25 Tempat Wisata di Gresik Indah Banget dan Murah + Rute Lokasi


sisil angelin  September 3, 2018  0 Comment

Tempat Wisata di Gresik Mulai dari wisata religi hingga pulau yang indah. Berlibur merupakan salah satu kegiatan penting yang wajib anda miliki untuk menyegarkan pikiran anda kembali. Banyak sekali pilihan liburan yang bisa anda pilih mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi yang tentunya akan memberikan keseruan tersendiri. Tak hanya itu, salah satu kota yang bisa anda kunjungi adalah Gresik. Di kota inilah terdapat beragam tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Jika anda telah penasaran dengan apa saja wisata yang bisa anda kunjungi ketika Tengah berada di Gresik, Berikut daftar Tempat wisata di Gresik

1. Pulau Gili Gresik

Pulau Gili Gresik

teluklove.com

Tidak hanya Pulau Bali saja yang menawarkan keindahan Gili, di Gresik juga menawarkan keindahan Gili Yang memukau dan menawan yakni Pulau Gili Gresik yang berada kurang lebih 2,3 km dari Pulau Bawean. Di tempat inilah anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat cantik di mana pantainya masih sangat bersih dan terawat.
Saat berada di tempat ini anda juga seakan-akan tidak berada di Indonesia. Terdapat setidaknya 700 kepala keluarga yang menghuni Pulau Gili Gresik. Saat sore hari anda akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau dan eksotis. Tidak sulit untuk menuju ke Pulau Gili Gresik di mana Anda bisa menggunakan perahu sekitar 30 menit.

review kuliner

Susuri Keasrian Banyu Urip Mangrove Center

Wisata Setigi, Tawarkan Wisata Alam Diantara Tebing Bebatuan Kapur Putih Nan Artistik

2. Pulau Bawean Gresik

Pulau Bawean Gresik

beritagresik.com

Tidak hanya Pulau Gili Gresik yang bisa anda kunjungi, Pulau selanjutnya di Gresik yang di Pulau Bawean bisa menjadi pilihan berlibur yang tepat untuk anda. Pulau yang satu ini berada sekitar 120 km dari kota Gresik dan bisa ditempuh melalui Pelabuhan dengan memanfaatkan speed boat untuk perjalanan Anda yang lebih cepat.
Tempat wisata ini akan menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang sangat bersih dan keindahan bawah lautnya juga Tidak diragukan pula. Ada beragam kegiatan yang bisa anda lakukan jika tengah berada di Pulau Bawean Gresik, ada beragam kegiatan yang bisa anda lakukan ketika tengah berada ditempat ini seperti berenang ataupun snorkeling.

3. Pantai Sukaoneng

Pantai Sukaoneng

id.pinterest.com

Tempat wisata di Gresik selanjutnya adalah pantai sukaoneng. Pantai yang satu ini juga akan menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang dikelilingi oleh perbukitan yang akan menambah kesan eksotis tersendiri pantai yang satu ini. Seperti berenang ataupun hanya berfoto dengan latar belakang pantai yang sangat cantik.
Pantai yang satu ini berada di desa sukaoneng sehingga Hal inilah yang menyebabkan pantai ini dinamakan seperti nama desanya. pantai ini tidak jauh dari jalan raya di kecamatan Tambak Kabupaten Gresik. Dari jalan raya sendiri anda bisa berjalan sekitar 200 meter untuk Menikmati keindahan yang dimiliki oleh pantai sukaoneng ini.

4. Air Terjun Laccar Gresik

Air Terjun Laccar Gresik

disparbud.gresikkab.go.id

Tempat wisata di Gresik ini akan menawarkan keindahan alam tersendiri dan sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang menyukai kegiatan berpetualang. Di tempat inilah anda akan disuguhi dengan kesegaran air terjun yang dipadukan dengan alam yang masih Asri sehingga akan menyegarkan pikiran anda.
Untuk bisa sampai ke wisata air terjun yang satu ini membutuhkan rasa sabar karena Akses untuk menuju ke air terjun tidaklah mudah di mana anda akan melewati jalanan setapak hingga sungai sungai berbatu Kendati demikian anda dijamin tidak akan bosan selama berada di perjalanan.

