7 Rekomendasi Bakmi Jawa Enak di Jogja


Altesa  August 25, 2022  0 Comment

Daerah Istimewa Yogyakarta menyimpan sejuta pesonanya, mulai dari budaya, wisata hingga kulinernya. Tak heran jika Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang banyak dikunjungi masyarakat sebagai jujugan saat ingin berlibur. Wisatawan yang berlibur kesana biasanya menyukai daerah ini karena memiliki suasana yang berbeda dari pada daerah lainnya. Saat ini di Yogyakarta juga memiliki berbagai wisata dan kuliner baru yang bermunculan. Namun, tidak semua wisata dan kuliner bisa bertahan lama dan tetap ramai dikunjungi. Beberapa wisata dan kuliner terpaksa gulung tikar jika usaha yang mereka miliki tidak bisa bersaing dengan usaha lainnya. Kuliner di Jogja pun banyak bermunculan dan tidak bisa bertahan apalagi saat situasi pandemi dari tahun 2020 kemarin. Hanya kuliner yang memiliki cita rasa autentik yang bisa bertahan lama. Salah satu makanan Jogja yang terkenal dan banyak digemari selain gudeg adalah bakmi jawa enak di jogja. Bakmi jawa jogja terkenal dengan rasa bakmi yang khas dan enak, tak heran jika makanan satu ini banyak digemari baik oleh masyarakat jogja maupun wisatawan.

Sama seperti usaha kuliner lainnya, jika tidak memiliki rasa yang autentik usaha kuliner tidak akan bisa bertahan. Banyak sekali warung bakmi jawa enak di jogja namun, yang memiliki rasa yang khas dan enak akan selalu menjadi favorit bagi msyarakat lokal maupun wisatawan. Nah, kali ini gotravelly akan memberikan kamu beberapa list bakmi jawa yang selain enak tapi juga autentik. Beberapa bami jawa enak di jogja ini juga sudah melegenda lho. Berikut adalah 7 rekomendasi bakmi jawa enak di Jogja;

1. Bakmi Jawa Pak Pele

Bakmi Jawa Pak Pele
jejakpiknik.com

Bakmi jawa Pak Pele merupakan salah satu bakmie enak di joja yang wajib kamu coba. Meskipun tempat maknnya sederhana namun orang – orang sampai rela menunggu ber jam – jam untuk bisa menikmati makanan bakmi Pak Pele. Warung bakmi jawa Pak Pele letaknya sangat strategis dan mudah ditemukan. Berlokasi di area Alun – Alun Utara Jogja tepatnya di dekat area SD Keputran Jogja Alun-alun. Saking ramainya pelanggan banya duduk lesehan di area sekolah dasar bahkan hingga di depan kelas sekolah. Bakmi jawa enak di jogja ini buka dari pukul set enam sore hingga jam sebelas malam. Menu yang ditawarkan di warung bakmie jawa Pak Pele tidak hanya bakmi jawa, ada juga nasi goreng, bakmie jawa nyemek dan masi banyak lagi. Uniknya adalah meskipun pelanggannya banyak sekali dan silih berganti bapak yang mencatat pesanan akan selalu ingat siapa yang memesan makanan tersebut bahkan jika pindah tempat duduk.

Gotravelly

Menyusuri Kawasan Slasar Malioboro, Keren Ternyata!

Mamahke Jogja: Cafe Cozy Ala Keraton Di Tengah Kota Jogja

2. Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa Mbah Gito
kumparan.com

Bakmi jawa mbah gito merupakan bakmi jawa enak di Jogja selanjutnya. Bakmi jawa mbah mo selain terkenal dengan rasanya yang enak namun juga terkenal dengan warung makannya yang memiliki suasana kental jaman dahulu. Berbeda dari bakmi jawa Pak Pele yang mudah ditemuakn dan terletak di lokasi strategis, bakmi jawa Mbah Gito kamu harus agak blusukan untuk bisa menemukannya. Berlokasi di Jalan Nyi Ageng Nis 9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Warung Mbah Gito ini buka setiap hari dari jam sebelas siang hingga jam sebelas malam. Bakmi jawa Mbah Gito merupakan salah satu warung bakmi jawa legendaris yang buka dari pagi hari. Biasanya warung bakmi jawa baru buka dari sore hari, Jika kamu berwisata ke Jogja dan ingin mencicipi bakmi jawa namun waktu kamu terbatas tidak sampai malam hari, bakmi jawa Mbah Gito ini bisa kamu jadikan pilihan yang tepat lho. Harga makanan disini juga termasuk murah mulai dari 20 ribu kamu sudah bisa menikmati bakmi legendaris ini.

3. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo
jejakpiknik.com

Bakmi jawa Mbah Mo merupakan salah satu bakmi jawa enak di jogja yang juga tidak pernah sepi pengunjung. Bakmi jawa Mbah Mo terletak di  Jalan Parangtritis KM11, Dusun Code, Trienggo, Bantul, Yogyakarta. Berbeda dari kedua rekomendasi bakmi jawa enak di jogja kita sebelumnya bakmi satu ini letaknya ada di pinggiran kota. Namun meski letaknya dipinggiran kota, bakmi jawa Mbah Mo ini tetap ramai pengunjung dari berbagai wilayah. Warung ini buka setiap hari dari jam lima sore sampai sebelas malam.

Bakmi jawa enak di Jogja satu ini sudah berdiri sejjak tajun 1986. Wah berarti sudah berumur 36 tahun nih sejak berdirinya. Saat ini bakmi jawa Mbah Mo sudah ada di generasi kedua. Saat ini bakmi jawa Mbah Mo dikelola oleh Bu Jiah yang merupakan anak pertama dari Mbah Mo. Menurut Bu Jiah dulunya Mbah Mo sempat ragu untuk berjualan bakmi karena wilayah warung saat ini masi merupakan kebun yang dipenuhi pohon – pohon tinggi, namun seiring berjalannya waktu warung bakmi jawa Mbah Mo semakin ramai. Hal ini di karenakan tak lepas dari peran suami Bu Jiah yang membantu mempromosikan warung bakmi jawa Mbah Mo saat melakukan sosialisasi sebagai pegawai BKKBN.

4. Bakmi Jawa Kadin Mbah Hj. Karto

Bakmi Jawa Kadin Mbah Hj. Karto
jejakpiknik.com

Bakmi jawa enak di Jogja selanjutnya adalah Bakmi Jawa Kadin Mbah Hj. Karto. Bakmi jawa Kadin Mbah Hj. Karto sudah melegenda sekali. Bakmi jawa enak satu ini berlokasi di Jalan Bintaran Kidul No 6, Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta. Uniknya nama Kadin ini sebenarnya dalah singkatan dari nama pemiliknya yaitu Karto Kasidin. Bakmi jawa satu ini sudah berdiri dari tahun 1947 lho. Meskipun sudah berdiri sejak lama, rasa dari bakmi jawa di bakmi jawa Kadin ini masih memiliki cita rasa enak yang konsisten. Wah untuk kamu yang ingin mencoba kuliner bakmi jawa yang benar – benar autentik dari lama mungkin bakmi jawa ini wajib banget masuk list kuliner kamu.

Bakmmi jawa enak di Jogja satu ini di masak satu persatu sesuai dengan pesanan. Dimasak menggunakan anglo dan arang membuat rasa bakmi jawa Kadin ini memiliki cita rasa yang khas. Selain menu bakmi jawa nya yang terkenal enak, warung bakmi jawa Kadin juga memiliki menu andalan lain yang wajib dicoba yaitu Bajigurnya.

5. Bakmi Jawa Mbah Noto

Bakmi Jawa Mbah Noto
visitingjogja.jogjaprov.go.id

Bakmi jawa enak di Jogja yang ke lima adalah bakmi jawa Mbah Noto. Bakmi Jawa Mbah noto berlokasi di jalan Jogja – wonosari, Logandeng, Playen, Gunungkidul. Warung bakmi jawa Mbah Noto diklaim sebagaai salah satu warung bakmi jawa pertama di Gunungkidul. Awalnya Mbah Noto berjualan bakmi jawa di dekat tugu Jogja pada tahun 1970, namun pada tahun 1975 Mbah Noto pindah ke Gunung Kidul.

Meskipun warung bakmi jawa Mbah Noto ini sederhana namun pengunjungnya bisa mencapai ratusan orang, apalagi jika musim liburan. Yang unik dari bakmi jawa masakan Mbah Noto adalah kuah kaldu yang digunakan sangat spesifik yaitu berasal dari rebusan ayam kampung betina yang sudah bertelur.

6. Bakmi Jawa Mas Timbul

Bakmi Jawa Enak di Jogja
kompasiana.com

Bakmi jawa Mas Timbul merupakan bakmi jawa enak di Jogja yang berlokasi di Jalan Jambon No 63. Kragilan Kricak, Kecamatan Mlate Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Meskipun bernama Mas Timbul namun pemilik dari warung bakmi jaw aini adalah perempuan yang bernama Ursula Anisa. Yang menarik dari warung bakmi jawa Mas Timbul dari bakmi jawa enak di Jogja lainnya adalah  kamu bisa memilih tambahan toping yang cukup beranekaragam kedalam masakan bakmi jawa kamu. Warung makan ini buka dari jam dua belas siang hingga jam dua belas malam.

7. Bakmi Jawa Pak Geno

Bakmi Jawa Pak Geno
kompas.com

Bakmi jawa Pak geno merupakan bakmi jawa enak di Jogja yang bisa kamu cicipi. Bakmi ini terkenal menjadi salah satu langganan bakmi jawa di Jogja langganan Pak Presiden Soeharto lho. bakmi jawa Pak Geno terketak di Jalan Mangkuyudan, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Bakmi satu ini buka dari pukul enam sore hingga dua belas malam. Keunikan dari bakmi jawa Pak Geno adalah ada tambahan telur bebek sebagai salah satu toping pada bakminya. Selain kitu, bakmi jawa Pak Geno memiliki aroma yang khas dan kuat berbeda dari bakmi lainnya.

Itulah 7 rekomendasi bakmi jawa enak dI Jogja versi gotravelly. Menurut kamu, apa ada rekomendasi bakmi lainnya yang wajib dicoba jika kamu berkunjung ke Jogja, yuk tulis dikolom komentar.



Leave a Reply