Yuk! Kenali 11 Hidangan Nasi Khas Jepang Yang Sehat Dan Enak!


prita  November 6, 2021  0 Comment

Hidangan nasi khas Jepang juga tak kalah enak dengan tempuranya. Nasi memang manjadi makanan pokok bagi masyarakat Asia, termasuk Jepang. Nasi khas Jepang ini memang terkenal lebih empuk, pulen dan enak. Untuk itu, kamu tak perlu heran jika Negeri Sakura ini memiliki banyak sekali kuliner nasi yang sering dinikmati oleh masyarakatnya setiap hari, bahkan digemari oleh wisatawan. Nah, apabila kamu adalah pecinta nasi, Berikut ini adalah daftar hidangan nasi khas Jepang yang wajib untuk dicicipi

1. Omurice

Omurice
idntimes.com

Hidangan nasi khas Jepang pertama yang wajib untuk kamu cicipi adalah Omurice. Kamu pasti sudah tidak asing lagi sama kuliner khas Jepang yang satu ini, pasalnya sajian ini bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia, bahkan kamu bisa membuatnya sendiri.

Kata “Omu” merupakan kependekan dari “omoretsu” yaitu kreasi telur dadar ala Jepang. Telur ini kemudian membalut isian nasi hangat yang diolah dengan saus tomat. Nasi ini kemudian diberi tambahan isian ayam atau daging. Sajian ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang nikmat, apalagi ditambah dengan telur yang creamy.

Gotravelly

SushiKUN, Restoran Sushi Conveyor Dengan Harga Affordable Pertama Di Surabaya

Wisata You And I Garden : Taman Bunga Bernuansa Jepang Di Kaki Gunung Semeru

2. Onigiri

Onigiri
nexs.co.id

Onigiri adalah salah satu makanan nasi khas Jepang yang tak kalah terkenal. Onigiri ini merupakan nasi kepal yang diberi isian tuna, ayam, telur, mayonais dan acar buah plum yang dikenal dengan nama umeboshi.

Meskipun terlihat praktis, namun onigiri ini memiliki porsi yang cukup mengenyangkan. Onigiri ini bisa dinikmati dimana saja saat kamu tidak memiliki banyak waktu. Onigiri ini juga dikenal memiliki banyak varian, bentuk dan rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Onigiri ini biasa dijual di toko dengan pengemasan yang unik dan tidak bisa dibuka asal-asalan. Dalam kemasannya pun telah diberi tahapan untuk membukanya agar kamu bisa menikmatinya dengan praktis tanpa membuat tangan kotor.

3. Donburi

Donburi
sitkasalmonshares.com

Sajian nasi khas Jepang yang satu ini juga sangat mudah ditemukan sehari-hari di Jepang. Donburi sederhana hanya terdiri dari nasi putih hangat dengan topping berbagai bahan makanan. Beberapa jenis topping yang cukup populer adalah tendon, yaitu donburi dengan tempura dan gyudon, yaitu donburi dengan daging.

Selain kedua pilihan donburi diatas, kamu juga bisa menemukan donburi dengan varian lainnya, seperti sakedon, yaitu donburi dengan topping salmon, oyako yang merupakan donburi dengan daging ayam dan kaisekidon, yaitu donburi dengan topping seafood mentah. Donburi ini sangat mudah ditemukan. Kamu bisa menemukannya di restoran, izakaya dan convenience store. Terkadang kamu juga bisa menemukan donburi di bagian teishoku atau set meal ala Jepang yang dilengkapi dengan menu sup miso dan lauk lainnya.

4. Takikomi Gohan

Takikomi Gohan
cookingwithdog.com

Hidangan nasi khas Jepang berikutnya yang wajib untuk kamu coba adalah Takikomi Gohan. Takikomi Gohan ini merupakan nasi campur ala Jepang yang cukup populer dan mudah ditemukan di banyak restoran di Jepang.

Takikomi Gohan ini dibuat dari beras mentah yang diolah dengan berbagai bahan dan bumbu. Bumbu yang digunakan pun beragam, mulai dari mirin, dashi dan soy sauce. Sebagai pelengkapnya ada tambahan seafood, daging dan sayuran.

Uniknya, Takikomi Gohan ini dibuat dengan menggunakan bahan makanan sesuai musimnya. Misalnya saat musim semi, Takikomi Gohan dini dibuat dengan rebung, lalu pada saat musim panas, biasanya diberi tambahan ikan sungai Jepang.

5. Kamameshi

Kamameshi
id.japantravel.com

Jika Takikomi Gohan merupakan nasi campur ala Jepang, maka Kamameshi ini dikenal sebagai nasi liwet ala Jepang. Kamameshi juga menjadi salah satu sajian nasi khas Jepang yang tak kalah nikmat untuk kau coba. Nama “Kama” sendiri memiliki arti panci besi, hal ini karena kamameshi ini dimasak menggunakan panci besi.

