10 Makanan Khas Magelang Bikin Lidah Bergoyang


sisil angelin  February 6, 2020  0 Comment



Bila anda berkunjung di suatu tempat ada yang kurang rasanya jika belum mencoba makanan khas di daerah tersebut. Meskipun Kota Magelang bukanlah kota yang besar, namun makanan khas Magelang banyak yang menarik karena rasanya yang enak dan khas. Selain rasanya yang enak, makanan-makanan yang khas di Magelang memiliki harga yang relatif murah.


Dan yang lebih menariknya lagi ialah pemerintah daerah di Magelang membuat sentra kuliner di berbagai tempat. Hal tersebut dikarenakan pemerintah daerah ikut serta mendukung adanya wisata kuliner. Sehingga bagi anda yang ingin mencicipi makanan khas di Magelang tidak akan kesusahan untuk menemukannya.

Magelang menyimpan banyak sekali kuliner yang mampu membuat lidah anda bergoyang. Untuk anda yang sedang berlibur di Kota Magelang akan menyesal jika tidak mencicipi makanan khasnya. Selain murah dan enak, makanan khas di daerah sini juga mudah ditemukan dan tentunya sehat.

Berikut makanan khas di Magelang yang di rekomendasikan untuk anda coba

1. Kupat tahu

Kupat tahu Magelang
travelingyuk.com


Di Indonesia makanan berupa ketupat sudah sangat familiar bahkan kupat menjadi ikon pada saat hari raya idul fitri. Sebenarnya kupat tahu tidak hanya ditemukan di Magelang, namun anda dapat menemukan kupat tahu di Surakarta, Singaparna, dan lainnya. Akan tetapi kupat tahu yang di Magelang memiliki ciri khas yang berbeda mulai dari bumbu hingga rasanya.
Kupat tahu di dalamnya terdiri dari ketupat, tauge, irisan kembang kol, dan tahu yang digoreng. Kemudian bumbu dari kupat tahu ini berupa sambal kacang dengan diberi tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Biasanya kupat tahu diberi tambahan berupa irisan timun dan kerupuk. Dan ciri khas kupat tahu Magelang ialah ada pelengkapnya berupa mie dan bakwan.

Baca juga :  10 Minuman Coklat Panas Terenak di Dunia Membuat Tubuh Rileks
Gotravelly

Lezatnya Sop Senerek Khas Magelang

Sate Ayam Merah Dan Sate Kulit Dari Sate Ratu

Lezatnya Sepiring Magelangan Yang Bisa Bikin Ketagihan

2. Wedang Kacang

Wedang Kacang Magelang
travelingyuk.com

Hidangan ini merupakan minuman yang sangat cocok di Kota Magelang yang memiliki suasana cukup dingin. Wedang kacang biasanya disajikan dalam sebuah mangkok dan dalam keadaan hangat. Anda dapat menghangatkan tubuh anda dengan minuman ini karena di dalamnya terdapat kuah jahe.
Selain kuah jahe minuman ini juga berisi kacang dan ketan sehingga terasa lezat sekali. Di Magelang terkenal dengan Wedang Kacang Kebon, yaitu warung yang menjual wedang kacang. Warung ini dapat terkenal karena kuahnya kental dan kacangnya juga empuk. Selain itu di Wedang Kacang Kebon ini juga menyediakan wedang ronde.

3. Mangut Lele

Mangut Lele Magelang
lifestyle.okezone.com

Hidangan ini merupakan ikan yang lele yang digoreng terlebih dahulu kemudian diberi kuah santan. Kuah santan pada makanan ini biasanya berwarna kuning kemerahan karena terdapat kunyitnya. Mangut lele banyak disukai untuk dijadikan lauk makan karena rasanya yang lezat. Makanan ini memiliki paduan cita rasa yang khas, rasanya bercampur antara manis, gurih, dan pedas.
Mangut lele dapat pembuatan banyak menggunakan berbagai bumbu rempah, sehingga tak heran jika rasanya lezat. Bumbu pada makanan ini diantaranya ialah jahe, daun salam, kunyit, bawang merah dan putih, lengkuas, dan kecur. Anda dapat menyantap mangut lele dengan sambal goreng, pete, dan tahu.
Sebenarnya mangut lele tidak hanya dijumpai di magelang, anda bisa menjumpai makanan ini di Yogaykarta juga. Jika anda ingin mencicipi mangut lele dengan rasa yang menjamin anda bisa datang ke warung makan Purnama di Magelang. Warung makan yang terletak di kecamatan Mungkid ini sudah sangat terkenal karena hidangan mangut lelenya.

