10 Makanan Khas Indonesia Dalam Film Aruna dan Lidahnya


sisil angelin  October 4, 2018  2 Comments

Film Aruna dan Lidahnya ini memang mencuri perhatian penonton tanah air. Film Aruna dan Lidahnya ini tayang perdana pada tanggal 27 September 2018. Film ini menceritakan tentang pertualangan Aruna dengan beberapa temannya yang datang ke empat daerah diantaranya Pontianak, Singkawang, Surabaya, dan Pamekasan.

Film ini menonjolkan beberapa kuliner lokal, yang membuat penonton bernafsu makan dan selain kuliner di Film Aruna dan Lidahnya ini juga menceritakan Aruna dan teman-temannya menyelidiki kasus wabah flu burung.

Film ini di mainkan oleh beberapa aktor dan aktris yang tidak diragukan lagi ditanah air dengan kelihaiannya memainkan peran. Aktor dan aktris yang memainkan film ini adalah Dian Satrowardoyo, Nicholas Saputra, Hanna Al Rashid, dan Oka Antara. Mau tau kuliner apa saya yang di tampilkan di Film Aruna dan Lidahnya? Nah berikut Makanan Khas Indonesia dalam Film Aruna dan Lidahnya

1. Kacang Kuah

Kacang Kuah

Travelingyuk.com

Kacang Kuah yang satu ini memang sudah terkenal sekali di Kota Surabaya. Untuk menemukan Kacang Kuah ini cukup mudah anda bisa menemukan makanan yang satu ini saat pagi ataupun malam hari.

Untuk kamu yang belum tau Kacang Kuah sebenarnya terdiri dari Kacang tanah, Kacang hijau, tahwa/kembang tahu putih yang disiram dengan kuah yang terdiri dari Santan kental dan jahe. Untuk menyantap satu mangkuk Kacang Kuah ini biasanya dimakan bersama Cakwe goreng, Yang pastinya kan membuat semangkuk Kacang Kuah ini terasa sempurna.

Paket wisata murah

Vihara Avalokitesvara, Wisata Religi Penuh Toleransi

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

2. Rawon

Rawon

unileverfoodsolutions.co.id

Masih di Kota Surabaya rawon juga menjadi pilihan untuk dijadikan makanan di Film Aruna dan Lidahnya. Rawon pada film itu di santap dengan teman-temannya dengan lahap dan terlihat lezat guys. Siapa sih yang gak pernah makan Rawon? pasti kalian sudah pernah donk makan 1 porsi Rawon yang memiliki cita rasa lezat! bikin siapapun lahap…Nah jika kamu lagi berada di Kota Surabaya biasanya seporsi Rawon ini akan disantap dengan telur asin yang mengangkat cita rasa rawon terasa lebih menendang dilidah guys. Kebayang donk gimana ngilernya penonton saat lihat Aruna dan kawan-kawannya memakan rawon ini?

3. Rujak Soto

Rujak Soto

IndonesiaKaya.com

Saat di Film Aruna dan Lidahnya saat itu mereka juga makan Rujak Soto saat berada di Kota Suarabaya, tetapi sebenarnya Rujak Soto ini adalah hidangan Banyuwangi. Saat difilm itu Aruna mencicipi makanan Rujak Soto, saat itu arjuna tidak begitu menyukai rasanya.
Memang untuk siapapun pertama yang mencoba Rujak Soto terasa aneh dan unik.. karena Rujak soto ini sebenarnya adalah Nasi yang diberi sayuran lalu diberi bumbu kacang lalu disiram dengan kuah soto, dengan beberapa potongan Cingur. Unik banget kan guys makanan yang satu ini rujak di campur dengan soto…sebenarnya kalo lidah orang Jawa timur sudah cocok dan suka sekali dengan makanan yang satu ini. tertarik untuk mencobanya? kalian bisa mencari makanan yang satu ini didaerah Jawa Timur.

4. Soto Lamongan

Soto Lamongan

idntimes.com

Soto Lamongan ini memang sudah terkenal banget di Indonesia terutama pulau Jawa. Soto Lamongan ini terkenal dengan kuahnya yang lezat. Satu mangkuk Soto Lamongan ini terdiri dari nasi putih, ayam suwir-suwir, bubuk koya, dan pastinya di siram dengan kuah soto lamongan yang mantap!