5. Pantai Delegan

Pantai Delegan

.jejakpiknik.com

Pantai yang berada di desa Delegan kecamatan panceng di Kabupaten Gresik juga bisa anda jadikan destinasi wisata Gresik yang sangat cantik. Saat berada di Pantai Delegan ini anda dijamin tidak akan kecewa karena anda akan disuguhi dengan pesona pantai yang sangat cantik dengan pasir putih bersih.
Pantai ini juga menawarkan beragam kegiatan dan fasilitas yang cukup menunjang untuk kunjungan liburan anda. Di kawasan ini juga menjadi tempat untuk berburu sunrise yang cantik. Untuk bisa sampai ke tempat ini anda bisa memanfaatkan kendaraan umum ataupun pribadi. Jika anda ingin naik bis maka dari arah Jogja Diteruskan dengan naik bus Gresik hingga sampai ke Terminal.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Makanan Khas Malaysia Yang Banyak Diburu Wisatawan

6. Bukit Jamur

Bukit Jamur

bobocantik.com

Kawasan wisata yang satu ini semakin populer karena banyaknya orang yang membagikan hasil kunjungan mereka ke sosial media yang di Bukit Jamur. Di tempat inilah Anda akan melihat bebatuan yang menyerupai bentuk jamur yang sangat cantik. Ada berbagai macam cara untuk bisa sampai ke Bukit Jamur.
Apabila anda melakukan perjalanan dari Surabaya maka anda bisa melewati Perumahan Gresik Kota Baru dari exit tol Bunder Anda bisa belok ke arah kiri hingga menemukan pertigaan lampu merah kemudian dilanjutkan dengan belok kiri hingga memasuki Perumahan Gresik Kota Baru. Tempat wisata di Gresik ini sendiri berada di dusun dusun Desa Bungah tepatnya di kecamatan Bungah.

7. Wisata Alam Gosari

Wisata Alam Gosari

travelingyuk.com

Wisata yang satu ini juga bisa anda jadikan pilihan ketika Tengah berada di Gresik. Wisata alam Gosari ini akan menawarkan tempat wisata yang tidak akan mengecewakan para pengunjung terutama bagi mereka yang memiliki kegemaran berfoto. Hal itu tidak lain karena tempat ini menawarkan berbagai macam spot untuk berfoto.
Dari pusat Kota Gresik sendiri wisata alam Gosari ini berjarak sekitar 40 km. Apabila Anda datang dari kota Gresik maka anda bisa berkendara ke arah barat hingga melewati jalan raya sukomulyo dan dilanjutkan dengan menemukan jembatan Sembayat hingga menuju ke alun-alun sidayu. Menuju ke arah kiri melintasi kantor pos sidayu dan bisa lurus ke arah jalan raya di Android Anda menemukan perbedaan.

8. Gunung Kapur Sekapuk

Gunung Kapur Sekapuk

wisatadaily.blogspot.com

Tempat wisata alam yang satu ini juga sangat memukau di mana akan menawarkan pemandangan khas peradaban kuno yang tentunya akan menghipnotis setiap orang yang berkunjung. Di tempat ini terdapat perbukitan berwarna putih yang sangat eksotis layaknya bangunan kuno. Gunung kapur sekapuk ini sendiri berada di desa sekapuk tepatnya di kecamatan Ujungpangkah.
Apabila Anda datang dari kota Gresik maka anda bisa mengambil arah ke jalur Pantura Lamongan kemudian menemukan Desa sekapuk dan anda bisa bertanya ke penduduk setempat arah menuju Gunung Kapur sekapuk.

9. Bajak Laut Gresik

tempat wisate terdekat

dakatour.com

Mencari tempat wisata di Gresik untuk keluarga? Maka tempat wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bajak laut Gresik merupakan Waterpark di Gresik yang tidak kalah menariknya dengan Waterpark yang ada di Malang atau kota-kota lainnya di Jawa Timur.
Di tempat ini terdapat berbagai macam wahana yang bisa anda naiki baik itu Wahana untuk dewasa ataupun anak-anak. Tempat wisata ini tidak ada di desa Masangan tepatnya di kecamatan Bungah dan tidak jauh dari pusat Kota Gresik sehingga Anda akan mudah untuk menemukannya.

