campuran madu.

10. Roti Khas Prancis Pain Couronne

pain couronne
puratos.fr

Roti yang satu ini adalah varian roti manis Prancis yang bisa ditemui diberbagai toko. Kata Couronne dalam nama roti ini memiliki makna sebagai ‘mahkota’, yang mana itu merujuk pada bentuk roti.

Roti berbentuk melingkar ini terlihat seperti roti begel berukuran besar. Biasanya roti Pain Couronne ini disajikan dengan olesan keju atau berbagai macam selai yang memiliki rasa manis. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba varian roti Prancis yang beragam tersebut? Yuk simak artikel menarik lainnya dari GoTravelly yang tentu saja akan mengajakmu banyak mengenal tempat-tempat menarik di dunia ini.



Leave a Reply