10 Kuliner Wajib Coba di Tasikmalaya Rasanya Nempel Di Lidah


Reni  October 7, 2019  0 Comment


Tasikmalaya adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kulinernya. Terdapat bandar udara yang diresmikan pada bulan Februari 2019 yang memudahkan anda yang ingin berwisata kuliner ke kota ini. Jika mengunjungi kota ini, jangan lupa mencicipi beberapa Kuliner Wajib Coba di Tasikmalaya. Berikut Rekomendasinya!


1. Bakso Laksana

Bakso Laksana
https://2.bp.blogspot.com


Warung bakso ini telah berdiri sejak tahun 1950 hingga saat ini dan merupakan satu-satunya alias tanpa cabang. Kuah bakso yang nikmat membuat anda melupakan lelahnya perjalanan menuju kota ini. Rasanya yang original dan otentik tidak dapat ditemukan di tempat bakso lainnya. Warung bakso ini selalu ramai pengunjung karena memang merupakan bakso terenak di Tasikmalaya.
Bagian dalam bakso berisi serat-serat daging. Mi yang digunakan adalah produksi sendiri sehingga memiliki rasa yang khas. Bagi anda penggemar bakso, tempat satu ini tidak boleh dilewatkan. Bakso ini telah banyak direkomendasikan oleh penikmat kuliner yang berkunjung ke Tasikmalaya.

Gotravelly

Ternyata Makan Bekicot Prancis (Escargots) Di Union, Lebih Enak Dari Daging Sapi Loh

Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?


2. Soto Tasik

 Soto Tasik
http://www.detaktangsel.com/


Soto tasik memiliki rasa yang unik dan menggigit karena diberi taburan merica yang cukup banyak dibagian atasnya. Bagi anda penyuka makanan pedas soto ini sangat cocok untuk dinikmati. Soto ini juga telah banyak dijual diberbagai daerah di Indonesia karena banyak peminat. Soto sangat nikmat dimakan saat masih panas. Di Tasik sangat mudah ditemui warung yang menjual soto khas ini.
Soto ini diberi tambahan toge dan kol layaknya soto pada umumnya. Serta tidak lupa suwiran ayam yang membuat soto semakin nikmat. Soto dapat dinikmati untuk sarapan, saat makan siang dan makan malam.


3. Nasi Cikur

Nasi Cikur


Nasi cikur adalah nasi goreng yang ditambah kencur muda sehingga memiliki aroma yang berbeda. Disebut nasi cikur karena adanya tambahan kencur. Kencur dalam bahasa Sunda disebut cikur. Tambahan kencur ini membuat tubuh menjadi hangat, jadi nasi cikur dapat anda jadikan menu sarapan dipagi hari yang dingin.
Satu porsi nasi cikur dilengkapi dengan tambahan gorengan, keripik, acar, ayam suwir dan lainnya. Nasi Cikur Ny.Iyen adalah salah satu penjual yang sangat terkenal. Tempat ini buka jam 6 pagi hingga jam 9 pagi.


4. Bubur Ayam Tasik

Bubur Ayam Tasik
www.pegipegi.com


Bubur ayam di Tasikmalaya sangat mudah ditemukan. Bubur umumnya sama dengan bubur daerah lain, namun disini bubur memiliki banyak topping. Topping ini membuat rasa bubur menjadi lebih enak untuk dinikmati. Topping yang ditambahkan adalah daging ayam suwir, hati ayam, cakwe, daun bawang dan lainnya. Harga bubur juga sangat terjangkau, sekitar 7 ribu hingga belasan ribu rupiah.
Bubur ayam H.Zenal adalah salah satu yang sangat laris di Tasik. Bubur legendaris ini telah berdiri sekitar tahun 1960, awalnya bubur dijual dengan menggunakan gerobak. Saat ini bubur ayam telah dijual di rumah H.Zenal dan usaha ini telah diteruskan oleh anaknya.


