10 Kuliner Legendaris di Padang Sajikan Citarasa Tak Pernah Berubah


Reni  December 10, 2019  0 Comment



Jika Anda menginginkan makanan dengan rempah-rempah yang melimpah, Anda tidak perlu pergi ke India. Indonesia memiliki Padang dengan segala rempah-rempah khas Indonesia. Dijamin, ketika Anda mencicipi kuliner legendaris di Padang, Anda akan menginginkan untuk kembali lagi dan mencicipi lebih banyak masakan Padang.


Sebagai informasi, kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatra. Kota Padang sendiri telah lama digunakan sebagai pelabuhan utama dalam perdagangan bumbu. Hal ini didukung oleh letak kota Padang sebagai gerbang utama di sebelah barat Indonesia dari Samudra Hindia. Oleh karena itu, tidak heran apabila Anda akan menemukan beragam bumbu yang kemudian digunakan salam masakan Padang. Untuk itulah hampir seluruh masakan Padang memiliki ciri khas yang beragam, rasa yang kaya, dan kuah yang kental.


Jika Anda ingin melakukan jelajah kuliner di kota Padang namun tidak tahu harus mulai darimana, jangan khawatir. Kami akan membantu Anda dengan memberikan

Daftar kuliner legendaris yang ada di kota Padang


1. Nasi Kapau Uni Lis

Nasi Kapau Uni Lis
instagram.com/tantemobi


Yang pertama yang harus Anda kunjungi dalam jelajah kuliner kali ini adalah Nasi Kapau Uni Lis yang terletak di Bukittinggi. Ada yang bilang, Anda belum ke Bukittinggi apabila Anda belum mencicipi Nasi Kapau. Banyak sekali Nasi Kapau yang dijajakan di Bukittinggi. Namun yang terkenal adalah tak lain tak bukan, Nasi Kapau Uni Lis.
Yang membuat Nasi Kapau Uni Lis menjadi salah satu masakan legendaris adalah keahlian Uni Lis dalam menciptakan masakan legendaris ini lebih dari 29 tahun lamanya. Selain itu, terdapat juga Usus Tambusu yaitu usus sapi yang berisi telur dan tahu. Makanan ini harus Anda coba bila Anda datang ke Nasi Kapau Uni Lis.

Gotravelly

Nostalgia Kuliner Tradisional Jawa Yang Lezat Di Sar Londho, Milenial Wajib Coba!

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar


2. Ikan Bakar Djoni/Kun

 Ikan Bakar Djoni/Kun
instagram.com/naning91


Setelah Nasi Kapau Uni Lis, Anda juga patut mencoba Ikan Bakar Djoni/Kun. Meskipun tempat makannya terbilang kecil dan sempit, rasa masakan yang ditawarkan disini tidak kalah enaknya dengan restoran-restoran mewah. Salah satu alasan mengapa Ikan Bakar Djoni/Kun ini menjadi idaman warga kota Padang adalah karena kesegaran hidangan laut yang disajikan.
Selain itu, Ikan Bakar Djoni/Kun ini menggunakan saus yang berbahan utama santan. Sehingga, ketika saus santan tersebut dipadu-padankan dengan hidangan laut, akan menghasilkan cita rasa yang sempurna. Hidangan laut yang disajikan oleh Ikan Bakar Djoni/Kun ini sangat beraneka ragam mulai dari ikan pari dan udang hingga ikan segar dan cumi-cumi. Harga yang ditawarkan pun tidak menguras kantong Anda.


3. Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai

Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai
instagram.com/yanthi50


Jika Anda adalah penggemar hidangan bebek, maka datang ke Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai adalah sebuah keharusan. Kedai kecil ini terletak di sebelah pintu masuk Ngarai Sianok dan telah menjual berbagai macam hidangan dari Sumatra Barat. Hidangan andalan mereka adalah Gulai Itiak Lado Mudo yang pedasnya terjamin bagi penggemar makanan pedas.
Kedai makanan ini pun menjadi sangat populer dan sering masuk pada daftar kedai makanan yang harus dikunjungi oleh para pencinta makanan. Rahasia dari kenikmatan Gulai Itiak Lado Mudo ini terletak pada penggunaan bebek yang diternak dengan menggunakan metode free-range. Tidak hanya itu, namun pengolahan daging bebek tersebut selama semalaman di atas tungku tradisional menjadikan masakan ini menjadi semakin lezat.