Saat proses memasak kamameshi, nasi pada bagian dasarnya memang dibuat sedikit gosong hingga membuatnya memiliki aroma asap dan rasa yang enak. Nasinya diaduk bersama dengan bumbu gurih dan diberi bahan makanan lain diatasnya, seperti daging, ikan dan sayuran. Tak lupa juga diberi siraman kuah kaldu hangat yang membuatnya terasa makin nikmat. Tak heran jika banyak yang menyebut jika kamameshi ini merupakan nasi liwet ala Jepang.

6. Tamago Kake Gohan

Tamago Kake Gohan
asianinspirations.com.au

Hidangan nasi khas Jepang yang layak untuk kamu coba selanjutnya adalah Tamago Kake Gohan. Olahan nasi yang satu ini sebenarnya masuk dalam menu makan pagi modern yang mudah dibuat. Meskipun begitu, tamago kake gohan ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan tradisional.

Seporsi tamago kake gohan ini terdiri dari semangkok nasi panas dengan topping berupa telur mentah. Untuk bumbunya sendiri menggunakan soy sauce dan sedikit garam. Setelah itu semua bahan diaduk menjadi satu dengan sumpit. Telur mentah ini menghasilkan sensasi creamy dan gurih pada nasinya. Sajian yang memiliki nama lain Tamago Bukkake Meshi ini juga biasa diberi tambahan topping seperti nori, tsuyu, furikake dan mirin.

7. Ochazuke

Ochazuke
thespruceeats.com

Ochazuke juga masuk dalam daftar kuliner nasi khas Jepang yang tak hanya nikmat, tapi juga unik. Sesuai dengan namanya, sajian ini dinikmati dengan cara menuangkan teh panas dalam mangkok berisi nasi.

Teh panas ini dituang begitu saja dalam semangkok nasi atau bisa juga nasi diberi tambahan salmon, seafood, umeboshi, shisho, taburan biji wijen dan rumput laut. Teh yang digunakan pun cukup beragam. Namun, kebanyakan jenis teh yang digunakan adalah hijicha atau teh hijau. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya, kan?

8. Okayu

Okayu
pinterest.com

Hidangan nasi khas Jepang yang satu ini juga tak boleh untuk dilewatkan begitu saja saat kamu berlibur ke Negeri Sakura tersebut. Okayu ini merupakan sajian bubur nasi ala Jepang yang cukup terkenal.

Sajian ini memiliki tekstur yang berkuah dengan butiran beras yang masih utuh. Proses memasaknya pun cukup mudah, yaitu dengan cara memasak beras bersama air dan diberi sedikit garam. Okayu bisa dinikmati dengan cita rasa original atau bisa juga diberi tambahan potongan ubi manis dan umeboshi. Okayu lebih nikmat jika disantap saat hangat.

9. Kare Raisu

Kare Raisu
oyakata.com.pl

Kare Raisu atau yang dikenal dengan Nasi Kare ini juga masuk daam daftar sajian nasi khas Jepang yang paling nikmat. Nasi kare di Jepang ini berisikan potongan bawang Bombay, kentang, wortel dan daging dengan kuah kental yang berwarna kecokelatan. Kare khas Jepang ini memang cukup mudah dibuat sendiri di rumah, terlebih lagi sekarang sudah banyak tersedia bumbu kare siap pakai yang mudah diolah.

10. Sekihan

Makanan khas Jepang
nhk.or.jp

Hidangan nasi khas Jepang berikutnya adalah Sekihan. Mungkin nama sekihan masih terdengar cukup asing di telinga kita karena jarang ditemui di restoran Jepang yang ada di Indonesia.

Sekihan ini terbuat dari beras mochigome, yaitu semacam beras ketan yang biasa digunakan untuk membuat kue mocha. Sekihan ini kemudian diolah dari campuran beras, kacang azuki dan sedikit garam yang ditanak bersama dalam satu pot. Setelah matang, sajian ini kemudian disajikan dengan taburan wijen hitam.

11. Sushi

Sushi
fun-japan.jp

Jika berbicara soal hidangan nasi khas Jepang, belum lengkap jika tidak memasukkan sushi dalam daftarnya. Bahan utama untuk membuat sushi ini adalah nasi yang kemudian dicampur dengan cuka beras, garam dan gula dengan takaran yang pas sehingga menghadirkan nasi dengan cita rasa yang nikmat.

Nasi kemudian diolah menjadi berbagai varian sushi, seperti temaki, inarizushi, nigiri sushi, oshizushi, gunkan, chirashi, oshizushi dan uramaki.



Leave a Reply