5. Campor Lorjuk

Campor Lorjuk

pelancongberjilbab.blogspot.com

Setelah mencari Kuliner di Kota Suarabaya akhirnya mereka ke Pamekasan Madura. Saat pertama di Madura mereka menyantap satu makanan khas Madura yaitu Campor Lorjuk. Mungkin sekilas semangkuk Campor Lorjuk ini mirip dengan Soto. Untuk kamu yang belum tau Campor Lorjuk itu sebenarnya terdiri dari Lontong, Soun, Kacang, Petek, Tauge, Daging Lorjuk, dan kuanya yang dicampur dengan beberapa rempah+petis. emm… kebanyang donk gimana rasanya? Campor Lorjuk sangat nikmati jika dimakan saat hangat.

6. Pengkang

Pengkang

food.detik.com

menyeberang ke seberang Pulau Jawa, Saat itu Aruna dan teman-temannya mencoba salah satu makanan khas Pontianak (Kalimantan Barat). Pengkang ini memang sekilas mirip dengan Lemper, karena Pengkang sendiri terdiri dari ketan yang dibungkus di daun pisang lalu dibakar. untuk isi dari Pengkang ini biasanya lobak asin dan ebi. jika berkunjung ke Ponto pastikan sudah mencoba Pengkang karena rasa dari makanan ini sangat lezat, ditambah lagi aroma daun pisang yang dibakar ini akan membuat siapapun bernafsu untuk memakan Pekang.

7. Nasi Goreng Pontianak

Nasi Goreng Pontianak

Belazipper.blogspot.com

Makanan yang satu ini adalah makanan yang paling menonjol di Film Aruna dan Lidahnya karena saat di film itu mereka investigasi wabah dan mencari resep nasi goreng buatan pembantu rumah tangganya yang lezat. Kebetulan pembantunya itu orang Pontianak jadi akhirnya mereka mendapatkan asal dari resep nasi goreng enak yang dibuat pembantunya.
Hal ini membuat penonton penasaran dengan perbedaaan nasi goreng daerah lainnya dengan nasi goreng Pontianak guys. Nasi goreng memang dari photonya saja sudah menarik, apalagi rasanya pastinya enak banget donk?

8. Choi Pan

Choi Pan

PergiKuliner.com

Saat di Singkawang (Kalimantan Barat) mereka mencoba Choi Pan yaitu kue khas Kalimantan Barat, yang terdiri dari tepung beras, bengkoang, talas, yang di kukus lalu di siram dengan minyak bawang putih goreng. membuat satu gigitan terasa sempurna. Choi Pan ini memang membuat siapa pun ketagihan dengan cita rasanya yang lezat… Choi pan sendiri memiliki ukuran yang kecil, jadi 1 Cho pan tidak cukup guys!

9. Mie Loncat Singkawang

Mie Loncat Singkawang

satyawinnie.com

Kuliner yang satu ini memang sudah terkenal sekali di daerah Kalimantan Barat karena kelezatannya. Kenapa diberi nama Mie Loncat? karena saat memasaknya biasanya penjualnya akan melempar mie ini tinggi-tinggi dan menangkapnya dengan saringan mie. makanya di beri nama mie loncat. katanya sih dengan cara meniriskan mie begini akan membuat mie ini tidak lengket dan mudah dimakan.

10. Mie Kepiting Singkawang

Mie Kepiting Singkawang

KonsumenReview.com

Mie Kepiting Singkawang ini memang dari tampilannya saja membuat penonton merasa lapar dan ingin mencicipinnya…apalagi saat Aruna menggit dagng kepiting yang tebal dan terlihat lezat… Pokoknya mie kepiting singkawang ini enak banget…Saat berkunjung ke Singkawang pastiin kamu sudah cobain Mie Kepiting Singkawang.

Gimana guys Kuliner yang ada di Film Aruna dan Lidahnya enak-enak banget kan? dari pada penasaran buruan nonton Film Aruna dan Lidahnya… dijamin kalian pasti ngiler!!! Banggalah menjadi warga Indonesia, karena kuliner indonesia dan budaya indonesia yang beranekaragam  membuat hidupmu berwarna!!! Yuk ikutin petualangan Aruna dan Lidahnya, dengan cara kalian ajak temen-temen kamu untuk menjelajahi indahnya Wisata di Indonesia sambil menikmati beberapa Kuliner yang ada di beberapa daerah yang kamu Kunjungi. Selamat mencoba!!!



Leave a Reply

2 Comments
  1. febridwicahya says:

    Rujaaaak Sotoooo 😀

    Waktu ke Banyuwangi, saya mau nyicipin ini, tapi agak ragu karena merasa gimana gitu kalau soto sama rujak disatuin. Tapi mungkin suatu saat nanti, saya akan mencobanya 😀