10. Gunung Surowati

Gunung Surowati

.alamasedy.com

Tidak hanya wisata alam gunung kapur sekapuk yang menawarkan pesona pegunungan yang cantik, gunung surowiti yang memiliki ketinggian 260 mdpl juga bisa anda jadikan destinasi ketiga berada di Gresik. Tempat ini dipercaya sebagai tempat petilasan Sunan Kalijaga.
Dari pusat Kota Gresik sendiri gunung Surowati ini sendiri berjarak sekitar 40 km di mana anda bisa melewati jalur pantai utara menuju Tuban dan sekitar 3 km memilih arah selatan dari jalan raya pancing Gresik.

11. Bukit Larangan Panceng

Bukit Larangan Panceng

indonesiatraveler.id

Tempat wisata di Gresik yang wajib untuk anda kunjungi selanjutnya adalah Bukit Larangan Panceng. Bukit ini memang cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan dan menjadi salah satu hidden gem di Gresik, meskipun begitu pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah.

Disini anda yang suka kegiatan camping bisa mendirikan tenda di lokasi ini. Pemandangan yang ditawarkan dari atas bukit ini memang sangat menawan, anda bisa menikmati hijaunya pepohonan yang mengelilinginya dan indahnya matahari terbit di pagi hari.

Baca juga :  15 Penginapan Di Bawean Yang Murah Dan Nyaman

12. Telaga Ngipik

Telaga Ngipik

tempatwisata.pro

Telaga Ngipik juga menjadi salah satu tempat wisata di Gresik yang menarik sekali untuk dikunjungi. Meskipun Gresik dikenal sebagai kota industri, namun bukan berarti kota ini tidak memiliki wisata alam yang indah, salah satunya adalah telaga ini.

Telaga Ngipik ini seolah menjadi oase di tengah panasnya kota Gresik. Telaga ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun sehingga membuat suasananya terasa semakin sejuk. Air telaga ini juga jernih dan tenang sehingga menjadikannya sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai. Disini anda bisa berfoto dan berkeliling telaga dengan menggunakan sepeda air ataupun perahu.

13. Kampung Kemasan

Kampung Kemasan

disparbud.gresikkab.go.id

Jika anda suka berfoto, di Gresik ada salah satu tempat keren untuk hunting foto, yaitu Kampung Kemasan. Kampung Kemasan ini memang menjadi salah satu spot foto populer di Gresik yang menjadi buruan para pecinta fotografi.

Nama Kemasan disini memiliki hubungan dengan marga di kota Gresik, yaitu Kemas. Kampung Kemasan ini menyuguhkan bangunan dengan gaya arsitektur Eropa dan Tiongkok. Tak hanya bisa berfoto, disini anda juga bisa mengamati arsitektur bangunan yang berada disini karena bangunan yang berada disini masih terjaga keasliannya dan masih terawat dengan baik.

14. Situs Giri Kedaton

Situs Giri Kedaton

disparbud.gresikkab.go.id

Tempat wisata paling indah di Gresik yang satu ini juga wajib untuk kamu kunjungi, yaitu Situs Giri Kedaton. Situs Giri Kedaton ini merupakan puncak bukit yang tidak terlalu tinggi, namun anda bisa melihat keunikan dan keindahan alam yang ada disana.

Perjalanan kesini memang agak melelahkan, namun pemandangan yang ditawarkan cukup menawan. Kamu bisa melihat di sisi kiri dan kanan yang merupakan rumah-rumah penduduk, namun terdapat ruang kosong di area yang mendekat bagian puncak bukit. Di puncak inilah kamu akan mendapati Situs Giri Kedaton yang megah.

15. Pantai Mombhul

Pantai Mombhul

pesisir.net

Pantai Mombhul merupakan salah satu pantai cantik yang berada di Pulau Bawean, Gresik. memang masih dalam tahap pembangunan, namun keindahannya mampu menarik banyak perhatian wisatawan.

Pantai seluas 45 hektar ini juga masuk dalam daftar tempat wisata terindah di Gresik yang saying sekali untuk dilewatkan. Panorama yang ditawarkan disini sangat indah dengan hamparan pasir putih yang luas dengan pepohonan hijau yang mengelilingi pantai ini. Ragam aktivitas bisa anda lakukan disini, seperti berfoto di spot selfie yang unik, berkunjung ke penangkaran penyu hingga berenang.

16. Danau Kastoba

Danau Kastoba

disparbud.gresikkab.go.id

Masih berada di Pulau Bawean, pulau terpencil ini tak hanya memiliki keindahan pantai saja, namun anda juga bisa menemukan danau yang sangat indah bernama Danau Kastoba. Menariknya, untuk mencapai danau ini Anda harus trekking selama 25 menit terlebih dahulu.

Danau Kastoba ini menawarkan tempat yang teduh dengan debit air yang tenang sehingga menjadikan suasananya damai dan menyenangkan. Disini Anda bisa menikmati pemandangan, berenang atau sekedar berfoto di sekitar danau. Danau Kastoba ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Namun sebelum kesini, pastikan Anda membawa bekal karena disini tidak ada penjual makanan ataupun minuman.

17. Masjid KH Ahmad Dahlan

Masjid KH Ahmad Dahlan

disparbud.gresikkab.go.id

Tempat wisata populer di Gresik selanjutnya masuk dalan kategori wisata religi, yaitu Masjid KH Ahmad Dahlan. KH Ahmad Dahlan merupakan nama salah satu pahlawan yang mendirikan organisasi Muhammadiyah.

Masjid ini dibangun oleh keluarga dari almarhum H Bisri Ilyas, yaitu salah satu pengusaha properti terkenal di Gresik. menempati lahan sekitar 1200 meter persegi dan memiliki menara setinggi 35 meter. mampu menampung sekitar tiga ribu jamaah dan berada tak jauh dari pemukiman penduduk. Masjid ini juga dikenal sebagai masjid musafir karena lokasinya yang strategis dan kebanyakan yang beribadah disana adalah mereka yang sedang bepergian. Tak hanya arsitekturnya saja yang indah, masjid ini juga memiliki sejumlah fasilitas yang lengkap.

18. Dynasty Water World

Dynasty Water World

tripjalanjalan.com

Jika anda berlibur bersama keluarga di Gresik, pastikan untuk mengajak keluarga anda pergi ke Dynasty Water World. Dynasty Water World ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga di Gresik yang cukup populer dan selalu ramai dikunjungi, terutama saat musim liburan.

Baca juga :  10 Tempat wisata di Samarinda, Pesonanya Tiada tara

Dynasty Water World ini memiliki kolam renang dewasa dan anak-anak, air mancur dan wahana permainan air lainnya. Tak hanya itu, disini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti kamar mandi, toilet, gazebo, pujasera dengan berbagai pilihan menu dan area parkir yang luas.

19. Telaga Pegat

Telaga Pegat

kompasiana.com

Telaga Pegat tak hanya menjadi salah satu tempat wisata populer di Gresik, namun juga menjadi salah satu peninggalan Sunan Giri. Telaga ini memang memiliki nama yang agak menakutkan, Pegat dalam Bahasa Jawa memiliki arti cerai atau pisah.

Diberi nama demikian karena lokasinya berada di Antara Gunung Bagong dan Gunung Patiremen. Konon, telaga ini dibuat dengan sengaja oleh Sunan Giri untuk memenuhi kebutuhan para santri beliau karena dulunya santri Sunan Gri banyak sekali dan berasal dari berbagai penjuru negeri.

Namun, ada juga yang mengatakan jika telaga ini merupakan perwujudan kendil Sunan Giri. Untuk menghidupi para santrinya dan masyarakat di sekitarnya, beliau membuat sebuah kendil sebagai tempat nasi yang ajaibnya kendil tersebut mampu menyediakan nasi yang banyak dan tak pernah habis.

20. Banyu Urip Mangrove Center

Banyu Urip Mangrove Center

gpswisataindonesia.info

Tempat wisata di Gresik yang satu ini juga tak boleh untuk dilewatkan begitu saja karena memiliki keindahan yang luar biasa, yaitu Banyu Urip Mangrove Center. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan hutan mangrove yang rimbun dan telah ditanam sejak 17 tahun lalu sehingga menghadirkan suasana alam yang sejuk.

