Oleh Oleh Khas Brebes Wajib Kamu Bawa Pulang


Fida  September 21, 2023  0 Comment

Sedang berlibur di Brebes? Tidak ada salahnya jika kamu mencoba datang ke berbagai tempat wisata. Ragam wisata indah tentu menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga. Selain mengunjungi wisata, kamu juga dapat berburu oleh oleh khas Brebes. Tidak perlu bingung, berikut daftar oleh oleh yang wajib kamu bawa pulang.

Oleh Oleh Khas Brebes :

1. Ikan Bandeng

ikan bandeng
blulpmukp.id

Saat berkunjung ke Brebes, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu oleh oleh sebelum pulang. Ikan bandeng menjadi salah satu pilihan tepat untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh khas Brebes. Kamu dapat dengan mudah menjumpai pedagang ikan bandeng di sepanjang jalan maupun di pasar tradisional di Brebes.

Biasanya, ikan bandeng dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk dimasak dan diolah kembali menjadi hidangan lezat. Ikan dengan daging gurih ini tentu sayang untuk tidak kamu bawa pulang.

2. Kerupuk Tulang Bandeng

kerupuk tulang bandeng
liputan6.com

Jika ikan bandeng dipilih sebagai salah satu oleh oleh khas Brebes, maka produk olahannya juga tidak kalah menarik untuk kamu coba. Kerupuk tulang bandeng menjadi salah satu incaran oleh oleh favorit wisatawan. Beberapa dari kamu mungkin masih asing mendengar sebutan kerupuk tulang bandeng. Tetapi saat mencobanya, kamu akan dibuat ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

Sesuai dengan sebutannya, olahan bandeng yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa tulang ikan bandeng. Selain dikenal menawarkan rasa yang lezat, makanan yang satu ini juga dinilai tinggi kalsium sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Baca juga :  Oleh Oleh Khas Cikarang Kekinian yang Tahan Lama

Saat berada di Brebes, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai produk olahan bandeng yang satu ini. Biasanya, kerupuk ikan bandeng dijual dengan kemasan praktis dan menarik. Harga yang ditawarkan juga cukup beragam tergantung ukuran kemasan. Jika penasaran dan ingin mencobanya, kamu dapat langsung menuju ke berbagai pusat oleh-oleh di Brebes.

3. Abon Ikan Bandeng

abon ikan bandeng
portalbrebes.pikiran-rakyat.com

Selain kerupuk tulang bandeng, abon ikan bandeng juga menjadi olahan yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Jika dilihat sekilas, abon ikan bandeng tampak tidak berbeda dengan abon pada umumnya. Olahan bandeng yang satu ini biasa dijual dengan kemasan produk dan menarik sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk kamu bawa pulang.

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan rasa gurih serta tekstur yang khas. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, olahan bandeng yang satu ini juga biasa dipilih sebagai pelengkap lauk saat makan. Satu porsi nasi hangat dan abon ikan bandeng tentu menjadi perpaduan yang pas dan wajib kamu coba.

4. Bawang Merah

bawang merah
kompasiana.com

Saat melintas di jalanan kota Brebes, kamu tentu akan menjumpai banyaknya tanaman bawang merah. Kawasan ini dikenal sebagai penghasil bawang merah sehingga tidak heran jika kamu dapat dengan mudah menjumpainya. Tidak sedikit wisatawan yang datang dan berburu bawang merah sebagai salah satu oleh oleh khas Brebes.

Bawang merah khas Brebes dikenal memiliki kualitas super dan berbeda dengan bawang merah dari daerah lain. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan berburu bawang merah untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Tidak hanya kualitasnya yang dikenal bagus, bawang merah khas Brebes juga memiliki harga yang lebih terjangkau.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang Banyak Diburu Wisatawan

5. Bawang Goreng

bawang goreng
portalbrebes.pikiran-rakyat.com

Selain membawa bawang merah segar, kamu juga dapat membawa pulang produk olahannya yakni bawang goreng. Bawang goreng khas Brebes memiliki cita rasa gurih dan tekstur yang renyah. Selain itu, kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadikan olahan bawang goreng yang satu ini cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Biasanya, bawang goreng dipilih sebagai pelengkap saat makan. Cita rasa lezat dan aroma yang menggugah selera menjadikan bawang goreng khas Brebes wajib kamu bawa pulang.

6. Telur Asin Rasa Udang

telur asin rasa udang
portalmajalengka.pikiran-rakyat.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan telur asin rasa udang? Jenis telur asin yang satu ini menjadi rekomendasi oleh oleh khas Brebes yang menarik untuk kamu bawa pulang. Kamu dapat dengan mudah menjumpai jenis telur yang satu ini di berbagai toko atau pusat oleh-oleh di Brebes.

Sekilas proses pembuatan telur asin yang satu ini sama dengan telur asin pada umumnya. Hal yang membedakan adalah dari cara pemberian makan bebek atau itik yang diberi campuran tepung udang. Hal tersebut dipercaya dapat memperkuat rasa udang pada telur bebek.

7. Kerupuk Telur Asin

kerupuk telur asin
shopee.co.id

Tidak kalah unik dengan berbagai pilihan oleh-oleh khas Brebes lainnya, kerupuk telur asin juga menjadi salah satu yang wajib kamu bawa pulang. Kerupuk yang satu ini terbilang populer baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Tekstur renyah dengan cita rasa khas tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Jika dilihat dari tampilannya, kerupuk ini terlihat sangat cantik dengan bentuk bulat dan bagian tengah yang berwarna kuning. Cara pembuatan kerupuk telur asin adalah dengan mengiris tipis telur asin kemudian dijemur dan digoreng. Karena keunikannya, tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan ingin mencobanya.

Baca juga :  Oleh Oleh Khas Situbondo, Wajib Kamu Bawa Pulang!

Selain lezat, kerupuk telur asin juga dipercaya kaya akan protein dan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadikan oleh-oleh yang satu ini mudah untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga di rumah.

8. Oleh Oleh Khas Brebes : Kerupuk Rumput Laut

kerupuk rumput laut
tempatwisataseru.com

Pernahkah kamu mencoba olahan kerupuk yang dibuat menggunakan bahan utama rumput laut? Di Brebes, kamu dapat mencoba lezatnya kerupuk rumput laut. Kerupuk yang satu ini banyak diburu wisatawan sebagai oleh oleh khas Brebes untuk dibawa pulang.

Tidak hanya memiliki cita rasa lezat, kerupuk yang satu ini juga dikenal kaya akan vitamin dan mineral sehingga menyehatkan bagi tubuh. Jika ingin mencobanya, kamu dapat berburu kerupuk rumput laut di berbagai toko oleh oleh di Brebes.

9. Oleh Oleh Khas Brebes : Ketan Pencok

ketan pencok
portalbrebes.pikiran-rakyat.com

Ketan Pencok merupakan jajanan tradisional sekaligus oleh oleh khas Brebes yang wajib kamu bawa pulang. Oleh oleh yang satu ini banyak diminati baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Cita rasanya yang lezat menjadikan ketan pencok sayang kamu lewatkan.

10. Oleh Oleh Khas Brebes : Krispi Ikan Serinding

krispy ikan serinding
bukalapak.com

Saat berkunjung ke Brebes, olahan ikan serinding yang satu ini tentu menjadi jajanan yang wajib kamu bawa pulang. Sesuai dengan sebutannya, ikan serinding crispy memiliki tekstur yang renyah saat disantap. Kemasannya yang praktis juga menjadikan jajanan yang satu ini cocok dipilih sebagai oleh oleh.

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Itulah daftar rekomendasi oleh oleh khas Brebes yang populer dan wajib kamu bawa pulang. Setelah membaca rekomendasi oleh oleh dari GoTravelly, kira kira oleh oleh manakah yang paling menarik perhatianmu?



Leave a Reply