12 Fakta Menarik Makanan Prancis, Yuk Intip!


Jehan  March 1, 2023  0 Comment

Makanan Prancis adalah salah satu hidangan terkenal di dunia. Apakah kamu tahu, jika negara mode ini dikenal sebagai pusat gastronomi terbaik di dunia? nah, kali ini GoTravelly akan mengulas beberapa fakta menarik makanan Perancis yang mungkin akan membuatmu terkejut! Pecinta kuliner yuk kumpul dan simak di bawah ini!

Fakta Menarik Makanan Prancis

1. Ada Menu Masakan Berbeda di Setiap Daerah

makanan beragam
unsplash.com

Jika kamu berkeliling ke Prancis, maka kamu akan menemui berbagai macam menu makanan yang berbeda di setiap daerahnya. Fakta menarik lainnya adalah Paris sebagai ibu kota dari Prancis menampung seluruh menu dari masing-masing daerah di Prancis. Jadi, jika kamu ingin memastikan menu makanan yang terdapat di daerah Prancis, maka kamu hanya perlu ke Paris.

Apabila kamu penasaran tentang kuliner yang kamu nikmati ketika di sana, coba deh perhatikan nama dari masakan yang ada di sana. Melalui nama yang melekat dari makanan tersebut, kamu bisa menemukan daerah asal mereka loh. Hal tersebutlah yang menjadikan Prancis unik, karena mereka seringkali memberikan nama sesuai dengan masing-masing daerah asal kuliner mereka.

2. Baguette adalah Sajian Pelengkap

roti baguette
unsplash.com

Apa kamu tahu salah satu varian roti yang terkenal dari Prancis ini? ya, mereka punya roti Baguette yang berbentuk panjang. Roti ini menjadi salah satu sajian pelengkap yang seringkali dihidangkan saat makan.

Baca juga :  7 Pulau Terlarang di Dunia, Berbahaya!

Layaknya kentang yang disajikan dalam sajian western, Baguette adalah salah satu hidangan umum yang melengkapi, dan biasanya roti ini tidak dikenakan biaya hampir sama di setiap restoran Prancis. Kamu pernah mencobanya?

3. Ada Vending Machines Roti Baguette dimana-mana!

vending machines
unsplash.com

Masih membahas soal roti khas Prancis, saat kamu berkunjung ke berbagai daerah di negara yang satu ini tentu pandangan matamu akan dengan mudah menangkap berbagai toko roti yang tersebar di sana.

Tidak hanya toko roti saja yang akan dengan mudah kamu temukan, melainkan ada hal menarik saat ke Prancis lainnya adalah kita bisa menemukan mesin penjual otomatis yang menyediakan roti Baguette. Kamu tak perlu khawatir akan kelaparan di waktu-waktu tertentu, saat toko-toko atau restoran belum buka. Ingin mencobanya, tidak?

4. Prancis Punya Ratusan Varian Keju

keju
unsplash.com

Apa kamu tahu keju adalah salah satu fakta menarik makanan Prancis yang super lezat? ya! Mereka punya berbagai macam varian keju hingga ratusan yang akan membutuhkan waktu cukup lama jika kamu mencoba keseluruhannya.

Hampir setiap orang Prancis bisa memakan keju dengan jenis yang berbeda setiap harinya. Tentu setiap keju akan memiliki rasa khas masing-masing yang siap memanjakan lidah siapa saja yang mencobanya. Tertarik mencoba keju Prancis?

5. Blue Cheese adalah Makanan yang Tak Di Sengaja

blue cheese
unsplash.com

Fakta menarik makanan Prancis lainnya adalah Blue Cheese atau yang dikenal sebagai keju biru atau Roquefort adalah salah satu makanan yang ditemukan secara tidak sengaja. Ada cerita yang melegenda dari makanan yang satu ini, yakni seorang anak laki-laki sedang makan roti dengan keju susu di dalam gua.

Ketika sedang asyik menikmati roti tersebut, Ia melihat seorang gadis yang menarik hatinya. Lalu tanpa pikir panjang Ia pun segera mendatangi gadis tersebut, dan melupakan roti pada genggamannya.

Baca juga :  Spot Sunrise Terbaik di Dunia, ada di Indonesia Juga loh!

Beberapa bulan kemudian, anak lelaki tersebut pun kembali ke tempat di mana roti tersebut diletakkannya. Saat ia menemukan kembali roti tersebut, dilihatnya sebuah jamur yang menutupi keju pada roti. Dari situlah keju biru pertama terbentuk tanpa kesengajaan. Apa ini menjadi fakta yang cukup menarik untukmu?

6. French Fries Bukan dari Prancis

french fries
unsplash.com

Apa kamu pernah berpikir tentang French Fries adalah salah satu makanan dari Prancis? Tidak, makanan ini sama sekali bukan berasal dari Perancis. Meski memiliki nama French yang berarti Prancis, sajian kentang goreng yang satu ini adalah menu dari Belgia.

Jadi, saat kamu menikmati French Fries jangan tertipu lagi ya! Makanan lezat dengan tekstur yang cukup renyah ini bukan menu makanan Prancis.

7. Orang Prancis Makan Burger dengan Alat makan

makan burger ala prancis
unsplash.com

Berbeda dengan negara barat lainnya, jika kamu berkunjung ke restoran Prancis dan memesan menu burger atau pizza maka kamu akan melihat cutlery atau alat makan yang menemani sajian.

Salah satu kebiasaan orang Prancis saat memakan hidangan roti bersaus tersebut dengan cara tidak mengangkatnya langsung menggunakan tangannya. Melainkan, mereka akan mengiris bagian demi bagian burger atau pizza sebelum melahapnya. Wah, sobat GoTravelly tim menikmati burger dengan tangan atau menggunakan cutlery nih?

8. Wine adalah Minuman Murah

wine
unsplash.com

Siapa pecinta minuman anggur ini? Jika kamu sangat menyukai wine, sepertinya datang ke Prancis adalah rekomendasi yang tepat. Tidak seperti negara lain yang menjual wine dengan harga mahal, sebaliknya kamu akan disambut dengan harga murah meriah untuk sajian yang satu ini.

Hal tersebut dikarenakan pajak alkohol di Prancis cukup rendah. Oleh karena itu, harga wine di sana sangat murah. Selain harga yang murah, kamu juga akan mendapatkan rasa yang terbaik saat menikmati anggur di sana. Prancis adalah salah satu negara penghasil wine yang cukup terkenal di dunia. Apa kamu tertarik mencoba fakta makanan di Prancis yang satu ini?

Baca juga :  5 Sajian Khas Pada Saat 1 Muharram Atau 1 Suro Yang Harus Ada

9. 16 Tahun adalah Usia Legal untuk Minum

minum wine fakta makanan prancis
unsplash.com

Di Prancis memiliki aturan legal yang mengijinkan para remaja untuk menikmati alkohol pada usia 16 tahun. Fakta tersebut mencakup usia yang relatif muda jika dibandingkan dengan beberapa negara besar lainnya yang memberi ijin minum di usia 21 tahun. Minuman legal yang boleh dikonsumsi oleh remaja di usia 16 tahun tersebut adalah minuman anggur atau bir. Wow, aturan yang mengesankan ya!

10. Orang Prancis Menyukai Steak dengan Kematangan Rare

rare steak makanan khas prancis
unsplash.com

Salah satu fakta menarik makanan Prancis lainnya adalah orang-orang Prancis sangat menyukai steak yang dimasak dengan tingkat kematangan rare. Hal tersebut menjadi salah satu kebiasaan mereka sebagai salah satu cara menikmati sajian makanan favorit di Prancis. Apa kamu juga menyukai tingkat kematangan yang sama dengan orang Prancis?

11. Makan Keju Setelah Makan Malam adalah Wajib

keju makanan prancis yang wajib ada
unsplash.com

Memang Prancis adalah negara yang terkenal dengan kejunya! Setelah kamu menghabiskan menu utama di malam hari, biasanya restoran di Prancis akan menyuguhkan keju dalam piring.

Sepiring keju yang disajikan adalah salah satu hidangan utama tersendiri. Keju biasanya didampingi dengan irisan roti yang cukup untuk beberapa orang. Semuanya akan disesuaikan dengan beberapa orang yang sedang dijamu di setiap meja oleh restoran saat itu.

Kenali Roti Khas Prancis, Yuk!

Cari Tahu, Kue Popular dari Prancis

12. Makanan Prancis Masuk Daftar Warisan Budaya UNESCO

gastronomi makanan prancis
unsplash.com

Fakta menarik makanan Prancis lainnya adalah mereka memiliki gastronomi yang masuk dalam daftar “Intangible Cultural Heritage”. Seperti yang dituliskan di awal tadi, Prancis memang menjadi salah satu negara yang memiliki gastronomi terbaik di dunia.

Mereka telah terdaftar sejak tahun 2010 dan menjadi sangat popular setelahnya. Jadi tunggu apa lagi, segera persiapkan liburan di Prancis dan temui kuliner menarik di sana, yuk! Bagaimana, apa kamu baru saja menemukan fakta menarik makanan Prancis dari ulasan di atas tersebut atau kamu punya fakta menarik lainnya tentang negara yang satu ini? Yuk, temui berbagai macam hal menarik bersama GoTravelly.



Leave a Reply