10 Kuliner Khas Sabang Bikin Perut Bergoyang


Fida  September 24, 2021  0 Comment

Selain banyaknya tempat wisata, indonesia juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang bisa Anda coba. Berbagai daerah di Indonesia menawarkan kuliner dengan cita rasa khas yang berbeda-beda.Sabang dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan indahnya panorama alam. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mencoba berbagai kuliner khas Sabang saat berkunjung kesana. Tidak perlu bingung menentukan hidangan apa yang dapat dicoba, Berikut daftar kuliner khas Sabang yang menawarkan cita rasa lezat

1. Rujak Buah Kilometer Nol

Rujak Buah Kilometer Nol
phinemo.com

Salah satu kuliner khas Sabang yang cukup legendaris adalah rujak buah kilometer nol. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai buah-buahan serta gula aren, kacang tanah, dan cabai. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini bisa anda jumpai saat berkunjung ke Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa segar saat mencobanya. Tidak hanya lezat, kuliner yang satu ini juga dikenal sehat. Saat berkunjung ke Sabang, tidak ada salahnya untuk mencoba lezat dan uniknya kuliner rujak buah kilometer nol.

Gotravelly

Pulau Banyak, Si Cantek From Aceh Singkil

Mie Aceh Asokaya, Makanan khas Aceh yang akhir-akhir ini sering diburu oleh penggemar mie

2. Sate Gurita

Sate Gurita
travel.detik.com

Ada cukup banyak pilihan kuliner khas Sabang yang bisa Anda coba, salah satunya adalah sate gurita. Pernahkah Anda mencoba sate yang satu ini? Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama gurita.

Sate gurita biasa disajikan dengan sambal bumbu padang atau sambal kacang yang bisa dipilih sesuai selera. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang gurih serta tekstur yang kenyal. Sate gurita tentu menjadi rekomendasi kuliner tepat yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Sabang.

3. Mie Pingsun

Mie Pingsun
travel.detik.com

Salah satu kuliner khas Sabang yang sayang untuk tidak Anda coba adalah mie pingsun. Kuliner yang satu ini juga kerap disebut Mie Bang Mandra. Dimanjakan dengan cita rasa mie yang lezat serta tekstur yang khas.

Yang membedakan mie pingsun dengan mie lainnya adalah mie yang satu ini memiliki tambahan berbagai varian seadood seperti udang, cumi-cumi, dan ikan. Mie ini juga dilengkapi dengan isian sayuran yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Mie pingsun dapat menjadi rekomendasi kuliner tepat yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Sabang.

4. Gulai Kambing Sabang

 Gulai Kambing Sabang
travel.kompas.com

Tidak perlu bingung menentukan kuliner khas Sabang yang bisa dicoba, anda dapat memilih gulai kambing Sabang untuk dicicipi. Kuliner yang satu ini tentu dibuat dengan menggunakan bahan utama daging kambing.

Gulai Kambing Sabang dikenal akan aromanya yang sangat sedap dan dibuat dengan menggunakan berbagai rempah pilihan. Teksrur daging yang empuk dan khas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, hidangan yang satu ini juga tidak jarang dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh para wisatawan.

5. Mie Jalak

Mie Jalak
acehtourism.travel

Mie jalak menjadi salah satu kuliner khas Sabang yang cukup populer dan digemari oleh warga lokal maupun wisatawan. Kuliner yang satu ini dinamakan mie jalak karena penjual pertama kuliner ini bernama Pak Jalak.

Jika dilihat sekilas, mie jalak memang tampak seperti mie pada umumnya. Yang membedakan mie jalak dengan mie lainnya adalah terdapat taburan daging ikan dengan citarasa gurih di bagian atas mie. Mie yang satu ini biasa disajikan bersama dengan telur ceplok di atasnya. Cita rasa lezat serta tekstur mie yang khas menjadikan kuliner yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba saat berada di Sabang.

6. Mie Sedap Sabang

 Mie Sedap Sabang
travel.detik.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan kuliner khas Sabang yang dapat dicoba, Anda dapat mencoba lezatnya Mie Sedap Sabang. Kuliner yang satu ini sudah cukup populer dan legendaris serta banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Sabang.

Seperti kuliner khas Sabang lainnya, Mie Sedap Sabang juga memiliki taburan daging ikan di atasnya. Kuliner yang satu ini dibuat dengan bumbu legendaris turun temurun sehingga memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Tidak sedikit warga lokal yang menggemari kuliner yang satu ini. Saat berkunjung ke Sabang, mie Sedap Sabang menjadi salah satu kuliner khas yang bisa Anda coba.

7. Seafood Sabang

Seafood Sabang
food.detik.com

Pecinta kuliner olahan seafood? Saat berkunjung ke Sabang, seafood menjadi menu menarik yang bisa Anda coba. Kuliner khas Sabang yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dengan bumbu yang dimasak dengan barbeque.

Berbagai olahan seafood yang bisa Anda coba di antaranya ikan kakap, cumi-cumi, ikan kerapu, dan masih banyak lagi. Anda dapat menikmati berbagai olahan seafood di kawasan pantai seperti Pantai Iboih atau di Pulau Rubiah. Menikmati lezatnya olahan seafood dengan pemandangan indah bisa Anda coba saat berkunjung ke Sabang.

8. Kari Aceh

Kari Aceh
selerasa.com

Kari Aceh menjadi salah satu kuliner khas Sabang yang menawarkan cita rasa lezat. Kuliner yang satu ini bisa Anda jumpai di depan masjid agung Sabang.

Kari aceh menawarkan cita rasa lezat dan khas. Tekstur daging yang empuk juga menjadikan kuliner yang satu ini cocok dinikmati oleh semua kalangan. Hidangan yang satu ini cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat. Tekstur kuah yang kental dengan berbagai rempah yang digunakan menghasilkan cita rasa lezat dan aroma yang khas. Anda akan dibuat ketagihan setelah mencoba lezatnya olahan kuliner kari Aceh.

9. Rujak Pulau Klah

Rujak Pulau Klah
steemit.com

Saat berada di Sabang, sayang rasanya untuk tidak mencoba kuliner khas yang ditawarkan. Rujak Pulau Klah menjadi kuliner tepat yang bisa Anda coba. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang lezat dan segar.

Rujak Pulau Klah tidak hanya dikenal lezat tetapi juga pengunjung dapat menikmati lezatnya rujak ini sekaligus melihat indahnya pemandangan dari ketinggian. Olahan rujak ini dibuat dengan sambal khas Aceh. Saat berkunjung ke Sabang, tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati lezatnya rujak sekaligus indahnya pemandangan yang ditawarkan.

10. Mie Aceh

 Mie Aceh
kompas.com

Ada cukup banyak pilihan olahan kuliner khas Sabang yang bisa Anda coba, salah satunya adalah mie Aceh. Kuliner yang satu ini dikenal mudah dijumpai di daerah Sabang.

Mie Aceh menawarkan tekstur mi yang khas serta cita rasa lezat. Mie yang satu ini biasa dimasak dengan tambahan daging sapi atau berbagai seafood seperti cumi-cumi, udang, dan kepiting. Tampilan serta aroma yang menggugah selera menjadikan kuliner yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke Sabang.

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi kuliner khas Sabang yang sayang untuk Anda lewatkan. Kuliner manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda coba saat berkunjung ke Sabang?



Leave a Reply