Hutan mangrove ini dilengkapi dengan jogging track sepanjang 600 meter dan bisa anda gunakan untuk mengagumi keindahan alam di sekitarnya. Disini anda tak hanya bisa berjalan-jalan, namun juga bisa berburu spot foto keren. Tak hanya itu, anda juga bisa ikut menanam bibit pohon mangrove disini, lho.

21. Bukit Kapur Suci

Bukit Kapur Suci

visual.beritajatim.com

Bukit Kapur Suci adalah salah satu kawasan perbukitan di Gresik yang patut untuk Anda sambangi. Tempat wisata di Gresik ini berada cukup dekat dengan Perumahan Gresik Kota Baru dan kawasan Industri Petrokimia yang tak jauh dari pusat kota.

Tempat ini merupakan bekas penambangan batu kapur yang masih menyisakan dinding-dinding putih di sekitarnya. Bukit kapur ini menjadi kawasan penambangan kapur sejak zaman Belanda. Sekarang kawasan ini menjadi destinasi wisata dan juga spot berfoto yang paling digemari oleh wisatawan.

22. Pulau Mengare

Pulau Mengare

mytrip.co.id

Tempat wisata di Gresik selanjutnya adalah Pulau Mengare. Pulau Mengare ini memang menawarkan pemandangan yang indah karena disini anda akan menemukan banyak sekali pohon mangrove yang mengelilinya.

Terdapat sekitar 7 jenis mangrove yang mengelilingi pulau ini dan masih asri juga alami. Pulau Mengare ini berfungsi untuk mempertahankan laut dari ancaman abrasi, mejaga kualitas dari udara dan air untuk mencegah global warming serta menjaga ekosistem darat, laut dan pantai.

Untuk menuju kesini, anda harus menaiki kapal kelotok dari dermaga menuju Pulau Mengare. Perahu tradisional ini memang akan berjalan cukup lama, namun akan memberikan anda kesempatan untuk mengamati hutan bakau dari jarak dekat.

23. Banyu Biru Lowayu

Banyu Biru Lowayu

facebook.com

Destinasi wisata di Gresik yang satu ini adalah sebuah mata air yang cukup unik dan berbeda dengan mata air lainnya karena airnya berwarna biru alami. Untuk itulah tempat ini disebut sebagai Banyu Biru Lowayu.

Sumber ini memiliki air dengan aroma yang tajam karena berasal dari belerang, tak heran jika masyarakat setempat memanfaatkannya untuk merendam kaki. Konon, air yang berasal dari Banyu biru Lowayu ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Hingga saat ini, warga setempat masih belum mengetahui bagaimana tempat ini bisa mengandung belerang. Anda pun bisa berkunjung ke mata air ini untuk merendam kaki sambil menikmati suasana yang asri dari tanaman dan pepohonan rindang.

24. Makam Siti Fatimah Binti Maimun

Makam Fatimah Binti Maimun

republika.co.id

Makam Siti Fatimah Binti Maimun merupakan salah satu tempat wisata religi di Gresik yang juga telah dijadikan sebagai cagar budaya sebagai penghormatan kepada Beliau. Siti Fatimah telah berjasa pada persebaran Islam di Gresik.

Siti Fatimah tinggal di Desa Leran dan menyebarkan agama Islam di desa tersebut. Bangunan makam ini memang cukup berbeda dengan makam-makam pada umumnya karena dibangun dengan gaya arsitektur yang hampir mirip dengan Candi Hindu-Budha.

25. Tanjung Gaang

Tempat Wisata Di Gresik

tamasya.com

Tempat wisata di Gresik yang terakhir adalah Tanjung Gaang. Tanjung Gaang ini dibagi menjadi dua lokasi dengan pemandangan yang berbeda-beda.

Di lokasi pertama, anda akan disuguhkan dengan eksotisnya pemandangan tebing karang laut dan untuk bisa menikmati keindahan pemandangan disini anda harus menyewa sebuah perahu. Sementara di lokasi kedua, anda akan disuguhkan dengan pemandangan lautan luas yang indah dan bisa dikunjungi dengan berjalan kaki dari Tanjung Kodok menuju atas batu karang. Disini anda akan melihat pemandangan tebing karang yang indah nan megah serta spot foto Antara tebing pengapit Tanjung Kodok.



Leave a Reply