5. Sambal Gaong Khas Tasik

Sambal Gaong Khas Tasik
www.ikoma.co.id


Sambal adalah salah satu menu wajib yang banyak disukai orang. Sambal khas daerah Tasik adalah sambal gaong. Sambal ini dibuat dari cabai rawit, garam, kencur dan bawang putih. Semua bahan di haluskan lalu disiram dengan minyak panas. Sambal khas Tasik ini dapat dinikmati diberbagai tempat makan di kota ini.
Sambal dengan citarasa unik ini dapat dinikmati dengan tambahan makanan lain. Anda juga dapat menikmati cukup dengan tambahan nasi saja, rasanya sudah sangat enak


6. Kelontong

Kelontong


Kuliner Wajib Coba di Tasikmalaya selanjutnya Kelontong adalah cemilan berwarna coklat yang berbentuk lonjong. Cemilan ini banyak dijual sebagai oleh-oleh khas daerah Tasik. Bahan utama pembuatannya adalah beras ketan dengan rasa yang gurih dan renyah. Proses pembuatan kelontong sangat panjang, namun tentu saja rasa yang dihasilkan akan membuat anda ketagihan.
Kelontong juga bebas bahan pengawet sehingga sangat aman dimakan dalam jumlah banyak. Anda juga dapat menyajikan kelontong untuk menjamu tamu, sebagai cemilan dan dibawa piknik. Kelontong juga memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dibawa-bawa. Untuk membeli kelontong sangat mudah ditemui saat anda berkunjung ke Tasikmalaya.


7. Rengginang

rengginag enak
https://i2.wp.com



Rengginang sudah banyak dikenal sebagai oleh-oleh dari berbagai daerah di tanah air. Namun rengginang juga merupakan salah satu makanan khas daerah Tasikmalaya. Makanan ini juga terbuat dari beras ketan dan banyak disukai semua kalangan. Rengginang dijual dalam bentuk mentah dan yang sudah matang sehingga tinggal dinikmati saja.
Rengginang yang dijual terdapat beberapa jenis dengan rasa manis atau gurih. Ukuran cemilan ini mulai dari yang besar, sedang hingga yang kecil. Meski memiliki harga yang terjangkau, namun anda dapat membeli dengan harga lebih murah. Anda dapat membeli dengan jumlah kiloan dibanding langsung dikemasan. Selain itu membeli kiloan juga dapat rengginang lebih banyak.


8. Kupat Tahu

tahu kupat enak
https://media.travelingyuk.com


Kupat tahu banyak dimakan untuk sarapan di Tasikmalaya. Makanan ini dapat disajikan dengan lontong, toge dan tahu yang disiram kuah kacang. Kerupuk ditambahkan diatasnya untuk melengkapi kupat tahu. Kuliner yang mirip gado-gado ini dapat ditambahkan kecap dan sambal agar lebih pedas. Makanan khas Tasik ini juga banyak dijual di daerah lain seperti Bandung.
Kupat tahu khas Tasik disebut kupat tahu khas Singaparna. Hal ini karena banyak pedagang kupat tahu yang berasal dari daerah Singaparna. Selain itu kupat tahu juga dapat ditambah petis agar rasanya lebih enak. Kupat tahu petis bumbu ulek yang terkenal terdapat di Jl.Purwakarta. Tempatnya sangat ramai dikunjungi para pembeli yang rela mengantri untuk menikmati kupat tahu petis ini.


9. Nasi TO (Tutug Oncom)

Tutug Oncom
www.reservasiku.com


Tutug oncom berarti nasi dari oncom yang ditutug, atau memiliki arti diketuk dan dicampur. Nasi ini sangat pas disajikan dengan sambal khas Tasikmalaya, yaitu sambal goang. Selain itu dapat pula diganti dengan sambal bajak. Sambal ini tak kalah enak dengan tambahan kemiri.
Nasi putih ditambahkan oncom yang telah dibumbui. Oncom ini ditambahkan kencur, garam dan jahe sehingga memiliki rasa yang khas. Penyajian nasi dilengkapi dengan berbagai lalapan, gorengan dan sambal. Tambahan tersebut berupa kerupuk, bala-bala, tempe goreng, tahu goreng dan lainnya.


10. Ladu

Ladu tasikmalaya
https://lh3.googleusercontent.com


Ladu adalah makanan khas Tasikmalaya yang dapat digunakan untuk menjamu tamu saat lebaran tiba. Makanan yang cocok digunakan untuk oleh-oleh ini terbuat daro beras ketan hitam atau beras ketan putih. Saat berkunjung ke Tasik, anda akan menemui banyak pedagang yang menjual ladu dikanan kiri jalan. Bahkan anda juga dapat membeli ladu secara online jika tidak sempat ke Tasik.


Ladu banyak disukai dan memiliki harga yang murah sehingga anda dapat membeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh. Cemilan khas Tasik ini dijual juga di berbagai daerah lain di Indonesia, namun dengan nama yang berbeda.


Tasikmalaya memiliki banyak lagi makanan khas lainnya. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian. 10 makanan diatas setidaknya masuk dalam daftar kuliner wajib coba di Tasikmalaya. Atau anda dapat membeli beberapa kuliner sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah.



Leave a Reply