10 Makanan Khas Flores unik dengan Cita Rasa Lokal


sisil angelin  March 5, 2021  0 Comment

Jika membahas Indonesia memang tidak pernah ada habis-habisnya salah satu keindahan yang ada di Indonesia ada di Flores. Selain terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang indah, dan menakjubkan Flores juga memiliki budaya serta kuliner yang sedap seperti Makanan Khas Flores. Beberapa kuliner yang kali ini kita bahas adalah kuliner khas Flores yang wajib banget kalian coba saat berada di Flores. Karena kuliner yang kali ini kita bahas sangat tradisional, unik, dan selalu diburu traveler saat berkunjung ke Flores. Nah dari pada penasaran langsung aja yuk simak artikel dibawah ini, karena GoTravelly bakal kasih tau kalian 10 makanan khas Flores unik dengan cita rasa lokal, dan pastinya bikin kulineran kalian di Flores kali ini berkesan!

1. Kolo

Kolo
lifestyle.okezone.com/

Kuliner tradisional yang sudah ada sejak dahulu ini memang menjadi salah satu kuliner khas Flores yang wajib banget dicoba saat berkunjung ke Flores. Nah untuk kalian yang belum tau apa sih Kolo ini? Nah jadi Kolo ini adalah nasi bambu yang dibakar, dan tekstur dari kolo ini lengket seperti ketan. Namun yang bikin nagih adalah aroma kolo yang khas. Ohya untuk membakar Kolo ini biasanya dimasukan kedalam bambu muda yang memiliki ukuran panjang sekitar 30 cm. Untuk menemukan Kolo ini biasanya di pasar tradisional, pusat jualan kue, dan street food yang ada di Flores.

review kuliner

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

Sembalun Surga Tersembunyi Di Pulau Lombok

2. Kue Rambut

Kue Rambut
travelingyuk.com

Kue Rambut ini memang masih asing di telinga traveler saat berkunjung ke Flores. Namun saat kalian mencobanya kalian bakal ketagihan dengan rasa dari Kue Rambut yang manus, dan teksturnya yang gurih. Kue Rambut ini menjadi salah satu kue kesukaan masyarakat Nusa Tenggara Timur loh. Makanya tak heran jika Kue Rambut ini sangat mudah di temukan dibeberapa pusat oleh-oleh yang ada di Nusa Tenggara Timur. Kenapa tekstur dari kue rambut ini gurih? karena kue rambut ini terdiri dari gula, nira, air, garam, dan tepung beras. dari pada penasaran langsung aja yuk beli kue rambut!

3. Rumput Rampe

 Rumput Rampe
samudranesia.id

Rumput Rampe ini menjadi lalapan orang Flores guys! Jadi saat makan beraneka bakaran biasanya masyarakat Flores akan memakan Rumput Rampe yang mirip sekali dengan daun pepaya atau ubi yang biasanya ada di Pulau Jawa atau Pulau lainnya yang ada di Indonesia. Nah Rumput Rampe ini mejadi salah satu lalapan yang wajib ada saat memakan ikan bakar, ataupun ayam bakar. Rasanya itu unik, dan sangat segar! Jadi saat kalian berada di Flores pastikan mencoba Rumput Rampe ya.

4. Jagung Catemak

Jagung Catemak
nusatenggaradanpapua.wordpress.com

Jagung Catemak ini menjadi salah satu hidangan khas Flores yang sangat disukai masyarakat Flores, dan wisatawan loh. Jagung Catemak ini terdiri dari jagung, labu, kacang hijau, dan untuk rasanya memang sangat gurih. Jagung Catemak ini sangat sedao disajikan saat hangat. Jadi saat berkunjung ke Flores pastikan Jagung Catemak ini masuk kedalam daftar kuliner yang wajib kalian coba saat berada di Flores. Dijamin kulineran anda kali ini berkesan, dan tidak terlupakan.

5. Se’i

Se'i sapi
idntimes.com

Se’i ini adalah daging yang diawetkan dengan cara diasap. Daging yang digunakan biasanya daging babi, atau daging sapi. Setelah diawetkan Se’i ini akan dimasak dengan cara ditumis ataupun digoreng. Untuk rasa Se’i ini memang tidak perlu diragukan, karena rasanya sempurna banget! daginya gurih, asin, dan lembut! Sangat lezat dimakan bersama nasi hangat. Se’i ini bisa kalian beli untuk oleh-oleh keluarga dirumah.