Baca juga :  10 Tempat Kuliner Enak di Kawasan Nusa Dua Bali

4. Mangut Beong

Mangut Beong
travelingyuk.com

Selain mangut lele terdapat juga mangut beong yang menjadi makanan khas di Kota Magelang. Mungkin anda akan bertanya sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan mangut? Mangut adalah sebuah masakan berupa gula yang diberi kuah santan dan memiliki cita rasa manis, gurih, dan pedas. Bahan utamanya bisa berbeda-beda salah satunya ialah ikan beong.
Ikan beong ini hampir sama dengan ikan lele, yaitu merupakan ikan air tawar. Proses pembuatannya ikan beong akan digoreng terlebih dahulu kemudian baru dimasak dengan kuah mangutnya. Biasanya bagian yang digunakan dari ikan beong untuk memasak hidangan ini ialah bagian kepalanya.

5. Sup Senerek

 Sup Senerek
masakandapurku.com

Makanan ini sebenarnya hampir sama dengan sup pada umumnya, namun bedanya ialah pada sup ini terdapat tambahan kacang dan bayam. Sup senerek merupakan makanan khas Kota Magelang yang mendapat pengaruh dari Kolonial Belanda. Anda bisa menemukan makanan ini dengan nama sup kacang merah karena menggunakan kacang merah.

6. Sego Godog

 Sego Godog
travelingyuk.com

Dalam bahasa jawa kata sego memililki arti nasi sedangkan kata godong artinya rebus. Jadi makanan ini berbahan dasar nasi yang direbus. Jika anda bosan makan nasi biasa anda dapat mencoba makanan ini karena sama-sama berupa nasi. Di dalam hidangan makanan ini terdapat tomat, ayam, telur, kubis, dan mie.

7. Nasi Goreng Magelangan

 Nasi Goreng Magelangan
resepkoki.id

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke magelang namun tidak mencicipi makanan yang satu ini. Nasi goreng yang memiliki kelezatan yang unik ini sudah dapat anda temukan sampai luar negeri. Jika anda mencoba nasi goreng yang menggunakan nama kotanya anda pasti akan jatuh cinta terhadap rasanya.
Makanan ini merupakan nasi goreng yang disajikan dengan tulang ayam atau biasa disebut balungan dan mie basah. Meskipun Nasi Goreng Magelangan disajikan dengan menu yang tak biasa, tetapi makanan ini memiliki rasa yang enak dan tentunya khas. Nasi goreng ini memiliki keunikan yaitu tidak dimasak dengan kompor gas tetapi memasaknya dengan tungku arang.

Baca juga :  11 Minuman Khas Filipina Dengan Kesegaran Sempurna

8. Slondok

Slondok
tokopedia.com

Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa nama makanan ini unik dan aneh. Slondok merupakan makanan yang berbahan dasar singkong yang dibuat kerupuk. Meskipun makanan ini termasuk camilan tapi bisa membuat anda terasa kenyang karena berbahan dasar singkong. Kerupuk ini memiliki banyak varian rasa seperti keju, balado, dan lain sebagainya.

9. Sego Megono

 Sego Megono Magelang
travelingyuk.com

Di Kota Magelang megono adalah sayuran yang dikukus kemudian diberi bumbu berupa kencur, jeruk purut, dan lombok. Jadi sego megono merupakan hidangan nasi yang disajikan dengan megono. Biasanya makanan ini akan dijadikan sebagai hidangan utama saat Idul Fitri oleh masyarakat Magelang.
Sayuran yang digunakan untuk membuat megono bermacam-macam di antaranya ialah daun papaya, daun ketela, nangka muda, rebung, bahkan tauge. Biasanya megono yang sudah direbus akan diberi tambahan ikan teri yang dibakar atau digoreng.

10. Tape Ketan Muntilan

 Tape Ketan Muntilan
tokomesin.com/

Anda dapat menjadikan Tape Ketan Munthilan ini sebagai oleh-oleh ketika berkujung di Kota Magelang. Makanan ini merupakan jajanan tradisional khas Magelang yang biasa disebut dengan kata “muntilan”. Makanan ini terbuat dari ketan putih yang diberi pewarna dan uniknya pewarna yang digunakan berasal dari daun katu.

Masih banyak sekali makanan khas magelang yang akan jumpai jika anda berkunjung di Kota Magelang. Selain itu makanan khas di Kota Magelang juga memiliki cita rasa dan penyajian yang unik serta menarik untuk anda coba. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan khas Kota Magelang jika anda berkunjung ke salah satu wisata kuliner Magelang.



Leave a Reply