34 views | 0 Likes

Lezatnya Sop Senerek khas Magelang

0 star (from 0 people)
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: halal

Posted on 01 December 2019, 01:12:11
user1575133766
Sightseeing

Sop Senerek, yang segar dan khas dari kota sejuta bunga Magelang

Culinary Detail

kuliner di malang

kuliner di malang

kuliner di malang

Sop Senerek

Setiap kali saya berkunjung ke kota yang berjargon Kota Seribu Bunga, Magelang, saya selalu menyempatkan diri untuk menikmati salah satu kuliner kota ini, Sop Senerek. Sop khas Magelang ini adalah hidangan sup / sop (lidah masyarakat setempat lebih suka melafalkan dengan kata "sop") yang berbahan dasar kacang merah, sayuran, dan daging. 

Sebenarnya, menurut asal usulnya, Sop Senerek ini adalah masakan yang diadaptasi dari masakan Belanda. Yakni Snert Soup. Masakan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, yang berasal dari kata Snert yang berarti kacang polong (erwten). Lidah lokal yang susah menyebut kata Snert, akhirnya mengubahnya menjadi kata Senerek. Ada persamaan dan perbedaan antara resep asli masakan Snert Soup dengan Sop Senerek. Keduanya sama-sama menggunakan daging, sayuran, dan kacang pada masakan, namun berbeda jenisnya. Snert Soup menggunakan kacang polong dengan daging babi sebagai bahan utama masakan, serta dimakan dengan roti. Sementara Sop senerek menggunakan bahan utama kacang merah, daging sapi, serta dimakan dengan nasi. Sop Senerek yang ada sekarang berbeda dengan resep asli Snert Soup. Sop Senerek yang kita kenal sekarang sudah disesuaikan dan diotak-atik sesuai dengan lidah lokal. Aneka rempah-rempah ditambahkan kedalam resep masakan Sop Senerek versi lokal ini. Sehingga rasanya terasa lebih kental dan berbumbu daripada Snert Soup.

Warung tertua yang menjual Sop Senerek di kota Magelang ini adalah Warung Bu Atmo. Warung Bu Atmo ini berdiri sejak tahun 1967, dan dipercaya sebagai warung pertama yang mempopulerkan masakan ini. Yang khas dari Sop Senerek ini selain kacang merahnya tentu rasa kuahnya yang lezat dan penuh kaldu dari Iga Sapi yang dimasak begitu lama. Untuk pelengkapnya, Sop Senerek ini bisa menggunakan daging sapi, babat dan usus sapi, dan juga daging ayam. Rasa kuah kaldu kental dari iga sapi yang dimasak berjam-jam serta kacang merah yang direbus juga tak kalah lama, menjadikan rasanya yang khas takkan mudah terlupakan dari benak kita. Sekali mencoba, dijamin kita akan ketagihan akan kelezatan rasanya. 

 

Opening Hours

07.00-16.00

Gallery (3)

Comments (0)