6. Jagung Bose

Jagung Bose
labuanbajotour.com

Masyarakat Flores memang terkenal sekali sangat menyukai jagung, makanya tak heran jika banyak Makanan Khas Flores yang menggunakan jagung, dan salah satunya adalah Jagung Bose. Jadi Jagung Bose ini terdiri dari kacang merah, dan jagung manis direbus. Jagung Bose ini menjadi camilan khas Flores yang sangat populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Flores, dan Jagung Bose ini wajib banget kalian cicipi saat berada di Jagung Bose. Makananan yang satu ini juga cocok dinikmati saat sarapan atau udara dingin saat malam hari. Untuk menemukan Jagung Bose sangat mudah, dan beberapa depot yang ada di Flores juga menjual Jagung Bose.

7. Jagung Titi

 Jagung Titi
tajukflores.com

Jagung Titi ini menjadi camilan kesukaan masyarakat Flores, dan Jagung Titi ini biasanya dimakan besama kopi hangat. Jagung Titi ini memiliki rasa yang gurih, asin, manis, dan bikin nagih. Untuk menemukan Jagung Titi kalian bisa membelinya dipusat oleh-oleh yang ada di Flores. Dari pada penasaran sama rasanya langsung aja yuk borong Jagung Titi untuk oleh-oleh, dan camilan kalian untuk menikmati secangkir

8. Rebok

Rebok
lifestyle.okezone.com

Rebok adalah jajanan tradisinal Masyarakat Manggarai yang ada di Pulau Flores bagian Barat. cemilan yang diberi Rebok ini terdiri dari tepung beras, dan parutan kelapa. Rasa dari Rebok ini sangat manis, gurih, dan Rebok ini hampir sama dengan kue sagon. Jika sagon biasanya dibentuk, dan Rebok ini dibiarkan dimakan langsung seperti bubuk kelapa. Namun rasa dari Rebok ini bikin nagih. Makanya tak heran jika Rebok ini menjadi salah satu jajanan yang diburu wisatawan saat berada di Pusat Oleh-oleh. Nah dari pada kalian penasaran dengan rasa Rebok langsung aja yuk ke Flores, dan pastinya beli Rebok untuk stok camilan dirumah.

9. Ohu Ai Pu

Ohu Ai Pu
cookpad.com

Ohu Ai Pungan ini adalah kue tradisional masyarakat Flores yang terkenal sekali dengan rasany ayang unik, dan lezat. Jadi Ohu Ai Pungan ini adalah ubi kering yang ditumbuk, selanjutnya akan dicampur dengan parutan kelapa, ikan teri, dan garam. Makanya tak heran jika Ohu Ai Pungan ini memiliki rasa yang asin, manis, dan ikan terinya yang menambah keunikan rasa dari Ohu Ai Pungan. Kuliner tradisional yang satu ini menjadi salah satu oleh-oleh yang bikin nagih, dan Ohu Ai Pungan ini menjadi camilan yang diburu wisatawan saat berkunjung ke Flores. Tertarik mencobanya? Langsung aja yuk borong Ohu Ai Pu dipusat Oleh-oleh yang ada di Flores, biar kalian gak penasaran lagi sama tekstur, dan rasa dari Ohu Ai Pu ini.

10. Muku Loto

Makanan Khas Flores
merahputih.com

Makanan Khas Flores berikutnya Muku Loto ini memang tidak banyak diketahui wisatawan. Namun kalian wajib banget coabin Muku Loto karena rasa dari Muku Loto ini unik, dna bikin nagih. Untuk kalian yang belum pernah tau Muku Loto ini makanan apa sih? Jadi Muku Loto ini adalah batang pisang, daging, dan kulit pisang semua bahan tersebut akan direbus sampai warnanya berubah menjadi abu-abu. Sesudah Muku Loto ini matang dengan terksturnya yang lembut! Dijamin bikin nafsu makan kalian meningkat. Namun untuk menemukan Muku Loto ini cukup sulit, karena Muku Loto biasanya hanya disajikan saat acara pernikahan, ataupun acara adat yang ada di Flores. Jadi jika kalian memiliki teman orang Flores kalian bisa tuh minta buatin Muku Loto, karena hampir semua masyarakat Flores bisa mengolah Muku Loto.



Leave a Reply