10 Makanan Khas Klaten Bikin Ketagihan


Fida  February 26, 2022  0 Comment

Mengunjungi berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Klaten dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyaknya tempat wisata serta berbagai kuliner lezat. Oleh karena itu, tidak heran jika Klaten banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Inilah daftar 10 rekomendasi makanan khas Klaten yang menarik untuk kamu coba.

1. Soto Bebek

soto bebek
agrowindo.com

Jika beberapa dari kamu sudah tidak asing dengan sebutan makanan soto ayam dan juga daging, tetapi pernahkah kamu mencoba lezatnya kuliner soto bebek? Soto bebek dikenal sebagai salah satu makanan khas Klaten yang dibuat dengan menggunakan bahan utama daging bebek. Saat mencoba kuliner yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan adanya daging bebek dengan tekstur yang empuk dan gurih.

Kamu dapat mencoba makanan yang satu ini dalam dua varian yakni antara nasi dan soto dicampur atau dipisah. Salah satu tempat untuk menikmati lezatnya soto bebek adalah di Soto Bebek Bu Siswo. Kuliner ini biasa di bandrol dengan harga mulai dari Rp 7.000,- hingga Rp 9.000,- per porsi.

Gotravelly

Sop Ayam Khas Klaten : Gurih Segarnya Kebawa Terus

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

2. Sego Tumpang Lethok

sego tumpang lethok
belitung.tribunnews.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Klaten yang menarik untuk kamu coba adalah sego tumpang lethok. Hidangan yang satu ini memiliki beberapa isian diantaranya daun pepaya, nangka muda, daun jeruk, koyor, krecek, serta telur rebus. Sebelum disajikan, kuliner ini terlebih dahulu di siram dengan kuah sambal tumpang.

Kuah sambal tumpeng merupakan sajian yang dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti santan, tempe, cabai, dan berbagai rempah lainnya. Tidak hanya menawarkan cita rasa lezat, hidangan yang satu ini juga memiliki aroma yang menggugah selera. Kamu tidak perlu khawatir karena hidangan ini biasa dijual dengan harga terjangkau yakni berkisar Rp 9.000,- hingga Rp 15.000,- per porsi.

3. Sego Wiwit

sego wiwit
tribunnewswiki.com

Sego Wiwit juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Klaten yang tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat lokal. Hidangan yang satu ini dulunya hanya dapat dijumpai di acara tradisi selamatan atau sedekah bumi. Tetapi seiring berjalannya waktu, kini kamu dapat dengan mudah menjumpai dan mencoba lezatnya sego wiwit.

Hidangan yang satu ini dikenal memiliki isian yang cukup lengkap seperti adanya nasi, sayur, banyaknya pilihan lauk, dan juga lalapan. Salah satu tempat untuk menikmati lezatnya kuliner sego wiwit adalah di Sego Wiwit Prambanan yang terletak di Jalan Manisrenggo, Tlogo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

4. Sego Gudangan

sego gudangan
resepenyak.com

Tidak kalah menarik dengan makanan khas Klaten lainnya, sego gudangan juga menjadi salah satu yang populer dan banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Dalam bahasa Indonesia, sego memiliki arti nasi dan gudangan memiliki arti urap. Sesuai dengan namanya, sego gudangan merupakan hidangan nasi urap.

Pergudangan biasa dipilih sebagai menu untuk sarapan pagi. Kamu dapat mencoba berbagai jenis sayur serta acar khas Klaten saat menikmati sego gudangan. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, sego gudangan biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 3.000,- per porsi. Lezat dan terjangkau bukan?

5. Swike Kodok

swike kodok
anekaresep-masakan.web.app

Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan swike kodok? Swike kodok merupakan salah satu makanan khas Klaten yang dikenal unik. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama kodok montok. Kodok yang telah diolah dengan menggunakan bumbu rempah khusus tentu menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera.

Saat pertama kali mengetahui kuliner dengan bahan dasar yang tidak biasa ini memang tampak aneh sekaligus membuat beberapa orang penasaran. Tetapi setelah mencobanya, tidak sedikit yang ketagihan. Kuliner yang satu ini biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,- per porsi.

6. Nasi Trancam Khas Klaten

nasi trancam klaten
soloposfm.com

Rekomendasi makanan khas Klaten yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah nasi trancam. Kuliner yang satu ini memang sudah tidak asing di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Klaten.

Saat mencoba hidangan nasi trancam, kamu dapat menjumpai beberapa isian seperti kacang panjang, kol, petai cina, kemangi, mentimun, dan masih banyak lagi. Tidak hanya memiliki isian berbagai sayuran segar, hidangan ini juga menawarkan perpaduan rasa pedas, manis, asin, dan juga gurih. Bagaimana, tertarik untuk mencoba lezatnya nasi trancam khas Klaten?

7. Bebek Bacem

bebek bacem
dapurkobe.co.id

Selain soto bebek, bebek bacem juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Klaten yang menarik untuk kamu coba. Makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan utama daging bebek yang diolah dengan cara dibacem. Bumbu-bumbu yang digunakan diantaranya ketumbar, gula merah, santan, kemiri, bawang merah, dan juga bawang putih.

Olahan bebek yang satu ini menawarkan tekstur daging bebek yang sangat empuk sehingga sangat direkomendasikan untuk dinikmati. Tidak hanya itu, perpaduan rasa manis dan gurih juga meresap hingga ke dalam daging bebek. Hidangan yang satu ini juga biasa disajikan dengan beberapa pilihan lauk seperti sambal kering tempe, sambal goreng tahu, dan olahan ikan wader.

8. Sop Ayam Pecok

sop ayam pecok
reseppedia.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Klaten yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah sop ayam pecok. Hidangan yang satu ini cukup populer karena menawarkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Diberi nama sop ayam pecok karena hidangan ini menggunakan daging ayam yang dipotong acak secara langsung bersama tulangnya.

Hidangan sop ayam pecok biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 5.000,- per porsi. Salah satu rekomendasi tempat yang dapat kamu kunjungi untuk menikmati lezatnya kuliner yang satu ini adalah di ayam pecok Pak Min, Klaten .

9. Keripik Belut

keripik belut
travel.tribunnews.com

Keripik belut ternyata juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Klaten yang disukai oleh masyarakat lokal dan banyak diburu oleh wisatawan. Sesuai dengan namanya, keripik yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama daging belut.

Kamu dapat membeli keripik belut dengan harga sekitar Rp 20.000,- per bungkus. Makanan yang satu ini tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung sebagai camilan, tetapi juga cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat.

10. Keripik Ceker Ayam

Makanan Khas Klaten
idntimes.com

Satu lagi rekomendasi makanan khas Klaten yang menarik untuk dicoba yakni Keripik Ceker Ayam. Jajanan yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa yang lezat dan juga gurih. Karena melalui dua kali proses pengeringan, maka kamu tidak perlu soal tingkat kerenyahannya. Makanan yang satu ini juga banyak dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang bagi para wisatawan.



Leave a Reply