Warung Makan Pi'an, Tempat Makan Legendaris Wajib Coba di Tegal!

kuliner di tegal

attalicious | Sightseeing
Tegal, Jawa Tengah, Indonesia | halal
15 Apr 2019


Warung Makan Pi'an, Tempat Makan Legendaris Wajib Coba di Tegal!
Berkunjung ke Tegal, tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas-nya. Menikmati nostalgia dalam sepiring Nasi Lengko di warung makan legendaris - Warma Pi'an.

Warung Makan Pi'an berlokasi di Jl. Kol. Sudiarto No. 25 Tegal atau berjarak sekitar 100 meter dari Stasiun Tegal. Warung makan ini merupakan tempat wajib untuk dikunjungi oleh perantau yang mudik ke Tegal atau pun para pemburu kuliner yang sedang berada di kota bahari ini. 



Warung makan legendaris ini memiliki interior yang kental dengan aura jadul alias oldies. Tanpa dekorasi vintage kekinian yang aneh-aneh, warung makan ini mengingatkan pada warung makan jaman SD dulu. Yang pasti, kesan hangat dan nostalgia bisa langsung terasa saat masuk ke warung ini. 








Ada empat menu makanan yang ditawarkan disini yaitu Soto, Sop, Nasi Lengko dan Sate Kambing. Tapi yang menjadi signature dish adalah Nasi Lengko. Mungkin belum banyak yang tahu, Nasi Lengko adalah nasi campur yang berisi tahu, tauge, timun, kucai, bawang goreng, remukan kerupuk mie kuning yang disiram dengan sambal kacang dan kecap diatasnya.

Kombinasi antara sayur mayur dengan krupuk mie yang kriuk berpadu dengan apik di mulut dengan sensasi rasa bawang putih dari saus kacang. Untuk memeriahkan Nasi Lengko, biasanya disajikan juga gorengan pendamping seperti mendoan atau tahu goreng balut tepung khas Tegal. 

 



Untuk menuntaskan rasa ngidam akan Sate Tegal, kami juga memesan setengah porsi Sate Kambing. Sate Kambing Tegal memiliki ciri khas yang membedakan dengan sate kambing lainnya. Satenya dibakar tanpa dibumbui kecap, sehingga sate terbakar sempurna tanpa efek gosong. Dagingnya empuk dan matang sempurna! Sate disajikan dalam piring berisi kecap untuk dicampur sendiri oleh pemesan. Tak lupa pelengkap semangkok kecil irisan tomat, bawang merah dan cabe uleg untuk rasa pedas. Syedaaappp! 



Ada yang unik disini untuk penyajian minuman. Selain menawarkan teh poci alias teh yang disajikan dalam poci tanah liat. Semua minuman panas disini menggunakan gula batu, dan bukan gula pasir. Baik teh panas, maupun jeruk panas menggunakan gula batu. Aku pun awalnya tak sadar kalau jeruk hangat yang aku pesan memakai gula batu. Sampai saat minumanku habis, terlihat gumpalan-gumpalan di dasar gelas yang ternyata adalah gula batu. 



Bicara harga? Relatif terjangkau kok. Walaupun menurut warga Tegal sendiri, harganya terbilang mahal. Sayangnya, tidak ada harga atau menu yang tertulis secara detil. Tapi sebagai gambaran, kemarin aku memesan dua porsi Nasi Lengko, setengah porsi Sate Kambing, satu gelas Jeruk hangat, merogoh kocek Rp56.000. Jadi, sila pikirkan sendiri mahal tidaknya.  

Buat para food hunter yang penasaran dengan cita rasa menu Nasi Lengko atau Sate Kambing atau menu lainnya di warung ini, cusss langsung datangi Warung Makan Pi'an yang buka setiap harinya. Happy hunting! 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY