10 Kuliner Klaten Wajib Coba Dijamin Nggak bikin Kecewa


prita  December 6, 2020  0 Comment

Klaten merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang dikenal cukup unik. Klaten berada diantara dua keraton, yaitu Keraton Yogyakarta dan Surakarta. Klaten memang sangat terkenal dengan banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Selain wisata, sajian khas Klaten pun menjadi daya terik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Klaten. Jika kamu ada rencana untuk mengunjungi Klaten, Berikut ini adalah 10 kuliner Klaten yang patut untuk dicoba

1. Sego Wiwit

sego wiwit
travel.tribunnews.com

Kuliner Klaten yang pertama adalah Sego Wiwit. Sego Wiwit merupakan makanan yang mengandung filosofi unik. Sajian ini muncul karena tradisi sedekah bumi atas hasil panen yang melimoah. Biasanya para petani merayakannya dengan menikmati Sego Wiwit ini.

Namun sekarang tak perlu menunggu saat panen untuk menikmati Sego Wiwit ini. Kamu bisa menjumpai Sego Wiwit ini di banyak rumah makan di Kabupaten Klaten ataupun di pasar.

Sego Wiwit terdiri dari isian yang cukup melimpah. Isiannya mulai dari sayuran, lauk serta lalapan. Satu porsi Sego Wiwit ini pun bisa dibilang cukup besar dan cukup mengenyangkan.

Gotravelly

Bali Ndeso Resto Banyak Banget Spot Instagramable Yang Keche!

Kalap Belanja Oleh-Oleh Di Pasar Tawangmangu. Ada Apa Saja Sih?

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

2. Sego Gudangan

sego gudangan
brisik.id

Untukmu yang sedang diet atau seorang vegetarian, kuliner Klaten yang satu ini juga wajib untuk dicicipi. Sajian ini bernama Sego Gudangan dan seringkali disebut sebagai saladnya masyarakat Jawa.

Isian dari Gudangan ini berupa berbagai macam sayuran, mulai dari bayam, wortel, kacang panjang, bunga turi dan tauge yang direbus. Sayuran tersbeut kemudian diberi parutan kelapa yang telah dimasak kemudian ditaburi dengan bumbu kacang pedas. Sementara untuk lauknya kamu bebas memilih tahu atau tempe rebus.

3. Nasi Terancam

Nasi Terancam
pegipegi.com

Selain Sego Gudangan yang kuliner Klaten selanjutnya juga dikenal sangat sehat yaitu Nasi Terancam. Makanan ini juga disebut sebagai Salad ala Indonesia karena dibuat dari berbagai jenis sayuran.

Terancam ini terbuat dari mentimun, petai cina, kol, kecang panjang dan kemangi yang kemudian diberi parutan kelapa pedas. Biasanya Terancam ini dinikmati dengan nasi putih dan berbagai pilihan lauk, mulai dari ayam goreng hingga jeroan. Namun, kalo kamu ingin menikmatinya tanpa lauk pun juga masih terasa lezat.

4. Geplak

Geplak
inibaru.id

Kuliner Klaten yang satu ini merupakan kategori makanan ringan dan sering disajikan sebagai suguhan atau jajanan. Tak hanya itu, Geplak juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh kepada keluarga karena sangat digemari oleh segala usia.

Geplak terbuat dari parutan kelapa yang kemudian dimasak dengan gula. Setelah matang, adonan tersebut kemudian dibentuk bulat-bulat dan kemudian diberi pewarna buatan. Seperti merah, putih, cokelat dan hijau. Warna warni dari Geplak ini terlihat sangat cantik dan menggoda untuk segera dinikmati.

5. Bakmi Miroso

Bakmi Miroso
kulinerklatensite.wordpress.com

Bakmi Miroso merupakan kuliner Klaten yang terkenal sangat legendaris. Sajian ini merupakan makanan khas Klaten yang bejenis Chinese Food, namun tentu saja makanan ini Halal.

Warung yang berlokasi tak jauh dari Alun-alun Klaten ini sudah sangat terkenal di kalangan pecinta mie karena memiliki tekstur mie yang kenyal dan cita rasa Chinese yang kental. Tak hanya mie, disini pun kamu bisa memesan berbagai menu lainnya, seperti koloke, nasi goreng hingga cap cay.

