Lezatnya Sepiring Magelangan yang Bisa Bikin Ketagihan

magelangan

gizeline | Traveler
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
29 Apr 2020


Lezatnya Sepiring Magelangan yang Bisa Bikin Ketagihan
Masih soal kuliner di Jogja, sajian khas Magelang ini juga patut untuk Anda coba karena memiliki perpaduan rasa yang nikmat untuk disantap malam hari..

Well, setelah kemaren aku share soal salah satu kuliner Jogja yang bikin kangen yaitu Lotek, kali ini aku juga mau share soal kuliner Jogja lagi yang pastinya bikin ketagihan, yaitu Magelangan. Udah pernah denger belum soal sajian yang satu ini?

Awalnya aku juga ngga tau soal kuliner ini. Waktu itu, aku jalan-jalan malem-malem di kawasan Alun-alun Utara trus ngga sengaja waktu itu ada penjual nasi goreng. Nah, temenku karena kelaperan banget akhirnya ngajakin buat makan nasi goreng. Pas aku lihat daftar menunya, mereka menyediakan menu bernama Magelangan, akhirnya karena penasaran aku pun memesannya.

Warung ini ada di kawasan Jalan Alun-Alun Utara, aku lupa persis nama tempatnya apa tapi disini ada banyak banget deretan warung makan yang lumayan rame kalo akhir pekan.

alun alun utara jogja

Buat kalian yang mungkin juga baru tau soal kuliner Magelangan ini, aku bakal jelasin dikit ya. Jadi, Magelangan ini bukanlah nama sebuah kota di Jawa Tengah, tapi konon sajian ini memang berasal dari kota tersebut yang juga tersebar sampai Jogjakarta. Tapi masih jadi misteri juga kenapa nama makanan ini Magelangan. Magelangan merupakan semacam nasi goreng yang dikombinasikan dengan bakmi dan juga beragam sayuran. Kuliner ini kalo di Surabaya namanya Nasi Mawut. Sampe sini udah dapet pencerahan kan?

Sajian Magelangan ini biasanya jadi menu favorit saat makan malam. Harganya juga cukup terjangkau guys, kisaran Rp 10.000 – Rp 15.000 per porsi. Aku lupa sih tepatnya berapa, pokoknya kisaran segitu guys. Selain di kawasan Alun-Alun Utara ini, banyak juga penjual Magelangan di tempat lain di kota Jogja. Biasanya sih kalo kalian nemu penjual nasi atau mie goreng, mereka juga menyediakan Magelangan ini guys.

magelangan

Untuk soal rasa, menurut aku beda dengan nasi goreng mawut yang biasa aku makan di Surabaya. Bumbu yang digunakan untuk nasi goreng dan bakmi Jawa pada Magelangan ini terasa lebih sedap dan nikmat banget. Apalagi mereka menambahkan sayuran yang bikin sajian ini jadi tambah enak. Ohya, sayurannya ngga ikutan digoreng ya guys, jadi sayuran yang digunakan adalah kubis yang dipotong-potong dan masih segar kemudian di taruh disamping nasi gorengnya. Jadi pas kalian makan sayurannya masih terasa krenyes-krenyes gitu. Selain kubis, mereka juga menambahkan seledri, timun dan kerupuk udang jadi bikin rasa dari Magelangan ini sangat nikmat.

magelangan

Gimana? Menggoda banget kan sepiring Magelangan ini? Kalo kalian ada rencana buat main ke Jogja lagi, jangan lupa buat cobain Magelangan ya guys.

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY