Kopi Sanger Hingga Es Tebu Spesial, Nih 10 Minuman Khas Aceh


sisil angelin  August 17, 2021  0 Comment

Jika membahas kuliner khas di Indonesia memang tidak ada habis-habisnya menawarkan hidangan yang unik, dan disetiap daerah tentunya memiliki hidangan khas yang menonjol. Namun kali ini kita bakalan bahas minuman khas Aceh, dan memang Aceh menjadi salah satu tempat yang kaya akan kuliner. Untuk kalian yang berkunjung ke Aceh pastikan kalian mencicipi kuliner serta beberapa minuman khas dari Aceh yang akan kita bahas dibawah ini, Dijamin jelejah kuliner kalian kali ini di Aceh berkesan! Nah dari pada penasaran langsung aja yuk simak artikel dibawah ini!

1. Kopi Gayo

kopi gayo Minuman Khas Aceh
finaira.id

Minuman khas Aceh yang akan kita bahas pertama ini memang menjadi salah satu minuman khas dari Aceh yang populer banget, dan pastinya wajib kalian coba saat berada di Aceh. Jadi kopi gayo ini adalah biji kopi yang didapat dari dataran tinggi bernama Gayo, dan biji kopi aceh gayo ini memang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Bahkan saking populernya kopi gayo ini bisa kalian temukan dibeberapa kedai, cafe, restoran, dan pusat oleh-oleh juga menjual bubuk kopi gayo yang bisa kalian beli untuk dibawa pulang. Untuk rasa Kopi Gayo ini memang cukup strong, dan rasa asam dari kopi gayo memang sangat terasa. Kopi gayo ini cocok banget untuk kalian pencinta kopi.

rekomndasi kuliner enak

Pantai Lampu’uk Aceh

Kedai Pak Cik Abin: Tempat Bersantap Sajian Khas Aceh & Melayu Terbaik

2. Es Kopi Kurma

Minuman Khas Aceh
idntimes.com

Selain secangkir kopi gayo kalian bisa mencicipi sajian minuman Es Kopi Kurma yang terdiri dari kopi Arabika yang dihaluslan, dicampur susu, air panas, madu segar, dan es batu sehingga menciptakan rasa kopi serta kurma yang sangat menyegarkan. Minuman yang satu ini cocok banget untuk kalian minuma saat udara panas di Aceh, dan Es Kopi Kurma ini dipercaya dapat meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh. Jadi untuk kalian yang ingin mencoba es kopi unik ini bisa cari cafe, atau kedai yang ada di Aceh biasanya menjual Es Kopi Kurma.

3. Kupi Khop

kopi aceh
merahputih.com

Kupi Khop ini adalah jenis kopi robuta, gula, dan kalian yang ingin kopi yang tidak terlalu pahit bisa meminta tambahan susu kental manis. Yang menarik dari Kupi Khop adalah penyajian secangkir kopinya yang dibalik kepiring kecil, dan untuk menikmati Kupi Khop biasanya kalian bisa meminumnya melalui sedotan yang sudah tersedia di 1 cangkir Kupi Khop. Untuk menemukan Kupi Khop biasanya dikawasan Kota Meulaboh, dan Kupi Khop ini dijual sekitar 10k saja. Kupi Khop ini memiliki rasa yang pahit, manis, dan aroma dari kopi robusta yang digunakan juga sangat khas. aroma dari Kupi Khop ini dipercaya bisa membuat pikiran fresh!

4. Kopi Sanger

kopi sangar
inibaru.id

Kopi Sanger ini adalah kopi tradisional asal Aceh yang terdiri dari kopi hitam, gula, susu kental manis, dan Kopi Sanger yang sudah diseduh dengan air panas akan disaring menggunakan saringan kain yang memiliki bentuk kerucut. Jika kalian berada di Aceh wajib banget mampir kekedai yang ada di Aceh untuk mencicipi Kopi Sanger yang masih diolah dengan cara tradisional, dan harga dari 1 cangkir Kopi Sanger dibandrol sekitar 5k saja loh! gimana murah meriah bukan Kopi Sanger ini?

5. Teh Tarek

teh tarik aceh
qraved.com

Beralih ke kopi di Aceh juga terkenal sekali dengan Teh Tarek nya yang terdriid ari susu kental manis, gula, dan teh yang akan diolah dengan cara menuangkan teh secara bolak-balik. Teh Tarek ini terkenal sekali di Indonesi, dan mancanegara. karena minuman yang satu ini sangat nikmat dihidangkan bersama roti bakar, dan Teh tarik juga memiliki busa sehingga saat kita minum kita akan merasakan sensasi lembut pada 1 gelas teh tarik.

6. Kelapa Bakar (U Muda Teu Toet)

Rekomendasi Minuman Khas Aceh
pidjar.com

Minuman yang satu ini memang menjadi salah satu minuman khas Aceh yang menjadi minuman tradisional asal Aceh, dan minuman yang diberi nama U Muda Teu Toet ini dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Bahkan U Muda Teu Toet ini suda ada sejak zaman dahulu, dan U Muda Teu Toet ini dulu diolah dengan cara dicampur dengan rempah-rempah, Sehingga U Muda Teu Toet ini bisa menghangatkan tubuh saat udara dingin. Untuk menemukan U Muda Teu Toet kalian bisa mampir ke kawasan Lampuja, karena dikawasan ini banyak sekali penjual U Muda Teu Toet dengan harga yang murah yaitu sekitar 20k saja untuk 1 buah U Muda Teu Toet.

7. Ie Tube

Minuman Khas Aceh yang terkenal
hellosehat.com

Ie Tube ini adalah es tebu, dan Ie Tube ini sangat mudah ditemukan di Aceh. makanya tak heran jika Ie Tube ini menjadi minuman khas Aceh, untuk rasa memang sangat menyegarkan, dan Ie Tube ini juga dibandrol dengan harga yang murah meriah. bayangkan saja hanya dengan harga 5k saja kalian sudah bisa menikmati 1 cangkir Ie Tube yang dingin ini, dan Ie Tube cocok dinikmati saat udara panas yang ada di Aceh. Jadi tunggu apalagi yuk mampir ke Aceh cobain Ie Tube.

8. Ie Boh Timon

Minuman Khas Aceh yang enak
kompas.com

Ie Boh Timon juga gak kalah segar dari es tebu yang ada diatas, kadi Ie Boh Timon ini adalah minuman khas Aceh yang terdiri dari es timun yang diserut, dan Ie Boh Timon ini memang sangat menyegarkan. Jadi 1 gelas Ie Boh Timon ini terdiri dari sirup, es batu, biji selasih, dan timun serut yang membuat 1 sajian Ie Boh Timon ini sangat mantap dinikmati saat udara panas. Untuk menemukan Ie Boh Timon kalian bisa menemukannya dibeberapa kedai, depot, cafe, dan beberapa penjual pinggir jalan juga menjual Ie Boh Timon dengan haraga yang murah meriah yaiutu sekitar 10k.

9. Ie Seureubet

Rekomendasi Minuman Khas Aceh
masharist.com

Ie Seureubet ini adalah badrek. jadi Ie Seureubet ini terdiri dari beraneka rempah-rempah yaitu ada cengkeh, jahe, kayu manis, lada, dan beberapa rempah khas dari Aceh membuat Ie Seureubet ini sangat menghangatkan tubuh. Ie Seureubet juga dipercaya baik untuk tubuh, dan minuman ini menjadi salah satu minuman nusantara yang terkenal sekali di Indonesia. Jadi saat kalian berada di Aceh pastikan cari Ie Seureubet dibeberapa kedai, depot, dan restoran juga menjual Ie Seureubet dengan harga yang murah-meriah.

10. Susu Jahe

Minuman Khas Aceh
manado.tribunnews.com

Minuman khas Aceh yang akan kita bahas terakhir ini adalah Susu Jahe, dan minuman yang satu ini memang sangat enak dinikmati malam hari dengan udara yang dingin. Susu jahe bisa menghangatkan tubuh kalian, karena susu jahe ini terdiri dari jahe, susu, gula, dan susu jahe ini disajikan hangat. Jadi untuk kalian yang lagi cari minuman hangat bisa mampir ke kedai yang ada di Aceh, dan susu jahe ini dijual biasanya sekitar 8k saja.



Leave a Reply