6. Sop Ayam Pecok

Sop Ayam Pecok
youtube.com

Kuliner Klaten lainnya yang wajib kamu cicipi adalah Sop Ayam Pecok. Sajian ini bisa dibilang cukup berbeda dengan sop pada umumnya, begitu juga rasanya yang terkenal sangat nikmat.

Sop ayam ini berisikan daging ayam, wortel, ketang dan diguyur dengan kuah kaldu ayam yang kemudian diberi taburan bawang goreng. Menariknya, kamu bisa memilih sendiri daging ayamnya dan penjualnya akan memotongkan langsung untuk kamu. Bagian daging ayam yang menjadi pilihan tersebut disebut sebagai dipecok.

Kamu bisa memilih beberapa bagian dari ayam, seperti paha, dada, brutu, kepala, sayap hingga jeroan. Ayam tersbeut tentu saja sudah dalam keadaan matang dan telah direbus telebih dahulu agar terasa lebih nikmat saat disantap.

7. Soto Bebek

Soto Bebek
mncupdate.com

Kalau biasanya kamu menjumpai soto ayam atau soto daging sapi, soto yang satu ini tentu sangat unik dan patut untuk kamu coba. Soto Bebek menjadi kuliner Klaten yang cukup populer dan sering dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Klaten.

Soto Bebek ini terdiri dari tauge, kubis dan tomat yang tentunya diberi potongan daging bebek yang kemudian diguyur dengan kuah kaldu yang terbuat dari rebusan daging bebek dan rempah-rempah lainnya sebagai penunjang rasa.

Sajian yang satu ini sangat cocok jika dinikmati saat makan siang, pasalnya kuah kaldu bebek yang segar dan gurih tentu bisa membuat siang kamu terasa lebih menyegarkan. Soal harga, kamu tak perlu khawatir karena Soto Bebek ini dibanderol mulai dari Rp 10.000 per porsinya.

8. Bebek Bacem

Bebek Bacem
kumparan.com

Kuliner Klaten yang satu ini juga masih menggunakan daging bebek, yaitu Bebek Bacem. Jika biasanya kamu menikmati daging bebek dengan cara dibakar, maka kamu harus mencicipi dengan cara yang berbeda yaitu dengan cara dibacem.

Daging bebek ini dimasak dengan cara direbus menggunakan gula jawa sampai airnya habis. Seperti halnya tempe bacem dan tahu bacem, bebek bacem ini pun memiliki warna cokelat dengan rasa yang agak manis. Setelah melalui proses bacem, daging bebek tersebut digoreng hingga kering. Soal rasa tentunya tak perlu diragukan lagi dan akan semakin nikmat jika dimakan bersama dengan nasi hangat.

9. Wajik

wajik
genpi.co

Wajik merupakan kuliner Klaten yang juga memiliki cita rasa manis. Wajik biasanya disajikan sebagai kudapan karena dianggap tidak terlalu mengenyangkan.

Wajik dibuat dari ketan yang diberi gula jawa atau gula tebu yang kemudian dibentuk kerucut. Proses pembuatannya pun dengan merebus ketan dengan santan kemudian diberi gula, barulah dibentuk sesuai selera. Sajian ini biasa ditemukan di banyak pasar tradisional di Klaten dengan harga mulai Rp 2.000 saja.

10. Slondok

Slondok
grosirkeripiksingkongkeju.blogspot.com

Kuliner Klaten yang wajin kamu coba yang terakhir adalah Slondok. Nama dari makanan ini memang cukup unik, tak heran jika makanan ringan ini sangat diburu oleh wisatawan.

Slondok merupakan camilan berupa kerupuk khas Klaten yang dibuat dari Singkong yang digiling dengan diberi tambahan bumbu. Camilan ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Namun ternyata dibalik kelezatannya, proses pembuatan Slondok ini cukup memakan waktu yang panjang. Dimulai dengan singkong dihancurkan dan dijemur hingga kering, setelah itu digoreng sampai kering hingga teksturnya menjadi renyah.

Itulah tadi 10 kuliner Klaten yang wajib untuk kamu coba atau kamu bawa pulang untuk oleh oleh keluarga di rumah. Kuliner tersebut dikenal cukup khas dan bisa ditemukan  dengan mudah di Kabupaten Klaten. Selamat mencoba.



Leave a Reply