4. Pauh Piaman

Pauh Piaman
instagram.com/briandsumito


Selain Ikan Bakar Djoni/Kun, Anda juga dapat mencicipi gulai kari ikan yang paling populer di kota Padang, yakni Pauh Piaman. Pauh Piaman adalah tempat dimana Anda dapat mencicipi rasa autentik dari rempah-rempah Padang dalam bentuk gulai ikan. Jika Anda adalah penggemar hidangan laut, maka Anda harus mencicipi gulai ikan Pauh Piaman ini.
Tidak hanya gulai ikan, namun Pauh Piaman juga menyajikan menu masakan Padang atau biasa dikenal dengan sebutan Nasi Padang. Sesuai dengan penyajiannya, Anda akan dihadapkan pada beberapa piring kecil yang berisi lauk pauk, sambal, serta sayuran. Namun tentu saja, makanan andalan mereka adalah Gulai Ikan yang dibuat dengan ikan dengan daging yang lembut serta kuah kental berwarna kuning yang akan membuat Anda ketagihan.


5. Sate Danguang-Danguang

 Sate Danguang-Danguang
instagram.com/azlin_rs


Beralih ke hidangan daging, Sate Danguang-Danguang merupakan kuliner legendaris di Padang berikutnya yang harus Anda cicipi. Perlu digarisbawahi bahwa tidak sulit bagi Anda untuk menemukan penjual sate di kota Padang. Kenyataannya, banyak sekali pedagang yang menjajakan sate Padang di jalanan. Namun, jika Anda ingin mencicipi sate legendaris di kota Padang, maka Anda harus berkunjung kesini.
Aroma dari sate daging sudah akan tercium jauh sebelum Anda sampai di kedainya. Kombinasi lezat antara daging yang empuk serta saus kacanglah yang membuat banyak orang terus-menerus datang ke kedai ini sejak 1995. Tidak heran apabila kedai sate ini merupakan kuliner yang legendaris di kota Padang.


6. Martabak Kubang Hayuda

 Martabak Kubang Hayuda
instagram.com/arioarifin


Setelah menikmati berbagai macam makanan utama, mungkin Anda menginginkan sebuah camilan lezat. Anda dapat membeli martabak sebagai pilihan camilan Anda. Tapi, dimana Anda dapat membeli martabak yang enak di kota Padang?
Salah satu kedai martabak yang terkenal di kota Padang adalah Martabak Kubang Hayuda. Martabak ini digadang-gadang adalah kedai pertama yang mempelopori adanya Martabak Kumbang atau martabak yang diisi dengan potongan daging. Banyak yang mengatakan bahwa Martabak Kubang Hayuda adalah martabak yang paling enak.


7. Soto Garuda

Soto Garuda
instagram.com/inindonesiaku


Ingin yang segar-segar? Anda dapat mengunjungi Restoran Soto Garuda yang sudah beroperasi selama 42 tahun. Masakan andalan mereka adalah soto daging dimana kuah soto tersebut dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah. Menggunakan resep rahasia turun-temurun, Restoran Soto Garuda ini dapat menyajikan soto daging yang begitu lezat dan menyegarkan. Anda juga dapat memakan soto ini bersamaan dengan paru sapi goreng yang akan menambah rasa kenikmatannya.


8. Es Durian Ganti Nan Lamo

 Es Durian Ganti Nan Lamo
instagram.com/dita2504


Setelah makan soto yang panas, sekarang saatnya Anda mencicipi es durian yang tidak ada duanya. Es Durian Ganti Nan Lamo telah beroperasi selama kurang lebih 58 tahun dan telah regenerasi sebanyak tiga kali. Hal itu menandakan bahwa kedai es ini sungguh diminati banyak orang menilik mereka sudah regenerasi tiga kali dan memiliki pelanggan yang super banyak. MenuMenu es andalan mereka adalah Es Durian. Mereka hanya menggunakan durian terbaik dari Sumatra Selatan. Untuk itulah rasa Es Durian ini tidak pernah terkalahkan.


9. Los Lambuang

 Los Lambuang
instagram.com/r10r


Jika Anda ingin memilih sendiri masakan apa yang ingin Anda makan, maka Anda dapat menuju ke Los Lambuang. Los Lambuang memiliki arti sebagai tempat untuk memenuhi perut lapar Anda. Jalanan kecil di Los Lambuang dipenuhi oleh banyak kedai Nasi Kapau. Selain Nasi Kapau, Anda juga akan menemukan banyak sekali makanan lokal seperti Katupek Pecel, Pisang Kapik, Ampiang Dadiah, Lamang Tapai, dan masih banyak lagi.


10. Ongkrongan Turagari

masakan legendaris di padang
instagram.com/wisatakuliner.padang


Hal yang paling dinantikan oleh sebagian besar orang ketika menjelajah kuliner adalah berburu makanan di larut malam. Untuk hidangan larut malam, Anda dapat mencicipi lontong milik Ongkrongan Turagari yang juga menjadi kuliner legendaris di Padang. Anda dapat dengan mudah menemukan kedai ini dari kelompok orang yang mengantre untuk mencicipi hidangan lontong. Anda dapat memakan lontong tersebut dengan berbagai macam kari seperti kari pakis, kari nangka muda, dan masih banyak lagi.



Leave a Reply