10 Makanan Khas Lokal Takayama, Wajib Coba!


Jehan  January 21, 2023  0 Comment

Makanan Khas Takayama – Apakah kamu sedang berencana atau dalam suatu perjalanan wisata di Takayama dan menginginkan kuliner lezat di sana? Jika iya, saat ini kamu sedang membaca artikel yang tepat dari GoTravelly!

Sebuah kota yang berada di Prefektur Gifu Jepang ini adalah salah satu pusat wisata kuliner yang cukup terkenal. Kota yang juga disebut sebagai Hida-Takayama ini adalah destinasi wisata yang banyak dipilih para wisatawan mancanegara karena masih mempertahankan sentuhan tradisional dari Jepang.

Mau tahu apa saja rekomendasi makanan Takayama yang tak boleh dilewatkan? Yuk, simak rekomendasi di bawah ini.

10 Makanan Khas Takayama:

1. Hida Beef

daging hida makanan khas takayama
flickr.com

Suatu kota tentu saja memiliki makanan khas yang paling banyak dilirik dan menjadi andalan dari setiap daerah. Jika kamu penasaran apa yang menjadi andalan dari kota yang satu ini, maka jawabannya adalah hidangan daging Hida!

Daging Hida menjadi menu makanan Takayama yang tak boleh kamu lewatkan. Sajian daging yang diproduksi dari Daging sapi Hida Jepang yang berbulu hitam ini telah diambil dari produsen terakreditasi. Menu hidangan daging yang terkenal ini juga memiliki tingkat kualitas 3, 4 atau 5 dan terakreditasi dari Japan Meat Grading Association. Hida Beef yang memiliki bagian lemak marbling tersebut sangat cocok untuk menu Yakiniku atau Nigiri.

2. Ramen Takayama

ramen makanan khas takayama
unsplash.com

Ramen adalah salah satu menu kuliner yang tidak boleh kamu lupakan saat berkunjung ke seluruh sudut Jepang. Hidangan yang menjadi salah satu menu lokal terbaik di Negara Sakura ini memiliki berbagai racikan khas untuk setiap daerahnya.

Baca juga :  Nggak Hanya Nasi Goreng, 11 Olahan Nasi Lezat di Berbagai Negara

Ramen Takayama sendiri terbuat dengan mie kriting dan sup kuah kaldu tulang dan katsuobushi yang lezat. Kamu bisa mencicipi ramen Takayama dari restoran lokal yang ada sudut-sudut kota. Rasa gurih dan light dari Ramen Takayama tentu akan menjadi comfort food untuk mengisi kunjunganmu di Takayama. Apa kamu tertarik mencoba menu popular ini?

3. Hoba Miso

hoba miso makanan khas takayama
flickr.com

Hoba Miso adalah salah satu menu makanan Takayama yang menjadi hidangan lezat lokal. Hidangan yang satu ini terbuat dari tsukemono atau acar yang telah disimpan selama musim dingin.

Acar akan diletakkan di atas daun magnolia Jepang lalu di bagian atasnya diberi miso yang dimasak di atas api. Saat kamu mencicipi Hoba Miso, kamu akan mendapati aroma khas yang dihasilkan dari daun magnolia yang terpanggang.

Saat menikmatinya, paling nyaman adalah menikmati Hoba Miso dengan semangkuk nasi hangat. Tak hanya itu saja, Hoba Miso juga seringkali dinikmati sebagai saus pelengkap untuk menghabiskan daging sapi, ikan atau makanan favorit lainnya.

4. Mie Soba

mie soba kuliner khas takayama
flickr.com

Mie Soba merupakan hidangan mie tradisional Jepang yang banyak tersedia diseluruh daerah Jepang. Namun yang menjadi pembeda dari Takayama dengan daerah Jepang lainnya adalah soal kualitas mie soba yang diproduksi di sana.

Takayama sebagai kota yang memiliki suhu sejuk dan dingin tersebut menjadi daerah yang sangat baik untuk menghasilkan soba berkualitas. Oleh karena itu, kamu tidak ingin melewati menu spesial dari Takayama ini, bukan?

Mie Soba biasa disajikan dengan sajian panas atau dingin. Ada yang menarik dari cara menikmati Mie Soba, orang lokal memakan mie dengan cara menyeruputnya hingga terdegar suara seruputan yang cukup keras. Kebiasaan tersebut adalah budaya makan yang telah ada sejak zaman Edo. Apa kamu tertarik untuk menikmati Mie Soba dengan cara makanan orang lokal?

Baca juga :  10 Rekomendasi Kota Di Dunia Untuk Wisata Kuliner

5. Sansai Soba

sansai soba kuliner takayama
flickr.com

Salah satu hidangan soba yang direkomendasikan untuk dicoba adalah Sansai Soba. Hidangan tersebut terbuat dari perpaduan mie soba dan campuran sayuran segar yang dipanen dari pegunungan liar Takayama.

Kaldu yang dimasak menggunakan dashi yang dibumbui dengan mirin dan kecap yang penuh cita rasa. Tak hanya itu saja, biasanya Mie Soba akan dihidangkan bersama dengan topping pelengkap, seperti asparagus, bayam, jamur, telor atau irisan rumput laut kering. Tentu perpaduan rasa yang dihasilkan dari berbagai macam bahan yang dihidangkan dalam semangkuk Mie Soba tersebut akan memberimu rasa lezat yang luar biasa. Mau mencobanya?

6. Ramen Shoyu

ramen shoyu makanan takayama
flickr.com

Ramen Shoyu adalah hidangan berbahan dasar kecap yang istimewa. Elemen dari hidangan yang satu ini tentu tidak terlepas dari mie, kuah kaldu dan topping di setiap mangkuknya. Rasa asin gurih menjadi pembeda utama dari Ramen Shoyu dengan ramen lainnya.

Ramen yang satu ini menggunakan kaldu daging atau seafood yang dicampur dengan kaldu kombu dan kecap. Bumbu sederhana lainnya yang semakin membuat ramen ini lezat adalah irisan daging babi rebus, potongan rebung, irisan bawang bombay dan telor rebus. Ramen Shoyu sangat nikmat dinikmati langsung setelah dihidangkan, setuju tidak?

7. Mitarashi Dango

mitarashi dango makanan takayama jepang
flickr.com

Apa kamu pecinta kuliner kaki lima? Jika iya, cobalah untuk membeli Mitarashi Dango yang menjadi salah satu jajanan khas dari Jepang ini. Mitarashi Dango adalah makanan ringan dengan rasa manis. Namun, Takayama menyajikan Mitarashi Dango dengan cara yang berbeda.

Jajanan yang terbuat dari mochi dan telah ada sejak abad ke-10 pada masa Heinan ini disajikan dengan pilihan rasa gurih. Mitarashi Dango adalah pilihan yang bisa kamu coba saat ingin mencoba jajanan di Takayama.

Baca juga :  Lupakan Ramen, 11 Kuliner Mie Asli Indonesia Menggugah Selera

Baca Juga:

10 Peringkat Terendah Makanan di Jepang

Asyik! 5 Rekomendasi Liburan Anak di Jepang

8. Gohei Mochi

gohei mochi
flickr.com

Camilan kaya rasa lainnya yang tak boleh luput untuk dicoba saat ke Takayama adalah Gohei Mochi. Makanan Takayama yang satu ini adalah jajanan kaki lima lainnya yang memiliki paduan rasa yang lengkap.

Gohei Mochi adalah jajanan tradisional yang terbuat dari segumpal nasi putih yang ditumbuk lalu ditusuk dengan kayu tipis. Rasa manis dan gurih yang ada di dalam makanan yang satu ini dihasilkan dari pasta miso kenari manis yang dibalur pada seluruh bagian tumbukan adonan nasi. Setelah dibumbui maka Gohei Mochi siap untuk dipanggan sebelum dihidangkan.

9. Hida Gyuuman

hida gyuuman
flickr.com

Salah satu makanan Takayama yang unik dan menarik untuk dicoba adalah Hida Gyuuman. Makanan yang satu ini merupakan sajian roti kukus yang sangat lezat. Di dalamnya terdapat isian berupa daging sapi Hida cincang yang dicampur dengan sayuran segar Jepang.

Makanan ini memiliki tekstur roti yang sangat lembut. Selain itu, saat kamu mencoba Hida Gyuuman, aroma smokey dan tekstur juicy dari daging sapi Hida Takayama akan menghipnotismu. Apa kamu menginginkan Hida Gyuuman?

10. Yakisoba

yakisoba
flickr.com

Apa kamu menginginkan hidangan popular yang lain dari Takayama? Yuk! coba cicipi Yakisoba, mie goreng yang menjadi salah satu menu terkenal dari Jepang. Makanan yang satu ini adalah sajian mie yang dimasak dengan menggunakan beberapa campuran sayur sebagai pelengkap.

Sajian tradisional ini biasa menggunakan bahan mie ramen atau soba. Rasa lezat yang khas dari Yakisoba dihasilkan dari saus spesial dengan tekstur kental Worcestershire. Biasanya mie juga disajikan dengan acar jahe atau rumput laut. Dari ke 10 makanan Takayama di atas tersebut, mana yang menarik perhatianmu? Apa kamu siap berkulineran di kota pegunungan yang satu ini? Selamat berwisata sobat GoTravelly! Jangan lupa bagikan pengalamanmu yang seru saat berlibur di GoTravelly ya!



Leave a Reply