134 views | 0 Likes

Ayam Bakar Wong Solo: Ayam Bakar Legendaris Khas Jawa Tengah

0 star (from 0 people)
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Category: halal

Posted on 02 November 2019, 11:00:00

Ayam Bakar Wong Solo ini menjadi kuliner legendaris Khas Jawa Tengah, dan kini sudah banyak sekali cabang Ayam Bakar Wong solo!

Culinary Detail

Setelah nyobain Cheese Bubble Tea kekinian di Kini, saatnya cari makanan berat nih guys. Kebetulan pas jam makan malam juga, aku pun iseng cari ada kuliner apa yang terdekat dari Kini Cheese Bubble Tea ini dan ketemulah sama Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo yang lokasinya hanya beberapa meter aja dari tenant nya Kini.

Kalian pecinta ayam bakar pasti udah familiar sama kuliner yang satu ini. Yup, restoran ayam bakar legendaris ini udah punya banyak cabang di berbagai kota di Indonesia, bahkan katanya cabangnya udah sampe Malaysia dan Singapore lho. Tapi ngga tau lagi deh, aku belum pernah nyobain yang di Malaysia ataupun Singapore.

Anyway, Restoran Ayam Bakar Wong Solo yang kemaren aku kunjungi lokasinya di Jalan Letjen Suprapto no 71, Waru, Sidoarjo. Lokasinya mudah ditemukan kok guys, ada di pinggir jalan besar dan didepan area pabrik. Di depannya juga ada tulisannya gede banget, jadi gampang dilihat.

ayam bakar wong solo

Restoran ini punya dua lantai plus area parkir yang cukup luas. Kalo bawa mobil mungkin muat sekitar 4 sampe 5 mobil. Selain itu, restoran ini juga punya dua lantai dimana lantai satu tempat makan dengan meja dan kursi sementara di lantai dua khusus untuk lesehan. Keduanya sama-sama luas. Ohya, di lantai dua ini juga ada ruangan khusus yang bisa dipesan untuk acara spesial.

ayam bakar wong soloLantai 1

Karena pengen lebih santai, akhirnya aku dan temenku memilih untuk duduk di lantai dua. Ohya, setiap lantai udah dilengkapi dengan westafel buat cuci tangan. Jadi ngga perlu naik turun untuk cuci tangan guys. Tempatnya sih nyaman menurutku, meskipun ngga ada AC tapi ngga terasa panas juga. Mungkin karena pengunjungnya ngga terlalu banyak juga, jadi terasa lebih lapang dan lega.

ayam bakar wong soloLantai 2

Saat udah dapet tempat duduk, pelayannya pun mendatangi kami dan memberikan buku menunya. Setelah pilih-pilih menu, mbaknya pun langsung mencatat pesanan kami. Kami memesan dua porsi ayam bakar, tumis kangkung dan 2 es teh. Ngga berapa lama pun pesanan kami datang.

         ayam bakar wong soloayam bakar wong solo



      ayam bakar wong soloayam bakar wong solo

Ayam bakar yang kami pesan ini udah sepaket ya guys. Jadi udah include nasi, ayam bakar yang pake ayam kampung, terong, tahu, bihun, sambal goreng dan sambal korek yang dipisah dalam piring kecil.

ayam bakar wong solo

Ukuran ayamnya sih standart guys, ngga gede juga ngga kecil banget. Standart ayam kampung pada umumnya. Cukupan lah kalo buat aku. Bumbu ayamnya enak banget, rasanya gurih dan dagingnya lembut banget. Tulang ayamnya juga lunak guys. Untuk sambalnya juga enak banget, agak manis tapi juga masih berasa pedesnya. Tipikal sambal khas Jawa Tengah gitu. Cocok banget kalo dimakan pake nasi putihnya dan ayam bakarnya.

ayam bakar wong soloAyam Bakar Nasi Biasa (Rp 24.000,-)

Pesenan temenku sih sama aja guys, tapi dia pesen pake nasi uduk. Untuk komposisi lauk pauknya sih sama, bedanya cuma di nasi aja. Dia pilih nasi uduk dan iseng nyobain ternyata enak juga guys. Nasinya pulen dan rasanya gurih. Gurihnya pas banget apalagi kalo dicampur pake sambal koreknya yang super pedes ini.

ayam bakar wong soloNasi Bakar Nasi Uduk (Rp 28.000,-)

Ohya, buat tumis kangkungnya juga ngga kalah enak guys. Porsinya cukupan, ngga terlalu banyak dan daun kangkungnya masih berasa krenyes-krenyes alias masih segar.

ayam bakar wong soloTumis Kangkung (Rp 17.000,-)

Overall, selama makan di Ayam Bakar Wong Solo ini aku ngga pernah kecewa sih. Harganya juga masih masuk akal dan rasanya enak banget. Pelayanannya juga oke dan tempatnya pun nyaman. 

Nah, kalian yang belum pernah cobain, ayam bakar ini rekomended banget pokoknya. Yuk cobain sekarang!

Opening Hours

Setiap hari 09.00 - 22.00

Gallery (11)

Comments (0)